Des 072018
 


F-4EJ (Kai) Phantom dari Skuadron 301 Hikotai (foto : Common Wikipedia)

Jepang bersiap-siap untuk menarik pesawat tempur F-4 Phantom II dari arsenalnya dan mengganti dengan pesawat tempur generasi 5 buatan AS.

Satu skuadron Angkatan Udara Bela Diri Jepang (JASDF ) yang mengoperasikan pesawat tempur Mitsubishi F-4EJ Phantom II akan diganti dengan pesawat siluman F-35A pada awal tahun 2019, Skuadron kedua akan mengganti pada tahun berikutnya, sedangkan skuadron ketiga akan menggantinya pada tahun yang sama.

Penggantian dengan pesawat tempur siluman F-35A mengakhiri pengabdian “si hantu udara” di militer Jepang selama 48 tahun ini.

Untuk menandai pensiunnya Phantom yang memperkuat Skuadron 302, diadakan pertunjukan udara di markas JASDF di Hyakuri, prefektur Ibaraki, sebelah utara ibukota Jepang, Tokyo, pada 2 Desember. Dua unit jet yang dicat dengan tanda peringatan menjadi pusat perhatian. Hyakuri adalah markas bagi ketiga skuadron Phantom Jepang.

Perusahaan Mitsubishi Jepang total membangun 138 unit dari 140 F-4EJ Jepang di bawah lisensi dari perusahaan kedirgantaraan McDonnell Douglas antara tahun 1971 dan 1981. Phantom F-4EJ sangat mirip dengan F-4E yang digunakan oleh Amerika Serikat pada waktu itu, meskipun untuk versi Jepang menghapus kemampuan pengisian bahan bakar di udara dan kemampuan serangan darat untuk menyesuaikan dengan postur pertahanan Jepang

Program upgrade pada tahun 1980-an menambahkan kemampuan serangan darat dengan persenjataan rudal anti kapal, bom dan roket. Radar baru yang ringan disempurnakan juga dipasang bersama dengan peningkatan avionik.

Kurang dari 100 unit Phantom ditingkatkan yang kemudian dikenal sebagai F-4EJ Kai (Improved) dalam layanan Angkatan Udara Bela Diri Jepang.

Jepang juga mengakuisisi 14 unit RF-4E yang dibangun oleh McDonnell Douglas yang memiliki kemampuan pengintaian, juga 17 unit F-4EJ yang dimodifikasi ke standar RF-4EJ, yang mampu membawa berbagai perangkat pengintaian eksternal, membentuk skuadron Phantom ketiga Jepang di Hyakuri.

Jepang nantinya akan menggunakan 42 pesawat siluman F-35A untuk menggantikan Phantom, dengan pelatihan pilot pesawat generasi kelima di Pangkalan Udara Misawa di utara pulau J Honshu.

Skuadron 301 dan 302 secara permanen akan dipindahkan ke Misawa setelah mengganti pesawat tempurnya dengan F-35A.

Defence News

Bagikan:

  8 Responses to “F-4 Phantom II Jepang Segera Pensiun”

  1.  

    Ngeri….namanya pesawat hantu….

  2.  

    F-4 Phantom II merupakan pesawat pembom dan juga interseptor berkursi ganda produksivMcDonnel Douglas
    Selengkapnya : https://militerhebatdunia.blogspot.com/2016/09/mcdonnell-douglas-f-4-phantom-ii.html?m=1

  3.  

    F4 Phantom sebenarnya pesawat tempur siluman sejati, karena hanya Phantom yg bisa datang tanpa diundang, pergi tanpa pamit dan susah terdeteksi indera ..

  4.  

    mari kita tanya sama agato knpa phantom di ganti dgn F-35 ? knapa nggak F-15

  5.  

    Coba klu Jepang boleh jual itu F4 hantu belang ke Iran untuk menemani F4 Iran yg tua jg versi kw made in Iran.he3

  6.  

    Bisa bikin robot tp militernya malah mengkoleksi pesawat perang bikinan amrik

 Leave a Reply