F-18 Hornet Malaysia Semakin Mematikan

Kini pilot Angkatan Udara Malaysia (RMAF) semakin percaya diri dengan kemampuan pesawat tempur F-18 Hornet yang sudah menjalani upgrade.

Meski sudah berusia 20 tahun, upgrade avionic dan persenjataan yang signifikan menjadikan F-18 Hornet Malaysia memiliki sengatan mematikan. Program upgrade yang dilakukan secara bertahap, adalah untuk meningkatkan efektivitas kemampuan si Hornet dalam peran pertempuran udara ke udara dan udara ke darat.

Upgrade tersebut mengintegrasikan empat elemen penting, yakni – Sistem Joint Helmet-Mounted Cueing System (JHMCS), rudal udara ke udara AIM-9X sidewinder, kit Global Positioning System (GPS) untuk panduan bom ‘pintar’ Joint Direct Attack Munitions (JDAM) GBU-31, GBU-32, GBU-38 dan GBU-54 dan pod penargetan – Advanced Targeting Forward-Looking Infrared (ATFLIR) untuk misi serangan darat.

F-18 Hornet Malaysia (photo : Skuadron 18 RMAF)

Menurut Komandan Angkatan Udara Jenderal Datuk Seri Affendi Buang, upgrade tersebut menjadikan Hornet Angkatan Udara Malaysia mendapatkan “lompatan kemampuan yang jauh”.

“Upgrade akan memastikan dominasi Hornet di pertempuran modern menghadapi berbagai ancaman udara dan permukaan yang luas selama bertahun-tahun yang akan datang,” kata Affendi, yang menambahkan upgrade tersebut menempatkan Hornet RMAF setara kemampuannya dengan F – 18E / F Super Hornet Block 1.

New Strait Times