Jan 032018
 

Multi-Purpose Attack Craft (MPAC) Mk 3 (BA-488) Angkatan Laut Filipina. © Rhk111 via Wikimedia Commons

JakartaGreater.com – Pemerintah Filipina telah mengizinkan pembelian tiga unit kapal perang (Multi-Purpose Attack Crafts), yang diharapkan dilengkapi dengan stasiun senjata dan rudal Spike-ER buatan Rafael Systems, Israel.

Seperti dilansir dari sebuah laporan yang diterbitkan oleh MaxDefense, Angkatan Laut Filipina membeli batch keempat dari Multi-Purpose Attack Crafts (MPAC), yang tercakup dalam SARO-BMB-D-17-0024343 senilai $ 5,4 juta.

Laporan tersebut juga menambahkan bahwa unit baru tersebut kemungkinan akan diperoleh melalui Penawaran Umum yang dapat dimulai pada awal hingga pertengahan tahun 2018.

MaxDefense berharap bahwa perusahaan lokal, Propmech Corporation dan mitranya, Lung Teh Shipbuilding akan berada di garis depan lagi, mengingat mereka yang telah memasok tiga batch MPAC terakhir.

Diharapkan bahwa batch MPAC baru akan dipersenjatai dengan rudal, yang kemungkinan besar adalah rudal Spike-ER buatan Rafael Systems, serupa dengan yang terpasang pada MPAC Mk.3, dan akan didanai serta diperoleh secara terpisah dari MPAC itu sendiri.