Aug 012019
 

Tim demonstrasi F-35 Angkatan Udara AS akan mengunjungi Ottawa, Kanada pada bulan September menjelang pemilihan federal musim gugur ini – yang sama panasnya seperti kompetisi untuk mencari pengganti CF-18 Kanada yang menua.

Jet tempur siluman F-35 adalah salah satu dari empat pesawat tempur dalam kontes pengadaan senilai US$ 19 miliar, yang secara resmi diluncurkan dengan permintaan proposal oleh pemerintah Liberal Kanada pada 23 Juli, dilansir dari CBC.

Awal musim panas ini, Departemen Pertahanan Nasional Kanada menimbulkan kegemparan dengan membiarkan jet tempur buatan Lockheed Martin ikut ambil bagian dalam sebuah pertunjukan udara di pangkalan tempur utama RCAF di Kanada Timur di Bagotville, Que.

Pesaing lain untuk menggantikan CF-18 – adalah Boeing Super Hornet, Eurofighter Typhoon dan Saab’s Gripen – tidak ikut dalam pertunjukan udara.

Konservatif Oposisi telah lama memilih F-35 sebagai pengganti CF-18 dan berusaha untuk membelinya saat masih berkuasa – tetapi penundaan pengembangan, harga yang tidak pasti, dan keluhan dari auditor jenderal membatalkan rencana tersebut. Selama kampanye pemilihan pada 2015, kaum Liberal berjanji untuk tidak membeli pesawat siluman – posisi yang sejak itu mereka tinggalkan.

Para pejabat dengan Lockheed Martin yang berbasis di Bethesda, Maryland, kontraktor pertahanan terbesar di dunia, melakukan pengarahan pada hari Selasa untuk menggembar-gemborkan tawaran, menunjukkan bahwa pesawat tempur – yang telah lebih dari satu dekade dalam pembangunan – sekarang sudah beroprasi di delapan negara dan bahkan telah menerbangkan misi tempur dengan Angkatan Udara AS, Korps Marinir, Angkatan Udara Inggris dan Angkatan Udara Israel.

“Ini pesawat matang,” kata seorang pejabat perusahaan yang berwenang kepada media.

Kritik dan persaingan telah membanting harga pesawat tempur, Pejabat Lockheed Martin pada hari Selasa menegaskan bahwa pada saat Kanada siap untuk membeli pesawat tempur baru – kira-kira pada tahun 2022 – harga pembelian diperkirakan lebih rendah dari US $ 80 juta per pesawat dan biaya per jam untuk mempertahankan dan terbang itu akan berkurang menjadi US $ 25.000, yang akan menjadi penurunan 25 persen dari angka saat ini.

Pemerintah Liberal berniat membeli 88 jet tempur dan berharap mendapatkan semua tawaran pada musim semi mendatang dan untuk membuat keputusan yang memenangkan persaingan pada tahun 2022.

Pesaing Lockheed Martin telah mmengeluhkann bahwa kontes dimiringkan untuk F-35 melalui persyaratan angkatan udara yang berat.

Pada bulan Mei, departemen federal mengubah beberapa kriteria untuk manfaat industri, untuk meredakan kekhawatiran yang diungkapkan oleh Washington bahwa F-35 mungkin dikenakan sanksi karena program Kanada mengharuskan pengembaliannya secara berbeda.

Di bawah aturan tradisional, pemenang kontrak pertahanan Kanada harus menghabiskan biaya yang sama dengan nilai kontrak dengan perusahaan Kanada.

Pemerintahan Trump telah mengancam untuk menarik jet tempur siluman dari kompetisi.

Hingga saat ini, lebih dari 110 perusahaan Kanada sedang mengerjakan program F-35 dengan total nilai kontrak US $ 1,5 miliar.

 Posted by on August 1, 2019