F-16, Typhoon dan Gripen Bersaing di Bulgaria

23
9

Eurofighter Typhoon Italia, Gripen Swedia dan F-16 Bekas Portugal bersaing untuk menjadi pilihan bagi Bulgaria yang ingin mengakuisisi satu skuadron pesawat tempur multirole dengan nilai US$ 1.7 milyar.

Bulgaria berencana ingin menggantikan pesawat tempur tua MiG-29 buatan Rusia,dan telah menyiapkan anggaran sekitar 1,5 miliar levs (£ 669,10 juta) untuk pembelian pesawat baru yang akan meningkatkan kemampuannya sesuai standar NATO sekaligus mengurangi ketergantungan pada pesawat tempur buatan Rusia, tulis Reuters, Senin.

Portugal menawarkan F-16 bekas termasuk dengan paket logistik langsung dari AS, sedangkan Swedia menyiapkan Gripen dan Italia menyodorkan Eurofghter Typhoon.

Sebelumnya pada bulan Juni 2016, Parlemen Bulgaria menyetujui rencana untuk mendapatkan delapan pesawat tempur baru atau bekas pada tahun 2018-2020. Beberapa dana telah disepakati untuk disisihkan dalam tahun anggaran 2017.

Pada bulan Desember 2016, Kementerian Pertahanan Bulgaria telah mengajukan permintaan ke Amerika Serikat, Swedia, Italia, dan Portugal untuk mengirimkan proposal penawaran pesawat tempur.

Defenceworld
Editor : Muhidin

23 KOMENTAR