Feb 082019
 

JakartaGreater.com – Perusahaan Pertahanan Turki ASELSAN berhasil merancang perangkat sistem peperangan elektronik SPEWS-II. Dengan dukungan perusahaan BAE Systems asal Inggris, ASELSAN merancang sistem peperangan elektronik yang akan memberikan perlindungan pesawat tempur F-16 di zona udara musuh yang berbahaya.

SPEWS-II dilaporkan telah berhasil menyelesaikan tes pengujian dan mulai digunakan pada pesawat tempur F-16 Angkatan Udara Turki.

Sejauh ini 21 F-16 Block 50 Turki teah dilengkapi sistem SPEWS-II, dan akan sangat mungkin terus diperluas untuk semakin memperkuat pertahanan diri pesawat tempur F-16 Turki.

Sistem SPEWS-II dilengkapi sistem radar warning receiver, yang dapat mendeteksi sinyal radar yang dipancarkan rudal musuh, dan memperingatkan datangnya bahaya pada pilot F-16.

Sistem SPEWS-II dengan sistem peperangan elektroniknya akan memanipulasi sinyal rudal musuh dan memanipulasi rudal dengan memberikan lokasi yang berbeda.

Perlindungan terhadap ancaman rudal yang berpandu radar akan sangat berguna dalam operasi lintas perbatasan yang dijalankan F-16 Turki.

Secara keseluruhan, ASELSAN akan memproduksi 60 sistem peperangan elektronik – termasuk 53 sistem produksi massal dan tujuh sistem pilot – yang direncanakan akan digunakan pada pesawat tempur F-16 Block 50C.

DailySabah