JakartaGreater.com - Forum Militer
Mar 162015
 

image

Departemen Pertahanan Filipina berencana membeli tiga kapal Multi-Purpose Assault Craf (MPAC) untuk Angkatan Laut Filipina. Filipina menyiapkan dana PhP 270 juta melalui General Appropriations Act untuk akuisisi tiga kapal baru.

Ketiga kapal harus dilengkapi peralatan yang disepakati dan mendapatkan paket dukungan logistik terpadu. MPAC harus mampu beroperasi di laut tingkat lima dengan gelombang 2,5 sampai 4 meter atau di laut yang ganas tanpa mendegradasi sistem kapal.

Pengadaan akan melalui tahap tender kompetitif terbuka yang dimulai tanggal 6 April 2015.

Kementerian Pertahanan Filipina Menginginkan tiga MPAC itu harus bisa dipasang sistem senjata canggih (remote weapon system juga missile launch system). Pengadaan tiga kapal ini sebagai platform untuk sistem peluncuran rudal yang akan diperoleh dalam proyek akuisisi terpisah.

Wakil Komandan Angkatan Laut Filipina Laksamana Madya Caesar C. Taccad mengatakan pada Desember 2014, akan ada tiga kapal cepat / kapal serang yang dilengkapi rudal. Kapal itudilengkapi sistem senjata rudal jarak pendek hingga menengah.

Kapal cepat rudal MPAC akan digunakan untuk operasi menjaga teritorial laut Filipina dan melindungi kepentingan di wilayah Barat Laut Filipina.

Angkatan Laut Filipina sekarang mengoperasikan enam MPAC. Tiga dari Taiwan, tiga lainnya dari galangan kapal Filipina Propmech Corporation di Subic Bay, Zambales. (Ang Malaya).

Berbagi

  24 Responses to “Filipina Buka Tender 3 Kapal Cepat Rudal”

  1.  

    PT. PAL

    •  

      Bisa Juga, PAL menawarkan KCR-40 atau KCR-60
      Tapi System Rudalnya Mesti Ganti dulu Ke Exocet,RBS15, P800, atau Brahmos.
      Masak masih C705 china?,
      Phil mau lawan china pake C705? hmmm , mungkin mereka nggak akan mau..

  2.  

    PT. PAL ikut tender ga ya?

  3.  

    baguss produknya gahar,,PT PAL bisa ya bikin yang lebih gahar lagi

    •  

      Itu kpalnya kecil,,masih bgus KCR milik PAL…dh pke meriam ddepannya,,pke CIWS..

      •  

        Sudah pasti lundin n PAL ikut krna kpal SSV kmren sudah menang tender n dpt kepercayaan dri pilipina,,trus rupiah yg melemah jg mempengaruhi faktor hrga,,sehingga hrga produk indonesia agak murah…otomatis pihak pilipina jga mmpertimbangkan…

  4.  

    Ayo PAL hajar habis semua tender kapal Philipine :mrgreen:

  5.  

    Peluang tuh.. Garap dong PT PAL, tunggu apa lagi..

  6.  

    KESEMPATAN buat PT PAL tawarin KCR 40 .

  7.  

    PT. PAL pastinya mampu memenangkan tender, jadi seharusnya pemerintah RI juga tidak perlu pesan sejumlah kapal ke China baik untuk sipil dan militer ……….. !!!

    •  

      Dilema buat PAL. Nanti malah TNI nggak kebagian, krn saat ini kapasitas produksi masih jauh. Memang perlu di tingkatkan kapasitas produksi PT PAL dll macam Lundin Banyuwangi (Klewang), Palindo Batam (KCR 40), Radar Daya Lampung (KRI Bintuni), Koja Bahari Priok…..Kalau semua ngandalin galangan tersebut wah, quantity yg ingin di capai mesti ambil dari luar

  8.  

    yang penting lobi dg pihak pilipin harus dilakukan bila ingin sukses kedua kali, kalo perlu bawa KCR ke pilipin biar di jajal angkatan laut pilipin

  9.  

    KCR rasa nusantara mesti ikut nih
    😀

  10.  

    Kapal mahal ini. Kecil tetapi mahal.

  11.  

    Pt.Palindo saja dng KCR 40, terbukti cepat produksinya.

  12.  

    samakah itu dengan komar class?
    kl di TNI apakah dah ada kapal pengganti komar class?

  13.  

    Semoga saja Perusahanan Galangan Kapal kita bisa mengajukan diri ikut tender walopun sebenarnya KCR-40/60 produksi kita belum terlalu sempurna, tpi semoga Gak hanya PT.PAL saja yg beruntung tpi semoga Perusahan Indonesia lainnya juga beruntung menang tender

  14.  

    Ane hrp slh satu galangan kita ada yg mengikuti tender. Dan mudah2an menang. Amin!

  15.  

    kapal boat dipasangin yakhont..wkwkwkkwkw
    ntar kalo jadi pinoy koar2 tu kapal sekelas ama AB classs

  16.  

    Semoga PAL menang tender lagi ya.

  17.  

    Coba PT. PAL nawarin KCR-40/60 siapa tahu Philipin mau…harganya juga terjangkau tdk terlalu mahal..
    sdh pakai CIWS ntar rudalnya pakai Exocet…

  18.  

    Apa kcr 40/60 kita apa mampu nahan gelombang tingkat 5? Lah kelas bung tomo saja blm bisa waktu misi SAR Qz yll.Cwmi

  19.  

    TNI AD pernah bikin kapal sejenis ini bekerja sama sama ITS dan PT tesco Indomaritim dimasa Kasad bapak Budiman.Diberi nama Kapal Motor Cepat (KMC ) Komando. Philipina sendiri sudah bikin di dalam negri oleh Prop mech corp ,panjang kapal 17 meter.Kayaknya PAL tak akan ikut untuk ini.Paling Lundin banyuwangi yang jago dengan kapal sejenis. Kapal sejenis ini juga jadi andalan angkatan laut Iran ,mengambil design speedboat produksi Inggris kemudian mereka reverse enginering ,lahirlah kelas Seraj yang punya kecepatan 65 knots.

 Leave a Reply