Jun 022016
 

Filipina terus mengobarkan semangat untuk merebut kembali Wilayah Sabah yang sudah menjadi negara bagian Malaysia. Presiden terpilih, Rodrigo Duterte mengatakan bahwa dia akan tetap pada posisi awal Pemerintah Filipina terkait klaim Sabah.

”Saya tetap dengan posisi awal dari pemerintah, tidak ada yang berubah,” kata Duterte.

Duterte menambahkan Langkah klaim Sabah akan dilakukan melalui cara-cara damai bukan dengan cara perang. Filipina akan mencoba membuka pembicaraan dengan semua pihak dalam mengembangkan negara.

”Kami tidak mampu untuk melawan, mari kita bicara, dan saya berharap Malaysia akan mengerti dan saanya kami membuat jelas mereka, apa yang akan terjadi,” katanya.

Duterte juga menyatakan, jika Filipina mengajukan kasus aktual ini di pengadilan (internasional) maka mereka pasti kami akan menang, namun menurunya hal tersebut masih dapat diselesaikan dengan cara lain.

Pernyataan Presiden terpilih Filipina itu ditujukan menanggapi tanggapan PM Najib Razak dalam sambutan sebuah forum di Kuala Lumpur. Saat itu Nazib Razak minta Duterte menggunakan waktunya secara lebih produktif.

“Membantu menyelesaikan masalah pemberontakan kelompok Moro akan lebih produktif  daripada mengobarkan kembali isu klaim Sabah,” pungkas PM Najib.

Permintaan untuk mengakui Sabah sebagai wilayah Sulu sudah dilakukan sejak lama. Termasuk di masa Presiden Filipina Diosdado Macapagal. Namun langkah tersebut tidak ditanggapi hingga menjadi berlarut-larut dan Malaysia keburu membentuk negara federasi yang menggabungkan Sabah serta Sarawak untuk menjadi bagian dari negaranya. Namun secara adat jelas, Sabah milik Sulu.

Pihak Filipina berpendapat Wilayah yang dulu milik Kesultanan Brunei itu merupakan hadiah Sultan Brunei kepada Kesultanan Sulu yang telah membantu negara kecil itu dalam meredam konflik antar warga sipil. Pecah Perang dunia ke II Inggris menduduki Sabah hingga selesainya masa perang dan berniat mengembalikan wilayah Sabah pada Kesultanan Sulu, namun pemungutan suara menyatakan warga lebih suka Sabah bergabung dengan Malaysia.

Bagikan:

  112 Responses to “Filipina Akan Rebut Kembali Sabah dari Malaysia”

  1.  

    kami dukung

  2.  

    adakah sejarah awal filiphina… saat sabah bagian dari mereka ?

  3.  

    Gk setuju klo sabah gabung pilipin.. gabung NKRI saja..

  4.  

    karma buat negeri tukang claim…
    ikeeh…ikkehhh… kimochi…

  5.  

    Bagaimana kisah selanjutnya, jangan pindah channel, tetap di Emang Enak di Gituin…, kakakakakakaaaaa…

  6.  

    Semangat semangat !!!

  7.  

    Bagaimana kisah selanjutnya, jangan pindah channel, tetap di Emang Enak di Gituin.., kakakakakakakaaa…

  8.  

    KAMI DARI TNI SIAP UNTUK MENGIRIM PASUKAN PEMUKUL CEPAT,DAN MENDUDUKI WILAYAH SABAH UNTUK FILIPINA,SEKITAR 250 ROKET RT-450/ ROKET TAJAM SDH KAMI SIAP KAN UNTUK MENGHANCURKAN SABAH

  9.  

    ya elah filipina. ngatasin sama makmurin wilayah yg ada skrng aja susah apalagi nambah wilayah. kasian lah rakyatnya. ntr yg ada sabah balik kr filipina malah jadi tmpat baru buat pemberontak / teroris yg ujung2nya malah kena ke indonesia. makin bahaya indonesia soalnya pemberontak / teroris makin gampang nyebrangny ke indonesia.

  10.  

    ya elah filipina. ngatasin sama makmurin wilayah yg ada skrng aja susah apalagi nambah wilayah. kasian lah rakyatnya. ntr yg ada sabah balik ke filipina malah jadi tmpat baru buat pemberontak / teroris yg ujung2nya malah kena ke indonesia. makin bahaya indonesia soalnya pemberontak / teroris makin gampang nyebrangny ke indonesia.

  11.  

    waduuh…bisa rame ini…semoga kita jadi penonton aja..

  12.  

    bantu cari kapal selam musuh???kagak salah tong.kapal selam yang kanaskan KRI Pati Unus aja sampai sekarang belum ketemu..

    •  

      Sama dg nama kamu coy…KRI Pati Unus, lambungng sobek krn nabrak karang, klau terkena torpedo gk bkalan bsa berbntuk dan bsa di pompa..baca berita coy, jgn bawaannya kurang uptudate ….

  13.  

    wah .. asik asik.. ayo pinoi kami dukung 100% sabah gabung ke pinoi.. ayo ayo .. hajar malon..

  14.  

    aku benci malon krna sering menghina indonesia

  15.  

    dari jaman nabi-nabi sampai sekarang skenarionya tetap sama yaitu rebutan kekuasaan

  16.  

    Kemungkinan ke arah itu masih jauh bung. Pilipina sadar diri:
    ”Kami tidak mampu untuk melawan, mari kita bicara, dan saya berharap Malaysia akan mengerti dan saanya kami membuat jelas mereka, apa yang akan terjadi,” katanya.

  17.  

    Pilipina pasti menang kalau di selesaikan di Meja Hijau jadi tdk perlu perang

  18.  

    Perlu diketahui Presiden baru Filipina R.Duterte terang terangan dia adalah Komunis dan dalam kampanyenya akan menghentikan hubungan dengan Amerika dan Australia, dan mulai mendekati China sebagai partner menggantikan Amerika..

  19.  

    Ane lbh suka Sabah Serawak masuk kesultanan Sulu yg merdeka atau kesultanan Sulu yg bergabung dgn Indonesia.

  20.  

    Sabah buat filipin, sipadan dan ligitan ditarik bandar (Indonesia)..

  21.  

    silahkan perang. pindad., pal siapkan produk nya utk diuji. wkkkk

  22.  

    Skrg jkgr makin jos, bisa diakses dgn hp biasa dgn tanpa hambatan.

    Thanks bung Diego! Tetaplah pertahankan keadaan ini.

  23.  

    ya…yaa..secara histori sabah milik pilipina…jgn dgn perundingn pasti kalah pinoy krn d belakng maly ada britis dan negara persemakmurnm krn mereka sudah bersekongkol…(seperti kasus sipadan ) jadi ambil saja langsung ibarat rumah yg d kontakan sudah habis masa kontrak.y.ya harus d usir…karma ..ngambil pulau..ee d ambil lebih besar..emang enak…

  24.  

    -Dihapus-

    ADMIN

  25.  

    Itu kan katanya media malaysia..
    Aslinya kan ente kagak tau. Hhi”

  26.  

    ada budak mabuk dadah..xixi..sabah nak d ambil yg punya…eee merajuk……

  27.  

    Jakot…ngimpi malingsia menang perang ama indonesia,klo indonesia mau 2 jam cukup buat ngilangin malingsia dari peta dunia,negara sok jago tp sebenernya gak berdaya,sok kaya tapi sebenernya miskin..itu fakta..hahahaha…

  28.  

    waduh pindad bakal kebanjiran pesanan ss 2 nih….!!!!

  29.  

    Hihihihi…
    Kasian…
    Bisa jadi peluang bisnis ini, jualan amunisi. Hhi”

  30.  

    sy setuju aja sabah masuk philipin…tapi setelah menjadi bagian dari philipin bagai mana masyarakat sabah, bisa jadi di diskriminasi karena mayoritas Islam. Coba opsi ke 3 bergabung dgn NKRI, pasti dgn Bhineka Tunggal Ika N Garuda lebih menjanjikan.
    Semoga masyarakat sabah mendapatkan philihan yg terbaik.

  31.  

    sebentar lagi sibuk para diplomat tetangga menghiba hiba pada kita hee heeeee…seru dan lucu!!…
    malaysia sudah kalah langkah dan telat antisifasi.kita liat nanti apa kian memanas???,
    lucu jika ada sebagian orang berfikir bahwa nato atau sekutu akan membela malaysia heee heee.apa keuntungan mereka dari malaysia??,yang jelas banyak ruginya!!.sejarah membuktikan atas dasar campur tanggan indonesia dekade 70-80an maka reda konflik dimalaysia.baik konflik klaim maupun pemberontakan komunis di wilayah malaysia.tapi apa keuntungan yang didapat indonesia????.kalau masalah rugi tak perlu dijabarkan karna anak alay pun tau…

  32.  

    donald trumpnya filipina org terlalu koterversial

  33.  

    ngomong apa kamu. gak ada sejarah nya Indonesia kalah ama malangsia. belajar dulu yang bener baru ngomong.

  34.  

    Kasihan-kasihan-kasihan…..obatnya habis…..

  35.  

    malon itu bangsa yg kurang diajari tdk pny tata krama dan sopan santun mrka bangsa munyuk…sangat wajar bila sabah mau direbut krajaan sulu krn memag itu pny sulu malon itu sebaiknya gabung nkri aja byr bangsa malon ns selat dr kelaparan

  36.  

    Malingsia….. truly maling asia !!!…

    KWAAAAKK…KWAAAAAKK….KWAAAKK….KWAAAAAKK…

  37.  

    @jakot memangnya malon tak mampu apa perang sendiri sampai beraninya di ketiak british terus seumur hidup hehehehehe

  38.  

    @jakot tak ada yang kelaparan tapi kenapa mahasiswa malon sampai usus koyak menahan lapar?? hehehehe

  39.  

    INDONESIA tdk bs disamakan dg malay, singaporn, aust ato siapapun, krn setiap rakyat kami adlh tentara jika menyangkut kedaulatan negara.

  40.  

    Indonesia siap membantu Pinoy memberi bantuan biaya kredit amunisi persenjataan buat perang melawan Malay…
    Hajar malays….

  41.  

    Sudh laa g usah saling menghina di lihat saja kelanjutannya….siapa yang menang gtu aj kok repot….

  42.  

    Ngopi disek cak cangkrukan..ben gak edan…

  43.  

    kamu cium cipap ibu kau ya

  44.  

    Kita klaim aja punya malon ,biar tau rasa enaknya main klaim klaim negara orang ,dasar maling wkwkwk sini lon katanya jaguh ayo perang sama tentara kami wkwkwk panas panas deh luuu

  45.  

    Klo malon kesini kasih recehan aja ,ntar pergi sendiri,….klo belum dikasih receh masih nyadoong wkwkwk ato diludahi aja biar minggat

  46.  

    lon . . .
    hari ini sudah jilat ketek mamak kau belum? kalo belum ya sudah jilat dulu saja sana ketek mamak kau 😛
    jiahahaha

  47.  

    malon ” the end ”
    malon ” the end ”
    malon ” the end ”
    malon ” the end ”
    malon ” the end ”
    malon ” the end ”
    malon ” the end ”
    malon ” the end ”
    malon ” the end ”

    wkwkwkwkwkwkkkkkk …………

  48.  

    Lha katanya orang malaysia tu Budi bahasa budaya kita,tp ini kok malah gk mau balikin sesuatu yg di pinjam….kl model kayak gini apa msh pantas dg slogan yg tiap hari di ucapin seluruh rakyat malaysia…….

  49.  

    Kami mendukung Sabah kembali ke Filipina…
    Hayoo…Filipina jangan tunggu lagi…
    Ambil..ambil..
    Nggak usah mikirin tentera bersarung…

  50.  

    Orang kaya di indonesia 10 kali banyaknya jumlah penduduk di malaysia.

  51.  

    SOKONG SSKM !!…

    KWAAAAKK…..KWAKKKKK….KWAAAAKKK……KWAAAAKK….

  52.  

    Jakot, mulai dari jaman kerajaan smpai jaman perang kemerdekaan hinggah malon tak akan bisa kalahkan indonesia,karna itu adalah takdirmu malon,silahkan km pongah dn besar cakap tp sejarah tdk bisa di ubah dgn kata kata mu jakot,yg tdk terima keadaan sebenarnya.
    Kasian kasian kasian…….

  53.  

    tentara malon udah bisa nembak belum? di Australia kmaren ,juara berapa lon? hahaha

  54.  

    bung saye ni dokter nye jakot die ni dari rumah sakit gila die belon minum obat

  55.  

    merdeka dulu lon dari british

  56.  

    Sabah bagien barat memanglah mahu bergabung dengan Malon, tapi sabah timur tak mahu, warga sabah timur banyak orang sulu nye, mereka semua dari dulu ingin bergabung dengan kesultana sulu dan negara fillipina…kongkek kau lon.

    Timur2 sekarang menyesal keluar dari indonesia, mayoritas rakyat nye masih miskin kerana dahulu merdeka di bantu australiia, tapi indonesia masih mengirim logistik ke timur2 untuk mencukupi kebutuhan mereka,

    Case aceh tu hanye politik, rakyat aceh 100% indonesia. Separatis tu made in britizhabeth.

    SABAH SARAWAK MERDEKA.

  57.  

    Sarawak dan sabah barat kembali ke indonesia bung..!!!

  58.  

    Jiran hebat punya upin ipin…

  59.  

    melawan saparatis sulu yg udah tua2 dan hanya bersenjata tembak burung saja malon ini terkencing kencing..saparatis sulu wkt nyerang posisinya tetap dan sudah jelas berada di 1 tempat bukannya bergerilya..eh masih kalah malon 8 tentaranya mampus..ini lagi kalau lawan filipina..walaupun filipina ini militernya lemah tapi keberaniannya tidak usah diragui..malon pengecut tak punya telor

  60.  

    @jakot kenapa harus mengharapkan british ?? memang tentera malon sendirik tak de kote ke hehehehe

  61.  

    @jakot
    pandangan kamu mewakili katak seberang yang terkurung dalam tempurung.
    klaim2 kamu tidak ada yang valid.
    jumlah kendaraan..babu, kuli.. mereka adalah pahlawan kami yang berani berjuang menyambung hidup dengan harga diri..

    biar kamu melek nih saya cantumkan link berikut, pemimpin bangsa kamu sendiri yang mengakui.

    https://www.youtube.com/watch?v=Bht4nvm-GE4

  62.  

    @Jakot
    Kamu mewakili mind set orang2 awam di sana seperti katak dalam tempurung. Isu babu, kuli selalu jadi focus kalian, tapi kalian tahu orang2 yang kalian pandang hina itu mereka yang telah ikut memutar roda ekonomi negara kalian. Dan bagi kami , mereka adalah pahlawan..
    Silahkan kalau ma uterus berpuas diri dan merasa jumawa dengan pikiran2 kalian. Tapi sebelum berhenti, coba simak film berikut

    https://www.youtube.com/watch?v=Bht4nvm-GE4

  63.  

    @Jakot
    Kamu mewakili mind set orang2 awam di sana seperti katak dalam tempurung. Isu babu, kuli selalu jadi focus kalian, tapi kalian tahu orang2 yang kalian pandang hina itu mereka yang telah ikut memutar roda ekonomi negara kalian. Dan bagi kami , mereka adalah pahlawan..
    Silahkan kalau ma uterus berpuas diri dan merasa jumawa dengan pikiran2 kalian. Tapi sebelum berhenti, coba simak film berikut

    https://www.youtube.com/watch?v=Bht4nvm-GE4

  64.  

    @Jakot
    Kamu mewakili mind set orang2 awam di sana seperti katak dalam tempurung. Isu babu, kuli selalu jadi focus kalian, tapi kalian tahu orang2 yang kalian pandang hina itu telah ikut memutar roda ekonomi negara kalian. Dan bagi kami , mereka adalah pahlawan yang gagah berani..berani menghadapi resiko hidup!
    Silahkan kalau mau terus berpuas diri dan merasa jumawa dengan pikiran2 kalian. Tapi sebelum berhenti, coba simak film berikut

    https://www.youtube.com/watch?v=Bht4nvm-GE4

  65.  

    Filipina itu g bisa bikin aman n makmur negaranya sendiri. Ini kok mau nambah. Hahaha….
    Refrendum coba. Pasti rakyat sabah tidak akan mau.

  66.  

    hoi jakot kami sudah pernah perng melawan sekutu britis Belanda kami terbukti mampu apalgi sekarang

  67.  

    Jika Sabah jatuh ketangan Pinoy dengan bantuan China, maka pangkalan tentera cina pastilah akan dibina di Sabah, maka seluruh kepulauan Borneo terancam dijajah china. Jika Borneo jatuh ketangan china, seluruh Nusantara terancam dijajah china.

  68.  

    Utk apa datang ke malaysia,ekonomi negara kamu aja sudah bankrup,hutang besar negara kecil,FDI lari..kamu baca berita ekonomi skrg bro,FDI ke indonesia sgt besar,pembangunan dgn projek mega banyak..

  69.  

    Sabah lebih baik Merdeka tak ikut Siapapun..

  70.  

    Banyak omong kao….. malingsial anjiing !!..

  71.  

    kenapa warga lbih suka masuk kat malaysia pasal malaysia lbih mmberikn sejahtera bagi semua warganya tengok skrng lbh maju diperbatsn antra ibdo malaysia,smoai warga indopun nak jd warga malaysia buat id card

  72.  

    betol warga malaysia sdh sejahtera.diperbatasnpun sdh maju antra indo dn malaysia.bahkn ade warga ibdo nak ikut maduk warga malaysia.

  73.  

    nyate sekrng malaysia lbh maju dr indon,pekerja indopun cari wang kat sini iti real bahwa malaysia lbh sejahtera..

    •  

      Itu cma smntra bung…. liat 2-4 thn lg. Kok msh da umur. Skrg bangsa kami sdh tdk mngrimkan TKI lg, Pertumbuhan ekonomi maju pesat, kkuatan militer segar bugar. Sngt brbanding trbalik dgn negara anda yg sdang d ujung khancuran. Hutang luar negri Mkin numpuk, ekonomi ydus mlorot, alutsista mkin tua tak snggup ganti. Dan stelah itu kontrak” krja TKI kami sudah slesai dan kembali pulang k kmpung hlaman dgn senyum bhagia yg mninggalkan malon yg sdh terpuruk.

  74.  

    ayolah warga malaysia,kalau berfikir yg realistis…jika ada warga indonesia yg bekerja ke malaysia itu cuma perbedaan nilai currency nya saja…bukan tolak ukur malaysia lebih maju…jangan terlalu membanggakan kemajuan malaysia…bagi kalian sudah wah tapi bagi kami biasa saja…

    •  

      sekarang awak pikirlah jika indo ngara maju tak mungkin banyk pekerja asing kat malaysia.so tengok ekonomi lbih baek dr indo.banyk kat sini pekerja asing.indon.nyanmar.bangla,china dn seterusnya.

  75.  

    buat apa kami memperbanyak tenaga asing di indonesia,SDM kami saja mampu meng handle nya..kami negeri mandiri,jika ada import pekerja asing itu orang orang yang kompeten di bidangnya (para ahli)..bukan pekerja kasar..tola ukur kemajuan bangsa bukan di lihat dari banyaknya tenaga asing tapi lihatlah semangat rakyat membangun negerinya..jika malaysia masih import tenaga asing artinya negeri anda terlalu malas bekerja

  76.  

    semoga aceh dan sumatera, kalimantan, maluku dan papua bisa merdeka dari jajahan indonesia…apa sumbangan indonesia terhadap pembangunan di sana…nol…malah sda digaruk hingga habis hingga rakyatnya menderita ditanahnya sendiri..semuanya dibawa ke jawa untuk memajukan dan memodernkan jawa…kasian aku melihat saudaraku yg dibawah jajahan jawa, bangkitlah berjuang utk memerdekakan diri dari belenggu penjajah jawa…..lihatlah ada apa dengan sabah serawak semua kawasan hampir sama rata pembangunannya, semua bandar berhubung dengan jalan raya dan udara……come on saudaraku jajahan jawa bangun berjuang untuk lepas dari jajahan jawa hindunesia….

 Leave a Reply