F-35 Tampil Memukau Layaknya “Flanker Rusia”

Jet tempur siluman F-35 (foto : USAF)

Pesawat tempur F-35A Lightning II Angkatan Udara AS dari tim demo tampil memukau untuk pertama kalinya di Kanada pada bulan Juni lalu.

Diterbangkan oleh Kapten Andrew Olson – dengan panggilan “Dojo” – dari Wing Fighter ke-56 yang bermarkas di Pangkalan Angkatan Udara Luke di Arizona, Tim Demo F-35A memamerkan berbagai manuver-manuver yang menakjubkan.

Pilot Olson mendemonstrasikan manuver udara inside dan outside loop, kemudian manuver barel rool. Selain itu yang luar biasa F-35 juga melakukan manuver yang sulit seperti “daun jatuh” dan Kulbit loop yang merupakan manuver yang lazim dilakukan pesawat tempur Sukhoi Rusia.

Menjelang akhir pertunjukan, pilot Olson menarik pesawat ke jalur alfa tinggi pada sudut serang 30 derajat, F-35 seperti terhenti di udara, namun perlahan-lahan melayang di udara. Secara umum yang lebih mengesankan F-35 mampu menyelesaikan semua manuver di atas tanpa menggunakan knalpot mesin yang memiliki daya dorong vektoring.

Menurut pilot demo Olson, pertunjukan udara yang dilakukan F-35 kali ini adalah “demo paling kuat yang pernah dibuat.” Selain itu, F-35 yang sekarang sangat berbeda dengan F-35 di masa awal karena selalu dilakukan update perangkat lunak hampir setiap tahun.

“Pertama-tama, saya akan mengatakan jika Anda membaca berita yang usianya bahkan sebulan, Anda mungkin sudah ketinggalan zaman tentang apa yang sedang terjadi dengan program ini. Ini maju begitu cepat … rasanya seperti revisi perangkat lunak keluar setiap beberapa bulan ….”

Sebenarnya selain F-35, ada beberapa pesawat tempur yang diharapkan melakukan pertunjukan udara di Kanada menjelang tender pemilihan pesawat tempur masa depan Kanada. Pihak Kanada sudah mengirimkan undangan kepada tim demo F-18 Super Hornet, pesawat tempur Gripen Swedia dan Typhoon, namun semuanya tidak bisa datang ke Kanada karena beberapa alasan yang berbeda.

Sldinfo.com

Video F-35:

Tinggalkan komentar