Okt 072019
 

Pesawat tempur F-35. (pixabay)

AS sudah menyelesaikan produksi jet tempur siluman F-35 kelima untuk Turki dan pesawat akan dikirim ke pangkalan udara AS, lapor harian Star pada hari Kamis, lansir Ahvalnews.

Jet F-35 kelima telah menyelesaikan penerbangan pertamanya dan akan dipindahkan ke pangkalan Angkatan Udara Luke di Arizona di mana empat jet tempur F-35 Turki lainnya berada, kata Star.

Turki berencana untuk membeli 100 jet tempur F-35 dan menerima pengiriman seremonial dari dua pesawat F-35 pertama pada Juni 2018. Jet tersebut dikirim ke pangkalan angkatan udara Luke di mana pesawat digunakan untuk melatih pilot dan awak Turki untuk memperbaiki dan menerbangkan pesawat tempur.

Namun, Kongres AS menunda partisipasi Turki dalam program manufaktur gabungan F-35 dan menghentikan pengiriman jet ke negara itu setelah Ankara menerima pengiriman pertama sistem rudal udara S-400 Rusia meskipun ada keberatan dari pejabat AS. Amerika Serikat menyatakan bahwa S-400 tidak kompatibel dengan peralatan NATO.

Sekitar 42 pilot dan teknisi Turki di Pangkalan Angkatan Udara Luke dan Eglin kembali ke Turki setelah pemerintah AS menangguhkan partisipasi Turki dalam program tersebut.

Menteri Luar Negeri Turki Mevlot Cavusoglu pada 26 September mengatakan bahwa Washington saat ini mempertimbangkan untuk membiarkan Turki kembali ke dalam program F-35.

Bagikan:
 Posted by on Oktober 7, 2019

  5 Responses to “F-35 Kelima Turki Selesai Dibangun, Namun Belum Dikirimkan”

  1.  

    Ya …minta kembali uang saja …
    Kemudian dibuat DP nya sukhoi 35 / 57..
    Tidak ada manfaat nya punya F 35 ..
    Tapi tetap kuasai hal patent untuk spare parts nya F35 .. Setidaknya supaya USA and NATO tidak berani macam2 ke Turki ..
    Kalau tidak mau kembali kan uang nya Turki … Kira2 Bagaimana Kalau F35 yang sudah diterima Turki …diserahkan ke Russia??

  2.  

    Ini jelas2 penipuan

    •  

      Ya iya lah ..
      Dari dulu selalu begitu…
      Indonesia and Pakistan sudah merasakan pahit nya di khianati USA and sekutu terdekat nya ..
      Indonesia merasakan dikhianati USA …minimal 3X .. 1975..1991…dan 1999..

  3.  

    Berharap saja turki dpt menyelesaikan masalahnya dgn amerika krn pd saat indonesia diembargo amerika kondisi jet tempur F16 berserta sukucadangnya yg tertahan selama bertahun-tahun digudang yg ada diluar negeri banyak yg dibiarkan berkarat dan rusak.