Sep 202014
 
F-22 Raptor di Alaska, AS

F-22 Raptor di Alaska, AS

Washington – Dua pesawat tempur Rusia terbang mendekati wilayah udara Amerika Serikat secara ilegal. Akibatnya, pesawat tempur tersebut dihadang jet tempur F-22 AS di dekat wilayah Alaska.

Insiden yang terjadi pada Rabu (17/9) diikuti oleh insiden kedua yang terjadi pada Kamis (18/9) yang melibatkan dua pesawat pengebom jarak jauh milik Rusia. Kedua pesawat militer Rusia tersebut juga terbang mendekati wilayah udara Kanada dan dihadang oleh dua jet tempur F-18 milik Kanada.

Dalam dua insiden tersebut, pesawat-pesawat Rusia terbang keluar dari wilayah udara yang dilarang, tanpa insiden berarti. Demikian seperti dilansir AFP, Sabtu (20/9/2014).

Dalam keterangannya, juru bicara Komando Pertahanan Wilayah Udara Amerika Utara, Mayor Jamie Humphries menyatakan bahwa pesawat perang Rusia tidak pernah memasuki wilayah kedaulatan AS maupun Kanada.

Humphries menjelaskan, pesawat tempur Rusia didampingi oleh dua pesawat pengisi bahan bakar dan dua pesawat pengebom jarak jauh mendekati wilayah Alaska.

Sedangkan seorang pejabat pertahanan AS yang enggan disebut namanya menuturkan, meskipun insiden semacam ini pernah terjadi sebelumnya, namun ini merupakan yang pertama terjadi dalam jangka waktu lama.

F-22 U.S. Air Force di Joint Base Elmendorf-Richardson, Alaska

F-22 U.S. Air Force di Joint Base Elmendorf-Richardson, Alaska

Demi mengamankan wilayah udara suatu negara, terdapat zona identifikasi pertahanan udara yang merupakan perpanjangan dari wilayah udara dan dirancang sebagai area penyesuaian agar memberikan pemerintah lebih banyak waktu untuk merespons ancaman potensial di udara.

Zona identifikasi pertahanan udara tersebut tidak berada di bawah perjanjian internasional dan juga hukum internasional.

Di sisi lain, insiden ini terjadi bertepatan dengan kunjungan Presiden Ukraina Petro Poroshenko ke Washington, AS. Namun Pentagon menyatakan, tidak ada indikasi keterkaitan antara kunjungan Poroshenko dengan insiden udara ini. (detik.com)

  68 Responses to “F-22 Intercept Jet Tempur Rusia”

  1. mantaab,,,,,,,

    • sudah jelas jet tempur russia sangat mudah dilacak & jamming.. kita hrus blajar dri insiden ini untuk pengganti f 5 klakk,,,

      • He3x kebayang ngga beberapa tahun kedepan f35 milik para tetangga berperan = pesawat rusia ini, kalau pake pesawat us jg trus kita ngintersepny pakai pesawat mana ya.

      • Hamod sengaja pespurbom rusky terbang ke mamarika…artinya nih gw bisa bacok lu….yg selama ini papabear di bully trus ma rika…heeee. Sotoy nih

        • Coba aja masuk wilayah kita …
          akan dikejar R-Han TABUAN … ato SU 35 dan Kasel Kelas yahuud akan menjammer black flight langsung dikunci pake Rudal Udara Ke Udara Jarak Menengah dan Rudal SAM dari Kasel Kilo …. he he

  2. Rusia Stroooong!……
    😀

    • kapan perangnya ya…

    • kalo ane.. USA setroonngg bung

      RAPTOR BRAVO.. 😀
      saingannya bung FLANGKER BRAVO

      • kayaknya dah ada yang nantang bung…………

        (from rbth indonesia)
        Praktis seluruh ideologi pesawat tempur generasi kelima telah diejawantahkan dalam wujud Su-35S. Hal ini memberi Rusia potensi untuk memulai upaya menciptakan pesawat tempur generasi kelima dengan mendahului semua negara lainnya.

        Su-35S Telah Melampaui F-22 Amerika dalam Hal ‘Kecerdasan’
        Angkatan Udara Rusia dijadwalkan menerima 48 pesawat Su-35S sebelum akhir 2015. Sumber: Sukhoi.org

        Kompleks aviasi canggih garis depan PAF FA (T-50) dalam proses menyelesaikan fase tes wajibnya dengan sukses. Pesawat tempur generasi kelima hasil produksi tersebut diharapkan mulai dapat digunakan oleh militer pada tahun 2017. Namun demikian di saat yang sama, unit garis depan sudah dilengkapi dengan produk imbangan yang hampir serupa dengan pesawat ini – pesawat tempur multiperan Su-35S.

        Pendeknya, bersamaan dengan pembuatan konsep virtual pesawat tempur generasi kelima – sedari awal pesawat ini didesain dalam wujud digital saja – komponen yang siap digunakan untuk pesawat tempur masa depan ini diimplementasikan dan dikembangkan pada platform Su-35S. Maka Su-35S generasi 4++ pun praktis menjadi setara dengan pesawat tempur generasi kelima di semua karakteristiknya kecuali apa yang disebut teknologi siluman, sampai jenis ini masuk produksi massal.

        Su-35S mampu mencapai kecepatan hingga 2.400 km/jam dan memiliki jangkauan jarak hingga 3.600 km. Pesawat ini mumpuni baik sebagai pesawat tempur, interseptor jarak jauh, maupun pembom pembawa misil.

        Lebih lanjut lagi dalam hal karakteristik tertentu, Su-35S sudah melampaui satu-satunya pesawat tempur generasi kelima yang telah digunakan hingga sekarang, yaitu F-22 Raptor buatan Amerika. Oleh karena itu, sistem kendali radar ‘Irbis’ yang dipasang di Su-35S mampu mendeteksi sasaran di udara pada jarak hingga 400 km yang merupakan rekor saat ini, dan melacak hingga 30 sasaran serta menyerang 8 di antaranya secara simultan.

        Sistem radar di F-22 lebih lemah: jangkauan deteksi maksimumnya hanya 300 km. Di samping itu, ‘Irbis’ memungkinkan pendeteksian dan pelacakan aktif terhadap hingga empat sasaran di darat secara simultan. Su-35S juga dilengkapi dengan sistem navigasi yang mampu menunjukkan lokasinya sendiri dan parameter pergerakannya secara mandiri tanpa harus melalui navigasi satelit atau komunikasi dengan stasiun di darat. Dengan kata lain, jika GPS atau GLONASS dimatikan, pesawat ini tidak akan menjadi ‘buta’.

        Angkatan Udara Rusia dijadwalkan menerima 48 pesawat Su-35S sebelum akhir 2015. Itu praktis sama dengan 50 buah pesawat generasi kelima karena Su35S hampir identik dengan PAK FA dalam hal perangkat elektronik onboard, sistem kendali, dan persenjataan. Oleh sebab itu, tidak akan sulit bagi pilot untuk beralih ke pesawat tempur generasi kelima dengan teknologi silumannya yang niscaya: setiap pilot yang telah mahir mengendalikan Su-35S dapat dengan mudah beralih ke T-50. Artinya peralihan ke pesawat tempur generasi kelima tidak akan dimulai pada tahun 2017 – proses itu sudah berlangsung saat ini di Angkatan Udara Rusia.

        Ideologi pesawat yang akan mendominasi langit di paruh kedua abad ke-21 sedang ditentukan saat ini. Apakah ini akan berupa robot terbang atau pesawat tempur klasik berawak dengan perangkat elektronik yang semakin mutakhir dan persenjataan yang baru tidak begitu penting. Yang utama adalah industri pesawat Rusia telah memulai terlebih dahulu pengembangan pesawat generasi keenam. Semakin cepat Su-35S mulai digunakan dalam unit garis depan dan semakin besar jumlahnya, usaha menciptakan pesawat tempur generasi baru akan semakin sukses.

        • Betul bro. Rusky kl dlm hal pespur lebih unggul drpd us. Moga aja mrka perang dan us kalah biar di dunia ini tdk ada lg adi daya. So.. Smua negara sama dimata hukum internasional.

        • menurut saya perbandingan antara F-22 Dan S-35 Berbanding 1 banding 10 yang di menangkan oleh Raptor kerena Su-35 merupakakn pesawat tempur konvensional biasa yang tidak memiliki kemampuan siluman walaupun radarnya sudah canggih tidak akan langsung dapat dilihat oleh radar dan dikunci oleh SU-35 sedangkan raptor memiliki kemampuan siluman yang merupakan keutungan yang besar sama seperti slogan F-22 first look, First shot, and First kill.

  3. selamat sore

  4. Pertamak

  5. Mantap Papa Bear

  6. Wah….. masak gak ada hubungannya dg ukraina…? Mgkn rusia memberi warning terselubung IMHO 🙂

  7. Sedang uji nyali…

  8. makin panas…………..us vs rusia….

  9. ijin nyimak

  10. …semua lini disamperin oleh papa bear baik di eropa (nato) dan mamarika…sptnya lg testing the water….

  11. Bung Permax@ tukeran biar saya aja yang Pertamak yah,,hihi

  12. Hadir..

  13. Nguji ADIZnya asu nih papa bear,,, ckckck… liat aja deh ntr… kyk apa tu washington dc , kyanya bakal di washing2 ama rudalnya rusia … hasta lavista usa…

  14. Di Foto F22 lg didoain kru-nya diatas

    Mirip siluet di belakang antonov..

    #siapsiapdicerewetin#

  15. juosss iki,sama sama kuat dan sama sama iseng,langsung si raptor diturunin xixixixixixi raptor here,roget that will take this area :mrgreen:

  16. mantab rusia..baru pertama koment disini.. padahal sudah 1 tahun lebih sering baca dan menyimak artikel dan koment 2 temen2 jkrtgreater.. artikelnya memang nasionalis.he..hee

  17. pesawat apa ya yang di intercept

  18. Lagi ngetest radar nih om Rus

  19. Apabila dalam kondisi seperti ini, terlihat sekali peranan vital sebuah radar sebagai dinding penghalang pertama pendeteksi intrusi lawan. Semoga kedepan per-radar-an Indonesia semakin maju, tanpa celah.

  20. ada kontra na bung, ada ahli yang bilang itu mirip uang jaman kolonial katanya..
    masih belum fix uang logam trsebut dari jaman apa?

  21. ngetest radar n pertahanan pantai asu kayaknya papa bear…gpp skali2 coba siapa tau mereka kecolongan..he..

  22. Rasanya gmn ya …pilotnya….

  23. Saya heran kenapa amerika selalu ikut campur urusan negara lain, maunya apa ini amerika ?

    Apa lagi negara lain aja gak ikut – ikut campur urusan amerika dan memilih diam tanpa menganggu siapa pun

    • Karna amerika membutuhkan SDA utk kebutuhan negara nya….maka dri itu bagaimana utk membangun teman sebanyak2 nya agar bisa dimanfaatkan SDA nya tersebut. solusi tanpa masalah…hehehe

  24. met mlm all…. sy penggemar dunia militer dah 2 thn ini slalu mampir di forum tercinta ini…

  25. Salam kenal kepada seluruh teman2 warjag. Coba iseng2 liat beliau yg ceramah ini http://www.youtube.com/watch?v=KTXmBs17ek0 sedikit info untuk mengetahui siapa sebenarnya amerika/nato dan rusia untuk persiapan nanti perang armageddon/malhamah di akhir jaman. Orang ini pinter banget soal hubungan internasional dan sejarah. Masih banyak ceramah2 lainnya yg menarik dgn subtitle indonesia silahkan dicari kalo tertarik.

  26. Ada juga teori yang mengatakan peradaban itu naik turun. Mungkin suatu masa, peradaban pernah mencapai kemajuan yg luar biasa [ mendekati atau melebihi masa sekarang ], tapi karena suatu hal peradaban itu punah. Peradaban dunia pun restart lagi mulai dari nol. Wallahualam

  27. salam wajager semua…bagaimana ya
    tampilan F22 di radar mig 31
    apakah nongol di radar apa emg g ada sama sekali ?
    Rusia strong

    • pastinya blank dooong..bs2 mig 31nya yg ng hang hehe

      • kliatan……………..

        Karakteristik taktis dan teknis MiG-31

        * Berat lepas landas maksimum: 46,2 ton
        * Kecepatan terbang maksimum: 3.000 km/jam (ketinggian tinggi), 1.500 km/jam (ketinggian rendah)
        * Batas ketinggian: 20,6 km
        * Muatan tempur maksimum: 9 ton

        Pesawat ini mampu mencegat dan menghancurkan segala sasaran, mulai dari satelit terbang rendah hingga rudal jelajah. Sekelompok pesawat pencegat MiG-31 dapat menguasai sebagian besar ruang udara dengan mengarahkan pesawat tempur kepada sasaran serta misil antipesawat berbasis darat.

        MiG-31 dijuluki “radar terbang” oleh para pilot karena kemampuan avionikanya yang unik. Pesawat ini memiliki sistem kendali “barrier” di pangkalannya dan dilengkapi dengan antena dengan susunan berfase pertama (PPA) di dunia. PPA berbeda dari radar klasik karena bisa menggerakkan sorotan di antena tetap, menghasilkan sejumlah sinar yang diperlukan, serta melacak berbagai sasaran sekaligus.

        Dalam sistem “Barrier-M” yang telah di-upgrade, yang mulai digunakan militer pada 2008, rentang deteksi maksimum sasaran udara telah ditingkatkan menjadi 320 km.

        “Barrier” ini dapat mendeteksi 24 obyek pada jarak 200 kilometer. Komputer dalam pesawat MiG-31 dapat memilih empat sasaran paling berbahaya dan mengarahkan misil udara jarak jauh langsung pada sasaran tersebut. Jumlah maksimum target yang dapat diserang sekaligus adalah delapan. Empat sasaran lain dihancurkan dengan misil jarak sedang atau misil jarak dekat. Pesawat juga dapat mengirim koordinat sasaran ke pesawat tempur dan misil antipesawat di darat.

        Para ahli mengatakan tidak akan ada sistem aviasi yang mirip dengan MiG-31 dalam sepuluh hingga 15 tahun ke depan. Semua pesawat tempur modern, kecuali untuk pesawat tempur generasi kelima, tidak sepenuhnya supersonik. Berbagai batasan dalam rancangan kerangka pesawat umumnya membuat waktu terbang supersoniknya terbatas hanya 5-15 menit. Sementara, durasi penerbangan supersonik MiG-31 hanya terbatas oleh pasokan bahan bakar. MiG-31 juga mampu menembus hambatan suara pada penerbangan datar dan naik, sementara mayoritas pesawat supersonik melewati kecepatan M=1 dengan sedikit menukik.

        MiG-31M, Modifikasi MiG-31

        MiG-31 mulai diproduksi pada 1981 di fasilitas Sokol di Gorky (sekarang Nizhny Novgorod). Pada akhir 1994, lebih dari 500 mesin jenis ini dibuat, namun kemudian diproduksi secara terbatas. Saat ini terdapat sekitar seratus pesawat MiG-31 yang beroperasi.

        Modernisasi besar-besaran terhadap MiG-31 pada 1984 menghasilkan MiG-31M. Pesawat modifikasi ini dianggap sebagai temuan penerbangan militer terbaik Uni Soviet dan beberapa informasi tentang pesawat ini masih dirahasiakan sampai sekarang.

        MiG-31M pada kecepatan maksimum dapat melampaui kecepatan pesawat serupa lain di dunia, dengan selisih setidaknya 500 kilometer/jam. Pada Agustus 1995, pesawat ini tampil dalam MAKS-95 Air Show di Zhukovsky dan menjadi sensasional. Tetapi, MiG-31M tidak sempat diproduksi massal…..

        • MiG-31 dijuluki “radar terbang” oleh para pilot karena kemampuan avionikanya yang unik. Kredit: ITAR-TASS……..itu belum pake………radar IBISS……punya SU 35 BM

  28. Hmmm…. Sepertinya rusia sengaja manasin AS
    seolah mengatakan “emangnya gw takut ama lu”
    mungkin sekalian ngetes, bombernya bisa ngedeteksi raptor apa gak

  29. Klo ini hoax ngak ya?hehe

  30. ASU KIRIK….Kebakaran jenggot karena wilayah Kedaulatannya dimasuki oleh pesawat Rusia…..Sekarang kembalikan kepada ASU KIRIK yg Sering Memasuki Wilayah Kedaulatan Negara Lain Secara diam – diam dan pernah Melakukan Propokasi ke Indonesia bagian Timur …Pasti Tersinggung dan Marah…..

  31. buat admin, bisa minta tlg sampaikan ke para sesepuh kami disini masih mbutuhkan beliau2 untuk memberikan pencerahan pada kami2 yg baru belajar tentang alutsista. janganlah karena nila setitik rusak susu tetangga ,ehh …

  32. insya allah mereka akn keluar…para sesepuh warjag..cuman mantau di pojokan warung aja..TOLONG BERIKAN PENCERAHAN BAGI BUNG-BUNG DI SINI….kami tunggu BUNG.

  33. Beneran apa dah siap misal PD3. sabar-sabar

  34. ini menunjukkan kwalitas amerika msh jauh di atas rusia..negara2 pecahan soviet lbh byk yg merapat ke amerika adalah sebuah kenyataan pahit buat rusia..sebaliknya adalah kepiawaian amerika meyakinkan bhw berteman dgn amerika akan membuat anda menjadi baik

  35. sebenarnya yg bener itu papa bear lagi ngetes PAK FA nya bisa ngelok F22apa nggak trus F22 nya bisa mgeliat PAK FA nggak ya diradarnya???heheheeheehe. salam hangat para sesepuh

    • SaLam kenaL semua sy dari makassar,sy setuju dengan bung joker kayaknya Rusia ngetes PAKFA nya,Btw kabar jetenbi ALias bango kita udah produksi massaL atau hanya prototipe Alias ekperimen beLaka

  36. maklum………negerinya 1/2 manusia ………..rajanya aja julukanya …..Sanghyang……susah dinalar……itulah kenapa majapahit.gak bisa kalahin….pasundan .karena kerajaannya..dicari kagak ketemu…….(bisa ngilang)………….

  37. PD III?!

  38. Para sepuh masih pada latihan HUT TNI…takut disemprot pak Moel,pasalnya kalau sampe kegiatan ada kesalahan sedikit saja, bisa’ komandannya di copot.

  39. Kecanggihan, kegagahan dan keanggunan F-22 Raptor, made in USA. Bagai bumi dan langit dgn pesawat kuno Rusia.

 Leave a Reply