Jan 112019
 

Jet tempur siluman medium FC-31 buatan China © Yang Sheng via Global Times

JakartaGreater.com – Kapal induk masa depan China akan melihat pesawat tempur siluman di geladak mereka, kemungkinan adalah jet tempur ukuran sedang FC-31, kata ahli militer China ketika menyebut akuisisi PLA untuk jet tempur berbasis kapal induk China, seperti di lansir dari laman Global Times.

Shenyang Aircraft Design Institute sedang membutuhkan unit integral untuk akuisisi target fotolistrik berkemampuan siluman, menurut pemberitahuan situs web pengadaan senjata dan peralatan PLA, yang dirilis  dirilis pada hari Kamis. Pemberitahuan itu juga mengatakan bahwa unit tersebut harus dapat beroperasi terhadap target maritim dan mampu memantau kelembaban.

Menilai dari persyaratan yang disebutkan serta rumor sebelumnya, pengamat militer China mengatakan bahwa suku cadang yang disebut dalam pengadaan tersebut sangat mungkin digunakan pada jet tempur siluman baru berbasis kapal induk China meski pemberitahuan itu tidak menentukan bagaimana suku-cadang itu akan digunakan.

Jet tempur siluman Shenyang FC-31 buatan AVIC © East Pendulum

Setelah merancang jet tempur berbasis kapal induk J-15 China saat ini, Shenyang Aircraft Design Institute sedang mengembangkan pesawat tempur kapal induk berbasis pada FC-31, menurut orang dalam militer China, yang meminta tidak disebutkan namanya.

FC-31 adalah jet tempur siluman ukuran sedang yang awalnya ditujukan bagi pasar ekspor. Pakar militer China mengatakan bahwa pemberitahuan pengadaan PLA itu menunjukkan bahwa FC-31 kini tak lagi berorientasi ekspor, melainkan diperuntukkan bagi dinas militer domestik.

FC-31 melakukan debut penerbangan perdana pada China Airshow 2014 di Zhuhai, Provinsi Guangdong, China Selatan, tetapi relatif senyap tanpa kabar setelah itu. Banyak perubahan dan peningkatan yang dilakukan pada FC-31 yang memungkinkannya digunakan pada kapal induk, kata orang dalam itu.

Pengujian prototipe jet tempur siluman Shenyang FC-31 buatan AVIC © East Pendulum

Kapal induk ketiga China, yang dipastikan sedang dalam pembangunan oleh Kantor Berita Xinhua pada bulan November dan secara luas diperkirakan akan dilengkapi dengan ketapel elektro-magnet, akan menggunakan jet tempur siluman, dan diprediksi oleh Wang Yunfei, seorang pakar angkatan laut dan pensiunan perwira Angkatan Laut PLA.

Jet tempur bermesin tunggal, dan berkursi tandem akan sangat memperluas kemampuan grup tempur kapal induk China seperti yang dilakukan J-20, jet tempur siluman tercanggih untuk Angkatan Udara PLA, kata orang dalam yang tidak disebutkan namanya itu.

“Hanya jet tempur generasi kelima yang dapat melawan pejuang generasi kelima lainnya dalam suatu pertempuran tanpa harus berada dalam posisi yang kurang menguntungkan”, katanya.

Jet tempur generasi kelima buatan AS seperti F-35B dan F-35C mampu beroperasi di kapal induk, dan Jepang berencana untuk memodernisasi kapal perusak helikopter kelas Izumo menjadi kapal induk, melengkapi mereka dengan armada jet tempur F-35B.

  3 Responses to “FC-31 Akan Melengkapi Kapal Induk Masa Depan China”

  1.  

    Sekilas sangat mirip dengan kfx/ifx

  2.  

    kyknya ini msh blm siluman deh, krn siluman nya msh sibuk nangkepin penduduk uighur

  3.  

    Cocok nih buat pacaran sama F35 Ozy.