Jan 082019
 

Sepasang jet tempur siluman F-22 Raptor Angkatan Udara AS © US Air Force via Wikimedia Commons

Ada artikel yang sepertinya mengkhawatirkan nasib F-22 saat berhadapan dengan pesawat tempur Su-35 Rusia. “F-22 pernah berhadapan langsung dengan pesawat tempur terbaik Rusia di dekat Alaska dan kalah.” seperti ditulis oleh Business Insider.

Artikel tersebut juga menuliskan bagaimana pesawat tempur superioritas udara F-22 AS sangat rentan menghadapi pesawat tempur Su-35 Rusia.

Apakah itu benar? jika benar itu juga berarti Amerika Serikat telah kehilangan point penting dari doktrin dominasi keunggulan udara untuk mengalahkan musuh-musuhnya.

Untungnya, artikel tersebut tidak seluruhnya benar. Tanpa ada bantuan dari jaringan radar didarat, sistem pertahanan udara seperti S-400 dan pesawat pengintai peringatan dini, F-22 akan mengalahkan Su-35 dalam pertempuran udara..

Meski memiliki perangkat IRST (infrared search tracking), Su-35 masih akan kesulitan untuk melacak keberadaan F-22 Raptor.

Selain itu AS memiliki beberapa strategi pertempuran udara yang akan menyulitkan Su-35. Salah satunya adalah strategi pengumpan, dimana satu tim udara F-22 yang terdiri dari dua – tiga F-22 terbang dalam formasi sedikit berjauhan.

Satu F-22 yang dijadikan umpan mungkin bisa dilacak oleh Su-35, tapi dua pesawat lainnya yang bertindak sebagai wing fighter mengambil jarak puluhan kilometer tanpa terdeteksi oleh Su-35.

Taktik dari F-22 itu akan memungkinkan pesawat kedua atau ketiga bisa mengintai dan menyerang formasi Su-35 dalam hitungan beberapa menit jika terjadi pertempuran udara.

Bahkan F-22 pertama yang dijadikan umpan akan mampu bertahan dari pertempuran udara jarak dekat. Tanpa terlihat radar, Su-35 akan kesulitan menargetkan dan mengunci F-22 untuk melepaskan rudal udara ke udara.

Jadi besar kemungkinan apabila Su-35 bertemu dengan F-22 dalam duel udara, F-22 akan mengalahkan Su-35.

Bagikan:

  23 Responses to “F-22 Tidak Akan Kalah dari Su-35 – Analisis”

  1.  

    Masak mengulasnya strategy 1 lawan 3, kalau 3 lawan 3 bagaimana skenarionya he he he

  2.  

    F-22

    Kemampuan siluman
    F-22 menawarkan siluman penuh, tidak seperti F-35 yang memiliki profil radar yang sangat baik dari depan, profil yang kurang tersembunyi dari sisi, dan profil paling tersembunyi dari seperempat bagian belakang. Pada F-22, selain pemakaian material penyerap radar, bentuk dan rupa F-22 juga dirancang khusus, dan detail lain seperti cantelan pada pesawat dan helm pilot juga sudah dibuat agar lebih tersembunyi. F-22 juga dirancang untuk mengeluarkan emisi infra-merah yang lebih sulit untuk dilacak oleh peluru kendali “pencari panas”.
    Super Manuver
    Kemampuan yang disebut thrust vectoring pada Mesin F119 dapat langsung mendorong 20 derajat ke atas atau bawah menggunakan nozel yang bergerak . Bahwa perubahan keterbatasan aerodinamis pesawat, memungkinkan tinggi-g berubah lebih ketat dan lebih berkelanjutan, dan kemampuan untuk tiba-tiba menunjuk pesawat ke target, dengan cara yang sulit untuk diprediksi pesawat lain…https://militerhebatdunia.blogspot.com/2016/09/f-22-raptor-pesawat-tempur-siluman.html

    Su-35

    Dilengkapi dengan Tiga pendeteksi ancaman, yaitu :
    1. MAWS (Missile Approach Warning Sensor) dengan enam detektor (depan kopit, belakang kokpit, bagian bawah bodi) yang mampu mendeteksi peluncuran rudal hanud panggul (MANPADS) dari jarak 10 km, rudal udara ke udara dari jarak 30 km, maupun rudal hanud darat ke udara jarak menegah dari jarak 50 km.
    2. Laser Warning Sensor yang masing-masing sebuah diposisikan di samping bagian depan dekat hidung pesawat, mampu mendeteksi penjejakan oleh perangkat laser rangefinder lawan dari jarak 30 km.
    3. Radar Warning Receiver (RWR) L150-35 pastel yang juga digunakan oleh beberapa pesawat tempur Rusia lainnya, dan mempunyai keistimewaan bisa digunakan sebagai perangkat penuntun rudal antiradar (anti radiation missile) seperti Kh-31P, yaitu varian anti radar dari rudal berkecepatan tinggi Kh-31( AS- 17 Krypton). Detektor pada nomer 1 dan 2 diatas dibuat oleh NPK-SPP, sedangkan nomer 3 dibuat oleh TKBA (Tsentralnoye Konstruktorskoye Byuro Avtomatiki / Central Design Bureau of Automatics)…https://militerhebatdunia.blogspot.com/2016/07/sukhoi-su-35s-flanker-dinasti-flanker.html

  3.  

    yah judulnya berarti 3 lawan 1
    ya kl gitu ya wajar f22 bisa menang.
    beearti f22 ga bakalan berani kalau 1 lawan 1.

  4.  

    dan lagi apa iya radar nya sukhoi tdk bisa mencium baunya f22.
    saya kig ga yakin.
    acara ngeles.com tuh analisysnya

  5.  

    strategi keroyokan anak smu tawuran .. salah satu diem ngendon buat mengintai lawan yg maju menyerang .. itu kalo yg menyerang cuman 1 orang , kalo jumlahnya sama ??? 3 su35 . 1 menyerang lawan yg terdeteksi dan 2 lagi ngendon mengawasi ??? strategi busuj

  6.  

    Strategi kroyokan paman asu mmg ajib, krn kl sndirian tanpa senjata nuklir sdh pasti kalah, sprti di vietnam

  7.  

    Ntar kalau Indonesia yg punya Su35, kasih umpan satu super Tukino di depan. . xixiii

  8.  

    SU 35 n SU yg lain cm hebat buat akrobat n hibur penonton…

  9.  

    Kita tunggu f22 vs kasuara..i love you iran

  10.  

    F22 tidak akan kalah tapi bakal lari sejauh-jauhnya dan jauh sejauh-jauhnya lagi

    😎 huehuehue

  11.  

    kelas empat kok mau di bandingin kelas lima sih …

  12.  

    3 vs 1 ? Qiqiqi pinter banget analis nya … 😀