Apr 162015
 
@SonoraFM92

@SonoraFM92

 

Jakarta, CNN Indonesia — Presiden Joko Widodo diangkat sebagai Warga Kehormatan Pasukan Khusus TNI oleh Panglima TNI Jenderal Moeldoko. Pengangkatan ini akan dilakukan secara simbolik dengan pemasangan baret dan jaket Mabes TNI.

Panglima TNI didampingi oleh Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Gatot Nurmantyo, Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Ade Supandi, dan Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Agus Supriatna.

Acara apel kebesaran ini digelar di Lapangan Merah Plaza TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (16/4).

Pengangkatan Presiden sebagai Warga Kehormatan Pasukan Khusus TNI ini diatur dalam UUD 1945 Pasal 10 yang menyatakan bahwa presiden memegang kekuasaan tertinggi atas Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara.

Dalam acara ini TNI melibatkan 6.450 personel yang terdiri dari 750 personel Mabes TNI, 2.100 personel TNI AD, 2.050 personel TNI AL, dan 1.550 personel TNI AU.

Mabes TNI juga menggelar alat utama sistem pertahanan yang dimiliki berupa MBT Leopard 2A7 sebanyak dua unit, Panser Tarantula Canon sebanyak dua unit, Panser Intai Komando sebanyak dua unit, Rudal Grom TNI AD sebanyak dua pucuk, Meriam-155 MM KH 179 TNI AD sebanyak dua pucuk, BMP 3F Marinir sebanyak dua unit, LVT 7 Marinir sebanyak dua unit, Roket RM-70 Grad sehanyak dua unit, APC 6×6 Anoa sebanyak dua unit, Panser APS Anoa 6×6 sebanyak dua unit, dan Heli Super Puma sebanyak satu unit.

Tak hanya itu, dipamerkan pula Pesawat Fly Pass F-16 sebanyak empat unit, Heli Bell 412 sebanyak empat unit, Heli BO-105 Bolcow sebanyak satu unit, Heli Colibri sebanyak empat unit, Heli MI-35 sebanyak dua unit, Pesawat CN-295 sebanyak satu unit, Peterjun Free Fall Tri Matra, Kopassus, Marinir, dan Paskhas sebanyak 20 orang.

Salah satu pesawat F16 yang dijadwalkan ikut fly pass acara bernomor ekor TS-1643 pagi ini diketahui gagal lepas landas dan terbakar di landasan pacu Bandara Halim Perdana Kusumah. Namun insiden ini tak mengganggu acara pengangkatan Presiden sebagai anggota kehormatan TNI.

Tampak hadir dalam acara ini beberapa menteri Kabinet Kerja seperti Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan Tedjo Edhy Purdijatno, Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Indroyono Soesilo, Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Andrinof Chaniago, Menteri Pertanian Amran Sulaiman, Menteri Agama Lukman Hakim, Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto, Kepala Kantor Staf Kepresidenan Luhut Binsar Panjaitan, dan Kepala Badan Intelijen Negara Marciano Norman.

Selain itu, hadir pula Ketua DPR Setya Novanto, Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah, dan Ketua DPD Irman Gusman.

Pesawat F-16 Gagal Terbang di Halim Perdanakusuma

Sebuah pesawat tempur berjenis F16 gagal lepas landas lalu terbakar di Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta Kamis pagi ini. Menurut keterangan dari Mayor Dodo Agusprio Kepala Urusan Penerangan Pasukan dan Umum Halim Perdanakusuma insiden terjadi pada pukul 08.30 WIB.

Pesawat F16 dengan tail number TS-1643 rencana akan melaksanakan miss Fly Pass pembaretan dungeon cute Halim Perdanakusum menage Markas Besar TNI dan kembali ke Halim Perdanakusuma. “Pesawat saat itu tak mau naik, lalu terbakar dan sempat terjadi ledakan,” kata Dodo saat dihubungi CNN Indonesia.

Saat ini menurut Dodo pilot yang membawa pesawat tempur itu mengalami luka bakar ringan, di lutut kiri dan kanan, serta mengalami cedera punggung. Hingga saat ini landasan sudah bisa digunakan. Pesawat F16 yang terbakar itu, kini ditutupi terpal. “Kami masih menunggu investigasi soal insiden ini,” kata Dodo.

Dodo mengatakan penyebab dari insiden ini tak bisa diprediksi dalam waktu dekat. Semua pihak harus menunggu hasil investigasi dari otoritas berwenang. Saat ini, ada larang tak boleh mengambil foto dan mendekati wilayah insiden yang sebenarnya berdekatan dengan pemukiman warga. (CNN Indonesia)

Begini Cara Pilot Keluar Kokpit Sebelum Pesawat F-16 Jatuh

 

Pesawat F-16 yang jatuh dan terbakar di Lanud Halim Perdanakusuma, sudah dipadamkan.

 

JAKARTA — Sebuah pesawat tempur F-16 Fighting Falcon Block 52ID nomor registrasi TT-1643 mengeluarkan asap hitam saat akan lepas landas dari landas pacu Pangkalan Udara Utama TNI AU Halim Perdanakusuma pada Kamis (16/4) pukul 08.15 WIB.

“Pilot segera membatalkan lepas landas, mematikan mesin langsung, dan keluar dari kokpit. Pesawat tempur itu segera disemprot pemadam kebakaran. Sekarang sudah ditarik menuju hanggar,” kata Kepala Dinas Penerangan TNI AU, Marsekal Pertama Hadi Tjahjanto.

Pilot yang menerbangkan F-16 Fighting Falcon Block 52ID itu adalah Letnan Kolonel Penerbang Firman Dwicahyo. Dia adalah komandan Skuadron Udara 3 TNI AU yang semua armadanya terdiri dari pesawat tempur buatan General Dinamics generasi awal dan Lockheed Martin, Amerika Serikat itu.

“Pilot bisa keluar dari kokpit secara selamat, tidak kekurangan apa pun. Saat ini tim penyelidik dan keselamatan penerbangan TNI AU telah melakukan tugasnya,” kata Tjahjadi. (REPUBLIKA.CO.ID)

 Posted by at 11:03 am

  64 Responses to “F-16 Terbakar, Pembaretan Jokowi Tak Terganggu”

  1. sangat disayangkan…

  2. Sayang

  3. pak marsekal Agus Supriatna :” ini bisa jadi pelajaran buat kita agar beli yang baru”.

  4. barang hibah kemaren ya ?

  5. Wewwwww

  6. Perasaan jd kgk enak nih

  7. Akhirnya di kilo di loakan…

  8. lhoo.kok bisa,,padahal belum dipakai perang.

  9. Alhamdulillah lw pilotnya selamat..

  10. elang botak, elang botak kasihan nasibmu

  11. Menurut KSAU saat diwawancara TVone, pesawat merupakan hibah yang baru datang. “Sy minta bantuan media juga untuk membantu, bahwa pesawat itu harus yang baru jangan yg bekas (Hibah)” ……

    • quote: “Sy minta bantuan media juga untuk membantu, bahwa pesawat itu harus yang baru jangan yg bekas (Hibah)” ……
      setahu saya jabatan KASAU itu bagian dari pemerintah, dan diangkat oleh pemerintah ya… kebijakan hibah saat itu juga diambil oleh pimpinannya beliau terdahulu (Presiden selaku panglima tertinggi TNI, Menhan, Panglima TNI dan KASAU terdahulu)… saya jd heran kl seorang KASAU bisa bicara spt itu di media. memangnya dia diangkat oleh media ya?

  12. Mudah mudahan pemerintah kita gak tergoda barang bekas lagi.
    kemarin juga katanya ada yg retak.

  13. Di saat yg brsamaan prajurit sat gultor juga mengalami kclakaan…… Ada pertanda apakah ini???…
    Coba tanya pda rumput yg bergoyang.. Ohh oh oh hooo hohohohhhh..

  14. Ayo beli terus bekasx, Markin rongsok makin juozzzzz……… hahahaha…… Yg kaya para broker…. Makan tuh battle proven

  15. Masuk kontainer kirim pulang ke amerika, balik dikasih bonus 2 pesawat

  16. Untung di makassar hari ini SUKHOI masih menggelegar di langit makassar, tp Terbangx single aja, ga kyk biasax bertiga atau terbang duet

  17. Siap2 musdalifa kebanjiran orderan besi tua nih.

  18. gini aja seluruh skadron F16 hasil hibah dibikin drone saja…boeing sanggup melakukannya…setelah jadi drone dipakai menjadi sasaran SAM TNI AD/AL/AU…
    Seorang Manager Jepang pernah menasehatin saya..Beli BARANG MURAH PUASNYA HANYA PADA SAAT MEMBAYAR!!!!!!!

  19. Menurut gue Tim yg dulu dikirim buat cek ini barang perlu dipertanyakan kredebelitasnya.

  20. kayaknya semesta menolak deh hehehehhehe

  21. Semoga Jokowi dalam kunjungan ke gedung putih berikutnya, menolak barang bekas sebagai alat utama. klo sebagai alat latihan oke ajah

  22. Gak ada yg wah…

    Ya barang bekas harus ada resiko..

    Salut gw ma pemerintah kita yg suka mengambil resiko. .tapi yg disayangkan hulubalang ibu pertiwi yg selalu jd korban.

  23. yang baru tho mazz joko, jangan beli bekas, maksudnya hemat tapi malah nambaaah dduueeeeet.!

  24. Resiko Seken hand…Baru berumur kuranglebih 1 tahun datang wiss insiden….yg beli 12 baru dari thn 80an…2 crash….ya tinggal mau melihat dari sudut pandang mana…Menilai Baru Apa bekas…

    • Gak perlu bgt bung. Cb anda perhatikan armada sukhoi kita. Beli baru kan. Cari tuh ada di mana yg nmr serinya TS 2701, 2702, 3001, dan 3002. Cek. Msh bisa terbang nggak? Sebaru apapun pswtnya kl nggak proper maintenance pasti akan rusak sblm wktnya. Pertanyaannya biaya perawatannya selama ini dibuat apa? Utk f16 Sy curiga ini krn kesalahan maintenance yg menyamakan f16a dgn f16c. Pdhal systemnya udh jauh beda.

  25. makanya beli su35 aja ndaaaaaan……

    lebiiih mantaaaaaaaap….

  26. Hidup sukhoi….

  27. Namanya jg brg sdh tua, wlu sdh diservis sana sini dan ditingkatkan kemampuannya, yg ttp tua.
    Kedepan, sebaiknya kt jgn suka mnerima hibah lg deh. Pasalnya, disamping keamanan pesawat tdk terjamin, jg wlu kt keluar duit utknya, tp ttp sj namanya pemberian/hibah. Krnnya kt sulit utk menolak tuntutan sipemberi dikemudian hari wlu tuntutannya itu melanggar UU.
    Apa kt msh tutup mata trhdp perilaku Freeport yg santai sj melawan kebijakan dan melanggar aturan kt?
    Lalu apa tindakan kt trhdpnya?

    • Namanya jg brg sdh tua, wlu sdh diservis sana sini dan ditingkatkan kemampuannya, yg ttp tua.

      Kalau anda banyak baca informasi terkait, banyak tuh.
      Dari dalam negeri, A-4E Skyhawk itu beli second dari suatu negara di Timur Tengah. Barang bagus, boss!

      OV-10F Bronco TNI-AU, itu adalah OV-10A yang melalui upgrade dan refurbish, alias barang second juga. Tak lama setelah datang ke mari, si Bronco sudah menunjukkan kinerjanya ketika dikirim ke Operasi Seroja.

      Singapura, beli kapal selam bekas tuh.

      Bahkan dalam lingkungan AB AS, B-52 dan CH-47 itu pesawat / heli tua tuh, dilakukan upgrade dan refurbish, sudah puluhan tahun, malah B-52 sampai setengah abad lebih. Sekarang masih dipakai.

      “The B-52 completed fifty years of continuous service with its original operator in 2005; after being upgraded between 2013 and 2015, it is expected to serve into the 2040s” (Wikipedia)

  28. Di AS ni pesawat tua sudah tidak diterbangkan oleh manusia, tapi tanpa awak dan di buat drone, kita kok nafsu mau ya. sayang berfikir masih terbelakang, yaahh..maklum iming-iminnya mungkin besarya.

  29. kalau misal LCS Memanas

    Terlihat dari radar militer pesawat dari china datang ” Semua Siaga ” kontak TNI AU segera sergap

    TNI AU : Siap

    Setelah 30 menit berlalu belum terlihat di radar pesawat Indonesia, gimana ini kenapa belaum ada pesawat yg menyergap. cepat kontak…. dengan nada geram !!!
    Disaat yg sama Pesawat RRC terus bermanuver di LCS dengan Bebas

    Pilot Pespur China ( Kita sudah hampir satu jam disini kenapa belum ada pesawat Indonesia yg nongol ya dengan penuh keheranan dan bingung )

    co pilot ( sebentar gan saya update data di internet dulu )

    Pilot Pespur China ( apa jangan 2 kita sudah di kepung pesawat siluman dari indonesia ) Piloot semakin bingung

    Co Pilot Pespur China ( kita cabut aja gan )

    Pilot Pespur China ( apa kita sudah dikepung dengan pesawat siluman Indonesia tapi kenapa tidak tampak di radar )

    Co Pilot Pespur China ( Bukan gan, Percuma kita muter2 disini kagak ada pesawat yg nongol )
    lha ni update data internet pesawat F 16 Indonesia gagal terbang )

    Pilot Pespur China ( Wah kasiaan ya TNI AU. lha mereka Mau aja di kasih F 16 bekas ck ck ck…;)

    Co Pilot Pespur China ( Kita berdoa saja meraka segera sadar. Cabut Gan )

  30. 1 F16 + 1 Pasus = 2, pertanda akan ada peristiwa penting kejatuhan Presiden

    • Betul sesuai ramalan …..dukun beranak….

      20 Mei jangan harap mas bro…… itu president pilihan rakyat….. kita siap bela pemimpin indonesia….

  31. F-16 nya ngambek. Kemarin Jokowi lebih lebih memilih hadiri kegiatan partai ketimbang hadiri perayaan HUT TNI AU…

  32. Lihat presiden Jokowi pake baret & seragam loreng, …….. lucu ………. mengharukan !!!

  33. RAKYAT TERGANGGU DENGAN KENAIKAN HARGA KEBUTUHAN POKOK!!!!!!
    Apakah harus menunggu kemarahan rakyat!!!!

  34. uuuwaaauuuwwww

  35. Memang ga pantas menerima Brevet itu………..!!!!
    Memang ga pantas menerima Brevet itu………..!!!!
    Memang ga pantas menerima Brevet itu………..!!!!
    Memang ga pantas menerima Brevet itu………..!!!!
    Memang ga pantas menerima Brevet itu………..!!!!
    Memang ga pantas menerima Brevet itu………..!!!!
    Memang ga pantas menerima Brevet itu………..!!!!
    Memang ga pantas menerima Brevet itu………..!!!!
    Memang ga pantas menerima Brevet itu………..!!!!
    Memang ga pantas menerima Brevet itu………..!!!!
    Memang ga pantas menerima Brevet itu………..!!!!
    Memang ga pantas menerima Brevet itu………..!!!!
    Memang ga pantas menerima Brevet itu………..!!!!
    Memang ga pantas menerima Brevet itu………..!!!!
    Memang ga pantas menerima Brevet itu………..!!!!
    Memang ga pantas menerima Brevet itu………..!!!!
    Memang ga pantas menerima Brevet itu………..!!!!
    Memang ga pantas menerima Brevet itu………..!!!!
    Memang ga pantas menerima Brevet itu………..!!!!
    Memang ga pantas menerima Brevet itu………..!!!!
    Memang ga pantas menerima Brevet itu………..!!!!
    Memang ga pantas menerima Brevet itu………..!!!!
    Memang ga pantas menerima Brevet itu………..!!!!
    Memang ga pantas menerima Brevet itu………..!!!!
    Memang ga pantas menerima Brevet itu………..!!!!
    Memang ga pantas menerima Brevet itu………..!!!!
    Memang ga pantas menerima Brevet itu………..!!!!
    Memang ga pantas menerima Brevet itu………..!!!!
    Memang ga pantas menerima Brevet itu………..!!!!
    Memang ga pantas menerima Brevet itu………..!!!!
    Memang ga pantas menerima Brevet itu………..!!!!
    Memang ga pantas menerima Brevet itu………..!!!!
    Memang ga pantas menerima Brevet itu………..!!!!
    Memang ga pantas menerima Brevet itu………..!!!!
    Memang ga pantas menerima Brevet itu………..!!!!
    Memang ga pantas menerima Brevet itu………..!!!! Memang ga pantas menerima Brevet itu………..!!!!
    Memang ga pantas menerima Brevet itu………..!!!!
    Memang ga pantas menerima Brevet itu………..!!!!
    Memang ga pantas menerima Brevet itu………..!!!!
    Memang ga pantas menerima Brevet itu………..!!!!
    Memang ga pantas menerima Brevet itu………..!!!!

  36. su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri

  37. waduh gimana mau perang sama malon

 Leave a Reply