Jan 262019
 

JakartaGreater.com – Jet tempur F/A-18 Hornet Angkatan Udara Finlandia mencegat dua jet tempur Su-27 Angkatan Udara Rusia yang mendekati wilayah udara Finlandia pada 24 Januari, seperti dilansir dari laman Defence Blog.

Menurut sebuah pernyataan, F/A-18 Angkatan Udara Finlandia diacak untuk mencegat 2 pejuang Sukhoi Su-27 Angkatan Udara Rusia di wilayah udara internasional di atas Teluk Finlandia pada hari Kamis sekitar pukul 11:30 pagi.

Sebagai otoritas pengawas teritorial Finlandia, Angkatan Udara Finlandia memerintahkan jet tempur multi-peran F/A-18 Hornetnya untuk tugas Quick-Reaction Alert (ORA) – reaksi cepat – guna mengidentifikasi dan memotret pesawat militer Rusia yang diamati di wilayah udara internasional di sekitar wilayah udara Finlandia.

Juga dicatat bahwa wilayah udara Finlandia tidak dilanggar oleh kedua jet tempur Rusia.

Rusia pun telah melaporkan bahwa peralatan kontrol wilayah udara Rusia melihat pesawat pengintai Gulfstream Angkatan Udara Swedia di atas Laut Baltik dekat dengan perbatasan Rusia, menambahkan bahwa jet Su-27 Rusia bergegas untuk mencegatnya.

“Awak pesawat tempur Rusia mendekati dari jarak aman sebuah objek udara, mengidentifikasinya sebagai pesawat pengintai Gulfstream Angkatan Udara Swedia, yang terbang tanpa menghidupkan transpondernya”, kata departemen informasi dan komunikasi massa kementerian Rusia.

Kementerian Pertahanan Federasi Rusia juga telah merilis video yang menunjukkan jet tempur Su-27 mencegat pesawat pengintai Swedia di atas Laut Baltik.

  3 Responses to “F/A-18 Finlandia Cegat Sepasang Su-27 Rusia”

  1.  

    F/A-18 bukan lawan yg sebanding bagi SU-27. Bahkan sang Hornet akan dng mudah ditepuk bagai nyamuk sakit. Xicixicixi