Apr 122017
 

Pesawat tempur siliman superioritas udara Angkatan Udara AS, F-22 Raptor dilaporkan berpatroli diatas langit Suriah di sebelah barat dan barat laut, termasuk pangkalan militer Rusia dilindungi oleh pertahanan udara tangguh, seperti dilansir dari China Topix.

Wilayah udara yang dimata-matai oleh F-22 Raptor termasuk kota pelabuhan Tartus Suriah di sepanjang pantai Laut Mediterania, yang dilindungi oleh sistem rudal pertahanan udara jarak jauh (SAM) S-300 Rusia.

Tartus adalah wilayah yang sangat kuat dilindungi oleh rudal permukaan-ke-udara (SAM), rudal anti-kapal dan serta pesawat tempur milik Angkatan Udara Rusia. Militer Rusia telah meng-upgrade fasilitas Tartus sehingga dapat menampung hingga 11 unit kapal perang Angkatan Laut Rusia secara bersamaan, termasuk yang bertenaga nuklir. Rusia juga akan meningkatkan sistem pertahanan udara dan laut melindungi pelabuhan Tartus.

Para pejabat Pentagon mengkhawatirkan kemungkinan terdeteksinya patroli F-22 oleh sistem radar tangguh Rusia dan rudal pertahanan udara yang melindungi pelabuhan Tartus dan Markas Angkatan Udara Khmeimim disebelah tenggara dari kota Latakia di sepanjang pantai Laut Mediterania di Suriah barat.

Markas Angkatan Udara Khmeimim adalah pangkalan udara terbesar Rusia yang ada di Suriah dan berjarak 85 km jauhnya dari pelabuhan Tartus melalui jalan darat. Khmeimim dijaga oleh sistem rudal pertahanan udara (SAM) S-400 Triumf, yang dilengkapi 4 jenis rudal pencegat berbeda yang dapat menyerang pesawat terbang disegala ketinggian. Rusia juga dikatakan telah mengerahkan sistem SAM jarak jauh S300V4 di Suriah barat.

Daerah yang dipatroli oleh F-22 juga termasuk kota Aleppo dan provinsi Idlib, wilayah yang pada 4 April 2017 lalu mendapatkan serangan gas beracun yang diduga dilancarkan oleh Angkatan Udara Suriah di kota Khan Shaykhun, dan pada 7 April Pangkalan Udara Shayrat dibombardir oleh 59 rudal UGM-109E Tomahawk Land Attack Missile (TLAM) Amerika dalam menanggapi serangan gas beracun.

Terlepas dari keprihatinannya, Pentagon yakin bahwa F-22 dapat dengan aman terbang dalam lingkup keterlibatan dari sistem SAM jarak jauh S-400 dan S300V4 karena Raptor pada dasarnya tidak terlihat oleh radar Rusia karena desain siluman F-22 tersebut. F-22 juga berpatroli untuk mengetahui bagaimana Rusia akan menanggapi serangan rudal Amerika terhadap Suriah di masa depan.

Para pilot F-22 Raptor merasa yakin tentang kemampuan pesawat siluman tersebut untuk mengalahkan sistem pertahanan udara S-300V4 dan S-400. Terlepas dari seberapa efektif sistem SAM ini, Angkatan Udara AS tidak 100 persen yakin jika Rusia memiliki kemampuan untuk menyerang F-22 Raptor sebagaimana yang sering diklaim oleh Rusia.

Beberapa analis militer percaya bahwa F-22 akan memainkan peran utama dalam menekan sistem SAM Rusia jika Gedung Putih memilih untuk meluncurkan serangan baru menggunakan rudal jelajah dan mungkin serangan udara oleh pesawat tempur AS melawan rezim Bashar al-Assad, yang hanya bertahan dengan dukungan Rusia.

  109 Responses to “F-22 AS Berpatroli Diatas Pangkalan Militer Rusia di Suriah”

  1. Wah, jadi nih sepertinya

  2. Kerja sama terselubung

  3. Jika terlalu dekat dgn S400, juga bisa terdeteksi, kemungkinan S400 mampu mendeteksi F22 dari jarak 60-90km

  4. Adu nyali

    • Russia sudah putus NYALI nya di Suriah kaleee..
      Sudah terbukti bahwa Putin menelan ludahnya sendiri

      • PUTIN TIDAK MENELAN LUDAHNYA SENDIRI….TETAPI MELUDAH DI TANAH SURIAH LALU DI JILAT ITU LUDAH..
        HA HA HA

      • Andaikata saja ini ya…. seandainya radar S-400 memangbeneran bisa mendeteksi F-22… trs apa mungkin tentara Rusia menembak…? trs kalo sampe benar2 tertembak… apa memang mungkin Rusia akan mengira mami rika diam saja….? kalo sampe ada saling serang…. apa memag benar rusia ato Putin bgt bodoh mau saja d Cap sbg negara yg mengawali perang… apa perang dunia k 3 bisa d hindari….? msh ingat dg SU-35 terbang solo ider k barat….? apa tujuannya kalo bkn krn seandainya SU-35 d tembak & terjadi perang besar… bkn rusia yg memulai… trs apa bedanya dg raptor yg ider mendekati pertahanan Rusia kalo bkn krn kepingin meniru kelakuan Rusia wkt itu… kalo terjadi perang yg nembak duluan yg kena masalah….

      • putas putus gundulmu , 59 rudal hancurin halaman buat eek pasukan rusia doang .. bandara tetep bs dipakai apaan tuh .. sekali nyerang lagi perang dunia ke 3 keknya .. sono pulang dulu marpuah pk jembatan ancol

      • Marpuah ini kebangetan TO**L nya sampe ga ketulungan wkwk

  5. Apakah sistem S-350 juga bakal di ujicoba oleh Rusia di Suriah ya?

  6. Menarik ini…benar2 ketemu kelihatannya..

  7. ” Angkatan Udara AS tidak 100 persen yakin jika Rusia memiliki kemampuan untuk menyerang F-22 Raptor sebagaimana yang sering diklaim oleh Rusia.”

    Ya dicoba saja melewati zona jangkauan rudal S-400. Gak perlu gembar gembor. Jd bisa membuktikan mana yg perkasa. Jika Raptor tertembak rudal maka bubarlah dunia siluman yg selama ini selalu diagungkan.
    Kalo Raptor melenggang dengan aman, maka reputasi S-400 akan jatuh dan tidak laku dipasaran.
    Tapi siapakan yg berani membuktikannya.?…hehehe

    • Ya jelas bung bisa melewati jona jangkauan S400 yg 400km, tapi jika terus mendekat hingga jarak dibawah 100km, pasti terdeteksi.

    • Sebenarnya kesempatan mengunci dari S400 adalah pas tempat rudal terbuka…nah disini gamblingnya…sama2 gambling..kalo ditembakan semua rudal untuk pengecoh dan salvo berarti pintu terbuka agak lama,kalo cuman 1 pasti cepet…lha ini pertahanan berlapis..BUK+pantsyr jelas hajar rudal karena jangkau lebih pendek…S400+S300 hajar pespur…nah pengunciannya bisa cepet gak ini?…kalo cepet bisa kena…menurut saya lho…

      • Lock? i don’t think so Russian is brave enough for that…

        The Fact (read:it’s not my personal assumption) is:

        http://abcnews.go.com/International/russia-warns-us-intervene-syria-threatens-shoot-airstrike/story?id=42618586

        Ah it proved already it’s only lips service.
        Russia chosen to turn off S-400 battery instead of make it as battle proven or the best air defense. In fact Putin is not stronger like Russian fans imagine

        • Semoga lekas bertarung aja bung marpuah….hehheheh

          • Mereka bertarung skr, Indonesia akan merugi krn akan ada dampak domino ekonomi global. Saat ini growth GDP indo melambat, jauh dibawah vietnam atau filipina.

            Diskusi itu hrs bermanfaat u/ kepentingan indonesia. Mendewakan Russian atau American Strong itu tdk menjadikan Indonesian Strong…

          • Siapa yg mendewakan???…disini saya hanya melihat keunggulan teknologi saja??…membandingkan…antara kinerja teknologi pespur siluman dan teknologi SAM…kalo mereka berperang..saya rasa dampaknya untuk ekonomi keseluruh dunia..tidak cuman ke indonesia…hahahah(kan ditempat kita ada bu sri mulyani..kaliber dunia juga lho dia…heheeh)..makanya dibaca dari konteks diatas…saya sekali lagi mengatakan membandingkan ya…nah untuk indonesia lebih strong…jika 2 teknologi bertemu dan beradu..saya yakin pihak TNI akan mengambil banyak hikmahnya…

          • Sorry salah paham bukan anda maksudnya pak indo elite.

            Yg saya tulis diatas adalah pandangan umum sebagian netter yg mendewakan russian, cina atau AS strong

          • Woke bung marpuah…sama2 …saya juga minta maaf…agak ngetrol…

  8. hasil nya terdeteksi atau tdk???

  9. Itulah keunggulan teknologi stealth. Kalaupun terdeteksi, sudah terlalu dekat. Sudah terlambat.

  10. harus bikin senjata laser nih buat nembak jatuh f-22

  11. pasti jika F22 tertembak s400 maka nasibnya kan spt F117 yg pernah di tembak jatuh rudal scud
    http://immortaltoday.com/wp-content/uploads/2014/12/Disposal-of-Lockheed-Martin-F-117-Nighthawk-3.jpg

    • Tapi untungnya F22 masih patroli di suriah, dan S400 terbukti tdk mampu mendeteksi F22 dari jarak jauh

      • Kita gak bisa memastikan mampu atau tdk S-400 mendeteksi si Raptor. Bukannya sdh ada Mou antara Amrik dan Rusia tetantang zona terbang. Selama tdk menabrak zona batas kekuasaan knp harus ditembak.
        Penciptaan kondisi perang itu banyak pertimbangannya lho. Coba kalo ditembak jatuh, pasti ribut dan saling siaga, bisa picu PD3 antara amrik dan Rusia.

        Kasus Su-24 yg melintas dan memprovokasi kapal perang AS contohnya. Kalo mau pasti sdh rontok itu pesawat ditembak. Tp dibiarkan saja lewat dan hanya protes diplomatik yg dikirimkan.

        Jd gak bisa memutuskan perang gaya koboi bung. Banyak yg dipertimbangkan.

        • Itu benar dan Putin juga memperingatkan AS untuk tdk memprovokasi Assad dalam bentuk apapun di wilayah udara Syria karena akan ditembak jatuh oleh air defense russia yg ditempat kan disana..

          Di jawab sama trump, ni gue lemparin kapak 50 biji loe berani bales gak?

          • 59 om
            23 yg kena

          • pasti dibalas. tuh teroris2 yg didukung amerika dan sekutunya skrg lagi babak belur dihajar oleh rudal2 dan bom2 Russia. serangan Amrik ke atas Suriah tempoh hari sbnrnya tidaklah memberi kesan yg begitu bsr ke ats pemerintahan Assad. Assad msih presiden kok. jd yg lg setress itu sbnrnya siapa? putin? assad? ato trump? haha

          • marpuah nih bapaknya yonhap ibunya cairin

        • Nyimak analisanya

  12. Kenapalah artikel mengenai masalah pada F-35 gak muncul lagi ya? padahal banyak pendukung AS yang lagi hilir mudik disini 😆 wkwkwkwk

  13. mungkin d biarin aja lewat, tp klo dekat ya bisa d incar pake sistem optronik d pansir tanpa membunyikan RWR si raptor

  14. Lah gak pada nyadar asu..
    Sengaja si ruskye ngasih jalan ama asu..
    Karena RAPTOR cuman intai, klo ngelepaskan ATGM, bakalan rontok tu RAPTOR, ruskye gak mau bertindak gegabah, nah ntar kawanan RAPTOR muncul bawa ATGM, dan S-400 dkk menunggu menembak jatuh para RAPTOR..

    klo yg patroli cuman 2 gak asik di tembak, klo yg muncul 6 biji…, Ini makanan empuk S-400 dkk…
    Bakal ada kembang api terbesar di langit suriah…

  15. Bagaimanapun Rusia tdk akan pernah melepas Suriah karna disana lah pintu gerbang Rusia utk menjangkau Eropa dan Nattonya… apabila assad lengser kemungkinan yang jadi presiden baru suriah akan berbelot ke barat itu yang ditakuti Om putin.

    Ayo Om trump luncurkan rudalnya lagi dipangkalan pelabuhan TARTUS yang ada alutsista Rusia disana, biar tau apa itu Sam S400.

    Mungkin raptornya sudah terdeteksi tpi penjaga Radarnya Diam aja. Biar mereka senang dulu.

    dalam hati operator S400 berkata: semoga pilot Raptor menjatuhkan Bom nya 1 biar dia bisa melihat pensil S400 terbang ngikuti traveling udara…..wkwkwkwkwk

  16. omong kosong yang aneh.. kalaupun terdeksi tidak mungkin akan s300/s400 tidak akan diluncurkan, karena tidak dalam kondisi perang.

    • omong kosong yang aneh.. kalaupun terdeksi tidak mungkin s300/s400 akan diluncurkan, karena tidak dalam kondisi perang.

      ralat, sory berantakan

      • Tidak bung, ibaratkan gini, kita punya S400, trus F35 punya Austral masuk wilayah kita dan berPATROLI diwilayah kita lalu terdeteksi oleh S400 kita, lalu apakah kita akan Ngomong :”Ah biarin aja mereka patroli di wilayah udara kita, kondisinya kan belum perang”

        Apakah logika kita seperti itu

        • RASAIN LO DI GEBUK BUNG Jef Jfs hahahaaaaa heheheee huhuhuhuuuu

        • Ya beda kasus donk bung Jef, tp klo lewatnya diatas langit rusia ya di salfo beneran.

          Ini kan US patroli di langit negara pihak ketiga yg jadi proxy.

        • Om Jeff, Seperti yang dikatan Pak Raden ini di wilayah Suriah. Sama halnya ketika pesawat tempur Rusia terbang terlalu dekat dengan USS Porter bbrp hari yang lalu ketika sedang berlayar di Laut Hitam, apakah USS Porter melakukan tindakan?

      • Maksud mas Didoth, antara USA dan Rusia tdk dalam keadaan perang secara terbuka. Dimedan perang Syria masing-masing dari mereka hanya mengaku untuk berperang melawan ISIS, walau faktanya Rusia jelas berpihak dibelakang Assad dan USA serta bala dupaknya berada dipihak pemberontak Assad serta bisa dibelakang ISIS. Mereka blm berani secara terangan-terangan mengarahkan moncong senapan mereka untuk saling berduel. Jika pun ada insiden kecil-kecilan diantara mereka, maka akan diusahakan untuk diselesaikan secara dingin (politis). Kita lihat, ketika pesawat SU24 Rusia digebuk Turki, yg notabene anggota NATO, apakah Putin segera mengambil sikap keras dg balas menggebuk Turki? Ternyata tidak, Putin dg kepala dingin memutuskan untuk menghukum Turki dg sanksi ekonomi, yg nyatanya membuat Turki mengalami kerugian juga dan kini justru antara Turki dan Rusia malah kembali berangkulan. Sementara USA diam seribu bahasa. Kita tunggu saja, siapa yg berani memulai duluan saling baku hantam,
        di Syria, dan saran ane pd para warjager yg msh bujangan segeralah menikah, karena dikawatirkan jika antara Rusia dan USA sdh saling gebuk bisa jd awal PD III…

        • iye bener Om Naya yang masih punya bini satu.. cepetan nambah. Kedekatan Turki dengan Rusia salah satunya juga percobaan kudeta yang gagal di Turki, karena siapa yang mendukung kudeta tersebut sudah bisa terbaca, salah satunya negara mana saja yang melindungi tokoh-tokoh kudeta yang lari keluar Turki.

        • saya keberatan dgn kata2 menikah nya
          terlalu menyinggung

  17. Semua masih klaim sepihak, coba aja AS deklarasai perang dan F22 tsb terbang pasti lgsg dihajar S400 dkk. Berhasil tidaknya kan blm tau karena blm terbukti. Yang jelas rakyat Syria yg semakin merana dan itu tidak terbantahkan!

  18. jadi ingat starscream di transformer yang berubah jadi f22 raptor,,,

  19. Bukan kah ini namanya US memberikan kesempatan Rusia belajar tentang cara mendeteksi F22 dan menyempurnakan radar anti Stealth,.. milik Rusia,.. jika perangkat Rusia belum sempurna,..

  20. mata ane yg siwer apa, perasaan banyak kucing di mari, apa bung dedi lagi jemur ikan asin kali ya

  21. yang hebat malah” china topix” ,bisa mengetahui kegiatan si raptor..krn ini tindakan intelejen,gak mgkin Amerika koar2 dulu k media

  22. JANGAN LUPA SU 24 SURIAH TIDAK DAPAT MENDETEKSI F22,..SECARA TIBA 2 DGN JARAK 500 METER SDH BER ADA DI BELAKANG SU 24…….SU 24 SAMPAI KABUR…BALIK KANDANG…
    HA HA HA

  23. Kalu cuma muter2 aja si F22 mereka santai aja…kalu sudah ngeluari misill… bakal rontok si f22…..putin sengaja buat besar kepala si donal…

  24. Apa sih yang rusia ga bisa bikin buat ngimbangin amerika???
    Gitu juga sebaliknya.

  25. Makanya jangan terlalu di banggain kali tuh s400 russia, selama belum battle proven semuanya masih teori saja

 Leave a Reply