Jul 122019
 

Jet tempur siluman F-35 (foto : USAF)

Pesawat tempur F-35A Lightning II Angkatan Udara AS dari tim demo tampil memukau untuk pertama kalinya di Kanada pada bulan Juni lalu.

Diterbangkan oleh Kapten Andrew Olson – dengan panggilan “Dojo” – dari Wing Fighter ke-56 yang bermarkas di Pangkalan Angkatan Udara Luke di Arizona, Tim Demo F-35A memamerkan berbagai manuver-manuver yang menakjubkan.

Pilot Olson mendemonstrasikan manuver udara inside dan outside loop, kemudian manuver barel rool. Selain itu yang luar biasa F-35 juga melakukan manuver yang sulit seperti “daun jatuh” dan Kulbit loop yang merupakan manuver yang lazim dilakukan pesawat tempur Sukhoi Rusia.

Menjelang akhir pertunjukan, pilot Olson menarik pesawat ke jalur alfa tinggi pada sudut serang 30 derajat, F-35 seperti terhenti di udara, namun perlahan-lahan melayang di udara. Secara umum yang lebih mengesankan F-35 mampu menyelesaikan semua manuver di atas tanpa menggunakan knalpot mesin yang memiliki daya dorong vektoring.

Menurut pilot demo Olson, pertunjukan udara yang dilakukan F-35 kali ini adalah “demo paling kuat yang pernah dibuat.” Selain itu, F-35 yang sekarang sangat berbeda dengan F-35 di masa awal karena selalu dilakukan update perangkat lunak hampir setiap tahun.

“Pertama-tama, saya akan mengatakan jika Anda membaca berita yang usianya bahkan sebulan, Anda mungkin sudah ketinggalan zaman tentang apa yang sedang terjadi dengan program ini. Ini maju begitu cepat … rasanya seperti revisi perangkat lunak keluar setiap beberapa bulan ….”

Sebenarnya selain F-35, ada beberapa pesawat tempur yang diharapkan melakukan pertunjukan udara di Kanada menjelang tender pemilihan pesawat tempur masa depan Kanada. Pihak Kanada sudah mengirimkan undangan kepada tim demo F-18 Super Hornet, pesawat tempur Gripen Swedia dan Typhoon, namun semuanya tidak bisa datang ke Kanada karena beberapa alasan yang berbeda.

Sldinfo.com

Video F-35:

 Posted by on Juli 12, 2019

  31 Responses to “F-35 Tampil Memukau Layaknya “Flanker Rusia””

  1.  

    Sukhoi PESAWAT SAMPAH

  2.  

    Sukhoi PESAWAT SAMPAH RONGSOKAN

  3.  

    Pesawat sampah dan rongsokan di gurun nevada jg buanyak xiii xiiii

  4.  

    Pugachev cobra…

  5.  

    Pesawat sampah blok 52 yg sebelum terbang mleduk….

  6.  

    Yaa udah yaa udah dex buang aja semuanya…kalou sampah…ngapain ngumpulin sampah kayak mbak huha aja…!!!

  7.  

    Dr demo terlihat ini pesawat aki aki aja. Geraknya lambat spt gerakan org sdh uzur….xicixicixi

    Cuma dng menjentikan jari saja, pilot Sukhoi sdh bisa menjatuhkan pesawat lemot in8….xicixicixi

  8.  

    Masih Lebih Moncer SU 35, F 35 Sampah belaka … lock enjin duarrrr …. dead finish

  9.  

    dua genk fansboy pada panas …
    biar fair sok lah patungan beli ato sewa SU35 + F35, trus kita adu di langit Nusantara, pemenangnya jadi kandidat pembelian 10 ska full spek … kwkwkwkw.

  10.  

    Apa artinya trust vectoring bs di on/off kan?agak aneh britanya

    •  

      Maksudnya mungkin gas engine dikecilkan…jadi tidak punya daya dorong…hingga panas pada pembuangan bisa kian kecil…mungkin getu kali yaa…karane pertanyaan situ baru engeh saya…karna engak ada dalam artikel nya…!!!

  11.  

    UTUK MENGATASI EJAKULASI DINI DARI F-35
    CUKUP DI HDAPI DENGAN MIG 21 SAJA.
    KALAU PAKAI KELUARGA FLANGKER SAYANG BUANG2 ENERGI.

  12.  

    Ternyata Teknologi Pesawat Tempur ( Sukhoi ) Rusia banyak dijiplak oleh USA….Manuper Pesawat USA sudah ketinggalan jaman ( TUA ) ….Teknologi Pesawat Tempur Rusia ( Sukhoi ) membuat pesawat temput USA tidak laku….Seandainya laku…Itu karena Pemaksaan dan mengancam negara lain yg tidak membeli dari USA…Alih alih biar tidak malu USA memakai Hukum CAATSA…..Ya dengan terpaksa Negara Lain membelinya…

  13.  

    Beda mesin, beda kemampuan….secara umum, jelas grop flanker lebih unggul.

  14.  

    berdoa saja tidak terjadi perang dunia ke 3. karena kemampuan sebenarnya hanya tampak jika f35.f22 langsung on by one dengan su 35 . . . .

  15.  

    Luar Binasa bisa manuver tanpa menggunakan knalpot beberapa tahun lagi bisa terbang tanpa mesiin ini luar binasa

  16.  

    bisa eject tanpa hanggar gak? kayak punyak simalingsial

  17.  

    Eject kat hanggar dan songlap enjin itu perlu tot dari malon negara lain tak bise lah

  18.  

    baru engeh gue…rupanya rumah mereka jadi rumah kosong yang dihuni berbagai mahluk astral…dari set an togel hingga set@n ngepet….pantesan sering teriax teriax malon dimari…xixixixi…pawang nya pading kaboor…!!!

  19.  

    tapi percuma juga loe teriaxin malon dimari…maluan malon kalo liat penghuninya tanpan dan rupawan kayak gue…xixixixixi…

  20.  

    Btw ada yang Tahu dimana Bung Agato ? Gimana tuch Urusannya Kapal Induk ? Kok pertanyaan saya Gak diJawab-jawab ??? Matur suwun…

  21.  

    Pilotnya mandi keringet jagung. Pesawat yg cuma bisa manuver pas2an dipaksa manuver gaya Flanker.
    Memang bisa aja. Seperti motor matic dipaksa nanjak gaya motor koplingan.
    Buat air show sekali2 boleh aja tapi setelah itu langsung cek besar2an.