F-18 Hornet Malaysia Semakin Mematikan

707

Kini pilot Angkatan Udara Malaysia (RMAF) semakin percaya diri dengan kemampuan pesawat tempur F-18 Hornet yang sudah menjalani upgrade.

Meski sudah berusia 20 tahun, upgrade avionic dan persenjataan yang signifikan menjadikan F-18 Hornet Malaysia memiliki sengatan mematikan. Program upgrade yang dilakukan secara bertahap, adalah untuk meningkatkan efektivitas kemampuan si Hornet dalam peran pertempuran udara ke udara dan udara ke darat.

Upgrade tersebut mengintegrasikan empat elemen penting, yakni – Sistem Joint Helmet-Mounted Cueing System (JHMCS), rudal udara ke udara AIM-9X sidewinder, kit Global Positioning System (GPS) untuk panduan bom ‘pintar’ Joint Direct Attack Munitions (JDAM) GBU-31, GBU-32, GBU-38 dan GBU-54 dan pod penargetan – Advanced Targeting Forward-Looking Infrared (ATFLIR) untuk misi serangan darat.

F-18 Hornet Malaysia (photo : Skuadron 18 RMAF)

Menurut Komandan Angkatan Udara Jenderal Datuk Seri Affendi Buang, upgrade tersebut menjadikan Hornet Angkatan Udara Malaysia mendapatkan “lompatan kemampuan yang jauh”.

“Upgrade akan memastikan dominasi Hornet di pertempuran modern menghadapi berbagai ancaman udara dan permukaan yang luas selama bertahun-tahun yang akan datang,” kata Affendi, yang menambahkan upgrade tersebut menempatkan Hornet RMAF setara kemampuannya dengan F – 18E / F Super Hornet Block 1.

New Strait Times

38 KOMENTAR

    • wadau…(itu cara nulis yang bener)

      Malaysia dulu selalu claim tentaranya paling jaguh dunia-akherat….

      akhirnya roda dunia berputar, saat ini menuju bangkrap…

      HIDUP NADJIB….DUKUNG NADJIB MEMIMPIN MALAYSIA SEUMUR HIDUP….

  1. Kenapa gask sekalian upgrade radar systemnya menggunakan radar AESA ya. Jadi sempurna seperti super hornet.
    JHMCS itu indah ditelinga saja dlm promosinya. Bagus jika digunakan saat berada dibelakang lawan. Tp saat berhadapan apalagi tandemnya rudal jarak pendek, tidak semudah penerapannya. Contohnya pertempuran dogfight ala turkey dan yunani. Dalam videonya kelebatan pesawat musuh sangat cepat. Rasanya mustahil hanya bisa mengandalkan JHMCS dng menfunci targetnya.

    • Kalo sukhoi lihat aja TUDM Punya MKM 18 buah full armament siap SAP 518 knirti. Targeting pod. . Super manuever TVC yg bisa unggul mengalahkan sukhoi Indonesia disemua acara samaada dekat ato jauh.
      Sistem MKM udah intergrasi dgn grounradar standard nato. Sukhoi Indonesia operasi sendirian ato mudah dilock karna radarnya sendirian.
      Dari 16 buah sukhoi gado gado cuman 11 buah yg bisa terbang.
      Readine sekitar 8 buah .
      F16 indonesia cuman cocok patroli dan belum bisa tanding f18 TUDM utk air to air.

      ——————————

      Hadeuh Cuma Knirti Aja Kok Bangga. Lha Itu Su-27 TNI Juga Pake Knirti… ‘Dari 16 buah sukhoi gado gado cuman 11 buah yg bisa terbang.’ Ini Beruk kok Bisa Percaya Sama Cerita Karangan DR Ya?. Lha Wong Semua Masih Bisa Terbang Kok Malah Di Bilang Grounded…

    • hah apa gak salah denger gue rudal brux sukses semua ,,terus kemaren ngebom sulu kok gak ada yang tewas ??wakakaakkakaakk,,,persenjataan canggih?? emang ada rudal maley yang secanggih dan sejauh jangkauan yakhont??? mau ganti nuri aja tak de wang lu negara miskin tapi sok jaguh kek gitu dibilang canggih noh indonesia aja beli apache taon ini mang masih ada negara canggih yang pake heli nuri???wakakakakakakaka