F-16 Patroli Udara Perbatasan di Wilayah NTT

F-16 Patroli Udara Perbatasan di Wilayah NTT (@ Pentak El Tari)

Jakartagreater – Pelaksanaan Operasi Patroli Udara (Lintas Panah-20) di perbatasan wilayah udara NTT yang berbatasan dengan Australia dan Timor Leste dilakukan oleh pesawat tempur F-16, ujar Komandan Lanud El Tari, Kupang, NTT,  Kolonel Pnb Bambang Juniar, dirilis instagram Lanud El Tari, 14-09-2020.

Dua pesawat tempur itu tiba di Lanud El Tari Kupang, pada Senin 14-9-2020 pagi, sekitar pukul 10.14 wita. Pesawat Tempur F-16 yang datang berasal dari Skadron 3 Lanud Iswahjudi, Madium, Jawa Timur.

Pelaksanaan patroli perbatasan udara oleh 2 pesawat tempur ini akan dilakukan selama kurang lebih 4 hari dengan melintasi sejumlah jalur perbatasan di Indonesia khususnya di wilayah NTT.

Operasi ini digelar dalam rangka mengamankan wilayah perbatasan NTT dari berbagai hal yang berkaitan dengan pelanggaran udara yang dilakukan oleh pesawat-pesawat asing.

“Meskipun tidak lama tetapi kami berharap kehadiran pesawat dan operasi Lintas Panah untuk menangkal niat musuh yang akan masuk ke wilayah kedaulatan NKRI”, ujar Komandan Lanud El Tari.

Patroli Udara perbatasan bukan hanya sekedar patroli saja, tetapi juga akan melakukan penindakan jika menemukan adanya pelanggaran kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang dilakukan pihak lain.

“Jadi kalau ada hal yang berkaitan dengan separatis juga bisa langsung melakukan penindakan atau pelanggaran lalu lintas udara di wilayah NTT juga bisa langsung ditindak,” ujar Danlanud.

6 pemikiran pada “F-16 Patroli Udara Perbatasan di Wilayah NTT”

  1. sepertinya kangguru mulai bikin ulah.mungkin setelah 4 hari F-16 patroli akan dikerahkan juga SU-27/30.
    apabila F-16 atau SU-27/30 IDN bisa bikin nyungsep F-35 RAAF papa putin dgn senang hati akan memberikan GA berupa SU-35/57 (1 skad) + S-400 / Tsirkon (1 reg).
    mungkin 33X dan 40X class akan segera menyusul aka. otewe ke celah timor

  2. DGN PLIN PLANnya pengadaan SU35 kita semoga TYPHOON bs jadi heavy FIGHTER kita buat ngadepin CINA di natuna dan Pontianak!!!
    Hawknya di geser ke PAPUA
    PEKAN BARU ada 2 Sqd sedang TIMUR masi mlopong !!! Hawknya PEKANBARU bs digeser ke timur kayak Di AMBON
    Sama halnya dgn ISWAHYUDI F 16 ,T 50. HARUSNYA mrk buka ” CABANG PERMANEN ” di Kupang dgn pesawatnya di gilir tiap 3 bln bergantian!!!!
    KALO MEMANG REJEKINYA TNI AU kita dapet Su35 dan TYPHOON akan lebih sangar. Bisa setiap KOOPSAU ada heavy fighter !!!

Tinggalkan komentar

Most Popular

Komentar