Jul 022016
 

Pasca sepekan lalu, 2 pesawat tempur F-16 TNI Angkatan Udara dikerahkan untuk mencegat Pesawat Hercules Charlie-130 milik Tentera Udara Diraja Malaysia (TUDM) di atas Kepulauan Natuna dikarenakan pesawat itu melanggar ruang udara Indonesia tanpa ijin, (25/6).

kemarin 1 Juli, satu dari dua unit pesawat tempur F-16 Fighting Falcon milik TNI AU ditarik ke home basenya di Skadron Udara 16 Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru. Selain Pesawat tempur F-16 itu, Heli Puma dari Skadron Udara 8, Bogor juga ditarik ke Lanud Supadio, Pontianak.

2 pesawat tempur F-16 milik TNI AU saat mencegat pesawat malaysia yang melewati eilayah udara NKRI. (foto.TNI AU)

2 pesawat tempur F-16 milik TNI AU saat take off akan mencegat pesawat malaysia yang melewati wilayah udara NKRI. (foto.TNI AU)

Kedua pesawat yang memperkuat barisan langit natuna, meninggalkan Lanud Ranai, Natuna pada Jumat (1/7).

Komandan Lanud Ranai Kolonel Pnb Nurtantio Affan, SE., MH melepas langsung Kepulangan Fighting Falcon. Dalam kesempatan itu, Danlanud didampingi beberpa pejabat Lanud Ranai. Kepulangan Satu Flight pesawat tersebut dipimpin langsung oleh Komandan Skadron Udara 16 Letkol Pnb Nur Alimi.

Sebelumnya, sejumlah pesawat tempur F-16 ditempatkan di Natuna guna melaksanakan tugas Operasi Hanud Lintas Merak dan Tangkis Sergab 2016 untuk mengamankan wilayah Natuna di ujung utara NKRI.

Heli Puma Skadron udara 8 TNI AU. (foto: TNI AU)

Heli Puma Skadron udara 8 TNI AU. (foto: TNI AU)

Adapun personel pendukung dan logistik yang terlibat dalam Operasi Hanud Lintas Merak dan Tangkis Sergab 2016 di Lanud Ranai tersebut kembali mengunakan pesawat C-130 dari Skadron Udara 31 Lanud Halim Perdanakusuma. Demikian seperti diberitakan penerangan Lanud Ranai, Natuna. (marksman/ sumber : Pen.Rni)

Berbagi

  39 Responses to “F-16 dan Heli Puma ditarik dari Pengamanan Natuna”

  1.  

    Pertamaxxx

  2.  

    NKRI harga mati….

  3.  

    Yg gb 2 bknnya sukhoi ya,bkn f-16 ?

  4.  

    lha kok…

  5.  

    mau diganti yg ghoib ya bung… haha

  6.  

    di ganti sukhoi ya yg nongkrong di natuna…..

  7.  

    burung ini yang terbaik..

  8.  

    WarKop = Warung Koplo mbah?

  9.  

    Kamu yg sdh tua apa kbrmu….katanya baru sembuh karena sakit,sakit encok d linu sdkt kurap hati hati mbah bowo istirahatlah di luar bnyk angin…

  10.  

    Gk ada rudal.a , kurang asik

  11.  

    di natuna cukup rudal jelajah jarak menengah dan jauh serta PSU dekat maupun jauh…lebih hemat dan operatornya mbah bowo…dijamin bayak burung besi milik tetangga nyungsep semua…

  12.  

    buna @AA Ical, yg sering menghina Aburizal Bakrie.
    sejelek jeleknya Aburizal Bakrie, beliau ini manusia satu-satunya tokoh politikus, pengusaha dan saudagar muslim Indonesia yg berani lawan orang yahudi kapitalis NATHANAEL ROCHILD dan sebagai saksi/pelaku sejarah yg masih hidup yg berhasil menggagalkan upaya konspirasi menguasai SDA Indonesia di abad 21 ini. Saat itu terjadi anda dimana??? terus ngapain???

  13.  

    Jangan sampai kosong, Dan
    Di Rotasi penempatan pesawat tempur beserta timnya,
    Di setiap pangkalan kan banyak PesPur.

  14.  

    Setelah diusik china, natuna dijaga f 16, dan ketika natuna tdk ada yg ganggu, f16 ditarik, katanya mau bgn pangkalan mikiter dan selalu siaga di natuna, ini apa namanya, kok di bikin bolak balik nih jet tempur? Ga abis pikir nih ttg kebijakan pemerintah kita skr, banyak yg amburadul, f16 cuma 2 aja msh jg ditarik,,, hadeeehh…semakin yakin bahwa 2019 sy ga bakalan pilih bpk joko widodo lg, dari kebijakan dan mentri2nya kurang greget dalam penguatan alut sista…udah ag aq mau oomen2 yg ga penting spt ini..maless

  15.  

    Di bagian lain ada rumah pesawatnya ok, makanya f 16 ditarik dulu ke home base biar awet. Tar kl ramai udh d lengkapi fasilitas baru ngendon d situ

  16.  

    bahasanya jorok …

  17.  

    sementara ditarik dulu, karena pilotnya mau lebaran dulu ama keluarga….

  18.  

    pesawat helikopter nya di pake buat mudikk

  19.  

    Coba cari tahu apa ada negara yang coba menekan Indonesia ?

  20.  

    Ya benar negara tetangga emang paling jahat. Kita ini terhaibat. Tapi anih kalau kasus pem bajak laut kok kita nih macannya

  21.  

    MUKHRIZ MAHATTIR 4 MALON PM …

  22.  

    Kalau sukoi mkm malay brani gak kita cegat? Pesawat angkut berat katanya dicegat tapi ngapain gak suruh turun di lanud natuna?

  23.  

    mending yg diNatuna dicampur jgn smua blok timur. plg tdk utk mengecoh musuh

  24.  

    Selalu begitu, pake jurus “Boyongan” alutsista

  25.  

    Assalaamu^alaikum bagi yang muslim.
    Selamat Sejahtera kepada yang belum muslim.

    Mengapa semkin teruk bahasa indonesia?

    Terlalu banyak perkataan asing dan perkataan etnik daerah yang digunakan dalam komunikasi seharian sehingga bahasa percakapan rakyat Indonesia menjadi caca-merba. Sebutannya pun banyak yang semakin jelik.

    Bahasa jiwa bangsa. Sementelahan bahasa indonesia semakin merosot, adakah jiwa bangsa Indonesia juga turut merosot?

    Renungkan dan fikir-fikirkanlah.

  26.  

    Bung Admin biar NIkname saya ada avatarnya gimana Ya..

 Leave a Reply