F-16 Yunani Jatuh di Spanyol

70
75

image

Madrid – Pesawat jet tempur F-16 milik Yunani jatuh dan meledak di Pangkalan Udara Los Llanos, dekat kota Albacete, Spanyol, pada Senin (26/1). Setidaknya sepuluh orang tewas, termasuk dua pilot pesawat, sementara 13 lainnya terluka.

Seperti dilaporkan media Spanyol, The Local, pesawat nahas tersebut jatuh sesaat setelah lepas landas dari Pangkalan Udara Los Llanos ketika tengah mengikuti latihan perang dengan NATO, pada pukul 3.30 sore waktu setempat.

Menurut media Spanyol lainnya, abc.es, pilot yang merupakan warga negara Yunani melakukan manuver yang salah saat lepas landas dan mengakibatkan pesawat kehilangan kendali.

Pesawat kemudian menghantam sejumlah pesawat lainnya yang sedang diparkir di pangkalan udara tersebut.

“Pesawat jet itu ikut berpartisipasi dalam latihan perang bersama NATO dalam program Tactical Leadership Program atau TLP. Sesaat setelah lepas landas, pesawat kehilangan kekuatan dan menabrak area parkir untuk pesawat, dan menghantam sejumlah pesawat yang diparkir di sana,” bunyi pernyataan resmi dari Kementerian Pertahanan Spanyol, dikutip dari Reuters, Senin (26/1).

Saksi mata menyatakan melihat ledakan dan kebakaran hebat di pangkalan udara tersebut. Kementerian Pertahanan menyatakan petugas pemadam kebakaran saat ini tengah berupaya memadamkan api di lokasi kejadian dan daerah sekitar yang terkena rambatan api.

Menteri Pertahanan dan Angkatan Udara Spanyol dilaporkan tengah menuju ke lokasi kejadian.

Pangkalan udara yang terletak di Albacete, sekitar 262 kilometer dari ibu kota Madrid merupakan markas untuk program TLP dari NATO. Sejumlah pilot senior dilatih di pangkalan udara tersebut untuk meningkatkan keterampilan mereka dan efektivitas angkatan udara secara keseluruhan.

Sementara, dua pesawat Perancis yang tengah melintas ketika kecelakaan terjadi terpaksa melakukan pendaratan darurat di Pangkalan Udara San Javier di Murcia, sekitar 140 kilometer dari lokasi kejadian.

Kecelakaan ini merupakan kali kedua yang terjadi di pangkalan udara Spanyol. Pada Juli 2014 lalu, pesawat tempur Spanyol meledak sesaat setelah lepas landas dari latihan tempur gabungan di pangkalan udara gabungan Spanyol-AS, Morón de la Frontera, menewaskan satu orang pilot. (CNN Indonesia).

70 KOMENTAR

        • Su-30MKI ( 100% Semua Bukan Karena Kerusakan Mesin )
          Dan 90% Pilot Berhasil Selamat Krn Berhasil Eject dari Cockpit.
          Mayoritas dikarenakan Fly ByWire Systemnya yg Mengontrol Canard system. Akibat system gado2 dan Tidak Ori OEM Sukhoi.

          =>30 April 2009
          cause of the crash was “failure of the fly-by-wire system”.
          =>30 November 2009
          It was attributed to accidental ingestion of a foreign material in the engine intake, Both aircrew ejected safely.
          =>13 December 2011
          Reports said that the crash was due to a malfunction in the fly-by-wire system. both the pilots ejected safely
          =>19 February 2013
          the aircraft’s right wing exploded, both the pilots ejected safely.
          =>Okt 2014
          preliminary findings had suggested a technical problem in the fly-by-wire system as the cause and not human error.
          “The engines of the jet did not fail. There was no pilot error either,” a senior official said.
          Sidharth V. Munje and his co-pilot Flying Officer Anup Kumar ejected safely.

          Mayoritas Crash dari F16 dan FA50 akibat Kerusakan mesin, Walau dalam keadaan High Maintenance sekalipun (Data KorSel dan USA).
          bahkan F35 sekalipun, tak luput Crash akibat Kerusakan mesin, Walau High Maintenance. Itulah Resiko “Single Engine”.

          “Man Made”.

          • tambah lagi bung:

            Mirage2000 india (single engine) jatuh karena engine flame out.
            Rafale, saya belum dengar ada yang crash karena engine failure.
            Satu-satunya typhoon crash by engine adalah jatuhnya prototype typhoon pada 21 nov 2002. Kedua pilot selamat, namun mesin yang digunakan waktu itu bukan mesin yang disupply untuk typhoon produksi masalnya. cmiiw…

      • Turut berduka utk yg mjd korban.

        *Bung ada korban jiwa lho..paling gak berbelasungkawa utk yg mjd korban ..masa ribut human error..or material failure..dmna sisi kmnusiaan kita sbg bngsa timur yg beradab
        *smogabjd pelajaran utk TNI AU..dlm bina pers dan harsabang nya

      • lha saya ini cuman bercanda nyentil bung Diego maslah pilihan pribadi pespur yang baik untuk TNI AU menurut pengamatan bung diego kalo dijawab ya bagus kalopun g dijawab sama bung diego pun bagus yang penting beliau bisa menampilkan artikel terus di JKGR ini, sekali lagi ini cuman bercanda aja, koq anda melenceng ke masalah kecamuk politik lagi..Yaa?? sudahlah sing waras ngalah wae..

        • okelah bung danu kalo gitu..
          memang karaktristik seseorang bisa dibaca dari beberapa aspek tetapi itu hanya secara sekilas pandang… karena yang melatar belakangi karakter seseorang beserta perubahannya adalah dari nafsunya sendiri, bagaimana bolak baliknya tingkahlakunya hati seseorang itu sendiri yang bisa mengalami perubahan begitu cepat dalam hitungan keluar masuk nafas tanpa terasa dan tanpa disadari. dan hal ini sulit sekali untuk diketahui dan dipelajari oleh sebagian besar umat manusia..hal demikian ini dialami oleh seluruh umat manusia.. tetapi perubahan karakter demikian ini bisa dilatih dan dibimbing oleh seorang guru yang mursyid serta tak lepas dari rahmat dan hidayah dari Allah SWT belaka…

          oke bung danu.. mohon anda menampilkan artikel seperti dulu dulu yaa.. eiit.. tapi kalo tak kritisi jangan marah lho..?? he.he.he..

          • sip bung E-Kafa , anda kritisi + dilampiri berbagai link malah saya senang, ada rujukan dan sudut pandang baru…

          • ya nggak to bung Magelang.. wong namanya aja adu masing 2 argumen yang dimiliki dan sebatas yang diketahui sekali lagi sebatas yang diketahui.. lha wong saya sendiri banyak belajar sama beliau dari beberapa komen dan artikelnya bung danu dan bung lainnya spt. bung wehr, bung NYD, bung Jalo, bung PA, STMJ, PS, ngurah rai, bung Gue, afiq0110, bapak besar, bung yayan, bung melectech, bung blaze, bung donnie, andri cahyadi, bung satrio dan bung bung lainnya termasuk bung Diego sendiri.
            dan seingat saya JKGR ini saya ikuti tetapi menjadi SR mungkin sejak tahun 2011 sebelum munculnya artikel yang isinya ttg. kekuatan militer era bung karno yang ada gambarnya KRI Irian, Rudal/rudal Kartika, pesawat Tupolev AURI..

            sebenarnya kita disini ini terasa bersaudara walaupun tak pernah berjumpa dan terasa kangen dengan kehadiran bung bung yang lainnya dimari..

            seandainya kita bisa berjumpa.. wahh.. pasti bersalaman dan saling tutur sapa : oo.. ini to bung si A, oo.. ini to bung si B dll. he.he.he.. cuman berandai andai.

          • lha itulah bung danu.. sampai saat ini saya belum bisa menampilkan link lha wong saya ini cuman lulusan MTs swasta. akan saya cobanya..
            ini aja saya tampil dimari disela sela kesibukan gembala kambing gibas di hutan perhutani sambil mencari cara bagaimana cara membuat pakan alternatif yang mudah, ekonomis, dan bermutu tinggi dengan memanfaatkan keadaan yang ada..
            lha koq jadi curhat pribadi, he.he.he..

          • wah, anda jadi penerus profesi para nabi bung E-Kafa,

            Dalam buku Sejarah Hidup Muhammad karya Muhammad Husain Haekal, pekerjaan Nabi Muhammad menggembalakan kambing sejak masa mudanya itu menyebabkan dia lebih banyak merenung dan berpikir. Dia menggembalakan kambing keluarganya dan kambing penduduk Mekah. Dengan rasa gembira ia menyebutkan saat-saat yang dialaminya pada waktu menggembala itu. Di antaranya ia berkata: “Nabi-nabi yang diutus Allah itu gembala kambing.” Dan katanya lagi: “Musa diutus, dia gembala kambing, Daud diutus, dia gembala kambing, aku diutus, juga gembala kambing keluargaku di Ajyad.”

            sukses selalu !

  1. gimana klu f 16 b 25 id atw katax setara f 16 b 52 id jatuh lagi seperti 4 bln yg lalu tp jatuhx nabrak keluarga Flanker su 27/30 yg lagi mejeng di hanggar .. bahaya ni ! gawat ni panglima harus memberikn travel warning ! dilarang f 16 melintas di atas flanker !

  2. bung sempak@ , klu jd qt beli su 35 dn bomber su 34 .. saya usul bikin protap .. aturanx f 16 hrs jg jarak dr flanker family .. klu mendekat tembak jatuh sj .. , bhy tu f 16 jk pespur t membangkang dn melakukan aksi KAMIKAZE .. atw diloakin sj atw hibahkn sj .. lgian t pespur gak ada gendonganx..klu tbang/menempatan izin asu dulu .. atw t pespur jd uji coc r rhan .. pokoke jauhi dr flanker , boaya ni pesper #sebel gua klu igt pembelianx..gemeeess..

    • Su family dan F 16 family itu berbeda kelas mas Waduh. Tidak bisa apple to apple. Kita butuh keduanya! Sangat tidak mungkin skuadron tempur kita diisi oleh Su family atau double engine family karena ongkos operasionalnya mahal sekali dan akan mempercepat umur “kematian” pesawat itu sendiri.

      F16 punya kelebihan beserta kekurangannya begitu pula dengan Su family. Pemilihan F16 block 25 upgrade dulu (saya tidak ingin bilang block 52ID karena ini pembohongan publik) karena saat itu kita butuh mengejar kuantitas alias jumlah yang banyak (dengan uang terbatas). Disaat banyak area kita yang masih belum tercover oleh radar, maka jumlah yang banyak ini bisa menutupinya. Saat ini kita mengejar “Needs” terlebih dahulu baru kemudian beralih untuk mengejar “Want”. Ingat, saat ini kita tidak dalam keadaan perang atau bersitegang dengan negara manapun, maka skala prioritas yang akan digunakan.

      • karena banyak area kita yang masih belum tercover oleh radar, maka jumlah pesawat yang banyak ini bisa menutupinya. Saat ini kita mengejar kualitas dulu dikarenakan negara tdk dlm keadaan perang dgn negara lain.
        mungkin karena hal ini TNI berniat “memperpanjang usia pakai F-5 Tiger hingga tahun 2020” dan “mengaktifkan kembali armada A-4 Skyhawk” yg sudah pensiun.
        lagi-lagi permasalahannya ada di “ANGGARAN” yg minim.

        semoga su-35 sbg fighter besar masuk di penambahan skuadron jadi pengadannya tdk terpengaruh dgn memperpanjang usia pakai F-5 Tiger dan pengaktifkan kembali armada A-4 Skyhaw yg pernah jdi wacana tahun lalu.

  3. Pokokx jgn smpe tni beli pespur bekas dr asu,apapun alasnx,mw hibah ato diskon,embargo psti ad,dn yg akn qt lwn d kwasan adlh ank2x asu,gak mungkn qt d belain,lbh baik qt k om rusky aj,lbh transparan dn yg jelas bebas embargo,su35 mimpi buruk untk F35 ausi dn singapor.

    • Jempol boss anda org yg pertama kali bilang berduka cita yg lain malah ngomongin f16 nya. Kalo liat dari berita terbaru sih katanya mesih f16 kehilangan tenaga dorong pada saat take off jadi gak kuat menanjak dan akhirnya jatuh, coba liat berita terbarunya yg lain deh ini 2 jam an yg lalu.