Oct 212018
 

Monev Uji Fungsi Canard dan Uji Telemetri Roket Mevets MR70 Dislitbang AD (LAPAN)

Bogor, Jakartagreater.com – Bertempat di ruang rapat Rajawali, Pusat Teknologi Penerbangan LAPAN, Rumpin, Bogor, Selasa, 9-10-2018 dilaksanakan Monitoring dan Evaluasi (Monev) Uji Fungsi Canard dan Uji Telemetri Roket Mevets MR70 Dislitbang AD, dirilis situs LAPAN, 9-10-2918.

Dalam sambutan pembukaan, Kapustekbang, Drs. Gunawan S. Prabowo, MT menyampaikan bahwa tujuan kegiatan monev ini untuk menyampaikan serangkaian hasil uji aerodinamika dan uji telemetri yang telah dilakukan para peneliti Pustekbang dalam rangka mendukung pengembangan desain roket Mevets MR70 yang dilakukan oleh Dislitbang AD.

Berikutnya, dihadapan 10 perwira Dislitbang AD dan sejumlah peneliti Pustekbang, Kadislitbang AD, Brigjen TNI Mulyo Aji, M.A. menyampaikan apresiasinya kepada Kapustekbang dan jajarannya yang telah menerima dengan baik kunjungan dari Dislitbang AD.

Beliau berharap kerjasama penelitian yang telah dilakukan selama ini dapat terus ditingkatkan, disamping perlunya menggali dan mengembangkan potensi-potensi lain yang dapat dikerjasamakan antara Dislitbang AD dan Pustekbang LAPAN.

Kedepannnya beliau mengharapkan, melalui serangkaian kerjasama antar litbang pemerintah maupun swasta diharapkan dapat membangun kemandirian bangsa melalui penciptaan sejumlah paten untuk inovasi produk teknologi yang dihasilkan.

Kunjungan Kadislitbang AD ke Pustekbang didampingi juga oleh Kasubdisiptek Kol. CZI. Drs. Burlian Syafei, dan dua orang perwira ahlinya yaitu Kol. CBA. Hermanto NS, SH, Perwira Ahli Matrial Umum serta Kol. ARH Jama’ah, Perwira Ahli Matrial Utama.

Selesai sambutan, dilanjutkan dengan presentasi mengenai hasil pengujian fungsi Canard yang telah dilakukan di Lab Aerodinamika oleh peneliti Arifin Rasyadi, sekaligus melaporkan tentang teknis desain dan analisa awal untuk Mevets MR70.

Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan mengenai system kendali seeker untuk Mevets MR70 oleh Praseptianto, MT. Selesai presentasi dilanjutkan dengan diskusi seputar desain dan hasil uji fungsi Mevets MR70, dipandu oleh Kapustekbang dan Kabid Progfas Pustekbang.

Selesai opening, dilanjutkan dengan visitasi ke lab aerodinamika subsonic untuk melihat demo pengujian system kendali canard roket, dan kemudian dilanjutkan visitasi ke lab Avionik untuk menyaksikan demo uji fungsional roket Mevets MR70. Uji fungsional yang dilakukan meliputi G-Force, G-Shock, Vibration dan Uji Telemetri.

Kegiatan monev dan visitasi lab selesai pada pukul 13.00 Wib dan ditutup dengan sesi foto bersama.

 Leave a Reply