Mar 282017
 

Angkatan Udara AS (USAF) tetap terlibat dalam pengujian radar SABR AN/APG-83 buatan Northrop Grumman sebagai bagian dari Program Modernisasi Radar (PMR) jet tempur multiperan F-16 Fighting Falcon, seperti dilansir dari Combat Aircraft.

Program Modernisasi Radar ini akan menggantikan sebagian proyek Combat Avionics Programmed Extension Suite (CAPES) F-16 yang bernasib buruk, yang sebelumnya direncanakan bahwa Lockheed Martin akan memberikan avionik baru kepada USAF, namun pada tahun 2014 dibatalkan karena alasan biaya.

Lockheed Martin akhirnya memilih Scalable Agile Beam Radar (SABR) APG-83 dari Northrop Grumman daripada Raytheon Advanced Combat Radar (RACR) APG-84. Pada tahun 2013 CAPES dan SABR telah dipilih untuk Lockheed Martin untuk meng-upgrade jet tempur F-16 Taiwan. Radar AN/APG-83 yang dipilih oleh Lockheed Martin tersebut juga merupakan bagian dari tawaran untuk upgrade F-16V.

Pada bulan Maret 2015, Air Force Life Cycle Management Center (AFLCMC) Amerika Serikat merilis pemberitahuan kepada para kontraktor untuk mencari informasi mengenai upaya pengembangan/produksi untuk menggantikan radar F-16C/D Blok 30/32, 40/42 dan 50/52 ini dengan radar AESA baru.

Personil maintenance sedang memasang Scalable Agile Beam Radar (SABR) APG-83 pada jet tempur F-16 Angkatan Udara AS. Β© US Air Force

F-16 Dengan Kemampuan Radar Jet Tempur Generasi Kelima

Northrop Grumman dalam situsnya menyebutkan bahwa AN/APG-83 adalah sebuah radar pengendali tembakan Active Electronically Scanned Array (AESA). Dikembangkan sebagai solusi yang cocok untuk F-16, SABR mampu dipasang tanpa modifikasi besar pada struktur pesawat, ataupun pada daya dan sistem pendinginannya.

Sebagaimana dicatat oleh Angkatan Udara AS, peningkatan bandwidth dari radar SABR AN/APG-83 akan memungkinkan F-16 untuk mendeteksi, melacak dan mengidentifikasi sejumlah besar target dengan lebih cepat dan pada jarak yang lebih jauh

Kemampuan radar AESA canggih ini berasal dari keluarga Northrop Grumman yang sangat sukses digunakan pada radar pesawat tempur generasi kelima yaitu radar AN/APG-77 pada jet siluman F-22 dan radar AN/APG-81.

  32 Responses to “Angkatan Udara AS Upgrade F-16 Dengan Radar Pesawat Tempur Generasi Kelima”

  1.  

    1

  2.  

    Akan kita beli tapi tunggu 30 tahun lagi dalam versi bekas dari gurun.

  3.  

    Duuuuhhh aku termimpi-mimpi F16 dan FA-50 kita bakal dipasangin radar ini

  4.  

    Borong

  5.  

    Kebetulan nih, kenapa gak beli aja radar APG-84 buatan Raytheon? πŸ˜€ hehehe πŸ˜† kan daripada nganggur tuh radar, sapa tau bisa dapet ToT πŸ˜€ klo beli banyak

    Lumayankan, toh mereka gak pake tuh radar, jadi harganya bisa main mata πŸ˜›

    Jika orientasi kita adalah untuk kemandirian, akuisisi dan ToT dari produk yg dianggap inferior seperti ini malah menguntungkan, karena mungkin kita bisa mendapatkannya dengan harga lebih murah.

  6.  

    Mantap ni pespur….serba bisa,bisa di upgrate,bisa d rubah bloknya,bisa dinaikan kekelas viper….F16 tdk ada matinya…

    •  

      air frame ttp ada batasannya…biasanya yg di upgrade mesin sama avioniknya jadi istilahnya setara dengan block…..block awal 1/5/10 AB bisa naik sampai block 25 CD…block 25original /CD bisa naik sampai 30/32, 40/42, dan 50/52….bru block 50/52 original/ EF naik ke block 60 viper…

  7.  

    ayoo cepat beli SU35 BM 2 ska dan 2 ska F16 Viperrrrrrr…

  8.  

    F16 masih canggih coy

  9.  

    F16 bekas kemaren dah diupgrade pake radar ini gak ya?

  10.  

    Beli radar ini aja dikit, ngeteng bbrp. Lumayan lahh bbrp elbotnya jd pny apg 83 ato 84

  11.  

    apakah upaya menjegal teknologi rusia untuk merebut pangsa pasar alutsista

  12.  

    Kok pada banyak yg muji F-16 ya.? Jemaah rongsokiyah pd kemana.? Msh tidur mungkin ya..! πŸ˜€

  13.  

    Jadi dibanyakin gak F16nya?…

  14.  

    Cuma upgrade ya,..apapun bisa dioprek2.

  15.  

    trik Amerika agar F-16 tetep laku