Apr 162015
 
Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal Agus Supriatna, Foto: Agung Pambudhy

Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal Agus Supriatna, Foto: Agung Pambudhy

 

Jakarta – Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal Agus Supriatna menyatakan ada ‘hikmah’ di balik insiden terbakarnya pesawat F-16 di Halim Perdanakusuma pagi ini. Menurut Agus, sebaiknya mendatangkan pesawat tempur baru.

“Itu pesawat Amerika, tahun 80-an. Teman-teman media bisa bantu saya, jadi kalau beli pesawat lebih baik yang baru,” kata Agus kepada wartawan di Markas Besar TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (16/4/2015).

Agus Supriatna mengatakan pesawat tersebut merupakan hibah dari Amerika. Insiden engine fire, kata Agus, sangat jarang terjadi.

“Pesawat itu baru datang, hibah dari Amerika, blok 25, pada saat take off, pada saat rolling, terjadi engine fire. Penerbangnya langsung melaksanakan abort pesawat. Karena engine-nya kebakaran,” kata Agus

Menurut Agus, terbakarnya pesawat F-16 tidak mengganggu penerbangan di Bandara Halim Perdanakusuma. Pesawat dengan nomor ekor TS1643 itu rencananya terbang pada pukul 08.15. Setelah mengetahui ada bagian ekor terbakar pilot pesawat Letnan Kolonel Pnb Firman Dwi Cahyono langsung keluar. (detikNews)

 Posted by on April 16, 2015

  195 Responses to “F-16 Tahun 80-an Terbakar, KSAU: Kalau Beli Pesawat Lebih Baik yang Baru”

  1. iya setuju…

    • Ibu Pertiwi telah menunjukkan kekuatan alamnya utk menolak barang bekas lagi yg akan digunakan utk mengamankan NKRI. Kalau manusia tidak bisa diperingatkan oleh sesama, alam yg akan memberi peringatan. Jadikanlah pelajaran yang baik.

    • Sby beli pesawat odong odong kebakar dah

      • Tunggu apalagi ? SANA KE BANDUNG langsung DP-in si TYPHOON. Mumpung orgnya masih di PTDI !!!!!!

      • Bukan SBY yang beli tapi manusia-manusia yang merencanakan pembelian waktu itu banyak yang di politisasi oleh amerika.sebagai contoh “dengan kondisi “as is where is” (seperti itu, di lokasi itu) alias apa adanya untuk pesawat F-16 yang diparkir di Arizona.(tempat penyimpanan) parkir” dan ” lebih lanjut ditengarai bahwa pemerintah Amerika ternyata tidak memberikan hibah “begitu saja”. There no ain’t such thing as a free lunch, tidak ada makan siang yang gratis. Mereka menawarkan konsep hibah plus upgrade”.

        • Dan SBY Setuju.. titik.. terima kasih

          • karena beli pesawat baru dengan dana 750 juta cuman dapet 6 unit block 52 bung sementara pengenya 24 unit setara block 52. Pengen beli baru 16 unit th 2013 nggak ada duit. Mau naikin BBM ke 8.500 sementara harga minyak 100 US $/barel di Demo mulu ama oposisi.

            kalau sekarang kan duit sudah banyak, BBM non subsidi, minyak dibawah 70 US $/barel. nggak ada alasan untuk tidak beli 24 unit SU-35/Thypoon yg gress. Berani nggak…?

          • Dan sir SBY pun bersabda saya turut prihatin

    • F16 d coret… selamat dataaaang flanker & typhoon……

    • Siap2 musdalifa kebanjiran orderan besi tua nih.

    • BELI SU 35 SAJA PAK……..

    • sang don juan cucoklogi akan bertebaran di ring 1 agar su35 segera dibungkus

    • Numpang bung…PMJ….klo liat komen pak kasau….kayak nya rada kecewa pada ni barang…apa ini barang usulan pak kasau yang lalu…apa emang benar user gak punya kuasa nentuin mainan nya sendiri…

      • Ini barang bukan usulan dari AU, pembeliannya waktu itu lebih banyak unsur politisnya. Keputusan pembelian diambil setelah adanya penawaran dari Obama waktu kunjungan ke Jakarta dulu itu. Mungkin semacam goodwill dari pemerintahan SBY karena embargo udah dicabut.

        Harga retrofit dan upgrade nya pun dulu ga murah lho padahal, sekitar 700 juta dollar untuk 24 pesawat itu. Mungkin di mark up juga sih…..

        Coba kalo dulu dibelikan sukhoi, paling ngga bisa dapat 8 – 10 pesawat baru.

    • Betul Bung Pitik.. akhirnya F-16 tersingkir dari tander pengganti F-5 Tiger..amerika dgn iming-iming hibah 48 unit sdh gak berlaku bagi indonesia..lebih baik beli yang baru..kasihan para pilot kita jadi korban percobaan amerika kalo pesawat dia dikata masih layak terbang…”Salam NKRI”

      • kehormatan negara tdk bisa diukur dg uang, barang sortiran, palagi barang bekas.
        rakyat bayar pajak pakai uang beneran, bukan urunan baju bekas. maka ane setuju beli yg new brand.

  2. Oh

  3. Betul tuh

    • Bagus pak kasau…tp kasian klo ada yg frontal ngomongnya gni.biasanya lgs di sikut dr kursinya..macam laksamana slamet subianto….poltitisasi asu..konspirasi kemakmuran haha

  4. Pelajaran nich pak,. makanya beli pesawat yg pasti2 saja,..SU 35 kandidat pertama pengganti F5 TNI,.

  5. Betul..pak,,masak barang rongsok dibeli…wah pertamak gue

  6. Gila..engine terbakar..itu mah parah, berarti pesawat nya udah buluk ..

  7. Coba cek siapa dulu yang ngotot beli barang bekas..???, audit rekeningnya, suruh PPATK, KPK, BPK buat ngecek…

  8. Code tuh kekny. Pelan” elang botak bs tersingkir dr tender hehhe..

    • Ingat! Kasau Bilang tidak mau yang bekas. Kalo F-16 yang baru pastinya tidak masalah to… Apalagi kalo dari pihak sononya bilang ada Blok 150 apa g ngiler??
      Padahal yang dimaksud pihak sono itu blok 15 (0) zero Peningkatan segala sistem dan modifikasi. kwkwkwkwkkkkkk

  9. setahu saya kl enginenya baru deh pak…. yg lama airframenya aja… kl gak salah ya..

  10. Kapok enggak? Klo kapok ya barulah yg di beli

  11. itulah resiko kalau kita beli yang barang….bekas pak…..

  12. calon panglima nih.
    berani dan simpel.
    pernyataan bhwa kalo beli pesawat musti baru pasti menampar ke seseorang haha
    dari muka nya,dia bener2 geram dg kebijakan beli pesawat rombengan…

    • Saya kurang setuju, kita juga tau itu barang bekas tapi statementnya lebih menyalahkan kebijakan yg mereka buat ibarat menelan ludah sendiri
      Seharusnya tuntut program falcon star bilang aja “upgrade cacat” jadi kita nuntut f-16 yg terbakar harus diganti dgan f-16 blok 60 gratis 😀

      • Ya maaf ya gan, tapi ini sebagai koreksi saja kepada pembuat kebijakan. Bukan semata-mata salah pak Susilo bambang Yudhoyono, tapi tikus yang ada di dalam tubuh pemerintahan nya.

      • Betul…Bung Pokpink
        Sekelas KSAU bs geram sperti itu di Media, menurut saya krena merasa nyawa anak2nya terancam setiap saat krena mnggunakan barang bekas hibah yg tidak diminta TNI AU pula…

        Lebih cenderung ke Jiwa Korsa, membela keselamatan anak2 penerusnya dbanding bermanis muka demi jabatan…

    • Kalo Bini sih boleh seçond . . tp kalo alutsista jangan dah

  13. KASAU nicknya apa nih di WARJAG hahahahahahaahah

  14. semoga Elbot >> alias elang botak tersingkir , meski pakai NOZ racing ,
    karena artisnya Fast furius sdH wafat

    Semoga pembelian next juga sdh tdak ada Si Elbot Lagi

  15. asu ga pernah tulus ngasih barang.meskipun beli yg baru tp speknya dikurangin,dibajak lg,beh.,

  16. tenang masih garansi, mw pesawat lama atau baru “engine fire” mah musibah, pak fa jg pernah bgtu

    • Tetapi ya tetap saja gan, hal ini tidak bisa di maklumi. Kasus PAKFA masih dalam tes, sedangkan f16? Harusnya pesawat f16 ini sudah ready kapanpun. Dari komentar agaknya saya jadi mau tanya? Apa agan juga antek ASU? Maaf kalau lancang?

  17. jangan cari murah donk…sudah gitu ngaku2 blok 52 lagi

  18. Alhamdulillah….petinggi TNI kita sdh sadar kalau beli Alusista bekas itu tdk nyaman buat usernya ya pak….masih mau nerima pespur bekas lagi pak..?i ingat ASU itu tdk pernah ikhlas menjual alusista canggihnya ke Indonesia kecuali ke Singapore dan Australia , saya sarankan beli pespur SU 35 buatan Rusia aja pak daya getar sangat mumpuni pak !

  19. maunya sih baru tapi gimana lagi lha wong yang bikin keputusan pilihnya itu…..
    cari yang HIBAH TOT aja……

  20. Siapa nih dulu yang ngotot ????

    Ambil su35,Typhoon,Rafale.. Udah mantep tuh… Untuk F16 ganti aja dengan Mig 31/Mig 35 klo gk Yak130

  21. kapan tukune………..?

  22. Hhhhaha kacau balau dah.. Jdi ceritanya bkn gagal lepas landas,, si botaknya kebakaran saat di atas.. Btul tuh pak kasau klo beli peyek yg msih utuh dong,,bkn remekan nya.. Peyek remek murah sih dpat bnyak lgi. Tpi nyawa seorang pilot lbih mahal dri peyek itu sndri. Sbenernya sih klo di itung2 dri segi ekonomis,, jauh lbih murah beli jet baru.. Sebagai conton. Harga su-27 45-50 jutaan. 50.jt lah kita itung harga prbiji su-27. 700.jt USD dapet 14.biji usia pakai sampai 30.thn. Sedangkan f16 blok 25 bekas di jual dengan harga 700.jt dolar dpet 24 unit. Sedankan usia pakai cma 10.thn blm lg biaya prawatan.. Dan blm jga lma berda di indonesia,,trnyata f16 memang benar cinta tanah air alis (nyungsep nyium tanah ri). Gkgkkkkkkkkkkkk

  23. Sudah insiden baru teriak teriak beli yg Baru
    Coba klo belum insiden ,, ?
    Diem aja pura pura nda tau
    Haoeeeh tepok jidat laah

    • Pahlawan kesiangan bung. Ambisi menggantikan pak muldoko. Statement yg tidak perlu dilontarkan didepan media. Beginilah tipe pejabat publik ini, mudah sekali melemparkan kesalahan pendahulunya utk membuat pencitraan. Memancing di air keruh.

  24. SETUJU BANGET PAK !!!

    F-16 itu teknologi thn 80-an, produksinya thn sekitar itu, mau diretrofit jadi block C, D, E, F, G, H, I, K, L, M dst… atau block Cepu (eh itu sumur minyak ya ?…) katakan NGGAAAAAAAAA…

    SUDAH TUA, SUDAH AUS bagian2 tubuh tuh pesawat…..

    sekali lagi katakan : TIDAAAAAKKKKKK…….utk alutsista bekas / second…

  25. Emang enak dikadali nato wk wk kasih bekas mahal mahal embargo ko mau jatuh kelobang yang sama beli su 35 2 ekor tapi mematikan buat apa banyak2 tapi beli seken kasihan bangsa ini

  26. Ya, mudah-mudahan menjadi pembelajaran bagi TNI, pihak terkait dan para pengambil kebijakan, kalau mau membeli alutsista sebaiknya baru, dan gress dari pabrik, langsung G to G.

    Kalaupun ekonomi sangat cekak, terpaksa beli bekas, yaa JANGAN BELI DARI NEGARA TUKANG PERANG dong, ibarat mobil, kilometer pada speedo meternya sudah pasti sangat tinggi. Kalaupun rendah pastinya udah diakalin. Kalaupun dibilang ngg kok ini alutsista ngga di libatkan di perang,… bla bla … bla. Siapa yang bisa jamin.

    Sekali lagi seluruh elemen bangsa, harus sabar dan sabar dalam membangun kekuatan militer, tapi serius, fokus dan berani. Toh perang juga masih jauh, kalaupun sekarang perang masih banyak alternatif lain cara menghadapinya.
    Dan jangan sekali-sekali gagah gagahan, mumpung saya lagi menjabat, mumpung saya lagi megang kuasa, saya pengen tunjukin, saya bisa borong ini, borong itu.

    Sekali lagi seperti yang sudah berulang kali saya tulis, yang penting adalah sitem pengangaran yg baik, berkelanjutan dan progresif. Insya Allah perlahan tapi pasti untuk menjadi salah satu kekuatan militer berkelas dunia tidak lama lagi akan kita capai. AAAAAMMMIIIINNNN.

  27. Kayanya kabel busi & kabel body udh banyak sambungannya udah banyak yg bocor wkkkwkkkk……

  28. wah… bagus deh… dan rasanya jelas yah… klo yang di hibahkan itu blok 25 bukan 52

  29. Sangat disayangkan ksau mengeluarkan statement secepat itu tanpa menunggu hasil investigasi, jangan sampai ntar dpt telpon “kanan kiri” trus akhirnya ngeralat statementnya ini… hadeh

    • Ya tapi itu adalah statement yang paling tepat untuk rakyat indonesia gan. Demi keutuhan dan kedaulatan NKRI. Apakah agan butuh bekas atau baru.? Kalau bekas berarti agan tidak lebih dari antek ASU. Kalau agan memilih alutsista baru dan setuju dengan statement ksau maka rawatlah komentar agan ini. Maaf pertanyaan nya kasar.

  30. tdi gx sengaja liat brita di tv ,narasumbernya dari komisi 1,lupa namanya…ktane sbelum pembelian f-16 yg bekas ini sebenernya DPR udah setuju belinya yg blok 60 dengan jumlah 8 unit…namun di akhir justru “pihak yg berwenang” lebih milih blok yg lebih lawas dng pertimbangan unit bisa dibeli lebih banyak….

    mung bisa nyengir tok aku 😀

  31. regulatornya bocor tuh…
    coba ganti merek quantum..

    hihi

  32. Kalo burung bisa begitu mudahnya menjatuhkan pesawat…….kita nggak usah susah susah deh ngelawan negara tetangga…piara burung saja yg mampu terbang tinggi sebanyak banyaknya untuk menghadang F35 F15 SU30 MKI dan lainnya, walaupun burung itu harus melakukan harakiri demi tanah air Indonesia……misalnya piara elang yg mampu terbang tinggi menyaingi ketinggian terbang pesawat tempur….menurut saya penyebabnya jelas bukan itu….semoga ini menjadi pelajaran bagi orang2 yg mengambil keputusan, janganlah krn alasan politis sebagai landasan tetapi memang betul betul alasan yg rasional yang memang sangat diperlukan untuk mengamankan wilayah udara indonesia….buat apa beli banyak tetapi kemampuannya rendah….lebih baik sedikit tp berkualitas…

  33. Dah dikasih tau ma warjag jgn beli elang botak dibeli juga, lom perang dah. Nyungsep rudalnya susah harganya mahal, yg ngasih hibah jg ga iklas banyak klausalnya ribettt.

  34. Kata KASAU beli yg baru berarti bisa jadi tetep F-16 tapi yg baru keluar dri Pabrik bukan F-16 retrofit kalo maunya sih beliau mengatakan akan mengevalusi Alutsista dri US tapi ya gak mungkin beliau mengatakan hal tsb
    Semoga jadi pelajaran pahit bagi Pemerintah, Mabes TNI, dan Dewan utk memilih Alutsista yg benar2 berkualitas bagi Pertahanan Negara

  35. Murah kok njaluk slamet

  36. cuman keledai yang jatuh ke lubang YANG SAMA berkali – kali….

    ingat yaaaa…cuman KELEDAI !!

  37. Katanya udah Ultah ke 35 ya tu pesawat… kirain ane aj yg mulai ubanan… hahahaa

  38. Kejadian ini ada beberapa kejanggalan.

    Pertama, kejadian ini terjadi saat ada pembaretan Presiden Jokowi dan rencana F-16 akan dipakai untuk pengamanan KAA, jadi bisa dipastikan bahwa even ini akan menjadi daya tarik baik jika acara berlangsung dengan baik dan terlebih lagi jika berjalan dengan tidak baik.

    Kedua, banyak sekali pesawat F-16 di dunia yang sudah berumur 20 tahun bahkan lebih. Berapa F-16 tua di dunia kah yang mengalami insiden Engine Fire dan terbakar? Berapa F-16 TNI-AU yang mengalami Engine Fire? Kita juga melihat statistik.

    Ketiga, kejadian Engine Fire yang dikatakan KSAU bisa terjadi di F-16, Su-30, Su-35, Rafale, Typhoon, dan semua pesawat militer atau non militer di dunia. Kejanggalannya adalah, dari semua kesempatan dan kemungkinan insiden tersebut bisa terjadi, sangat kecil sekali kejadian tersebut bisa terjadi di hari yang penting di mana ada pembaretan Presiden Jokowi dan persiapan KAA. Dengan logika dan walaupun dengan memperhitungkan faktor Luck dan Bad Luck, sangat kecil sekali bisa terjadi di hari yang penting.

    Keempat, insiden kecelakaan dua pesawat KT-1 Tim Jupiter beberapa minggu lalu masih belum ada hasil investigasi dan masih akan memakan waktu 6 bulan bukan? Bagaimana bisa seorang KSAU bisa berkesimpulan bahwa bahwa F-16 bekas adalah jelek setelah beberapa jam kejadian. Pesawat F-16 tersebut sudah 6 bulanan di Indonesia, bukankan ada precek dan catatan baca sensor2 yang bisa mengetahui kemungkinan terjadinya Engine Fire?

    Pernyataan KSAU ini perlu disayangkan sebab pernyataan ini mengarahkan, memvonis dan sebetulnya tidak pantas. Pernyataan yang mengarahkan akan sangat mungkin membius kita untuk setuju dengan pelontar pernyataan tersebut. Contohnya ya seperti di atas mayoritas jadi membenci F-16 bekas kemungkinan besar karena sang KSAU mengatakan pesawat baru lebih baik dari pesawat bekas.

    • kan nanti pabrikan menginvestigasi om… kejadiannya ya begitu, mesin terbakar…

    • Beli baru sukhoi family titik GITU AJA KOK REPOT…..

    • Nggak usah sok deh.. yg jlas psawat f16 rontok..
      Untung lg gak bwa bom.. klo lg bwa bom.. gimana tuh halim..

    • kalau setahu saya F 16 di gudangkan di padang arizona untuk mencegah korosi….F 16 yg dijemur akan digunakan lagi oleh USAF untuk dijadikan drone…sebagai pesawt uji coba tembak, sebagai sasaran SAM, sebagai sasararn Air to air missile.
      Sekarang stock drone F 4 phantom sudah habis, giliran F 16 yg akan dijadikan drone…
      USMC juga memaka F 5e tiger bekas USAF yang diambil dari stock padang gurun arizona, bukan untuk dijadikan drone tapi untuk Pesawat Agressor! so ada pilot yang menerbangkannya…

      • Betul bung blackhawkdown.
        Pesawat bekas / secondhand itu bukan berarti barang rongsok/ jelek.

        A-4E Skyhawk dan OV-10F Bronco milik TNI-AU itu barang second lho, dan jadi legenda di kalangan TNI terutama TNI-AU, apalagi penerbangnya. Bahkan si Bronco, tak lama setelah diterima, langsung membuktikan diri di Operasi Seroja.

    • kebanyakan baca komik detektif conan…

    • Situ mau negara nt letoy

    • Dihargai pendapat org…

      Dbanding cuman ngejek2…

      Sebelum ada sukhoi…kalian katakan f 16 tni au hebat ini…itu… peswat dgn reputasi bagus.dan catatan misi yg bisa dibilang tidak mungkin.

      Dicatet*

  39. BAGUS DAN MURAH JANGAN MINTA CEPAT
    CEPAT DAN BAGUS JANGAN MINTA MURAH
    MURAH DAN CEPAT JANGAN MINTA BAGUS

    WANI PIRO DAN OLEH OPO (ASUNISASI)

  40. Padahal gurun kan udaranya ekstrim (panas & dingin), pemuaian dan pengkerutan bikin baut & mur keringatan… pada locot tuh onderdil…

  41. Semoga semua pihak pengambil keputusan bisa ambil hikmah nya, bhw ini merupakan ” bantingan yang teramat telak ” buat elang botak, jadi …….. SAY NO TO F-16 ….. ???

  42. Terima kasih pak pur dan terima kasih p. KSAU yang lama. Berrkat anda beli barang bekas bisa menjadi pelajaran p.KSAU AS untuk beli yang baru.

  43. itu yg baru tahun kemarin datang?kalo ya cepet bener…sukhoi aja dah bungkus

  44. Mesin f16 yg terbakar disebabkan oleh api

  45. Dengerin tuh….BELI YANG BARU GAN…gitu aja kok repot

  46. F16 nya jelek , Nipu ya… dasar ASu tenan…wkkk (maaf admin becanda ..bukan ngomong jorok).

  47. Ada dua kelompok orang yang pada melotot matanya saat ini,
    1. Kelompok orang yang geram atas pembelian alutsista bekas
    2. Kelompok orang yang mendapat persenan komisi atas pembelian alutsista bekas tsb, karena ga terima barang bekas yang udah dibeli dijelek2i bahkan disumpahin oleh para komentator warjager
    Huuuahahaha . .

  48. Kata babe ane,mending beli murah tapi baru..!!

  49. kalau setahu saya F 16 di gudangkan di padang arizona untuk mencegah korosi….F 16 yg dijemur akan digunakan lagi oleh USAF untuk dijadikan drone…sebagai pesawt uji coba tembak, sebagai sasaran SAM, sebagai sasararn Air to air missile.
    Sekarang stock drone F 4 phantom sudah habis, giliran F 16 yg akan dijadikan drone…
    USMC juga memaka F 5e tiger bekas USAF yang diambil dari stock padang gurun arizona, bukan untuk dijadikan drone tapi untuk Pesawat Agressor! so ada pilot yang menerbangkannya…

  50. Kira-kira pilot musuh bakal gemeteran ato ‘senyum sinis’ sih ngelawan pespur second usia 35 th ? katanya pesawat Indonesia ga ditembak pun jatuh sendiri… masih kronis y penyakit secondtiroid nya ?

    • kalau setahu saya F 16 di gudangkan di padang arizona untuk mencegah korosi….F 16 yg dijemur akan digunakan lagi oleh USAF untuk dijadikan drone…sebagai pesawt uji coba tembak, sebagai sasaran SAM, sebagai sasararn Air to air missile.
      Sekarang stock drone F 4 phantom sudah habis, giliran F 16 yg akan dijadikan drone…
      USMC juga memaka F 5e tiger bekas USAF yang diambil dari stock padang gurun arizona, bukan untuk dijadikan drone tapi untuk Pesawat Agressor! so ada pilot yang menerbangkannya…

  51. Hayooo siapa yg msh muja2 BARANG BEKAS demi mengejar KWANTITAS akhirnya nyawa PILOT yg jadi TAROHANNYA..

  52. Saran untuk pemerintah : kejadian ini jadiin pelajaran baik buat pemerintah kedepan. Jangan beli segala sesuatu yang “BEKAS” (terlebih alutsista), meskipun dari negara dengan alutsista terbaik didunia sekalipun.
    Ada opsi yang bisa dipertimbangkan : Pertama, beli baru meski jumlah sedikit (perlahan” sesuai keuangan negara). Kedua, kita buat sendiri (saya percaya PT DI, PT PAL, atau PINDAD bisa buat alutsista yang ga kalah hebat dan lebih murah dari negara” produsen alutsista lain, bukankah kerahasiaan kekuatan alutsista kita jadi lebih terjamin ?).
    Moga bermanfaat !

    • Dan 1 lagi, jangan terpengaruh dengan negara lain dalam membuat keputusan pengadaan alutsista. Saya rasa ini yang masih jadi pr pemerintah saat ini, belajar dari pemerintahan sebelumnya

  53. Belum cukupkah pelajaran dri beberapa kecelakaan?..mesin lagi! ..,yg lahir 80 an, sekarang diopesasi plastik tetap aja umurnya tua. Apa tunggu pilot sampai tewas?,..hai pegambil kebijakan sadarlah..! NKRI butuh pespur pengawal dirgantara yg dasyat.

  54. mending Typhoon dgn Meteornya.. hehe

  55. bisa jadi mantan presiden SBY dan menhan purnomo gak bisa tidur pulas nih…
    kata kasau gak akan beli barang bekas lagi..

  56. pertanda buruk nih, ketawa terbahak2 lah auss,singa n malay tapi beranikah pemerintah menolak alutsista asu ke depannya? sy harap berani… sudah ketahuan Allah maha tau akan kebusukan as , sangat tidak nyaman saling menyalahkan tapi yg terjadi byk kepentingan dr pejabat pengambil keputusan yg ingin dapat komisi ( bkn rahasia umum)

  57. kalau misal LCS Memanas

    Terlihat dari radar militer pesawat dari china datang ” Semua Siaga ” kontak TNI AU segera sergap

    TNI AU : Siap

    Setelah 30 menit berlalu belum terlihat di radar pesawat Indonesia, gimana ini kenapa belaum ada pesawat yg menyergap. cepat kontak…. dengan nada geram !!!
    Disaat yg sama Pesawat RRC terus bermanuver di LCS dengan Bebas

    Pilot Pespur China ( Kita sudah hampir satu jam disini kenapa belum ada pesawat Indonesia yg nongol ya dengan penuh keheranan dan bingung )

    co pilot ( sebentar gan saya update data di internet dulu )

    Pilot Pespur China ( apa jangan 2 kita sudah di kepung pesawat siluman dari indonesia ) Piloot semakin bingung

    Co Pilot Pespur China ( kita cabut aja gan )

    Pilot Pespur China ( apa kita sudah dikepung dengan pesawat siluman Indonesia tapi kenapa tidak tampak di radar )

    Co Pilot Pespur China ( Bukan gan, Percuma kita muter2 disini kagak ada pesawat yg nongol )
    lha ni update data internet pesawat F 16 Indonesia gagal terbang )

    Pilot Pespur China ( Wah kasiaan ya TNI AU. lha mereka Mau aja di kasih F 16 bekas ck ck ck…)

    Co Pilot Pespur China ( Kita berdoa saja meraka segera sadar. Cabut Gan )

  58. Balik soal rencana pesawat bekas. Yang saya tau (bisa dicek nanti benar / tidak). KASAU TNI Agus S. itu mantan Danlanud Sultan Hassanudin Makassar (yg kita tau disana kandang keluarga pesawat baru Sukhoi). Dari sini saya tidak mengomentari pesawat sukhoinya Tapi dari sini juga saya percaya keinginan beliau membeli pesawat baru & canggih itu benar” keinginan kuat TNI & mewakili rakyat Indonesia, sekarang tinggal tergantung pemegang keuangan negara (pemerintah) yang menentukan, apakah keinginan TNI dapat terwujud atau hanya sekedar cita” saja (kita harap pasti yg terbaik buat TNI dan negeri ini)

  59. Semua orang tahu pak, itu pesawat bekas…. omongan itu akan terlihat sangat wajar, apabila anda seorang Kopral… anda adalah seorang pimpinan. amatlah tidak bijak seorang pimpinan sdh menyatakan pendapat, pada hal hasil investigasi belum keluar… salam.

  60. Pilot nya pasti nyumpah serapah….asu..asu..pesawat iki….belumm perang…mesine bobrok….barang bekas…walau di upgrade..tetap aja gak kuat…ngenesss…yang senang yang punya barang….yang beli kebagiann…dan besok beli bekas lagi…kebagiaan lagi…dst…dst…dst….

  61. mungkin pemerintah pengen beli f16 bekas lagi dan kemudian KASAU mendengarnya.

  62. niatnya mau irit,,ehh tau nya malah singit..
    say no to barang rongsokan..

  63. gile loe Ndroo!! hari gini ngarep pemangku kbijakan bisa lpas dr asu, skelas SBY aja buat kbijakan yg nggak pro barat (smelter) di akhir pemerintahan, klo gak gitu dah digoyang sma mreka,

  64. Saya tidak habis pikir dengan kebijakan petinggi negara ini,lebih mementingkan uang daripada keselamatan tentara nya,di saat negara negara lain mencoba meminimalisir korban dari warga negara/tentara nya,di sini berfikir bagaimana menekan pengeluaran belanja alutsista dibarter dengan pengorbanan nyawa manusia.Di mana hati nurani DPR dengan kebijakannya untuk pengeluaran alustsista,mereka tidak pernah merasakan bagaimana beradu nyawa dengan alutsista tua

  65. HOREEEE……..!! KSAU minta beli yang baru ajah……….alamat WELCOME SU35 !!! :mrgreen:

  66. Wah bagus jg bung usulnya

  67. Saya simpati/kasihan sama bung Tria. Udah promosi pesawat bekas. Belum apa2 udah rusak duluan. Dikatain bekas lagi sama KASAU. Sabar ya bung Tria, jangan nangis Bombay eaa…..!!

  68. Pesawat bekas yang lain dijual aja…

  69. “Itu pesawat Amerika, tahun 80-an. Teman-teman media bisa bantu saya, jadi kalau beli pesawat lebih baik yang baru,” kata Agus kepada wartawan di Markas Besar TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (16/4/2015).

    Mungkin pak KSAU berbicara soal F-16 ini, tetapi jangan pakai kalimat yang umum. Kasus khusus belum bisa dijadikan logika umum, apalagi ada catatan sejarah.

    A-4E Skyhawk TNI-AU itu bekas lho, dibeli dari suatu negara di Timur Tengah.

    OV-10F Bronco itu pesaway bekas, refurbish, dan upgrade dari versi A. Sedangkan yang ebnar-benar baru itu justru versi D.

    Kedua pesawat legenda tersebut (Skyhawk dan Bronco), cukup mendapat respek di kalangan TNI-AU atas pencapaiannya, apalagi yang pernah menerbangkannya.

    Jadi, pernyataan KSAU bahwa lebih baik beli pesawat baru yang berarti sangat merendahkan pesawat bekas, tentu berarti pernyataan lupa sesaat atas banyak peristiwa dan sejarah yang membesarkan TNI terutama TNI-AU sendiri, dan juga tentu saja pemerintah RI.

    Lebih baik, misalnya kalimatnya diganti / ditambahkan menjadi, “kalau beli pesawat F-16, lebih baik yang baru”.

  70. entuh sukhoi baru joy flight aja sudah nabrak gunung salak, pesawat baru ituloh, jng parno sama pesawat bekas sing peting rawat dan dicek dengan maksimal

    • Kasus sukhoi gunung salak? Kok disamain kesitu…, wah udah ngawur nih bung gatel dalam nyari pembelaan.
      Saya mau tanya sama bung gatel. Emang ada pilot pesawat sipil yang BAWA PARASUT. Terus tidak mengindahkan alarm crash yg sudah memperingantkan akan terjadi benturan. Kalo sukhoi gunung salak udah jelas lah sabotase dari pihak USA untuk menjegal ekspansi penjualan Sukhoi ke Indonesia. Cuma cara USA kasar alias menghalalkan segala cara.

    • Kalau Sukhoi SSJ-100 di Gunung Salak, lebih ke faktor human. Sedangkan F-16 block 25/52ID ini ke faktor mesin (ya tentu saja sih, mesin dibuat dan dipasang oleh manusia juga ya).

    • kalau komen yang pinter dikit jangan menunjukan ketoloan mu nak

      • Bahasa mu…wow..

        IQ nya gak sampai memahami tata krama,sopan satun n attitude.

        8x31x2-4-9+27:8-0= berapa?

        Jgn pake kalkulator n waktux 5 menit..klw bisa pinter…klw enggak….bererti bisa dibilangin tholol juga…kan…dan…

  71. Masih ngarepin F-35 bang?

    Pesawat tidak akan mampu menembakan senjata utama sampai 2019. Juga tidak akan memiliki perangkat lunak yang diperlukan untuk pengoperasikan salah satu bom presisi berpandu sampai 2022.

    Terus kita punya nya kapan? Keburu IFX kelar kali bang…,

  72. Sorry, salah klik. Ini buat reply komennya bung Loai di nomor 35. 🙂

  73. Saya rasa benar, ada yg dpt bagian dari 700 jt dolar elbot, kasian ternyata korupsi senjata nyata mamarika dkk untuk hancurin indonesia…makanya susah sekali tni/polri naik gaji..

  74. yg pnting pilot selamat! hrga seorng pilit jauh lebih mahal dr pesawat apapun

  75. Tukang abu mana ya…? Biasanya lo ada yg rongsok2 gitu pada nungul nich….? Syukur alhamdulillah lo pilotnya selamat,moga gak da kejadian lg dech….!

  76. elbot yg datang blok 25 atw 52 nih..nunggu pencerahan para sepuh…

  77. ketika indonesia mulai kelihatan tidak berpihak, as langsung menawarkan barang bekas dengan embel embel upgrade, ibarat mobil mewah modal cat baru dan poles biar kinclong, tapi daleman sudah tua semua. pemerintah kalah pinter dari makelar mobil.

  78. yang politiknya lebih condong kebarat……..segera menyingkir dari muka bumi……..!!!!

    cuci muka sana….atau cari biang kesalahan Pilot…..!!!

    wahai antek ASU…….Sadarlah……Istri anak cucumu kamu kasih makan dengan uang Rakyat yang kamu amabil dengan hasil Korupsi…….!!!!

  79. ini ni conens yg sangat realitis. 2 jempol buat panjenengan bung.

  80. ini ni conens yg sangat realitis. 2 jempol buat panjenengan bung tria.

  81. lah bro… sby juga nggak cuma beli barang bekas kok … tuh TA 50 16 biji,tucano 8 biji dan grob baru2.. chanbogo,bmp banyak dah.
    kalo yang bekas selaen f16,itu herkules juga anteng2 aja … trus 100 leopard yang kita bangga2in dan gak berhasil ambles juga barang sekon … trus trus bung tomo klas kebanggaan bangsa juga seken …. nyatanya masih gentayangan.yang namanya musibah gak bisa jadikan patokan bekas atau baru.walau beli baru lebih baek.apalagi kalo belinya su 35 udah gahar lebih murah pula.
    yah yah…

  82. su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri

  83. Barang rombeng…

 Leave a Reply