Mar 282017
 

Selain kemungkinan akan mendapatkan helikopter Black Hawk dari Arab Saudi, santer terdengar kabar dari seberang, Malaysia juga akan mendapatkan FA-18 Hornet surplus yang dimiliki Kuwait. Berjumlah fantastis, andai mendapatkannya secara utuh, Malaysia bisa mendapatkan 25-30 unit FA-18 Hornet bekas dari Angkatan Udara Kuwait.

Hingga kini Malaysia masih memiliki 8 unit F-18 Hornet yang masih operasional, dan pembelian F-18 Hornet surplus Kuwait juga bisa menjadi alternatif pada program MRCA, karena Malaysia bisa mendapatkan kekuatan signifikan dari F-18 Hornet Kuwait namun dengan biaya yang lebih terjangkau.

Terseok-seok oleh program MRCA yang masih tanda tanya, bahkan meski perhelatan Langkawi International Maritime & Aerospace Exhibition (LIMA 2017) sudah berakhir.

Seperti anti klimaks, sebenarnya pada ajang LIMA 2017 banyak pihak berharap Malaysia sudah memutuskan calon pengisi kekuatan Angkatan Udara untuk menggantikan armada MiG-29 yang pensiun.

Namun jawaban dari Komandan RMAF Jenderal Affendi Buang, seperti memupuskan dan mengaburkan kembali harapan dari Angkatan Udara Malaysia.

“RMAF sudah mengidentifikasi pesawat tempur baru yang akan dipilih untuk program MRCA. Saat ini, tidak ada rencana mengakuisisi pesawat yang akan digunakan negara.”

Namun kabar pembelian F-18 Hornet surplus Kuwait oleh Malaysia masih terlalu dini dan belum dapat dipastikan kebenarannya karena belum ada konfirmasi resmi dari beberapa pihak yang disebut.

Author : Muhidin

Bagikan Artikel :

  75 Responses to “FA-18 Hornet Surplus Kuwait Untuk Malaysia?”

  1. Hibah yeuh lon….. šŸ˜†

  2. Haha

  3. Yang bekas… yang bekas…..

  4. F18 bekas Mas vs Su35 ina. Tetap unggul su35 lah… xixi..

  5. Hiks hiks hiks sedih saya baca nya ..
    Hihihi ..
    Salam bekas buat malon hahaha ..

  6. sabar sabar sabar pasti di sayang Allah.???

  7. hibah dari negara ketiga ya lon kikikikikikikii

  8. Surti penasaran…gantengan mana bung muhidin dibanding ama bung diego?

  9. lanjutkan lon!!
    Biar Indo semangat belanja alat militernya.

  10. Oh… bekas dari versi downgrade… kalo sama2 bekas… knp tdk yg d pake mami rika aja… pasti lbh garang dr punya kuwah it….

    • Cuma masalah di dana nya ndan …
      Kalau dari kuwait kan dapat murah ….. hihihi

      • Diskon gede2an ataukah geratis ??…. xixi…

        • Hibah tidak mesti gratis ndan, seperti contoh mamarika hibah f16 sebanyak 24 pesawat ke suatu negara M, sebenarnya si M keluar dana agar bisa dapat pesawat hibah tsb seperti dana: Makelar, birokrasi mamarika, service pesawat, penggantian spare part dll

          Kalau dpt nya dari kuwait kan murah? siapa tahu bayar nya cuma diajarin nyelam dgn kapal tongkang ndan hihihi

  11. Camo pesawat hawk hampir mirip punya tni….cakep

  12. Metro ada diskusi ttg pswt militer as yg mendarat darurat di aceh live..

  13. kok banyak yg ngejek ya ??? padahal di kita lebih banyak barang bekas??? apa yg komen kebanyakan bocah ???

    • F-16 Kita yg bekas Cuma 24 Unit sedangkan Mereka dapet 30 Unit dan Masih banyak Hibah dari Ausi.Brunei.Arab.Jepang.DLL..

      Jadi hibah kita lebih sedikit daripada Jiran

      • yang dari korea ? australia ? kaga di hitung ??? menurut saya alutsista bekas tidak semua jelek, kecuali barang nya bener2 parah seperti ks kilo yg di tawarkan rusia kemaren dan tidak lebih mahal di biaya perawatan jika di akuisisi sih ga akan bermasalah…negara kita bukan negara kaya, jadi seharus nya TIDAK GENGSI dg namanya HIBAH…

        • Negara kita sebenarnya kaya…SDM kita berlimpah Tapi sayang Kita belum bisa ngelola… iya kita juga dpt Hibah dari Korea tapi cuma Panser dan Beberapa alutsista lain… Sedangkan dari Ausi paling cuma Kapal Patroli

          • bagaimana menurut anda menilai negara kaya itu sih bang ???

          • Yg di atas itu saya salah tulis SDA seharusnya SDM…Saya menilai negara itu kaya dari beberapa Faktor…. Faktor yg saya libatkan itu dari jumlah… SDM.SDA

          • Ralat…. SDA seharusnya SDM ….

          • Ralat…. SDM seharusnya SDA ….

          • Hihihi Sory jadi Belepotan tulisannya…

            Gara2 lagi mikirin Nickname saya yg di pakai orang buat cari kerusuhan

          • jadi kalau menurut anda…dari jumlah SDA dan SDM yang banyak bisa dikatakan menjadi sebuah negara kaya???? setau saya bang…pendapatan perkapita dan tidak mengandalkan SDA ( apalagi SDA kita orang luar yg ngelola bang)…

          • Makannya tadi saya bilang… Sebenarnya negara kita kaya… SDA Kita banyak Tapi kita belum bisa mengelola…

          • @jam tangan
            Kalo menurut anda pendapatan perkapitanya brp baru bisa disebut kaya.?

          • Assalamu’alaikum wr. wb.
            Negara di katakan kaya itu di tinjau dari kekayaan SDA yang dimiliki oleh negara tersebut.
            Masalahanya cuma pemikiran orang2 kolonial yang ingin merampas kekayaan itu.
            Masalah PDB itu indikator kinerja perekonomian negara bukan indikator kekayaan sebuah negara.
            jika pemikiran anda kekayaan di tinjau dari PDB bukan SDAnya berarti anda belum paham

          • pendapatan perkapita itu indikator kesejahteraan itu pun cuma sebatas kesejahteraan ekonomi sosial belum sampai mental.

    • Bocah apa bukan itu ga penting…….. xixi…

      #rasakanpembalasankulon

    • Wajar lah warjager pada ngejek krn malay sering ponggah, menghina Indonesia, menghina soal TKI yg sampai 3,5 juta dan macem2 lainnya, dan ternyata terbukti malon tidak bisa beli barang baru dan lebih suka barang bekas hihihi

  14. 30 kornet,. hem lumanyun jg, knp tidak beli 10 aja yg baru..?
    lagian knp harus kornet, kan kornet kalah telak sama su35 waktu duel di selatan..

  15. ralat

  16. Hihihi Bung Colibri Bahagia…

    #TDM Teruk
    #Malay cuma Banyak Bual
    #Colibri Bahagia

  17. apa cuman saya yang berpikir dunia udh berbalik buat kita dahulu kita yang sering dapet hibah sekarang malon yang rajin dapet hibah pisss

  18. walaupun bekas g usah di ambil.ntr bisa merusak nama hornet yg sudah mendunia. lebih baik pake tejas bekas shahruk khan.atawa jf 17 bekas cina aja … di jamin semua musuh guling guling..

  19. Itu tandanya ekonomi kita semakin membaik bung…

  20. nah,, untuk malaysia semoga mengambil ini,, daripada rafale atau thypoon xixixixi

  21. Lagi musim hibah ya…

  22. kata kan tidak pada yg bekas

  23. Roda pasti berputar kawan!

  24. bekas ga papa yg penting cinta

  25. Malon sedang merenungi nasib….. xixi….

  26. Itu kalau di Hibah kan ke kita.., kita juga pasti mau kok.
    Maklum kita kan juga penadah barang bekas…
    Masalah nya Negara sebelah lebih Miskin daripada kita…

  27. dulu saya suka baca komen saudara do forum ini, tp skrng komennya tdk ada mutunya lg,bnyk mencela dn mencemoohkan,sopan santun di ajarkan ortu dan disekolah,klu seperti ini terus forum ini akan di tinggalkan pembaca yg tinggl badut2 berotak udang.

  28. Jangan begitu negara kita juga punya nasib yang sama soal hercules ama f16

  29. Jangan begitu negara kita juga punya nasib yang sama soal hercules ama elang botak

  30. Jangan begitu negara kita juga punya nasib yang sama soal hercules ama elang botak.

  31. Sepertinya F18 Hornet bekas Kuwait msh kinclong karena Kuwait jarang perang, kecuali ketika awal tahun 90 an diserbu Sadham Hussein, namun itu pun yg bertempur mati-matian adalah angkatan bersenjata negara koalisi pimpinan USA. Ketika perang teluk I tidak terdengar kabar bagaimana peranan F18 Hornet milik Kuwait, lagipula Sadham Hussein tdk mengandalkan angkatan udaranya untuk melawan pasukan koalisi.

    Jika benar Malaysia mendapat F18 Hornet gratis dari juragan minyak kuwait, itu bagai mendapat durian runtuh dikala kas negara semakin menipis sementara kebutuhan pesawat tempur multirol sangatlah perlu, apalagi suhu politik kawasan lcs semakin memanas dg semakin kuatnya cina mencengkeram lcs.

    Dibawah managemen TUDM (Tentara Udara Diraja Malaysia) ane yakin pesawat bekas dari Kuwait akan semakin gahar apalagi konon para ahli strategi perang udara Malaysia pakar dalam memodifikasi perangkat perang khususnya pesawat tempur. Konon mereka mampu merekayasa pesawat sipil menjadi pesawat siluman seperti yg terjadi tahun 2014 lalu dimana masyarakat internasional dikejutkan dg teknik mensilumankan pesawat sipil MH 370. Belum lagi keahlian para pilot TUDM tidak perlu diragukan lagi. Mereka pernah membuktikan keahlian tempurnya ketika menghalau para pejuang Sulu dlm perang Lahad Datu. Berita hibah pesawat tempur F18 Hornet milik Kuwait bisa jadi kabar buruk bagi cina yg bermasalah dg Malaysia di lcs…

  32. Cie..cie.. cie.. Melon panen pujian nih

 Leave a Reply