Oct 192016
 

1513101_-_main

Filipina mengisyaratkan keinginannya untuk mengakuisisi kapal selam diesel elektrik canggih Type 212 dari Jerman. Situs Angkatan Laut Filipina pada akhir 2015 pernah mengungkapkan artikel yang belum terkonfirmasi kebenarannya. Situs itu mengungkapkan, Filipina mengirimkan perwira angkatan laut untuk belajar mengoperasikan kapal selam.

Berdasarkan informasi di atas, hampir pasti Filipina telah memutuskan untuk membeli setidaknya dua kapal selam Type 212, meski belum jelas kapan Filipina secara resmi akan memesan kapal selam.

Kapal selam Type 212 sudah dilengkapi dengan teknologi canggih Climaks standar NATO. Dilengkapi dengan sistem propulsi udara independen (AIP) membantu kapal selam Type 212 menyelam lebih lama daripada kapal selam Kilo class Rusia atau Scorpene Perancis.

Kapal selam Type 212 juga dirancang dengan hidrodinamika unik yang membuatnya mampu berenang di perairan yang hanya sedalam 17 meter. Hal ini memungkinkan kapal selam mampu berenang mendekat ke pantai lebih dekat daripada kapal selam manapun di dunia.

Selain itu, Type 212 memiliki lambung yang terbuat dari baja non magnetik yang membantunya mampu menghindari alat deteksi magnetik yang terpasang pada kapal selam, pesawat pengintai maritim dan helikopter pemburu kapal selam.

Sistem AIP pada kapal selam Type 212 juga sudah terbukti tangguh, pada tahun 2006 kapal selam U-32 mampu menyelam sejauh 1.500 mil laut tanpa muncul ke permukaan. Pada Mei 2013, kapal selam U-36 memegang rekor lain ketika mampu menyelam selama 18 hari tanpa menggunakan snorkel.

Pada sistem persenjataan, kapal selam Type 212 dilengkapi dengan 6 tabung torpedo 533mm yang dapat menyebarkan berbagai jenis torpedo modern, seperti torpedo Black Shark, torpedo DM2A4 dan rudal jelajah anti-kapal Harpoon. Lebih istimewa, Type 212 juga dilengkapi sistem peluncur UAV pengintaian serta meriam 30 mm di dek atas.

Menarik apabila nantinya benar Filipina mengakuisisi kapal selam Type 212, karena Asia Tenggara dan kawasan Laut China Selatan akan dipenuhi bermacam-macam kapal selam modern dari berbagai tipe.

Berbagi

  57 Responses to “Filipina Berencana Membeli kapal Selam Canggih Type 212”

  1.  

    mantap

  2.  

    tahniah. changbogo tak de hebat

  3.  

    Mantap filipina

  4.  

    seperti lihat kendraaan dijalan raya saja berseliweran berbagai type dan bentuk serta merek…. hahahaa

  5.  

    Nkri semakin ketinggalan sm tetangga dgn membeli kapal selam kelas odong odong changbogo.. Gpp lah kelas odong2yg penting ntr bisa bikin sendiri walau cuman ngerakit sajah

  6.  

    modernisasi AB Philippine dilakukan secara cermat dg pilihan kualitas tinggi … pilihan kapal selam buatan Jerman varian terakhir akan menjadikan kekuatan bawah laut Philippine langsung memiliki kemampuan bersaing dg negara² lain di Asean … semoga cepat terealisasi.

    ?edisi.pilihan.cerdas.com?

  7.  

    Apakah kapal selam Indonesia.. Apakah hanya cukup dgn 3changbogo yg logo dan 2kapal selam renta.. . Atau ada rencana penambahan selain changbogo..?? Kl ada secepatnya direalisasikan.. Krna negara tetangga armada kapal selam ya akan semakin hebat.. Nkri jgn tidur mulu.. Pjbtnya jgn korupsi mulu.. Sadarlah

  8.  

    Nggak usah beli2, mikir ekonomi aja yg bener, kalo banyak duit mau apa aja boleh

  9.  

    Mimpinya mau beli ini itu… hum.. uangnya kurang 1000 tuh, 11 12 sama tetangganya yang kiri kanan. Belajar dulu nyetir tarlak yang bener biar gak ketubruk odong2 baru mimpi nyetir lontong item.

  10.  

    Bawa duterte ke Indonesia scptnya..

  11.  

    Mantap cang bogo mutant dr 209. Ini 212 mutant dr wiro sableng

  12.  

    Sabar aja bray.., ini Rosemah lagi blajar nyelem, ntar kita ketemuan di perairan sulu yaakkk..

  13.  

    Setelah berhasil menguasai TOT encang bogo, kt jg baiknya mengupayakan TOT kasel jenis ini..
    tp tentunya kilo lada amur tetap diborong 🙂

  14.  

    hakhakhakhak ada2 aja ni orang

  15.  

    dik carin colorku mau jatuh tolong dong betulkn. hakhakhakhak.

  16.  

    Tp utk asia tenggara kapal selam vietnam paling gahar, canggih dan modern…kilo class improved from russia…kerennn, tp indonesia masih kasel teri class alias kasel mini dr korsel dan ga ada efek penggentarnya…

  17.  

    Changbogo kapal selam mainan anak2..buang buang duit aja. Kayaknya mudah dimusnahkan lawan

  18.  

    Nkri tetap yg terhebat .. Karena kapal selamnya jumlahnya dibawah jumlah kapal selam CHINA, dan diatas jumlah kapal selam India…

  19.  

    Nkri akan memodif kapal selam changbogo yg loyo. . Semakin besar dan semakin panjang bisa dimuat rudal kalibr.. Terpedo blackshark.. Bahkan changbogo berikutnya bakal muat rudal bulava 16 unit dalam 1kapal selam

  20.  

    Walaupun changbogo kalah sama u212,u218,scorpene..tp pt pak akan membuat changbogo dlm jumlah bnyk.. Mungkin sampe 10000unit..

  21.  

    kok aneh ya… bukannya yang boleh di beli oleh negara lain itu seri U214, sedangkan seri U212 di pakai sendiri oleh jerman…Mabuk Aspat kali neh si pinoy
    ..
    ha ha ha

  22.  

    Bukankah NATO punya standar HAM ketika kita RI berencana beli leoprad dari belanda tiba2 HAM dipemasalahkan, sekarang filihina sedang mencuat kasus HAM di negaranya
    akankah german akan mennjual kapal selam canggihnya dan dtambah filipina sedang membuka akses dengan cina dan rusia

  23.  

    Ngomongin kapal selem jadi inget pempek palembang. nyam… nyam.. nyam.. :p

    #Ngelap iler

  24.  

    yang bilang kasel chanbogo loyo,kagak tau artikel tahun lalu.

  25.  

    Jerman itu mbahnya kapal selam. . . . Producknya awet puluhan tahun tingkat resiko kerusakan lebih sedikit

  26.  

    tes

  27.  

    Sedih kenapa Rin…?

  28.  

    Premium

  29.  

    Nggak mungkin Filipina mampu membeli kapsel, peluru kendali saja nggak punya kok mereka

  30.  

    Jika Philipina jadi meminang Wiro Sableng (212) itu di karenakan urgentsi kebutuhan KS negara Philipina.
    Tidak ada yang pernah mengetahui pasti kebutuhan dan rencana militer negara luar.
    Terlebih lagi sikap pemimpin Philipina yang merenggangkan hubungan dengan negara mamarika.
    Menurut saya pribadi, negara Philipina memiliki ratio untuk meminang KS Wiro Sableng (212) sekitar 50 – 50, hal tersebut di karenakan negara pemilik KS Wiro Sableng (212) yaitu Jerman.
    Negara Jerman pasti akan di beri tekanan diplomatik dari mamarika dan juga NATO dengan berbagai cara,mungkin di antaranya dwngan isu HAM.
    Akan ada perbedaan ratio bagi negara Philipina jika KS yang ingin dipinangnya adalah product made in rusky atau China.
    Hal tersebut lebih di sebabkan negara seperti rusky dan China adalah negara yang bersebrangan dengan mamarika.

    Sedangkan untuk KS Indonesia yang menggunakan product negri ginseng menurut penilaian saya pribadi adalah lebih di karenakan ToT dengan sistem ofset.
    Kebijakan pemerintah Indonesia dalam hal pembelian alutista lebih mengedepankan dengan sistem ToT, hal tersebut untuk kemandirian bangsa Indonesia dalam dunia alutista militer.
    Dapat di bayangkan ketika negara Indonesia sudah dapat menerapkan ilmu ToTnya.
    KS TNI AL akan bertambah hingga memenuhi targetnya yaitu idealnya 12 unit sesuai program MEF tahap ke 3 tahun 2024.

    Perkiraan saya pribadi mungkin PT PAL dapat memproduksi KS Chang Bogo Class hingga tahun 2024 sebanyak 3 – 4 unit.
    Selebihnya kemungkinan terbesarnya TNI AL akan mengimport KS Class Kilo dalam keadaan baru yang sudah dapat di instal Rudal Club – C…
    Semoga berikut dengan ToTnya.
    Karena TNI AL menolak pembelian 2 unit KS 877EKM dalam keadaan bekas.

    http://googleweblight.com/?lite_url=http://jakartagreater.com/perkiraan-kekuatan-kapal-selam-tni-al-10-tahun-mendatang/&ei=weauvmry&lc=id-ID&s=1&m=940&host=www.google.co.id&ts=1476856165&sig=AF9Nedn1GCqPSvdD4maQOtJdbt8zIAnAzQ

    Salam…

  31.  

    punya pemikiran & pilihan yg cerdas….

  32.  

    U212 versi asli tidak dijual bahkan sama korea sekalpn ( korea disodori 214), jelas teknologi kunci seperti anti MAD akan dicopot

  33.  

    gebrakan baru dari Filipine.. Duterte mampu memvisi jauh kedepan, LTS bkl smkin runyam

  34.  

    Hahaha. Lucu-lucu komennya. Gak usah iri liat kapal selam tetangga. Btw kemandirian jauh lebih penting. Meskipun cuma mendapatkan TOT dari senjata ecek-ecek atau senjata yang kurang laku tak jadi soal. Lisensinya itu yang utama. Setelah lisensi diperoleh, maka kita bisa bebas meng-upgrade senjata tersebut secanggih dan segahar mungkin sesuka hati.

  35.  

    Nih bukti-buktinya : Senapan SS series(SS-1,SS-2,SS-3) diproduksi oleh PT. Pindad Bandung, berdasarkan senapanFN FNC dengan lisensi dari perusahaan senjata Fabrique Nationale (FN), Belgia.(Sumber : id.m.wikipedia.org) Panser Anoa Pindad berdasarkan lisensi VAB Prancis. Sukses di beragam medan operasi, membuat PT. Pindad tertarik untuk mengadopsi paltform VAB untuk panser made in Indonesia yang populer, yakni Anoa yang berpenggerak roda 6×6. Sejak di produksi tahun 1976, populasi VAB dalam beragam versi telah mencapai 5000 unit yang tersebar di penjuru dunia (Sumber : http://www.defense-studies.com)

  36.  

    syukurlah kalau Filipina akan memiliki kapal selam canggih spt itu, besok bisa saling bahu membahu dengan changbogo TNI AL saling backup menjaga kawasan utamanya laut Natuna, toh kita bersahabat erat dengan Filipina mereka mempercayai bahwa Indonesia bukan bangsa yang suka resek dan rakus terbukti mereka beli kapal perang dari PT. PAL kedepannya kempuan type 212 bisa dioprek dan diaplikasikan ke changbogo versi PT. PAL dan Filipina bisa beli dari Indonesia dengan harga sebagai sahabat

  37.  

    KS Changbogo (U209) yg ke 3 dibangun oleh PT PAL atas TOT dari DSME Korea. Dengan pengalaman tsb, mudah2an PT PAL selanjutnya dpt kepercayaan untuk membangun U218 atas TOT langsung dr Jerman (Produk Jerman jaminan mutu).

  38.  

    Jangan meremehkan produk Alusista buatan Korea Selatan…sahabatku Indonesia Raya…kalian aja kalau mau jujur kegilaan dgn produk elektronik ( HP, TV, COMPUTER)..buatan Korea Selatan , jujur aja adakah d rumahmu elektronik buatan Eropa…? Perlu diakui Korea Selatan mempunyai kemampuan yang sangat luar biasa d dalam perkembangan Teknologi bahkan sdh setara dengan Eropa dan Amerika.

  39.  

    semoga pinoy tidak akuisisi virginia class atau parah 2nya dolgoruky yuriy…..sebab klo sampai ks nya kerebut sama abu sayaf bisa geger semua kawasan…

  40.  

    Pelajari dulu, baru komen. Jangan cuma tahunya dunia pewayangan, Bro…..

  41.  

    Nggedabrus khas pinoy lebih parah dari indonesia….. Pingin alphard, akhirnya yang kebeli carry….or malah ga beli apa-apa…

  42.  

    berbanggalah indonesia yg sebentar lagi bisa buat kapal selam sendiri .. bukan hanya pandai beli.. buat seperti apa saja yg kita inginkan.. semakin terjamin kerahasianya semakin bagus buat strategi tempur..
    biarkan mereka pandai beli ini itu.. nanti kita pandai buat ini itu.. pesawat kapal selam rudal mbt senjata perorangan dan radar smg cpt mandiri.. mungkin sekarang kasel kita yg terlemah.. tp nanti setelah menguasai ilmunya pasti jd yg terhebat spt kisah ss2 yg tdk ada tandinganya di tangan tentera terhebat.. yakin pasti bisa.. biarkan para kudis kurap menggonggong.. kita lebih tau apa yg kita mau..

  43.  

    Jgn rebutan pepesan kosong. Kita dukung aja apa yg udah ada dan lagi berjalan.

  44.  

    Maju terus pinoy..indonesia menunggu kebangkitanmu..

  45.  

    Yang Pasti kalau mau dpt Value terbaik yah nunggu produksi KS PT. PAL dulu, bisa dapet lebih murah dan lebih banyak, maintenance bisa dibantu, belum lg dampak politis regionalnya. Pembicaraan informal sudah ada tinggal pendalaman intensif saja.

 Leave a Reply