Apr 182019
 

Mock-up F-21 (foto:TheWeek)

JakartaGreater.com – Menurut Lockheed Martin, pesawat tempur multi-peran F-21 akan memberi India keunggulan udara yang besar dan mengklaim dengan di produksi secara lokal di India juga akan memperkuat integrasi India ke dalam jaringan teknologi pesawat tempur canggih di dunia.

Lockheed Martin sebelumnya menawarkan jet tempur F-16 ke India untuk memenuhi pasokan pesawat tempur ringan bermesin tunggal untk memperkuat Skuadron udara India yang terus berkurang kekuatannya karena banyak pesawat tempurnya yang sudah tua. Nantinya Lockheed Martin akan menggandeng Tata Advanced Systems untuk menghasilkan F-21 di India.

Menurut Vivek Lall, Wakil Presiden strategi dan pengembangan bisnis Lockheed, F-21 akan memberikan India keunggulan besar dengan daya jelajah yang lebih jauh namun dengan bahan bakar yang lebih hemat, dan kemampuan menghubungkan data jaringan pada semua platform. Taktik yang digunakan India dengan pesawat tempur F-21 juga akan berbeda dan dikembangkan secara unik oleh Angkatan Udara India.

Vivek Lall juga menyangkal laporan bahwa jet tempur F-21 adalah rebranding dari F-16, menurutnya meski struktur badan F-21 mungkin terlihat mirip dengan F-16 namun memiliki perbedaan yang jelas pada kemampuan unik F-21.

F-21 dilengkapi radar Advanced APG-83 Active Electronically Scaned Array (AESA), yang memiliki jangkauan deteksi hampir dua kali lipat dari radar array mekanis sebelumnya dan kemampuan untuk melacak dan menyerang lebih banyak target dengan presisi lebih tinggi, katanya.

F-21 juga memiliki peningkatan pada sistem Electronic Warfare System (EW) yang dikembangkan secara unik untuk India, yang memberikan peningkatan daya tahan terhadap ancaman darat dan udara, sistem Infrared Search and Trac (IRST) dengan jangkauan yang lebih jauh, memungkinkan pilot untuk mendeteksi ancaman tanpa memperlihakan posisinya dan Triple Missile Launcher Adapters (TMLA) yang memungkinkan F-21 untuk membawa senjata rudal udara ke udara 40% lebih banyak, kata Vivek Lall.

“Proposal F-21 adalah unik karena jalur produksi F-21 akan berada di India, dan industri India juga akan diintegrasikan ke dalam ekosistem produksi dan pelestarian F-16 global. Persetujuan oleh Pemerintah AS untuk langkah strategis penting seperti itu menandakan perkembangan yang signifikan dalam hubungan AS-India, ”kata Lall dalam sebuah wawancara dengan PTI.

Menuert Tall hal itu akan semakin memperkuat integrasi India ke dalam jaringan teknologi pesawat tempur canggih tingkat dunia dan penopang produksi mutakhir.

F-21 juga menunjukkan komitmen Lockheed Martin ke India, yang memberikan Angkatan Udara India pesawat tempur yang canggih dan terukur yang juga memberikan peluang kemitraan industri yang tak tertandingi kepada India.

EconomicTimes

 Posted by on April 18, 2019

  8 Responses to “F-21 Akan Beri India Keunggulan Udara Besar”

  1.  

    Gak minat sama nie pesawat, rawan embargo

    •  

      Kalau gak mau di embargo bikin sendiri bro jangan beli dari negara lain penuhilah kebutuhanmu sendiri gampang tapi gak segampang itu juga kan?jadi beli SU-35,nambah rafale,typoon ,grifen atau apa? kasih masukan dong ke india.oh ups hanya komentar aja.

  2.  

    siap menikung produk dari rusia nih.
    tinggal india mau pilih mana nih.dri timur atau barat.

  3.  

    Mungkin india lebih memilih mig 35 & su 35 kalleee
    :lol: :lol:

    •  

      Peluang besar sebenarnya pada F-18 karena bisa sebagai platform kapal induk… sudah begitu India butuh penyeimbang, jika mereka mengandalkan pespur Russia mereka akan menghadapai masalah yang sama entah itu dukungan arau sukucadang… mereka butuh yang lain dan F-18 peluangnya besar…

      India sudah mengoperasikan Su-30 MKM dengan jumlah 200 pesawat lebih, kalau mereka akusisi Su-35 mereka akan terjebak untuk merawat pespur yang hampir sama… Mig-35 mungkin ada peluang tetapi saya yakin India ingin yang lain sekaligus untuk pembanding dan sebagai nilai tawar…