Des 082018
 

Su-35. (Wikimedia commons)

Pesawat tempur siluman F-35 harus menghindari terlibat dalam pertarungan jarak dekat dengan Su-35 Rusia, rilis Sputnik Rusia.

Meskipun analisa yang tidak fair, karena membandingkan pesawat tempur miliknya dengan pesawat tempur AS, namun di suatu peperangan udara modern dan di bawah serangan jamming yang ketat, sangat mungkin fitur siluman F-35 akan berkurang.

Lalu siapa yang akan menjadi pemenang andai 4 pesawat siluman F-35 menghadapi 4 Su-35 dalam suatu pertarungan udara? Sangat mungkin F-35 akan membutuhkan dukungan udara dari F-22 Raptor dan F-15C untuk menghadapi Su-35.

Su-35 adalah fighter versi termutakhir dari Su-27 Flanker dan bukan pesawat tempur generasi ke-5, namun, semua yang ada di pesawat tempur Rusia masih baru, seperti mesin, senjata terbaru, sistem elektronik, dan mampu melesat hingga kecepatan Mach 2.25. Sedangkan F-35 hanya mampu menggenjot kecepatan maksimum dengan full afterburner Mach 1.6.

Berbeda dengan F-22 yang memiliki kecepatan tinggi dan manuver yang lincah, F-35 jika terdeteksi oleh musuh maka mungkin akan menghadapi kesulitan apabila melakukan dogfight.

F-35 tidak memiliki fleksibilitas atau kelincahan seperti F-16, F-15 atau F-18, dan membawa rudal yang lebih sedikit dibandingkan F-22.

Minus kelincahan, kecepatan dan fleksibilitas, hasilnya adalah jika dipaksa melakukan dogfight, pilot F-35 akan menghadapi masalah nyata. Artinya, pilot F-35 harus menghindari pertarungan udara jarak dekat semaksimal mungkin

Bila dianalisa,Β  hanya konfigurasi siluman yang membuat F-35 memiliki keunggulan, sedangkan di saat yang sama China dan Rusia terus meningkatkan teknologi untuk membangun dan menghadapi pesawat siluman.

 

Bagikan:

  17 Responses to “F-35 Tidak Dianjurkan Dogfight Jarak Dekat dengan Su-35”

  1.  

    Keunggulan tersendiri pesawat generasi ke 4

  2.  

    lebih suka ngandalin Bvr dgn jaringannya darpda Wvr

  3.  

    tenang dek, nanti om trump akan menyetujui serangan ke kompleks EW nya dan sistem pendeteksi dini dengan ratusan tomahawk πŸ˜†
    2017-2018 kan tomahawk sudah diluncurkan sebanyak 100-200 an πŸ™„

    ———–
    “Meskipun analisa yang tidak fair, karena membandingkan pesawat tempur miliknya dengan pesawat tempur AS, namun di suatu peperangan udara modern dan di bawah serangan jamming yang ketat, sangat mungkin fitur siluman F-35 akan berkurang.”

    ————-

    klo EW dan Early Warning nya sudah hilang, sukro kgk bakalan bisa ngelock f-35 πŸ˜€
    jaman now masih lock lockan aja πŸ˜†
    jaman now itu mainnya lock after launch cuy πŸ˜›

  4.  

    selain berbadan gembur dan sering batuk2 Mr.F35 payah dan tidak banyak negara eropa suka dg F.35 terlalu alerghy dg BURUNG

  5.  

    Dari awal dibikin sudah ditebak f35 bukan lawan sebanding dgn su 35 ketika dogfight, makanya amrik makai doktrin stealth untuk pesawat nya agar bisa dekati pespur lawan, tapi ternyata jadi produk stealth yang gagal karena bisa di track oleh radar darat, artinya sudah kalah tanpa ketemu dgn su 35 apalagi elektronik nya bentrok sendiri.

    Gimana bisa intai lawan tanpa diketahui jika anti radar (mungkin jamming) dipakai bersamaan dgn radar pencari jejak? Menghidupkan radar dan radio itu sama aja membuka diri nya diketahui lawan, intinya itu pesawat gak bisa mandiri kecuali pilot nya adalah huha dan aming atau jimmy dgn mbah mien.

  6.  

    AS mn mau mengakui klu F35 bs terdeteksi radar, terkecuali telah terjadi pertempuran sesungguhnya antara SU-35 vs F35!

  7.  

    Aku tidak komen cuma numpang ngakak ajalah
    😎 kwokwokwok

 Leave a Reply