Okt 102017
 

ilustrasi

Pekanbaru – Jakartagreater.com. Pesawat tempur F16 “Fighting Falcon” dari Skadron Udara 16 Pangkalan Udara Roesmin Nurjadin, Riau menggelar latihan terbang malam yang berlangsung hingga Kamis, 12/10/2017.

“Latihan ini untu meningkatkan siap siaga operasi dari seluruh unsur terlibat, baik penerbang, ‘ground crew’ dan alutsista (alat utama sistem persenjataan),” ujar Komandan Pangkalan Udara Roesmin Nurjadi, Marsekal Pertama Age Wiraksono di Pekanbaru, Selasa, 10/10/2017, dikutip Antara.

Selain mengerahkan jet tempur F16, latihan terbang malam yang merupakan bentuk latihan periodik tersebut juga melibatkan Hawk 100/200 “Black Panther” dari Skadron Udara 12 Lanud Roesmin Nurjadin.

Latihani mulai digelar sejak Senin malam tadi (9/10/2017) dengan area terbang seputar Kota Pekanbaru dan sekitarnya.

Danlanud mengutarakan, latihan terbang malam dipimpin langsung Letkol Pnb Adhi S Akbar dari Skadron Udara 12 dan Letkol Pnb Nur Alimi dari Skadron Udara 16.

Menurut Danlanud, latihan terbang malam penting digelar mengingat pangkalan militer tersebut merupakan satu-satunya pangkalan udara Tipe A di Sumatera.

“Hal ini penting karena Lanud Roesmin Nurjadin sebagai salah satu pangkalan operasi, harus dapat menjalankan misi apapun di waktu kapanpun demi menjaga kedaulatan NKRI,” paparnya.

Danlanud juga menekankan pentingnya mengutakaman keselamatan dalam latihan tersebut. Dia meminta agar jajarannya selalu melakukan pemeriksaan sebelum terbang dilakukan.

“Lakukan cek dan ricek baik sebelum hingga sesudah kegiatan latihan, dan tak lupa memohon kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa agar seluruh rangkaian latihan dapat berjalan dengan aman, lancar dan tanpa hambatan,” katanya.

 Posted by on Oktober 10, 2017