Jan 202019
 


F-35 dengan cantelam bom berpandu Paveway IV (foto:BAE System)

JakartaGreater.Com – Sebuah video yang baru saja bocor memperlihatkan salah satu kemampuan F-35 saat melakukan misi serangan multi target di darat.

Video yang dirilis pada November 2018, menggambarkan F-35 secara bersamaan menembakkan lima bom udara ke permukaan terhadap lima target berbeda, empat target statis dan satu target – kendaraan ringan yang bergerak.

Meskipun saat ini belum dikonfirmasi di mana latihan pemboman dilakukan dan jenis bom apa yang digunakan, pakar pertahanan Ian D’Costa membeberkan beberapa klarifikasi kepada The Aviationist.

“Ini adalah F-35 di NTTR (Nellis Test and Training Range), saya bisa saja salah, tetapi (sepertinya) menjatuhkan lima bom Paveway IV dan mengenai kelima target dengan GEOT (Good Effect On Target). ”

Pada video tersebut, F-35 dalam konfigurasi membawa beban senjata bom berpandu Paveway IV pada cantelan dibawah sayap, namun F-35 juga dilengkapi dengan ruang senjata internal yang mampu membawa rudal udara-ke-udara dan dua bom smart JDAM GBU-31 (Joint Direct Attack Munitions).

Video ini penting karena terus menampilkan tren peningkatan kemampuan pada F-35, walaupun hanya dalam sebuah tes uji. Sebelumnya banyak kritik yang dilayangkan terhadap program F-35, seperti keterbatasannya untuk membawa persenjataan, manuver yang kurang agresif dan ketidakmampuannya beroperasi secara efektif di lingkungan yang bermusuhan.

Theaviationist

 Posted by on January 20, 2019