F-35 Rakitan Jepang Komisioning Hari Jumat

Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe berjalan saat melakukan inspeksi pada mock-up F-35A di Jepang. © Toru Hanai/Reuters

JakartaGreater.com – Jet tempur siluman F-35A pertama yang dirakit oleh Mitshubishi untuk Angkatan Udara Jepang akan komisioning di markas Misawa, Prefektur Aomori pada hari Jumat, menurut pejabat Kementerian Pertahanan pada hari Senin, 22/1/2018.

Seperti dilansir dari laman Japan Times, Angkatan Udara Jepang (ASDF) akan memiliki total 42 pesawat tempur andalan generasi berikutnya, F-35A. Komisioning rencananya untuk membentuk skuadron F-35A pertama dengan menggelar sembilan pesawat lagi ke pangkalan timur laut pada akhir Maret tahun depan.

Jet tempur F-35 memiliki kemampuan siluman canggih, dikembangkan dalam sebuah proyek internasional yang dipimpin oleh Amerika Serikat dan Inggris.

Pesawat tempur yang akan dikirim ke markas Misawa segera dirakit dipabrik Mitsubishi Heavy Industries Ltd. di Toyoyama, Prefektur Aichi, seterusnya hingga 37 unit. Sedang 4 (empat) pesawat lainnya akan datang dari Amerika Serikat.

Kementerian Pertahanan (MOD) Jepang berencana untuk memasang rudal jelajah jarak jauh buatan Norwegia pada F-35A dengan tujuan menggunakannya untuk pertahanan pulau terpencil dan menyerang pasukan musuh di lapangan.

Sejumlah kritik menekankan, bahwa rudal jelajah 500 km yang dapat memberi Jepang kemampuan untuk menyerang basis/pangkalan musuh, mempertanyakan konsistensi Jepang terhadap penerapan undang-nudang yang menentang perang, yang ditafsirkan bahwa negara tersebut hanya memiliki kemampuan pertahanan.