F-22 Raptor Tetap Rajanya Superioritas Udara

Jakartagreater.com – Setelah 15 tahun beroperasi, F-22 tetap menjadi raja superioritas udara hingga kini. Salah satu kelebihan yang dimiliki Raptor adalah kemampuan manuver yang super, yang merupakan hasil dari rasio daya dorong berbanding berat yang tinggi, kontrol yang luar biasa, sistem kontrol terbang fly-by-wire, dan kemampuan knalpot mesin dengan vektoring dua dimensi, lansir Drive.

Gabungan fitur-fitur ini memungkinkan F-22 untuk tampil luar biasa saat melakukan manuver udaranya – mulai dari terbang di atas ketinggian 60.000 kaki di udara tipis hingga berayun dan berguling dan melakukan lompatan balik yang luar biasa ke bawah di atmosfir udara yang jauh lebih tebal. Sebuah video dari Tim Demonstrasi F-22 yang memperlihatkan aksi yang sangat baik – berbeda dari sebelumnya.

Kualitas frame video yang tinggi dan pelacakan yang sangat stabil memungkinkan tim dari Drive mampu menyuguhkan secara visual semua detail kecil dari manuver udara F-22.

F-22 sangat gesit, dan pihak Rusia ada pesawat tempur yang dilengkapi dengan daya dorong vektoring 3 dimensi, yakni Su-35, dengan kemampuan manuver super setingkat lebih tinggi.

Namun, jika mencakup paket supremasi perang udara total – tidak cukup dengan hanya kemampuan manuver yang hebat. Su-35 dengan keunggulan hanya pada manuver, dan kemampuan dimasa depan yang semakin menurun, pada saat itu — Raptor tetap berkuasa di perang superioritas udara.

52 pemikiran pada “F-22 Raptor Tetap Rajanya Superioritas Udara”

        • Generasi nya aja udah beda, masak harus di paksakan Rusia strong, radar masih pesa, rudal hanya iklannya aja yg sangar tapi letoy utk perang, rcs juga sangat besar utk ukuran pesawat tempur jaman sekarang, giliran di buat perang letoy, sorry bro gua realistis kalau komen,

          • Hla gw nanya apa dijawab apa…

            Realitas yang mana yang anda gunakan??? kalau hanya berdasarkan analisa dan pendapat saja jelas tidak menggambarkan apapun…
            Noh lihat realitasnya di Suriah… dimana pespur USA dan Russia beberapa kali ketemu…

          • kok bisa2nya sangat meremehkan kualitas SU 35 bukan mau ngebela atau apalah, tapi bahkan negara sebesar Russia aja masih jadiin tuh pesawat sebagai tulang punggung air forcenya. kan anda bilang realistis, itu lihat di suriah kasus yg benar2 terjadi, SU 35nya Russia disana yg mana yg letoy? lagian radar pesa juga masih dipake sama Mig 31 nya russia. kalo mau bilang realistis, ya masih relevan lah radar PESA, soalnya rusia aja masih pake di pesawat utamanya.

        • Gak ada teknologi Alutsista yg dibuat hanya dalam beberapa tahun Dhek Yuli. Coba cek program pembangunan pespur generasi keenam UK dan Prancis-Jerman sekarang. Ketika pespur itu nantinya siap di tahun 2035/2040 apa lantas kita bilang teknologi yg mereka gunakan jadul saat operasional nanti??

          Yah, kayak F-22. Walopun dirancang tahun 80-90an. Tapi, teknologi yg dipake benar-benar disesuaikan dg teknologi yg ada saat ini dan itu disesuaikan saat menjalani upgrade.

          Lalu apakah kita bisa bilang Su-35 itu punya teknologi modern? Sebagian benar sebagian tidak. Beberapa seperti pod jammer dan avioniknya mungkin baru tapi radar, mesin dsb masih pake teknologi yg lebih lama. Bahkan desain bodi Su-35 tidak ada yg benar-benar baru, itu hanya Su-27 yg dimodif sedikit. Padahal Su-27 sendiri didesain sejak tahun 60an.

          Apakah Su-57 dan J-20 adalah pespur yg lebih modern dari F-22? Kalo bicara awal mula desainnya, kedua pespur tsb lebih datang belakangan dari F-22. Tapi sekali lagi, apakah teknologi yg dipake benar-benar lebih modern? Liat aja mesinnya. Kedua pespur tsb masih belum siap mesinnya hingga sekarang dan bahkan mungkin hingga akhir tahun 2030 sedangkan F-22 sudah siap seutuhnya dan tinggal diupgrade teknologi lainnya.

    • Persenjataan Rusia memang sdh dipastikan sangat Strooonggg Bingiiittt.

      F22 inikan teknologi ya sdh jadul banget. Menggunakan teknologi thn 90an. Saat ini semua pesawat Air superiority sdh disetting menjadi multirole. Hanya si jadul ini saja yg masih pakemnya murni Air superiority. Mau diupgrade ke multirole, weapon baynya gak muat.
      Tp klo sekedar dijadikan pesawat Ad Hominem (cuma nyindir doank….xicixicixicixi) pesawat ini memang pakemnya disitu……xicixicixicixi

    • Kenapa Su-35 selalu dibandingkan dengan F22 karena kedua pespur tersebut diprioritaskan untuk saling membunuh.. meski Su-35 pespur gen 4++ tapi dari segi kemampuan pespur tersebut hampir setara dengan pespur gen 5 dan sukses diuji coba di syria.. klo F22 gak usah ditanya.. pespur tersebut sudah gen 5 pasti kemampuannya diatas pespur gen 4++ tapi kenapa rusia berani head to head Su-35 vs F22 karena Su-35 tau kelemahan pespur stealth.

      Kenapa F22 jarang di bandingkan dengan J 20 dan Su-57 meski sama2 pespur gen 5 katanya.. tapi kedua pespur tersebut masih diragukan kemampuannya.. menurut ane china masih belum percaya diri pada pespur J 20 makanya china masih mengandalkan Su-35 sedangkan Su-57 masih terkendala dengan mesin dan dana.. jadi tidak jelas apakah kedepannya pespur tersebut masih tetap gen 5 atau 5++ atau gen 6 ane bingung sama pespur ini hehehe. . .

  1. Sepertinya F-22 akan tetap diatas Su-57 atau J-20 dalam hal operasional soalnya kedua jet Rusia dan China tadi masih belum siap mesinnya. Makanya belum bisa produksi massal. Kalopun mesin itu dah jadi, negara lain dah siap dg pespur generasi keenam.

      • Itu kan mimpinya mbah gatol aja dek Tri. Sebagaimana dia bermiimpi menjadikan dek Tri pasangan hidupnya krn lihat fot dek Tri seorang wanita….xicixicixicixicixi

        Sdh jelas2 pesawat tidak diproduksi lg krn mahal biayanya dan jika diupgradepun besar biayanya. Sementara pespur siluman yg lain sdh dibenamkan sistem kecerdasan buatan, yg ini masih nyuruh pilotnya mikir sendiri dan ngitung pake kalkulator dek…..xicixicixicixi

        Itu sebabnya AS lebih fokus mengembangkan teknologi pespur F35 dan konsen ke pespur Gen.6

        Rajanya fans boy barat alay memang gitu dek. Kemaren habis saya gebukin habis2an di artikel sebelumnya sampe ngaku dan sujud2 minta ampun, rupanya disini kumat lg…..xicixicixicixicixi

        Kolaborasi antara mbah gatol dan lintang sebagai ketua dan wakil ketua fans boy barat alay memang sangat manjur dek promosinya.
        Yg satu ketuanya tukang ngepot dng komen koplaknya yg satu lg sbg wakil mikirnya pake dengkulnya krn gak kebagian jatah othak waras…….xicixicixicixicixi
        Maaf dek ini cuma bercandaan saja, kalo ada yg tersinggung urusannya dia dek….xicixicixicixicixi

          • Bung Diego taukan
            Saya klo komen selalu on the rule.
            Hanya krn pasukan Ed Hominem sering ngepot dan melintir komen hingga keluar topik, makanya jd ikut melebar bung.

        • Komenku di artikel sebelumnya belum di jawab Lo, kok bilang udah di jawab, kemarin q minta link s300/400 lebih hebat dari patriot sesuai dengan opinimu dan asumsi mu, saya cuma minta link/video yg valid utk bukti s300/400 pernah nembak pesawat atau rudal balistik buatan barat ?,
          Kalau bisa nunjukin saya akui @bang ruskiy komentar kawakan, tapi kalau gk ada saya hanya bisa senyum dengan ke ayananamu mbh, kwkwkkw

          Patriot udah teruji semnjak perang teluk kok di bandingi s300/400 yg cuma menang iklan aja, cicicixixixi

          • https://jakartagreater.com/patriot-tak-mampu-menghalau-serangan-ke-fasilitas-minyak-saudi/

            Kalau minta link video yang valid kemampuan S300/S400 ya mbok dilihat dulu… siapa yang berani menghadapi sistem itu secara langsung???
            Di Suriah, praktis Russia yang mengoperasikannya dan sampai sejauh ini hanya militan yang berani menjajal untuk menyerang pangkalan militer Russia secara langsung, pihak lain seperti USA/Israel hanya menarget posisi Suriah itupun dengan terus berkoordinasi dan melakukan informasi dengan Russia supaya mereka tidak ditarget…
            Kalau mempertanyakan S-300 milik Suriah mengapa tidak menarget pespur milik Israel, jelas saja dari awal ketika Russia memutuskan mengirim S-300 untuk Suriah adalah untuk memastikan tidak terjadi lagi salah tembak karena sistem pertahanan tua seperti S-200 yang tidak bisa mendeteksi musuh/kawan sehingga untuk menghindari salah tembak mereka membantu Suriah dengan memberikan S-300…
            Yang rumit itu adalah, pernahkan pihak barat menyerang posisi S300/S400 sehingga sistem itu akan bereaksi untuk menembak jaruh rudal itu??? ngga usah pakai S300/S400 sekalipun sistem pertahanan lain seperti Tor/ Buk atau Pantsir bahkan seperti S-200 yang lebih jadul sekalipun cukup memberikan bukti kemampuan sistem pertahanan itu…
            Bandingkan dengan sistem pertahanan yang dimiliki Arab Saudi yang tidak mampu mencegah serangan ke Aramco… bahkan serangan itu begitu telak sehingga sangat mempermalukan kemampuan sistem itu ketika dioperasikan oleh pihak lain… belum lagi Patriot milik UEA yang justru kena hajar sama serangan Drone Houthi…
            Bahkan di era perang teluk, tingkat kesuksesan Patriot hanya kisaran 50%, itupun baru diakui USA setelah puluhan tahun… bahkan ketika menghadapi rudal tua semacam Scud milik Irak

        • Hadeh……, Bang Yuli lebay deh, dengan pedenya bilang gk ada yg berani sama s300, malah yg di tunjukin patriot gk nyambung blas, realitany di lapangan udah berapa kali s300 di tembus f35 Israel, mau milik Suriah udah berapa kali di acak2, bahkan s300 yg udah di bantu pertahanan berlapis dengan pantsir dan buk aja bisa di tembus di Suriah, itu alesan kenapa Suriah mau beli sistem Hanud HQ cina bung, karena s300 tidak sesuai iklan, kwkkww
          Kasus 2, sistem s300 Iran di tembus f35 lagi di ibukota Iran, sempet si Rusia sebagai produsen membantah tapi akhirnya Iran mengakui, bahkan jenderalnya di pecat gara2 s300 di tembus tapi tidak laporan, karena udah kemakan opini Rusia strong ala mbh ruskiey yg kena ayan
          Mau Lo jelek2an Patriot kenyataannya udah teruji di Medan perang sebenarnya udh ratusan rudal balistik dan pesawat yg kena intersep dan dihancurkan, memang sejak awal patriot tidak di rancang utk nembak drone yg berkecepatan rendah,

          Yang aneh justru sistem Rusia sistem pertahanan nya banyak, mulai dari pendek, menengah sampai klaim paling panjang dan tumpang tindih tapi kok bisa di tembus ya, padahal patriot itu hanya 1 sistem gk di lapisi sistem lain, tapi record pertempuran lebih bagus dari sistem Rusia yg tindih2an, kwkwkkwk

          • Makanya bung, jangan suka mencampur adukan situasi konflik di Suriah…
            Terutama dalam hubungan dengan Israel… Russia dan Israel tidak memiliki sikap permusuhan, itu berkali2 dibuktikan dengan seringnya Netanyahu berkunjung ke Moskow untuk menemui Putin secara langsung… konflik Israel – Suriah tidak ada kaitanya dengan Israel Russia, jadi jangan anda harap Russia akan berseteru dengan Israel, bahkan ketika pesawat militer Russia tertembak oleh sistem pertahanan Suriah sekalipun meskipun marah berat kepada Israel tetap saja Russia tidak memberikan sangsi kepada Israel, dan jangan lupa ketika itu setelahnya delegasi dari militer Israel langsung berkunjung ke Russia untuk menjelaskan apa yang terjadi dari insiden tertembaknya Il-20 Russia…
            Dengan alasan apapun Russia tidak berkonflik dengan Israel… hanya saja Russia membantu Suriah dengan mengupgrade kemampuan sistem pertahanan yang mereka miliki sehingga mampu menangkis beberapa serangan dari Israel…

            Yang aneh itu justru adalah, Suriah yang babak belur karena perang saudara masih memiliki kemampuan untuk menangkis serangan dari Israel yang menggunakan rudal canggih, rudal yang digunakan Israel jelas rudal unggulan dan bukan rudal tua seperti yang digunakan Houthi untuk menyerang Arab Saudi dan UAE… Justru Russia mendapatkan banyak pengalaman karena sistem pertahanan mereka diuji oleh rudal2 canggih milik Israel…

            Justru di dua konflik yang berbeda menunjukan mana yang lebih unggul dan mana yang sebenarnya melempem… di Suriah sistem pertahanan jarak pendek tua yang dimiliki Suriah dengan beberapa sistem baru seperti Pantsir yang dipaksa menghadapi kekuatan militer canggih Israel dan terakir Turki… atau di konflik Yaman dimana beberapa Pespur canggih ditembak jatuh oleh sistem pertahanan yang tidak jelas milik Yaman, atau serangan drone yang menghajar sistem patriot milik UEA bahkan terakir adalah Aramco yang tidak berdaya diserang dengan drone dan rudal…

          • Bung yuli
            Ente ngasi argumen bemar2 menggunakan othak dan pemikiran.
            Lha si kancrut lintang cuma mikir pake dengkulnya. Ngapain jg ente ladenin, ngabisin waktu donk. Ilmunya cuma tong kosong….xicixicixicixicixi

        • Kecerdasan buatan itu gak lebih kayak software. F-22 dipasang kecerdasan buatan dan terbang tanpa pilot itu udah lama dikuasai oleh Skunkworks.

          Lah Su-57 aja mesinnya belum jadi kok mau bicara pake kecerdasan buatan. Ntar kalo ngadat diudara bisa-bisa tuh AI nya milih jatuhin pesawat. Hhhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhhh

          • Mikir kok masih koplak aja sih mbah.? Apa hubungannya kecerdasan buatan dng mesin yg blom jadi.
            Ngomongin Ed Hominem tp diri sendiri pelakunya. Ahhh…memang koplaknya parah banget…..xicixicixicixici

          • Abis kena kartu dari Admin ya.. Udah, gak usah diterusin ya Dhek.

            AI dan Mesin pada pespur itu sama-sama teknologi. Yg satu teknologi komputasi software yg satu rancang bangun. Kalo buat mesin yg bisa dipake di pespur generasi kelima aja masih kesulitan tentunya untuk aplikasinya di pespur itu sendiri masih diragukan kan Dhek Ruskye. Atau siapa tau Rusia bisa masang AI di Su-57 tapi mesin Izdiliye 30 gak jadi-jadi ya sapa tau.

          • Kartu apa mbah.?
            Mbah klo kalah argumen biasa spt itu ya mbah.?
            Ngadu ke admin sambil merengek klo kalah argumen. Klo debat diforum terbuka merengek ngadu ke moderator ya mbah…..xicixicixicixici
            Modalnya ngerek doank ya mbah, masa debat koplak gitu caranya….xicixicixicxi

            Makanya klo argumen yg logika sedikit mbah. Jng jd Mr Ad Hominem (gelar ente skrng)
            Ente sebenarnya baca problem kecelakaan SU-57 terakhir. Dan ente tau itu bukan bersumber dr mesin.
            Dan ente sebwnarnya tau AI itu istilahnya manager bagi sebuah sistem yg komplek utk digerakkan secara perintah kompiter. Sementara mesin adalah bagian dr sistem yg yg digerakkan AI td.
            Saya contohkan system EFi pd mesin mobil. Kalo businya yg mati, emang salah System EFI nya ya?
            Gmn menurut anda Mr. Ed Hominem.?
            Jd apa hubungan AI dan Engine dlm posisi ini.?

          • Yg ane bahas itu rancang bangun mesinnya Dhek Ruskye. Rusia belum jadi buat mesin Izdiliye 30 itu bukti bahwa masih ada beberapa teknologi yg belum bisa dikuasai oleh mereka.

    • Tidak perlu buru2 dengan pespur generasi ke 5… toh F-22 juga tidak pernah digunakan untuk operasi militer yang wah… misalkan digunakan untuk menerobos wilayah Russia, atau menerobos wilayah Iran… toh ujung2nya hanya beroperasi di wilayah yang lawanya sekelas militan… praktis hanya di Suriah mengalami gesekan dengan pespur RUssia dan jelas saja seperti apa beritanya… dari memilih menghindar sampai kabur

      • Tidak buru2 karena Rusia gk sanggup buat bro, bedakan mampu dan tidak, era sekarang mau ngandalin manuever ala Sukhoi berat bro, bentar lagi era loyang wingman, mau Jogat joget kalau rudal musuh pakai Ammram 120d/meteor alamat meleduk bro, kemarin perang India Pakistan aja, su30mki yg katanya super duper manuever aja gk ke pakai lawan F-16 blok lama dan ammram tipe lama, karena gk berani mendekat, kwkwkkw
        Monggo di bantah fakta di lapangan, NO Opini,

        • Perang India – Pakistan???
          Itu hanya konflik yang terjadi beberapa saat, dan posisi pada saat itu adalah Pakistan sebagai agressor, sedangkan India melakukan reaksi dimana mereka mengerahkan pespur sebagai rekasi tentu saja dengan situasi yang darurat dan tidak dengan persiapan matang seperti Pakistan karena mereka melakukan agresi…
          Kalau dibilang Su-30MKI tidak berani mendekat berdasarkan apa??? anda merujuk pada informasi yang mana??? justru salah satu bukti kegagalan AMRAAM adalah saat menembak Su-30MKI, puing rudal ditemukan yang kemudian menjadi polemik karena di kaitkan dengan puing rudal Taiwan, sampai pihakt Taiwan bereaksi dengan menyatakan sedang tidur tiba2 dituduh terlibat….
          Yang dikeluhkan India adalah ketika mereka berusaha mengejar F-16 yang kabur kewilayah Pakistan mereka tidak segera menarget sehingga itu F-16 keburu kabur… Toh India masih percaya dengan rudal jarah pendek menengah Russia yang disinyalir mampu menembak jatuh F-16 Pakistan…
          Dan apa dasarnya menyatakan sebagai F-16 type lama??? rudal AMRAAM type lama???? hanya ingin mendramatisir seolah2 rudalnya jadul dan pespurnya jadul??? bukanya India juga mengerahkan Mig-21 Bison dan Mirage sehingga apa yang terjadi bukan murni pertarungan antara F-16 vs Su-30MKI tetapi konflik yang melibatkan banyak matra yang dimiliki India… jadulan mana F-16 Pakistan dengan Mig-21 Bison???

      • Sebetulnya Ironis Dhek Yuli. Pespur Rusia kayak terlihat jaguh di udara Suriah tapi beberapa dari mereka udah ditembak jatuh. USAF mana pernah dapet kayak gitu.

        Kalo mau maksain F-22 lawan Su-35, ada dua kemungkinan. Kemungkinan pertama cuman saling kecam karena ada yg ketembak dan ane rasa itu bukan F-22. Sedangkan kemungkinan kedua itu semua bakal diselesaikan dg perang nuklir total dan itu dihindari kedua pihak. Alternatif lainnya ya, saling menghindari. Itu aja sih.

    • Sederhana… semenjak USA mengalami kerugian telak di perang Vietnam, dan setelah pesawat stealth yang digadang2 terbaik dan tidak terlacak F-117 tertembak di Serbia sejak saat itu USA berhati2 dalam berkonflik… praktis musuh yang di pilih pun yang tidak memiliki sistem pertahanan kuat… bahkan sekelas Irak yang mereka serang tidak memiliki sistem pertahanan yang kuat…
      Di konflik Suriah USA tidak secara langsung berhadapan dengan Suriah, mereka memanfaatkan proxy militan untuk melengserkan Assad, dan mereka jelas memahami betul kalau Suriah memiliki pertahanan udara yang jadul tetapi kuat… berbeda dengan konflik di Libya dimana USA terlibat langsung untuk meruntuhkan Gaddafi, mereka memahami bahwa kekuatan pertahanan Libya cenderung lemah untuk dilakukan operasi militer…
      Di Suriah justru terlihat kalau sebenarnya USA hanya berani menghadapi jet tempur jadul milik Suriah… dan mereka memilih untuk minggir ketika bertemu dengan jet tempur Russia…
      Yang paling seru ketika beberapa kali Jet tempur NATO di usir karena menguntit penerbangan kementrian pertahanan Russia… benar2 telak banget

  2. Sebenarnya apa yang dialami USA saat ini seperti antiklimaks untuk supremasi kekuatan udara mereka, setelah jumawa selama puluhan tahun yang ditandai dengan superioritas pespur seperti F-16/F-15/F14 dan F-18, ditambah dengan menampilkan jet tempur siluman versi USA seperti F-117 yang kemudian di pensiunkan dan terbukti bisa di target dan ditembak di konflik Serbia kemudian munculah F-22 yang di harapkan akan menjadi supremasi baru bagi USA… ternyata dari 700 yang rencananya akan dibuat ternyata hanya 180an yang diproduksi dan akirnya rantai produksi dihentikan… Bahkan saat ini terlalu mahal jika ingin mengembalikan status produksi dari F-22…
    Yang membuat kondisinya menjadi antiklimaks adalah, saat ini praktis hanya F-35 sebagai pespur generasi paling baru yang dimiliki USA… dan dari begitu banykanya masalah yang ditandai salah satunya dengan mundurnya tenggat waktu dari proyek F-35 itu sendiri sampai puluhan tahun, bahkan sampai saat ini F-35 masih memiliki banyak masalah yang menyertainya…
    Mungkin F-22 menjadi lebih mudah dibuat karena memang karena targetnya adalah sebagai prioritas udara, berbeda dengan F-35 yang begitu ambisius ingin menjadi pengganti dari F-16/F-15/F-18 dan mungkin akan menjadi salah satu bentuk perubahan dari gugus pesawat tempur USA, dimana tidak perlu memiliki banyak type tetapi semuanya diwakili cukup satu type dengan 3 variab sesuai penggunakan….
    Akirnya USA terjebak dalam proyek ambisius F-35, padahal seperti F-22 sebenarnya bukanlah teknologi baru, tetapi merupakan teknologi pengembangan tahun 2016 (perkenalan dan masa produksi)… hal yang kontras jika dibandingkan dengan Russia yang terus mengeluarkan varian terbaru dari generasi Su-27 dan juga pespur gen 5 (Su-57), dan China yang mengeluarkan banyak varian jet tempur terbarunya meskipun bagi saya pespur China masih dipertanyakan kehandalan dan kemampuan tempurnya karena belum pernah terlibat dalam operasi militer dimanapun… berbeda dengan pespur USA dan sekutunya maupun Russia yang sudah banyak terlibat dalam medan operasi militer…
    Jika alasanya adah pespur generasi keenam… maka bahkan Russia sudah memulai dengan Okhotnik yang sudah dilengkapi dengan kecerdasan buatan yang sudah terintegrasi dengan Su-57… jika tidak bergerak cepat, USA akan kembali tertinggal seperti kemampuan rudal hypersonic dimana mereka sudah tertinggal…

    • Pertanyaan ane, yakin Masbrow klo US cmn punya F22 Raptor 180 an biji doank,….. emg Agan pernah masuk ke hanggar nya trus ngitung jml pespur F22 nya… agan musti ingat klo F22 itu saking strategis nya buat US sampai ga bisa eksport ke sekutu bahkan paling deket sekalipun kaya Britis n australia. Informasi soal F22 soal spek, kemampuan n jumlah amat sangat classified boss. Jumlah yg 180 an Atau biaya program F22 yg amat sangat mahal Menurut ane kira itu cmn narasinya CIA n NSA dll biar musuh2 US nganggap enteng kemampuan n jumlah F22 yg US punya. Klo aslinya ane yakin jumlah F22 yg ada di gudang arsenalnya US airforce bisa lebih dr itu. Jd kesimpulanya tetep ane pilih F22 lebih battle proven drpd J20 ato SU 57.

      • Konyol kalau anda mempertanyakan kepada saya apakah pernah masuk ke hangar trus menghitung jumlah total dari F-22… padahal sangat sederhana, pespur di produksi dengan jumlah tertendu maka seri terakir akan dengan mudah diprediksi diserahkan tahun keberapa, dan itu juga salah satu yang dijadikan patokan untuk memastikan berapa jumlah pespur yang dibuat… meskipun tidak akurat perbedaan hanyalah jumlah dibawah angka 10…
        Jika anda ingin menyangkal sebaiknya disertakan dengan perhitungan yang akurat atau berdasarkan artikel yang kredibel dan memiliki akurasi perhitungan yang memang masuk akal… era saat ini praktis lebih sulit untuk merahasiakan segala sesuatu, karena begitu banyaknya arus informasi yang bisa didapatkan sehingga dari analisa dan evaluasi maka didapatkan value yang kredible dengan akurasi kesalahan yang sangat minim…
        Battle proven itu adalah hal lain… apakah battle proven ketika digunakan untuk menyerang militan seperti ISIS atau militan Afganistan akan membuat F-22 menjadi istimewa??? sedangkan pesawat tempur lain dari generasi 4 maupun 3 sekalipun mampu melakukanya, dibuktikan dengan Suriah hanya menggunakan pespur gen 3 untuk menyerang ISIS…
        Justru sebenarnya sekelas F-22 seharusnya unjuk gigi di konflik Suriah dimana mereka bisa mengintimidasi kekuatan udara Russia yang membantu Suriah, tetapi kenyataanya justru Russia yang lebih agresif daripada pespur USA… ini realitas jika anda mengikuti konflik Suriah dengan detail…
        Di Libya, setali tiga uang… USA saat ini praktis berusaha menghindari berkonflik dengan negara yang memiliki sistem pertahanan yang kuat, dan itu salah satu alasan utama Erdogan membeli S-400 dari Russia…

        • Hehehehe….. ngga lah bos, klo ane bisa tau jumlah akurat F22 yg ada di US ngapain ane share di ini website Bos,. Ane jual aja informasi itu ke Cina ato rusiia bisa jd duit. Klo soal penggunaan F22 raptor di timur tengah coba agan baca artikel bahasa inggris saat F22 terbang persis dibawah pesawat F4 phantom nya Iran. Saking kaget nya pilot Iran sampai kabur ngacir tu F4 panthom nya. Ini kejadian tahun 2013 tp baru dibuka US beberapa tahun kemudian. So pasti sdh pasti banyak misi2 yg dilakukan F22 namun ga diceritakan di media ama US. Jadi menurut ane soal F22 apakah itu jumlah nya, spek nya, track recordnya itu semua classified. Analoginya klo agan aja susah dapet informasi jumlah yakont yg dimiliki indonesia apalagi info soal F22 nya milik US heheheheh

    • Su57 rusia aja belum produksi penuh, kok udah bahas generasi ke 6, itu terlalu berat utk ukuran ekonomi Rusia bung, kalau Amerika udah lama ngembangi konsep loyal wingman dengan kecerdasan buatan, bahkan udah terbang dengan f18 super hornet, prioritas Rusia itu sebenernya ada di rudal hipersonik, yg mulai di kembangkan, bahkan lebih duluan dari Amerika, sehingga sekarang Amerika mulai fokus di rudal hipersonik, utk mengejar Rusia,

      • Hla sama saja kan???
        F-18 terbang bertiga dengan hanya 1 pesawat menggunakan kendali pilot dan yang 2 pesawat sebagai pengganti drone karena tidak menggunakan pilot…
        Su-57 dan drone Okhotniks juga menggunakan konsep yang sama, bahkan Okhotniks yang menggunakan mesin jet dan berfungsi sebagai gudang senjata bagi Su-57 dimana untuk mempertahankan vitus siluman maka harus mengorbankan jumlah rudal yang dibawa… rudal yang dibawa akan menjadi beban tugas dari drone yang menjadi tandem dan sebagai otak serangan…
        Saat ini justru USA belum terlalu dalam untuk menggunakan metode ini, untuk rual hypersonic sendiri USA memang memiliki kelemahan disisi itu, karena sebagai negara agresor mereka terlena dengan konsep mereka sendiri dimana mereka berusaha sedekat mungkin dengan area yang akan mereka serang… berbeda dengan negara2 seperti Russia dimana mereka berusaha menyerang dari posisi sejauh mungkin karena mereka bukanlah negara yang agresif seperti USA…

        • Satu hal yg menurut Ane Bung Yuli kurang update. Baik kemampuan drone dg kemampuan AI seperti Okhotniks maupun rudal hipersonik USA udah punya semuanya. Bahkan jenisnya jauh lebih banyak dari yg dimiliki Rusia dan China.

          Di UCAV, USA udah ada RQ-170 Sentinel yg udah operasional, terus pengembangannya RQ-180. Ada X-45 buatan Boeing, Ada X-47A, B dan C buatan Northrop Grumman, ada P-175 Polecat juga. Jangan lupa S-70 Okhotniks itu masih dalam tahap pengembangan, belum operasional.

          Kalo soal rudal hipersonik, USA dah selesai uji coba dan kelar dari lama. Tahun ini atau paling lama tahun depan Rudal Hipersonik USA udah siap operasional dan bisa ditempatkan di pesawat.

          Bahkan pesawat hipersonik SR-72 sudah mulai siap. Dg kecepatan Mach 6, gak ada rudal AAW yg bisa ngejar. Dan jangkauan yg hampir mencapai seluruh bumi SR-72 bisa disiapkan untuk serangan nuklir atau antisipasi yg paling hebat. Kemungkinan untuk bisa mencegat dan menembak jatuh Rudal Buretvenik dan Avangard sekalipun terbuka lebar.

  3. saya terakhir komen di Jakartagreater tahun 2017 pas magang ingat waktu itu ada bang ruskye , ternyata sampe sekarang tetep pantengin berita disini ya foto profilnya dari dulu gapernah ganti hehehe , paling seru dulu itu debat soal S400 S500 kapal selam chang bogo, Pesawat Su35 Dll??

  4. Kenapa Rusia selalu di belakang si Amer.
    Karena Rusia itu bukan tipe yg suka berlomba senjata.
    Rusia strong cm akan selalu menjawab tantangan apa yg si Amer buat.
    Itu realistis.krn Rusia bukan tipe yg suka memancing di air keruh.paham ga maksudnya.

Tinggalkan komentar