Feb 082018
 

Jet tempur F-35B Angkatan Laut Italia. © Italian Navy

JakartaGreater.com – Pada hari Kamis, 25 Januari 2018, Kementerian Pertahanan Italia telah menerima pengiriman F-35B Lightning II pertama yang diproduksi di luar wilayah Amerika Serikat, seperti dilansir dari laman situs resmi Angkatan Laut Italia.

Pesawat yang akan menjadi bagian dari aset Angkatan Laut Italia ini dirakit sepenuhnya di pabrik Cameri FACO (Final Assembly and Check Out), salah satunya fasilitas produksi F-35 di luar wilayah AS.

Upacara tersebut telah dihadiri oleh Jenderal Claudio Graziano, Kepala Staf Pertahanan, Laksamana Valter Girardelli, Kepala Staf Angkatan Laut, Jenderal Francesco Langella, Direktur Armada Pesawat Terbang (ARMAEREO), Filippo Bagnato, Managing Director Divisi Pesawat Terbang Leonardo, dan Douglas Wilhelm, Wakil Presiden Program F35 dari Lockheed Martin.

Acara tersebut merupakan hasil dari kemitraan strategis yang kuat antara Kementerian Pertahanan Italia bersama mitra industri Leonardo dan Lockheed Martin.

Jenderal Claudio Graziano

Dalam pidatonya, Jenderal Graziano menekankan mengenai pentingnya sistem senjata tersebut untuk proses transformasi Angkatan Bersenjata Italia, sementara Kepala Staf Angkatan Laut, Admiral Valter Girardelli, mengucapkan terima kasih kepada Angkatan Udara atas dukungannya terhadap proyek F-35B dan bekerjasama dengan Angkatan Laut.

F-35B yang dikirimkan ke Angkatan Laut Italia akan melakukan beberapa penerbangan uji coba di Cameri. Selanjutnya, pilot uji Italia akan menerbangkannya menuju Naval Air Station-Patuxent River, Maryland (AS), untuk menjalani sertifikasi Environmental Effects elektromagnetik yang dibutuhkan.

F-35 Lightning II adalah pesawat tempur generasi kelima yang memadukan teknologi siluman canggih dengan kecepatan dan kelincahan tempur, sensor fusi untuk akuisisi dan integrasi informasi yang paling efektif, operasi berbasis jaringan mutakhir.

F-35B ini adalah varian STOVL (Short Take-Off/Vertical Landing) pertama dari pesawat multirole yang dikirim ke Angkatan Bersenjata Italia, untuk melengkapi unit angkatan laut tertentu atau beroperasi dari landasan pacu yang pendek.

Jet tempur F-35B pertama Angkatan Laut Italia. © Italian Navy

Pejabat pertahanan dan angkatan laut berfoto di depan jet tempur F-35B pertama Angkatan Laut Italia. © Italian Navy

  15 Responses to “F-35B STOVL Pertama Dikirim ke Angkatan Laut Italia”

  1.  

    BUNGKUS

  2.  

    Hamdal dlm kecepatan dan kelincahan tempur, padahal gak secepat dan segesit dlm manuver seperti dlm kenyataannya.

  3.  

    Knp F35B lighting II nya dikasi kan ke angkatan laut itali? emang itali punya kapal induk?,..dan trnyata hanya utk operasi di landasan pacu pendek,,

 Leave a Reply