Jan 252015
 
F-16 Block 52

F-16 Block 52

Jakarta – Wakil Menteri Pertahanan Amerika Serikat untuk Keamanan Asia dan Pasifik David B Shear mengaku siap dan bersemangat membicarakan pembelian Helikopter AH-64D Apache Longbow dan pesawat tempur F-16.

Dia mengatakan kemitraan pertahanan AS dan Indonesia sangat komprehensif. Kemitraan tersebut meliputi latihan gabungan, pelatihan, perdagangan pertahanan, peperangan dan pertemuan.

“Sebagian dari itu adalah bidang penjualan militer dan perlengkapan. Saya tidak tahu detil kesepakatan Apache dan F-16, tapi kami siap dan bersemangat membicarakan kesempatan itu,” ujar Shear dalam kunjungannya ke Indonesia, Jumat (23/1).

Panglima TNI Jenderal Moeldoko mengatakan pengadaan helikopter AH-64D Apache Longbow sudah masuk ke dalam rencana strategis (Renstra) II pada 2015-2019.

F-16 Block 52

F-16 Block 52

Jenderal Moeldoko juga menyinggung bakal terjadi pergantian pesawat F-5 Tiger milik TNI AU. Menurut dia, jet tempur buatan negeri Paman Sam itu sudah tidak layak pakai lantaran teknologinya sudah ketinggalan zaman.

Jenderal Moeldoko menyatakan terdapat tiga opsi sebagai pengganti F-5 Tiger, yaitu pesawat buatan Rusia, Swedia, dan AS. Dia menambahkan Sukhoi Su-35 menjadi pilihan pertama, Saab JAS 39 Gripen pilihan kedua, dan pesawat F-16 pilihan ketiga. (Republika.co.id)

 

Amerika Serikat sulit embargo militer Indonesia

 

JAS 39E Gripen dalam satu penerbangan. Bersama Sukhoi Su-35 Flanker (Rusia), Eurofighter Typhoon (Airbus Military-konsorsium Eropa Barat), dan F 16 Fighting Falcon Block 60 asal AS, Gripen menjadi calon pengganti F-5E/F Tiger II armada Skuadron Udara 14 TNI AU. (wikipedia.org)

JAS 39E Gripen dalam satu penerbangan. Bersama Sukhoi Su-35 Flanker (Rusia), Eurofighter Typhoon (Airbus Military-konsorsium Eropa Barat), dan F 16 Fighting Falcon Block 60 asal AS, Gripen menjadi calon pengganti F-5E/F Tiger II armada Skuadron Udara 14 TNI AU. (wikipedia.org)

mengganti F-5E/F Tiger II dengan beberapa pilihan, yaitu SAAB JAS-39 Gripen (Swedia), Sukhoi Su-35 Flanker (Rusia), Eurofighter Typhoon (Airbus Military-konsorsium Eropa Barat), dan F 16 Fighting Falcon Block 60 asal AS

Jakarta (ANTARA News) – Amerika Serikat siap memenuhi keperluan Indonesia akan peralatan perang, termasuk atas wacana penggantian satu skuadron F-5E/F Tiger II.

Staf Khusus Menteri Pertahanan AS untuk Kawasan Asia Pasifik, David B Shear, di Jakarta, Jumat, mengaku tidak mengerti secara detil mengenai rencana penggantian F-5E/F Tiger II itu.

Kendati demikian, dia mengatakan Amerika Serikat selalu siap dan berkeinginan membahas kesempatan kerja sama di masa depan pada bidang militer masa dengan Indonesia.Sebelumnya TNI berencana mengganti F-5E/F Tiger II dengan beberapa pilihan, yaitu SAAB JAS-39 Gripen (Swedia), Sukhoi Su-35 Flanker (Rusia), Eurofighter Typhoon (Airbus Military-konsorsium Eropa Barat), dan F 16 Fighting Falcon Block 60 asal AS.

Indonesia juga telah menerima lima dari 24 F-16 Fighting Falcon Block 25 hibah dari AS pada 2014.

Yang terkini, Pusat Penerbangan TNI AD akan diperkuat helikopter serang AH-64D Apache Longbow. 

Rencananya, sejumlah helikopter tersebut akan didatangkan pada 2018 hingga 2021 secara bertahap.

“Sulit bagi AS untuk melakukan embargo kepada Indonesia sebagai mitra yang amat kuat,” kata Shear .Shear melawat ke Indonesia selama empat hari sejak 20 Januari 2015 dan telah menemui beberapa pejabat pertahanan Indonesia, antara lain Panglima TNI, Jenderal TNI Moeldoko (22/1) serta Menteri Pertahanan, Ryamizard Ryacudu, Jumat ini.( antaranews)

  154 Responses to “F-16 Masuk Alternatif Pengganti F-5 Tiger”

  1.  

    indonesia yg kuat,indonesia yg solid,indonesia ugh mandiri,indonesia yg berdaulad,adil dan makmur adalah lebih berbahaya dari pada bom hirosima nagasaki.

    apalagi posisi silang dunia,diantara dua benua dan dua samudra adalah momok yg menakutkan karena bisa mempengaruhi peta ideological,politik,ekonomi dll

    jalan untuk menghadang semua itu adalah rusak generasi mudanya dan perlemah militernya,penguatan hanya sebatas pengamanan dlm negri yg mana harus di bawah kekuatan super power

  2.  

    SU 35 AMBIL plus TOT
    JAS GRIPEN AMBIL 100 % TOT

    F16
    Lha wong seng F16 24 2nd aja Belum datang semua Mosok
    Arep Tuku F16 Meneh, Kapan Datangya ???????

    Walah2 Mbah Piye Iki

  3.  

    Kita lihat besok apa yg jadi di beli pemerintahan sekarang…
    Apa yg mau d beli dan kapan mau d beli pun masih belom jelasss…
    Dr 2 thn yg lalu kita meributkan pengganti f5 ini dan hasilnya???
    Beritanya cm wacana tok….
    Semua kontestan bs saja menjadi pemenang…knp tidak?

  4.  

    sabar, yach.
    Mari kita sambut,
    (jangka pendek)
    1. SU – 35 = 16 + TOT sucad & perawatan (jangan banyak2, kita mo ambil Pak Fa)
    2. Gripen NG = 48 + TOT 100 %

    Jangka menengah / panjang
    1. Pak Fa
    2. Gripen NG (melihat sampai di mana “keseriusan” Swe) sambil terus mengembangkan
    3. Jet Tempur Made In Indonesia
    4. Maaf, itu saja.

  5.  

    hadeuh…. ko jadi elang botak yg berjaya sih.. 🙁

  6.  

    Serius ini beritanya ???

  7.  

    Selamat datang embargo, 3 th lg neh pesawat bakalan usang ga mampu lawan gen 4++ . Menggunting dalam lipatan

  8.  

    Komprehensif ndasmu!!
    Hanya utk menggagalkan pembelian SU-35.
    Kita butuh yang cetar membahana.

  9.  

    Dulu ASU dukung saya, jadi wajar dong saya beli F-16

  10.  

    Whaaat? Are you kidding me ? 16 F-16 vs 100 F-35 ? Well good luck !!

  11.  

    Amerika Sulit embargo indonesia…….sulit tetapi klo terjadi konflik jadi ga sulit….

  12.  

    sebenarnya bahaya juga kalo ngaa nurut permintaan usernya, bisa” sewaktu di pakai flypass Hut RI di atas istana dan………… gimana

  13.  

    DDR3 bung nabil ngaa ngomong TNI

  14.  

    Lha kan sudah dibahas siapapun pemimpinnya sudah menjadi pilihan terbaik toh.. jujur dan blo’on

    Sudah ikuti saja

  15.  

    “Sulit bagi AS untuk melakukan embargo kepada Indonesia sebagai mitra yang amat kuat,” kata Shear .Shear melawat ke Indonesia selama empat hari sejak 20 Januari 2015 dan telah menemui beberapa pejabat pertahanan Indonesia, antara lain Panglima TNI, Jenderal TNI Moeldoko (22/1) serta Menteri Pertahanan, Ryamizard Ryacudu, Jumat ini.( antaranews)
    Percayakah anda dengan kata kata itu?…..kalo yg mempercayai kata kata itu rakyat biasa spt kita, saya kira nggak masalah. Tapi jika kata kata itu ditelan mentah mentah oleh para pemegang jabatan strategis negri ini akan jadi problem besar bangsa ini ke depan. paman sam sdh dikasih kesempatan ngeruk Bumi Cendrawasih lewat cengkeraman tangan FREEPORT, sdh berpuluh tahun, kalo nggak salah malah kontraknya sampai tahun 2041 ( gila nggak tuh..!), kemudian dlm pembangunan apa tuh semelter atau apalah namanya yg kemudian diperpanjang lg hingga 6 bln kedepan menunjukkan bahwa kita kagak berani ngelawan atau kita dalam tekanan, kita seharusnya yg berani mengancam mereka misalnya dgn pemutusan kontrak ditengah jalan jika melanggar atau tak menetapi janji. tp kenyataannya apa?…ingat dong para pejabat jangan lembek menghadapi bangsa lain. Apa kita perlu belajar dengan Vietnam untuk melawan negara itu?…Kembali sebagai rakyat yg cinta Negara ini saya katakan JANGAN MENGULANGI KESALAHAN YANG SAMA JIKA TDK INGIN CELAKA UNTUK KEDUAKALINYA……kata kata EMBARGO hrs selalu tertanam dalam hati sanubari para pemimpin negeri ini walaupun setiap limatahun sekali terjadi pergantian, tapi kebijakan dan visinya tetap sama dalam rangka kemandirian bangsa dalam semua aspek kehidupan. salah satunya adalah kemandirian teknologi, teknologi akan menjadi daya tawar yang sangat berpengaruh dalam pergaulan internasional…

  16.  

    awal2 kemaren rame dibahas su-35 terus rame forum abis itu ganti topik jajan gripen nah skrg f-16, ini ky dikerjain aja sm penulisnya, kt jd otot2an gontok2an, besok pasti ada lg yg dibahas soal f-16 sm penulis, cm bisa tertawa aja.

  17.  

    Ingat pembelian F.16 dulu yang berhasil menikung Mirage ditikungan terakir, akankah terulang?….pinter2 salesnya saja ne yang bermain,…monggo sales2 segera diintesifkan penawaran daganganya….he3.Kalau saya pengenya TNI AU ambil SU 35…SAVE KPK

  18.  

    embargo “sulit”,.. tapi bukan berarti “tidak bisa”
    he..3x

  19.  

    Ingat yg beli Hibah F-16 bukanya si Jokowi.

  20.  

    jaman sby itu, salah tanggapan kl dia

  21.  

    paleg milih f16

  22.  

    Kalau boleh saya sarankan utk warjagers di sini,…silahkan mengutarakan pendapat. Terserah mau anda suka SU-35 kek,..mau njagoin falcon kek,..Gripen,..dll. ASAL :
    1. mari kita belajar diskusi dan menyampaikan pendapat yg santun
    2. jika ada teman lain yg tdk sependapat/beda pendapat, jangan mudah mencap dg kata-kata yg tidak pantas (antek asing, agen asing, dll.). Adalah hak asasi untuk memiliki pendapat berbeda
    3. jangan mudah mengumbar kata-kata “semua rakyat”,. Sebegitu murahnya -kah kata-kata rakyat dicatut hanya utk seolah-olah menguatkan/mendukung argumentasi/pendapat anda ?

    Maaf, saran saya hanya utk kebaikan diri saya dan kita semua di sini, demi mengembalikan warjag yang santun dan enak diikuti. Salam.

  23.  

    DDR3 maaf bung mau menanggapi ya, mungkin temen” udah muak dan males liat jalan pemerintahan di negara kita yg kayaknya jalan di tempat dan wacana doang, temen” maunya hasil nyata yg bisa di banggakan dan di pamerkan ke negara tetangga, apakah itu pemerintahan yang bersih dr korupsi, infrastruktur yg bisa di bilang lebih wah dr tetangga, alutsista_nya kita lebih banyak dan lebih hebat daripada tetangga kita, realistis aja gimana pembangunan kita liat aja contoh jalan kita compang camping kayak maaf baju pengemis belum lagi sempit” dan kecil” jalannya, korupsi kita gimana jgn di tanyakan lagi, alutsista_nya kita gimana smua itu kita masih kalah kok dg tetangga kita, makanya temen” kalo bisa dlm segala hal jgn sampai kalah dg tetangga, katanya Indonesia kaya gemah ripah loh jinawi, masak memberikan bukti nyata segitu aja kok ngaa bisa

    •  

      @bung DDR3 salam utk keluarga, besar harapan kita pada yang memegang kuasa pemerintahan, mari kita doakan mereka agar menjalankan kewajiban dgn amanah biar apa yang di harapkan rakyat Indonesia bisa terlaksana

  24.  

    analoginya motor RX-KIng walau udah di korek sampe mentok jadi blok 60 tetep aja kualitasnya segitu dibandingin dengan motor superbike baru, teknologi baru, update terbaru generasi baru…pilih mana ?

    semua itu tergantung pemerintah…pilihan mencerminkan kualitas pemerintahnya..kita liat aja nanti

    •  

      Sebenarnya F-16 pesawat bagus, bung. Bahkan LM sbg produsennya sdh mengeluarkan varian terbaru utk UEA (klo ndak salah block 61). Logikanya, negara kaya macam UEA gk mungkin ambil F-16 ini klo itu bukan pesawat bagus. Sangat cocok utk TNI. Selain udh familier, ongkos operasionalnya tdk terlalu mahal (dibanding sukhoi), multirole, perawatan dan suku cadang tdk memberatkan (coba bandingkan dg pengalaman teknisi TNI kita dalam maintenance Sukhoi yg banyak dikeluhkan). Bahkan kabar burungnya, selama embargo pun, kita msh bisa beli spare part di black market (sesuatu yg agaknya sulit terjadi pada pesawat Sukhoi). Satu-satunya alasan saya kurang sreg dg F-16 sbg pengganti F-5 adalah ketiadaan ToT, berapapun prosentasenya dan apapun bentuk dan mekanismenya. Karenanya, saya lebih cenderung setuju thd akuisisi Gripen sbg pengganti F-5, sebagai sama-sama pesawat medium fighter. Salam

      •  

        yg jadi pertanyaan, mau sampai kapan kita pakai F-16? dengan datangnya F-16 jika pemesanan dilakukan saat ini, kemungkinan 2018 baru mulai pengiriman, selesai sampai dgn 2021 (perkiraan)…di saat itu F-35 Australia sudah lalu lalang, entah mungkin Singapura jg sdh mulai terima jatah mereka dari AS…Malaysia saja saat ini siaga dgn heavy fighter sekelas SU-30 dan medium nya F-18…Yakin Indonesia mau tetap setia pakai light fighter F-16?

        daripada dananya untuk F-16 lagi (entah itu block 60+) yg tanpa ToT, saya jauh lebih setuju kita ambil ToT Gripen, untuk jangka panjang lebih menguntungkan…kalau ada anggaran di MEF berikutnya, baru SU-35 untuk penuhi skuadron jet tempur kelas berat kita…yg penting harus dapat teknologi dulu untuk bisa merakit dan kembangkan sendiri…jgn biasakan beli-pakai-lepas (pensiun) seperti yg sudah2…

        •  

          Ya itu tadi, makanya saya cenderung setuju ambil Gripen, dengan seabreg tawaran aplikasi teknologi aerial network yg saya kira bagus sekali utk pertahanan udara kita + ToT. F-16 hibah menurut kacamata saya tidak lebih dr upaya taktis pemerintah utk menutup kuantitas pespur kita di tengah anggaran yg pas pasan. Toh F-16 jg gk akan dipakai selamanya, dan F-16 52ID hanya sebatas mengisi gap kekurangan pespur sampai kita mampu membeli pespur generasi terbaru. Setidkanya skadron, penerbang dan teknisi kita sudah tercetak duluan dg mengoperasikan F-16 52ID. Sisa dananya (mengingat kita mendapat pesawat hibah gratis, hanya upgrade saja yg kita bayar) bisa buat beli alutsista lain yg meang dirasa kurang dan perlu penambahan/peremajaan. Semua itu tidak lain dr strategi kemenhan agar bagaimana dg dana yg pas pasan bisa mendapatkan alutsista yg secara jumlah memadai, meski scr teknologi tidak bagus-bagus amat, namun yg penting cukup atau setidaknya tidak terlalu jauh ketinggalannya dibanding beberapa dekade sebelumnya. Jadi, perjalanan kita masih panjang. Tidak perlu khawatir. InsyaAllah, saya yakin kita bakal punya pesawat tempur generasi yg lebih baik, krn F-16 hanyalah sementara. Tp jangan lupakan jasa-jasa dan perannya dl menjaga udara kita. Sekali lagi…F-16 adalah salah satu pespur terlaris di dunia dan battle proven. Salut utk F-16.

          •  

            Kalo Gripen setuju kalo F-16 kaga. Gripen dpt source code f-16 kaga. Sampe skrg AMRAAM mana? kalo Gripen masih bisa pakai meteor seandainya amraam kaga dibagi asu.

          •  

            benar, tanpa mengurangi kekaguman saya terhadap F-16 Fighting Falcon (yg sebenarnya adalah jet tempur favorit saya sejak dulu), Indonesia saat ini lebih butuh pesawat tempur dengan teknologi yg dituntut mampu bersaing dgn milik negara lain khususnya dikawasan…

  25.  

    Ya udah..klo gitu anda saja yg jadi menhan. gimana….setuju ?

  26.  

    Dan…klo sdh jadi menhan, coba anda bertindak seperti pak purnomo yusgiantoro….mengelola anggaran pertahanan dg mendapat begitu banyak alutsista di tiga matra sekaligus. Kalau anda bisa, maka saya akan akui, bahwa anda memang PINTAR.

  27.  

    Dukung pak jokowi akuisisi f16, kita akan jadi Sekutu usa n austra, itu perlu untuk menghadapi cina ! Apanpun yg pak jokowi lakukan adalah untuk kebaikan bangsa dan akan kami dukung sampai tetes darah penghabisan ! Jokowi adalah yg benar dan tetap akan benar!

  28.  

    Andaikata alternatif pertama SU-35 adalah pembalap Valentono Rossi, kedua Grippen adalah Mark marques, dan ketiga adalah Pembalut, maka di tikungan terakhir kemungkinan akan terjadi persaingan ketat antara yang pertama dan kedua, saking ketatnya maka terjadi senggolan dan mengakibatkan keduanya out, daaaannnn… Bisa ditebak pemenangnya adaaallaahhh…. Pembalut…!!!

  29.  

    cah bocah komen kok sambil tidur… Buka buka dulu dong artike-artiket ke belakang biar faham f 16 itu untk apa. … ! Di kunyah dulu baru telan oke. Jadikanlan perbedaan sebagai bumbu racikan yg hangat untk di nikmati oke.

  30.  

    DDR3 SALUT untuk anda. LAJUTKEN …

  31.  

    oooh Maaf bung sapi …… !

  32.  

    bung ketua Rt jgn gitu dong, kalo sampean tau bahwa temen” ini anak alay dan menurut sampean mereka salah mbokyao di jelaskan dan di benarkan menurut kemampuan sampean

  33.  

    Wah..ada Tedjo wanna be… :mrgreen:

  34.  

    Ada kontroversi hati dan konspirasi kemakmuran bung kata kang vicky prasetyo :mrgreen:

  35.  

    Anda tidak mengrti strategi militer ! Menhan dan pak jokowi pasti sudah berhtung ! Jokowi adalah benar dan selalu benar !!!

  36.  

    Selasa, 27/01/2015 07:24 WIB
    10 Orang Tewas Akibat F-16 Milik Yunani Jatuh dan Menimpa Lokasi Parkir Pesawat
    Rivki – detikNews
    ilustrasi: Getty Images
    Madrid – Sepuluh orang tewas akibat kecelakaan pesawat tempur F-16 milik YUnani yang jatuh saat menjalani latihan. Pesawat tempur Yunani itu jatuh di Kota Albacete, Spanyol yang berjarak sekitar 260 Kilometer dari ibu kota Madrid.

    “Ada warga perancis dan Yunani yang tewas dalam kejadian itu,” ucap Perdana Menteri Spanyol, Mariano Rajoy, yang dilansir Reuters, Selasa (27/1/2015).

    Pesawat F-16 itu diketahui sedang berlatih bersama pasukan Nato. Jatuhnya pesawat itu berada di pusat latihan Albacete pada pukul 03.20 waktu setempat. Selain 10 orang tewas, dikabarkan 21 orang mengalami luka-luka.

    “Korban luka 10 orang dari Prancis dan 11 orang dari Italia,” ucapnya.

    Pesawat itu dikabarkan mengalami out of control ketika sedang bermanuver di udara. Jatuhnya pesawat itu tepat di area parkir pesawat tempur di mana saat kejadian banyak orang sedang berada di sana. Korban-korban langsung dilarikan ke Rumah Sakit La Paz di dekat Kota Madrid.

    “Ini adalah tragedi yang mempengaruhi keluarga NATO secara keseluruhan,” kata Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg.

 Leave a Reply