F/A-18 Finlandia Uji Coba Mesin Yang Dicetak Pakai Printer 3D

64
8
Jet tempur F-18 Hornet Finlandia. © Ilmavoimat

JakartaGreater.com – Bagian mesin pesawat yang dicetak menggunakan Printer Metal 3D pertama melakukan penerbangan perdananya pada tanggal 5 Januari 2018. Bagian ini telah dipasang pada pesawat tempur F/A-18 Hornet Angkatan Udara Finlandia.

Dilansir dari laman Patria Aiation, mereka telah mengerjakan proses pembuatan untuk bagian tersebut dengan menggunakan Printer Metal 3D selama dua tahun terakhir.

Bagian ini dirancang sesuai dengan persetujuan MDOA yang diberikan kepada Patria dan diproduksi dari superalloy Inconel 625. Persetujuan MDOA tersebut mengacu pada Persetujuan Organisasi Desain Militer sesuai dengan Persyaratan Penerbangan Militer Eropa (EMAR) dan diberikan oleh Otoritas Penerbangan Militer Finlandia (FMAA).

Mesin LEAP-A1 dicetak menggunakan Printer Metal 3D. © CFM International

Patria secara aktif telah terlibat dalam mengeksplorasi metode baru pembuatan dan perbaikan berbagai suku cadang. “Untuk bagian ini, pekerjaan pengembangan telah dilakukan selama dua tahun terakhir, dengan tujuan untuk mengeksplorasi proses pembuatan komponen menggunakan Printer 3D, mulai dari drawing board hingga aplikasi praktis.

“Kami akan terus meneliti metode pembuatan aditif, dengan tujuan membuat teknologi baru yang lebih efisien”, kata Ville Ahonen, Vice President, unit bisnis Patria Aviation.

Dengan menggunakan pencetakan 3D untuk membuat suku cadang memungkinkan proses yang lebih cepat untuk pelanggan yang perlu menyelesaikan produk, serta penciptaan struktur yang lebih baru dan lebih baik.

64 KOMENTAR

      • ngomong apa sih kamu haa…xixixizzz
        nii printer semakin mempermudah industri barang kw{tiruan}…tingal cetak menduplikat suku cadang…tapi masalah masih pada metalurginya…kalo kualitas logam bagus maka kompOnenpun bagus…begitu kebolakanya…!!!

          • kalo mau tau yaa harus banyak penelitiaan…tapi generasi terdahulu sudah mulai{empu gandring}tapi kok yaa sekarang tertingal…!!!!

          • Yang dimaksud dgn lebur paduan itu? Berbagai jenis bahan yg dipadukan atau disenyawakan dalam satu bentuk yg memiliki fungsi yg banyak, begitu ajja, kok repot sendiri loe.

            & untuk apa banyak banyak penelitian kalau cuma penelitian doang & barangnya tidak prnah ada, mungkin itu para siswa siswi indonesia

            Hahhaahaaaa

          • Yang dimaksud dgn lebur paduan itu? Berbagai jenis bahan yg dipadukan atau disenyawakan dalam satu bentuk yg memiliki fungsi yg banyak, begitu ajja, kok repot sendiri loe.

            & untuk apa banyak banyak penelitian kalau cuma penelitian doang & barangnya tidak prnah ada, mungkin itu para peniliti indonesia, bukan para peniliti orang utan yaa

            Hahhaahaaaa

          • xixixizzz…laa kalo engak repot napa kita endak bisa coba…???
            laa wong baja bahan pisau dapur aja kita inport dari jepang…apa lagi untuk sparepart{orderdil}permesinan….apa kamu engak tau apa…?!?!?

  1. kalo sy justru kepikirannya mereka sdh punya mesin processing logam terbaru, apakah cnc mutakhir ? plus penemuan campuran logam terbaru ? kalo utk bikin design computer 3D + print nya … sy kira sdh byk yg mampu, yg penting kan mesin processing logamnya …

    • Udah lama gue tau, loe sj yg entah kemana selama ini.

      Tapi brlawanan yg loe bilang kalau indonesia pisau dapurnya ajja import sampai kolornya juga, yg kmrn anak negri indonesia sudah bisa mnciptakan mobil listrik energi batrai yg sudah dicoba jokowi.
      tapi blm sesuai, dikarnakan blm bisa mengacas baterai secara indipenden ketika mobil sedang melaju, jd kalau baterainya habis? Berhenti dulu utk dicas, kalau loe gak tahan menunggu? Sorong ajja kalleee, tapi jgn salah sorong nanti keasikan pula yg disorong

      Hahhaahaaaa

      • kalou hanya merakit bukan hanya tidak punya nilai tambah juga sulit bersaing haa…!!!
        mengapa prodak cina bisa menguasai pasar dunia…?!?!?
        bukan hanya upah tenaga kerja…tapi memerlukan kelengkapan industri dari hulu kehilir…coba bila cina banyak inport komponenen dasar suatu prodak…maka harga pun melonjak…jelas sulit bersaing…!!!

          • ini kita bicara bukan perorangan atau satu indusri saje..tapi bicara kemampuan bangsa dalam mengelola sumberdaya untuk mensejahtraken rakyatya…!!!
            jelas kamu belum berpikir kesitukan…?!?!?
            makanya rakyat belum sejahtra…xixixizzz

          • Klau loe mau sejahtera? Coba loe jln ke kantor partai pks, pasti loe sejahteraaah, kalau loe mau idaman, datang ajja kekantor partai idaman, kalau mau makin rappet dtng ajja kekantor agato, mau yg gimana, agato bisa mnjwb keluhanmu

            Hahhaahaaaa