Oct 102017
 

ilustrasi

Pekanbaru – Jakartagreater.com. Pesawat tempur F16 “Fighting Falcon” dari Skadron Udara 16 Pangkalan Udara Roesmin Nurjadin, Riau menggelar latihan terbang malam yang berlangsung hingga Kamis, 12/10/2017.

“Latihan ini untu meningkatkan siap siaga operasi dari seluruh unsur terlibat, baik penerbang, ‘ground crew’ dan alutsista (alat utama sistem persenjataan),” ujar Komandan Pangkalan Udara Roesmin Nurjadi, Marsekal Pertama Age Wiraksono di Pekanbaru, Selasa, 10/10/2017, dikutip Antara.

Selain mengerahkan jet tempur F16, latihan terbang malam yang merupakan bentuk latihan periodik tersebut juga melibatkan Hawk 100/200 “Black Panther” dari Skadron Udara 12 Lanud Roesmin Nurjadin.

Latihani mulai digelar sejak Senin malam tadi (9/10/2017) dengan area terbang seputar Kota Pekanbaru dan sekitarnya.

Danlanud mengutarakan, latihan terbang malam dipimpin langsung Letkol Pnb Adhi S Akbar dari Skadron Udara 12 dan Letkol Pnb Nur Alimi dari Skadron Udara 16.

Menurut Danlanud, latihan terbang malam penting digelar mengingat pangkalan militer tersebut merupakan satu-satunya pangkalan udara Tipe A di Sumatera.

“Hal ini penting karena Lanud Roesmin Nurjadin sebagai salah satu pangkalan operasi, harus dapat menjalankan misi apapun di waktu kapanpun demi menjaga kedaulatan NKRI,” paparnya.

Danlanud juga menekankan pentingnya mengutakaman keselamatan dalam latihan tersebut. Dia meminta agar jajarannya selalu melakukan pemeriksaan sebelum terbang dilakukan.

“Lakukan cek dan ricek baik sebelum hingga sesudah kegiatan latihan, dan tak lupa memohon kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa agar seluruh rangkaian latihan dapat berjalan dengan aman, lancar dan tanpa hambatan,” katanya.

  26 Responses to “F-16 Skadron Lanud RSN Latihan Terbang Malam”

  1. Selamat pagi…. F-16…

  2. Dulu saat saya kecil, jet tempur ini berlatih di langit diatas rumah saya siang hari, kecil sekali seperti titik hitam yang berlatih manuver… saya sering melihatnya meskipun kadang2 sulit… jika Sukhoi Indonesia sudah kuat, saya setuju untuk penggunakan F-16V…

    • F16 V itu hanya experimen gagal broo yg tujuaannya mau menyaingi typhoon & rafale, sedangkan israel aja mau mnjual seluruh F16nya

      Hahhahaaaa

      • Beda spek. F-16 V itu generasi terbaru blok 70/72 dan dilengkapi radar AESA F-16 Israel yg mau dijual itu dari blok 10 lama.

        • Sejujurnya sehebat apapun F-16, pespur ini tidak menakutkan bagi tetangga kita… apalagi semua tetangga dipasok dari negara yang sama, sehingga apapun isi jeroan F-16 sebenarnya sudah kebaca…

          • Saya juga ingin jujur, sehebat apapun Sukhoi, baik Su-30 dan Su-35 pespur ini tidak menakutkan bagi tetangga kita… Jamming Pod Knirti atau Satelite yang digotong oleh Sukhoi tidak lebih adalah DECM / Deception ECM yang tidak sehebat pod EA-18 Growler.

            Ini baru saya bukain sampulnya doang, belum dibuka semua, ada kitab kuning tentang ECM, Radar dan sbgnya.

          • Dan jangan lupa F-16 yg TNI AU punya sudah memiliki ACMI Pod, sedangkan sukhoi Su-27 dan Su-30 belum ada, lalu bagaimana Su-35 ?

            Sepertinya beli kosongan, atau beli lengkap dengan senjata. Tapi lupa kalau ACMI Pod, komponen penting justru dilupakan untuk dibeli.

            Ibarat pembalap F1, F1 sukhoi mobilnya keren gahar, tapi pembalapnya kgk pernah latihan sama mobilnya, sedang F1 F-16 Valcon, walau penampilan biasa2 aja pembalapnya sering latihan.

            Nah kalau balapan kira2 siapa yang menang. ?

          • Bung Wong betul itu.

            Beli Su-35 itu tidak membuat mereka takut… Itu seperti dikitik2 aja…

            Apalagi Su30 dan Su27…

            Kunci utama menang pertandingan itu adalah sering dan rutin berlatih.

            Mau alat canggih, mau alat segede dinosaurus, mau semangat menggebu2, mau pesawat secepat kilat tapi kalau tidak sering berlatih tidak bakalan mampu menang pertandingan.

          • kmrn ngomong HARM, saat ini ngomong POD ACMI, tapi apakah anda tau ini apa maksud & kegunaannya?.
            & F16 V itu tidak jadi di upgrade atau experimen gagal, mungki kendala dana atau tidak cocok konsepnya utk f16

            Hahhahaaaa

          • F1… sebastian Vettel juara 2010-2013, dan sekarang dengan Ferrari malah memble… Performa mesin, aerodinamika mobil, kondisi track dan kemampuan pembalap sangat menentukan, jika di andaikan pembalab F1 mana ada pembalap F1 tidak terlatih???
            begitu juga pilot pespur… mana ada pilot pespur hanya terbang santai… pasti ada latihan yang menyertainya…
            Masak memperbandingkanya F-16 setiap hari latihan Sukhoi seminggu sekali… pasti ya tidak jauhlah jam latihan terbangnya

          • Pembalap F1, pembalap moto GP, pembalap Rally racing, pembalap motor cross, adalah pembalap pilihan… mereka dipilih dari berbagai seleksi alam maupun seleksi manusia… dan begitu juga pilot pespur… mereka orang pilihan untuk mengendarai alat yang spesial…
            Sangat tidak relevan kalau menganggap pilot itu kurang terlatih, karena mereka dipilih secara ketat untuk akirnya dipercaya menjadi pilot pesawat terbaik…
            untuk menjadi yang terbaik mereka banyak berlatih…

        • Ehemm, uhuk uhuk KK…

          Hhhhhhhhhh

    • SANTAI BRO NANTI KALO SU-35 DAH LENGKAP NANTI DIPERTIMBANGKAN INGAT DIPERTIMBANGKAN LO YA HAHAHA

  3. Di Twitter TNI AU ad yg protes Krn berisik. Pdhal bru berisik mesin blm berisik cantelan yg di sayap jatoh

  4. Kalau latihan tempur malam Helikopternya kapan? kalau kita punya Mi 28N night hunter, heli ini sangat suka berburu musuh di malam hari….

  5. jadi bagaimana kabar suplai logistik dari cina, sukhoi tni au kan belum ada pod acmi nya….
    nah….
    jadi…..
    perusahaan cina akan suplai pod acmi…..menurut ku sih begitu…….mereka mau suplai pod acmi…..

    analisa singkat tukang gorengan

  6. Menurut kaum Goibiyah latihan terbang malam F16 sebagai cara mentutupi pesawat2 yg digoibhan latihan perang.he3. Akankah demikian?

  7. Pembalap F1, pembalap moto GP, pembalap Rally racing, pembalap motor cross, adalah pembalap pilihan… mereka dipilih dari berbagai seleksi alam maupun seleksi manusia… dan begitu juga pilot pespur… mereka orang pilihan untuk mengendarai alat yang spesial…
    Sangat tidak relevan kalau menganggap pilot itu kurang terlatih, karena mereka dipilih secara ketat untuk akirnya dipercaya menjadi pilot pesawat terbaik…
    untuk menjadi yang terbaik mereka banyak berlatih…

 Leave a Reply