Oct 192014
 
TNI AU Siagakan Pesawat Tempur F-5 Jaga  Langit Jakarta

Pesawat Tempur F-5E

Jakarta – TNI AU menugaskan flight pesawat tempur sergap F-5E Tiger II dari Skadron Udara 14 Lanud Iswahjudi di Lanud Halim Perdana Kusuma untuk melaksanakan operasi menjaga keamanan udara Ibu Kota Jakarta sejak, Sabtu (18/10/2014)

Kepala Dinas Penerangan Angkatan Udara Marsekal Pertama TNI Hadi Tjahjanto mengatakan, selain melaksanakan operasi Pertahanan Udara kegiatan ini juga dalam rangka pengamanan acara pelantikan Presiden RI terpilih Joko Widodo pada hari Senin, 20 Oktober 201 .

“Momentum penting demi kesinambungan pemerintahan Republik Indonesia,” kata Hadi dalam keterangan pers yang diterima, Minggu (19/10/2014).

TNI Angkatan Udara tidak boleh lengah dalam mengawasi dan menjaga keamanan dirgantara serta kedaulatan wilayah udara nasional RI dalam situasi dan kondisi apapun, apalagi dalam acara penting lima tahunan seperti pelantikan Presiden RI yang keamanannya harus dijaga.

“Sebab ini bukti pada dunia bahwa Negara Republik Indonesia hingga periode pemilihan Presiden yang ketujuh memang negara demokrasi sejati,” lanjutnya.

Flight tempur “Si Macan” tersebut akan dikendalikan oleh Pusat Operasi Komando Sektor Pertahanan Udara Nasional I di Halim dimana dalam operasi pengamanan Ibu Kota akan melaksanakan patroli udara secara teratur dan siap melaksanakan penyergapan udara bila dibutuhkan sesuai perkembangan situasi keamanan.

Selain menggelar pesawat tempur F-5E dalam pengamanan Ibu Kota, TNI Angkatan Udara juga menyiapkan berbagai skadron udara dari jenis tempur, transport dan helikopter serta Pasukan Khas.

Kondisi ini dilakukan untuk mengamankan seluruh wilayah Indonesia dengan tujuan mengantisipasi segala kemungkinan demi memberikan rasa aman bagi rakyat serta mendukung upaya menjaga keberlangsungan sistem demokrasi negara kita yang tercinta. (tribunnews.com)

Berbagi
 Posted by on October 19, 2014  Tagged with:

  77 Responses to “F-5 Tiger Jaga Langit Jakarta”

  1.  

    1

  2.  

    selalu waspada

    •  

      semoga saja … dalam 5 tahun kedepan ini sudah tambah armada :

      1 skuadron pesawat tempur utama sukhoi-35
      1 skuadron pesawat tempur ringan/ latih yak-130

      selain menunggu datangnya 8 unit s-tucano ….. + …. 19 unit F-16 setara block 52 …..

      hingga tahun 2019 sudah ada melengkapi MEF II kekuatan tempur udara sementara =

      – 1 skuadron s-tucano ( 16 pespur ringan )
      – 2 skuadron hawk 109 / 209 ( 32 pespur ringan )
      – 1 skuadron yak-130 ( 16 pespur ringan / latih )
      – 1 skuadron T-50i G.Eagle ( 16 pespur ringan / latih )

      – 2 skuadron F-16 setara block 52 ( 34 pespur sedang )

      – 1 skuadron Sukhoi 27/30 ( 16 pespur utama )
      – 1 skuadron Sukhoi-35 ( 16 pespur utama )

      ===== 5 skuadron pespur ringan ( 80 pesawat patroli reguler )
      ===== 2 skuadron pespur sedang ( 34 pesawat intercep midle )
      ===== 2 skuadron pespur berat ( 32 pesawat intercep utama )

      ### f-5 hawk sudah dipensiunkan.

      •  

        dalam tahun 2019 – 2024 setidaknya ada penambahan =

        – 1 skuadron T-50 Pak Fa ( 16 pespur utama )
        – 1 skuadron F-35 A ( 16 pespur utama )

        sebagai pengganti 2 skuadron hawk 109/209 yang dipensiunkan ………….
        hingga tahun 2024 dalam MEF III kekuatan tempur udara :

        – 1 skuadron pespur s-tucano ( 16 pespur ringan )
        – 1 skuadron yak-130 ( 16 pespur ringan / latih )
        – 1 skuadron T-50i G.Eagle ( 16 pespur ringan / latih )

        – 2 skuadron F-16 setara block 52 ( 34 pespur sedang )
        – 1 skuadron F-35 A ( 16 pespur utama )

        – 1 skuadron Sukhoi 27/30 ( 16 pespur utama )
        – 1 skuadron Sukhoi – 35 ( 16 pespur utama )
        – 1 skuadron S – Pak Fa ( 16 pespur utama )

        ===== 3 skuadron pespur ringan ( 48 pesawat patroli reguler )
        ===== 2 skuadron pespur sedang ( 34 pesawat intercep midle )
        ===== 4 skuadron pespur berat ( 64 pesawat intercep utama )

        •  

          dalam tahun 2024 – 2029 setidaknya ada penambahan =

          – 2 skuadron IF-X id ( 50 pespur sedang )

          hingga tahun 2029 dalam SEF ( Standard Esential Force ) kekuatan tempur udara :

          – 1 skuadron pespur s-tucano ( 16 pespur ringan )
          – 1 skuadron yak-130 ( 16 pespur ringan / latih )
          – 1 skuadron T-50i G.Eagle ( 16 pespur ringan / latih )

          – 2 skuadron IF-X id ( 50 pespur sedang )
          – 2 skuadron F-16 setara block 52 ( 34 pespur sedang )
          – 1 skuadron F-35 A ( 16 pespur utama )

          – 1 skuadron Sukhoi 27/30 ( 16 pespur utama )
          – 1 skuadron Sukhoi – 35 ( 16 pespur utama )
          – 1 skuadron S – Pak Fa ( 16 pespur utama )

          ===== 3 skuadron pespur ringan ( 48 pesawat patroli reguler )
          ===== 4 skuadron pespur sedang ( 84 pesawat intercep midle )
          ===== 4 skuadron pespur berat ( 64 pesawat intercep utama )

  3.  

    Masih ada yang laik terbang kah? Saya kira sudah graunded semua..

  4.  

    F-5 masih seger buger
    Ampe msh siap di tugasin padahal umurnya udah sepuh

    •  

      Ngaa ada kata takut adepin pespur macam manapun , bila perlu siapapun main slonong boy, wajib di pepet, kalau perlu di senggol ( biar tetanus pesawat baru negara tetangga pada dan bukan lagi di intersept )

      F-35 dan F-18 silakan masuk ……

      itung-2 uji nyali ,
      MAN THE BEHIND GUN………. TNI

  5.  

    Siaga dan selalu waspada

  6.  

    sebelum diganti sama su 35, siap menjaga tanah air Indonesia…

  7.  

    7

  8.  

    Luput

  9.  

    ‘Kakek-kakek’ walaupun sdh dikasih ‘obat kuat’ tetap airframenya sdg reot

  10.  

    ‘Kakek-kakek’ walaupun sdh dikasih ‘obat kuat’ tetap airframenya sdh reot

  11.  

    cipluk’an

  12.  

    Penampakan awaL september atau akhir agustus saya Lihat jet yang menyerupai jet tempur F5 tiger & golden eagle kita eh ternyata bukhan , Lalu saya teringat jet tempur eksperimen kita berbasis JITENBI di JL.nipa2 makassar :

    http://www.f-16.net/forum/viewtopic.php?t=16228

  13.  

    Bisikan halus untuk panglima tertinggi…ayo ganti dong cepet2 dgn yg gahar

  14.  

    mantaappp…..

  15.  

    Yang ngeronda yang sudah sepuh, tp dipos jaga yang muda2..

  16.  

    f-5 mutant kah … hehe 🙂

  17.  

    Kenapa f5 yg dikerahkan ? Ini kayanya nyindir jhon kirik masa sekelas indonesia dikasih f5. Hehehehe maaaf ngawur tk somay stress

  18.  

    walaupun sich macan sdh ingin dikremasi tp kejantanan nya msh oke bro ,,

  19.  

    F 5 salam perpisahan

  20.  

    walaupun udh sepuh tp msh keliatan gagah… syg klo di pensiun kan klo msh layak terbang,mendingan buat latihan sparing ama yg muda hehehehe…

  21.  

    weleh masih berdinas tow F-5 II TNI-AU kukira hanya utk show saja apa ini juga merupakan salam perpisahaan dan tugas2 akhir sebelum pesawat tsb di ganti ama pesawat gen 4,5
    Menlu AS dteng yg nyambut F-5 kita kalo Sukhoi nanti ketahuan difoto trus dianalisa ma USAF bisa ketahuan apa jenis Sukhoi kita

  22.  

    di Indonesia bagi yg dah mau pensiun di wajib kan bekerja extra keras….maklum ntar di bilang malas dan suka cemburu sama pendatang baru

  23.  

    Semoga secepatnya dilakukan penggantian.
    Walaupun simbah masih laik terbang, tapi persenjataan yang dibawa udah gak greget.
    Oh ya, sekalian ganti skuadron hawk kita dengan light/medium fighter.
    Hawk sebaiknya fokus sebagai trainer gak usah ditugasin CAP

  24.  

    Kayanya jkgr besok mesti bikin artikel special untuk pak sby sebagai ucapan trima kasih dan perpisahan kepada beliau

  25.  

    Kalau soal pespur yang dipulish F-5, kalau soal lontong yang dipublish cakra dan nanggala :mrgreen:

  26.  

    Minta diganti SU35s sama presiden yg baru..:)

  27.  

    Masih keren f5
    kayak gini mo pensiun
    masih bisa tu buat nglepasin rudal ke bacotnya abot
    he he he sapa yg bilang odong2?

  28.  

    Absen..nyimak..SR..

  29.  

    Yang jeLas bukan bung kaLau golden eagle kita itu warna hijau loreng abu abu , kalau ini abu2 poLos kok , dan posisnya mau kembaLi ke LANUD HASANUDDIN yang Lama , karna yang baru untuk komersiL he he 😉

    •  

      Hawk 109/209. Ada yang warna abu abu bung PCM

      •  

        Maaf bung Sangkur kayaknya bukan , inlah letak keteledoran sy hp bb sy , sy tidak bawa jadi tidak di dokumentasikan , kaLau hawk tidak runcing kayak F16 dan F5 kita bung ? Naah seteLah sy cari2 mirip banget dengan JL9 butan PLA and Pakistan sebeLum Lahir J10 family tapi intinya mereka lahir dari F5tiger semua Lho??

  30.  

    bung pcm mungkin belum waktunya dibabar, tunggu aja bung

  31.  

    hmmm

  32.  

    Sebagai aksi perpisahan dari f-5, karena tugas selanjutnya akan digantikan oleh.. ??????

  33.  

    Walaupun f5 indonesia sdh tua dijamin airframe masih 90% dgn engine 100 % laik terbang hanya terkendala sucad yg susah dicari….

  34.  

    Kenapa harus F 5 yg ngawal pelantikan Presiden?
    Heheheh sepertinya pesan yg disampaikan untuk Pak Jokowi sudah jelas kalau si Tiger udah minta pengganti.
    Jangan lama2 Pak, tu yg bisa terbang cuma 3, lainnya udah dipretelin di kandang.
    Saya dukung kelanjutan MEF dan ide pengadaan UAV.
    Maaf warjagers, numpang lewat. Salam hangat nggih.

  35.  

    kalo untuk mengawal pelantikan di Jantung Ibukota saya rasa F5 tiger II udh cukup,
    panglima sambil bisikin ke pak Jokowi, ” tuuh pak, kayaknya harus diganti sama yg agak gedean pak, biar machoo.. 😀
    yang stanby di pagar ya SU27/30 dan kawan-kawannya..sambil bawa pensil dan spidol..

  36.  

    bung PCM,,air intakenya kyk gimana?? mendekati f-16 atw seperti f-5 tiger??
    sy antara ingat atw tdk,,kira2 ada dr sesepuh prnh berkomentar jitenbi ini mengambil dasar dari pengembangan Lavi dari israel,,
    apa mirip dengan ini??
    http://www.israeli-weapons.com/weapons/aircraft/lavi/lavi.jpg

  37.  

    Kok Fokusnya pada ke jakarta semua. Mungkin disaat seperti inilah ada pihak mo ambil ksempatan. Disaat orang fokus ke jakarta di saat lain dan di tempat lain si plenky lg uber uberan sama yg mo usik..

  38.  

    Maaf bung omega kaLau bentuk kayak Lavi butan zionis itu bukan bung Omega , muLau dari nozel atau hidung sedikit perbedaan dan air intake alias knalpotnya ga’ kayak Lavi , karna dia mirip F5 dan FA50 , yg lebih jeLas Letak perbedaan nya yaa di wing nya bukan Canard atau DeLta , saya yakin itu JL9 , kembaLi ke Lavi jet itu ga’ pernah di Produksi massaL prototipe nya aja hanya 2 , kenapa jet Lavi proyeknya mandek atau berhenti di karekan jet ini akan mengganggu persaingan produk ASU yaitu F20Tiger Shark turunan F5 tiger , terLebih Lagi kita ga’ ada hubungan baik dengan negara Zionis ini , begitu bung Omega 😉

    •  

      jd ditebak air intakenya mendekati f-5 tiger..
      btw apa ada rundel segilima merah,,hehehe
      tp mengenai israel memang secara resmi tdk ada hubungan diplomatik dengan indonesia namun secara tdk resmi dan diam2 ada kok hubungannya dengan indonesia namun bakalan tdk di publish ke media

  39.  

    Utk patroli cukup pakai F-5E/F TIGER II, sedangkan Su-27 SKM & Su-30 MK2 tidak cocok utk patroli udara.
    Kalau ada pesawat tempur asing yg masuk ke wilayah kita secara gelap, baru pesawat Sukhoi yg melakukan Intercept !!! Jadi pesawat Sukhoi ditampilkan kalau situasi gawat !!

  40.  

    Pesawat F-5E/F TIGER II memang diumumkan secara resmi akan “DIPENSIUNKAN”……………

  41.  

    Penggantinya lebih gahar spertinya.

  42.  

    Maaf bung @pcm pesawat soko galeb bukan buatan kita itu buatan ceko berfungsi sebagai pesawat kalibrasi pesawat n250 yg berkecepatan lebih cepat dari pesawat propeler lainya.

    •  

      Iya emang betuL bung itu bukan buatan kita , tapi kata sesepuh kita pelajari avionik n air framenya untuk jadi bahan dasar pembeLajaran , begitu bung orca , maaf makLum kemarin udah Lobet banget jadi keplincut , jadi sy terangkan maksudnya UNTUK PEMBELAJARAN PEMBUATAN jet tempur baik Latih atau light fighther begitu bung maksud saya 🙂

  43.  

    katanya pengganti f5 uda pasti make griffin swedia kok pakai tot 100%

    •  

      saya blm punya data apa memang bener F-5 ini akan diganti dgn SAAB Gripen, jujur jika ya, ngga ada yg dibanggakan, meski dgn iming2 100% T.o.T, toh Gripen buatan keroyokan bukan hanya Swedia, ttp jg bbrp negara eropa lain, jadi pasti rumit T.o.T-nya, bisa jadi ujung2nya kita DIKADALIN lagi spt umumnya jika berhubungan dgn negara sekutu / barat, semoga Pak Jokowi melakukan perubahan besar di militer, jgn tanggung2 mengambil alutsista, SAAB Gripen ngga punya ‘efek getar’….JADI NGGA PERLU DIAMBIL…

  44.  

    kita masyarakat prihatin melihatnya, pespur era orba yg dibeli sekitar thn 1980-an masih terbang menjaga NKRI walau sepuh, semoga Pak Jokowi mendapat informasi yg tepat…pespur ini sdh layak utk dipensiunkan & penggantinya yg gahar produk wahid yg aru keluar Su-35

 Leave a Reply