Apr 132018
 

Jet tempur F-16 Angkatan Udara Belgia. © Gerard van der Schaaf via Wikimedia Commons

JakartaGreater.com – Perwakilan dari perusahaan dirgantara, pertahanan, keamanan, dan teknologi canggih AS, Lockheed Martin, mempresentasikan penawarannya untuk menjual jet tempur F-16 ke Slovakia pada 10 April.

Dilansir dari laman Spectator.sme.sk, jika Slovakia menerima tawaran terebut, maka jet tempur F-16V pertama dapat dikirimkan ke negara itu pada akhir tahun 2022, sebut perwakilan Lockheed Martin yang dikutip oleh TASR newswire.

Kebutuhan untuk menggantikan pesawat MiG-29 Rusia yang usang dengan jet tempur yang lebih modern telah menjadi masalah bagi Slovakia sejak lama. Membeli jet tempur F-16 Blok 70 dari AS adalah salah satu opsi, sementara opsi yang lainnya adalah jet tempur Gripen dari Swedia.

“Kesepakatan jet tempur F-16 Blok 70 yang diusulkan itu akan mampu bersaing dengan jet tempur Gripen Swedia dan akan menjadi bagian dari paket yang mencakup pelatihan dan persenjataan”, menurut perwakilan produsen senjata AS, Michael Kelley, namun dia tidak ingin menyebutkan jumlahnya, karena penjualan masih dalam negosiasi.

Kelley menolak menyebutkan biaya operasional per jamnya, namun hanya mengatakan bahwa meskipun biaya operasional Gripen mungkin lebih rendah, masa layanan Gripen akan lebih rendah daripada F-16V.

Tidak Lebih Cepat Dari 2022

Pesawat tempur F-16V itu tidak akan dipasok ke Slowakia lebih awal dari 2022 karena infrastruktur yang diperlukan di Slovakia harus dipersiapkan terlebih dahulu. Sehingga pengiriman dijadwalkan paling cepat akhir 2022, menurut Kelley, dan menambahkan bahwa empat pesawat pertama akan dikirimkan ke Slovakia pada waktu itu.

“Kesepakatan juga harus mencakup program pelatihan pilot. Sulit untuk menetapkan waktu yang tepat untuk pelatihan, karena proses penjualan berada pada tahap penyelesaian saat ini”, kata Craig Dalle, mantan pilot angkatan udara AS yang menerbangkan F-16.

Berdasarkan pengalaman, Dalle memperkirakan bahwa pelatihan akan memakan waktu selama tiga tahun. Dia menekankan bahwa staf teknis yang diatur untuk terlibat dalam pemeliharaan pesawat juga perlu dilatih.

Jet tempur F-16 Blok 70 saat ini beroperasi di 25 negara, termasuk Italia, Norwegia dan Polandia. Menurut Kelley, F-16 adalah jet tempur paling sukses didunia yang juga telah teruji dalam pertempuran. “Modernisasi konstruksi mereka menjamin bahwa F-16 akan terbang hingga setidaknya 2045”, katanya.

Peluang Masa Depan

Berdasarkan permintaan dari Kementerian Pertahanan Slovakia, Kongres AS tanggal 4 April mulai meneria Surat Penawaran dan Penerimaan terkait dengan tawaran pesawat tempur F-16 ke Slovakia dengan jumlah total $ 2,91 miliar.

“Jika Kongres AS telah menyetujui tawaran tersebut, bukan berarti bahwa pemimpin kabinet telah memutuskan membeli pesawat tempur jenis ini”, kata Kementerian Pertahanan Slovakia.

Setelah mempertimbangkan tawaran pengadaan jet tempur dari Amerika Serikat dan Swedia, Menteri Pertahanan Slovakia Peter Gajdos akan menyampaikan apa yang menurutnya merupakan solusi paling efektif kepada kabinet Slovakia pada tanggal 29 Juni 2018.

Bagikan:

  11 Responses to “F-16V Slovakia Paling Cepat Dikirimkan Akhir 2022”

  1.  

    jika Slovakia menerima tawaran terebut, maka jet tempur F-16V pertama dapat dikirimkan ke negara itu pada akhir tahun 2022

    jika mau,. kalau tidak mau ??

  2.  

    TESTING …

    TESTING TESTING
    Sekali TEST bunting

  3.  

    nmr 3 lebih nikmat wkkkkk

  4.  

    Trus kalo suatu negara di timur jauh jadi pesan 3 skuadron viper kapan akan terima barangnya ya? Keburu Nukes blast all over the world dong…

  5.  

    Wuih Mig-29 bakal dimusiumkan apa diloakkan ya? Semua sekarang sdh berkiblat ke teknologi AS drpd teknologi Rusia!

 Leave a Reply