Feb 062015
 

Foto udara Pulau Pagasa (Harapan), yang merupakan salah satu pulau di gugusan Kepulauan Spratly yang menjadi perselisihan sejumlah negara di sekitar Laut China Selatan, di lepas pantai barat Filipina, Rabu (20/7). (REUTERS)

tiga kapal berbendera Filipina sengaja ditabrak kapal dengan tanda Penjaga Pantai China

Manila – Filipina menuduh China menyerang kapal nelayan Filipina di lepas pantai kepulauan sengketa di Laut China Selatan, dan menuntut tetangga kuatnya itu menghormati kedaulatannya atas wilayah panas kaya tersebut.

Kementerian Luar Negeri Filipina menyatakan mengirim dua catatan keberatan atas kejadian pada 29 Januari di lepas pantai Scarborough itu serta pengambilan kerang raksasa, yang terancam punah, oleh nelayan China, di daerah itu sepekan sebelumnya.

“Filipina terus mendesak China menghormati hak berdaulat dan wilayah hukum Filipina atas Bajo de Masinloc,” kata Menteri Luar Negeri Filipina, Albert del Rosario, kepada AFP, Kamis, mengacu kepada beting itu dalam nama setempatnya.

“China harus menghentikan kegiatannya, yang tidak hanya membahayakan kehidupan, keamanan dan mata pencaharian nelayan Filipina, tapi juga merusak lingkungan laut rapuh di daerah itu,” tambah del Rosario.

Kementerian itu menduga tiga kapal berbendera Filipina sengaja ditabrak kapal dengan tanda Penjaga Pantai China, yang mengakibatkan kerusakan dan membahayakan nyawa awaknya.

Ia juga menuduh 24 kapal China memanen kerang raksasa, yang terancam punah, di daerah itu sepekan sebelumnya.

Kementerian Luar Negeri China di Beijing akan menanggapi keberatan Filipina itu dalam jumpa pers berkala pada Kamis, kata wanita juru bicara Kedutaan Besar China di Manila kepada AFP.

China mengklaim hampir seluruh Laut China Selatan, jalur laut penting dan lahan nelayan, yang dipercaya mengandung sumber daya besar tambang.

Tapi, Filipina, Vietnam, Brunei dan Taiwan juga secara tumpang tindih mendaku perairan itu, yang membuat daerah itu mudah meledak.

China menguasai beting Scarborough, lumbung kaya ikan di Laut China Selatan, 220 kilometer barat pulau utama Filipina, Luzon, sejak 2012 menyusul kebuntuan tegang angkatan laut Filipina dengan kapal ronda laut Tiongkok.

Filipina juga menuduh China melakukan pengurukan besar-besaran di Kepulauan Spratly, kelompok terumbu karang dan kepulauan, yang juga terletak di Laut Cina Selatan, termasuk di atas terumbu dakuan Manila.

Manila meminta badan perwalian Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk memutuskan perselisihan lautnya dengan Beijing.

“China bermaksud merebut sebanyak mungkin Laut China Selatan,” kata Michael Tkacik, pakar keamanan di universitas negeri Austin berpusat di Texas, kepada acara keamanan di Manila pada Rabu.

Perbantahan atas kepulauan dan beting dapat menyeret China ke sengketa dengan negara adidaya lain, Amerika Serikat, sekutu lama Filipina, katanya memperingatkan. (ANTARA News)

  57 Responses to “Filipina Desak China Tunjukkan Rasa Hormat di LCS”

  1.  

    wahh ramee nih…

  2.  

    kalau pangkalan ini jadi, siap siap PLA menuju ke natuna

    •  

      betul bung….. melihat agresive nya tindakan china,…hampir dipastikan demikian. Apakah kita siap dengan jalan diplomasi atau militer?..

      •  

        Sekarang PLA tau sukhoinya belum sanggup terbang dari hainan ke natuna. masih terlalu jauh. Maka itu untuk sementara mereka adem ayem dulu.

        nanti setelah pangkalan militernya di kepulauan spratley selesai mereka baru menduduki natuna. apakah kita siap?

        Para anggota DPR masih belum sadar. mereka menurunkan anggaran pertahanan katanya tidak ada ancaman. Di turunkan dari 440T menjadi 418T. berarti di turunkan dari 94T menjadi 84T. dari $8b menjadi $6.6b.

  3.  

    Itu pulau udah jadi air base gitu??

  4.  

    mbah bowo mana nih….takuuuut nih mbah

  5.  

    amerika akan agresif jk philipines di usik…pasti akan ada kejutan manis buat beijing dr uncle sam

    •  

      Kejutan manis dari uncle sam pasti EMBARGO, amrik beraninya umpet doang pengecut, coba tunjukkan uji nyali lawan china kalo berani jangan embargo mulu

      •  

        apa yg mesti amerika khawatirkan?
        Kekuatan militer china bknlah apa2 buat amerika…cm blm ada sebab yg pasti buat menggoyang china,kondisi blm tercipta…amerika mungkin menunggu terciptanya konflik china vs japan,china vs taiwan atau china vs negara2 asean…seperti rusia yg tercipta konflik dgn ukraina,amerika gtu loooh..yahuuuuuud

        •  

          iya frans nanti amerika kalo perang lawan cina pasti ngajak nato bahkan negara diluar nato yg pasti amerika ga akan berani perang sendirian dgn negara bermiliter kuat dan sebelumnya embargo dulu biar lemah setelah itu baru dkeroyok ,sejarah membuktikan

        •  

          itu lah strategi amerika yg luar biasa kawan dacil…hampir semua konflik selalu nato/multi nasional yg diangkat,walaupun dilapangan merekalah pelaku utamanya..di irak dulu 95% adlh kekuatan amerika,tp tersembunyi dlm kemasan pasukan nato yg seolah2 bkn cm amerika yg terlibat tp seluruh pasukan multinasional..pdhl peran pasukan diluar amerika nyaris tdk terlihat

        •  

          udahlah frans….
          kau begitu bahagia ketika mendengar dan melihat jutaan nyawa tidak berdosa meregang dengan tidak adil oleh kebengisan invasi us, israel dan nato di dunia.

    •  

      Yg ada jg moncong loe yg agresif frans.
      Amrik ga da nyalinya frans, kecuali sembunyi di ketek NATO.
      Kalo head to head dng cina sendirian bakal mikir 1000x tuh amrik. Bakal bangkrut negaranya buat biaya perang dng cina.
      Yg kasihan jg ente frans, bakal kagak dpt job lg dr amrik sebagai antek asu kw6. Kagak bisa makan nasi lemak lg frans, kembali makan bubur seumur hidup loe.
      Ok..frans.?

    •  

      USA sanga tidak takut dengan china … Takut darimana ? Utang itu disebabkan china membeli sura obligasi usa , karena nilai mata yuan smakin tinggi dibanding dollar yg membuat barang2 eksport china mahal … China tekhnologi baru mulai mencontoh tanpa menciptakan bukan tandingan USA si RAJA suka perang

  6.  

    Ane ga yakin china mo nambah musuh baru, apelagi dg indonesia..wait & see..!! Ditunggu senggolanye koko panda..!!

    …NKRI HARGA MATI…

  7.  

    Dengan agresifnya china yg berani mengklaim 90% LCS, kemungkinan china sudah memperhitungkan akan SDAnya yg akan habis dimasa-masa yg akan datang demi memenuhi kebutuhan 2 milyar penduduknya, dengan didukung kekuatan militer yg memadai, china memang pantas bersikap agresif,,,atau semua ini hanyalah konspirasi antara negara2 adikuasa agar teknologi senjata mereka laris manis di lingkup asia tenggara, mungkin hanya mereka yg berkepentingan dan tuhan yg tahu,,tapi apapun itu, asia tenggara memang harus mempersiapkan segala kemungkinan yg akan terjadi, terutama pemerintah indonesia yg tak perlu lagi membuang-buang waktu untuk berbenah dan jangan menunda-nunda lagi anggaran pertahanan yg sudah seharusnya untuk kebutuhan yg sudah begitu mendesak,,jika ini terjadi,natuna akan jadi ajang pertaruhan, dan jika pertahanan kita buruk maka akan
    sangat berpengaruh terhadap pulau2 wilayah indonesia lainnya,,,

  8.  

    SUDAH PAHAM DAN MENGERTI KEKUASAAN SANG NEGERI CHINA YANG AGUNG ?

    DETASEMEN MEREKA HEBAT SEKALI, PASUKAN SERIGALA BIRU. MBAH PUJI SETINGGI LANGIT KEHEBATAN MEREKA.

    ZAMAN SUDAH BERGANTI, DAI NIPON BARU AKAN SEGERA LAHIR, SANG MATAHARI SAKTI YANG MEMUTUSKAN SIAPA BERHAK HIDUP DAN SIAPA YANG DI KIRIM KE ALAM BAKA TERGANTUNG TITAH KAISAR YANG AGUNG.

    SANG KAISAR DAN PARA PEMBESAR SEDANG MENATAP KE SELATAN, MELIHAT NEGERI NEGERI SELATAN SANGAT LEMAH, SIBUK DENGAN KONFLIK INTERNAL MASING MASING. TIDAK SADAR ADA ANCAMAN NYATA DARI UTARA.

    KONFLIK ANTAR PENEGAK HUKUM, KORUPSI MERAJALELA, KEMISKINAN DI MANA MANA. DAN SUATU SAAT NANTI TIBA TIBA TANPA SADAR PASUKAN-PASUKAN SERIGALA BIRU SDAH ADA DI NATUNA DAN KALIMANTAN.

    SETELAH ITU APA ?
    1. RAKYAT MAU MELAWAN ANGKAT SENJATA ?
    2. BERJIHAT MEMBELA NEGARA ?
    3. LEBIH BAIK HANCUR LEBUR DARI PADA DI JAJAH CHINA ?

    MBAH NGASI PETUAH BIJAK PADA GENERASI MUDA YANG MEMBACA FORUM INI.
    JANGAN IKUT PERANG SAAAT ITU TERJADI, DIAM, BIARKAN NEGERI INI DI KUASAI PASUKAN SERIGALA BIRU. JANGAN MAU MATI KONYOL.

    ATAU JIKA MAU MELAWAN, BERGABUNGLAH DENGAN DETASEMEN BRIGADIR MOBIL.
    MEREKA AHLI BERPERANG SENDIRI SENDIRI DALAM KELOMPOK KECIL YANG CUKUP MEREPOTKAN PASUKAN CHINA.

    DAN PASTI MBAH YAKIN BRIGADIR MOBIL AKAN MEMBERIKAN KEJUTAN PADA PASUKAN PASUKAN SERIGALA BIRU.

  9.  

    Bersatulah Asean. Dalam menyikapi isu LCS ini hukum china dengan tidak membeli segala produknya dan perusahan2nya kenakan pajak tinggi bila perlu asean kroyok rame2.he..he..kompak ngak ya?

  10.  

    Mandirilah NKRI

  11.  

    Indonesia dpt membantu sebatas komunikasi diplomasi, selain itu tdk.
    Kalau terjadi perang, Indonesia menyeret diri membela salah satu pihak, kemungkinan yg ikut berperang itu hanyalah pihak pemerintah bkn seluruh elemen kekuatan bangsa, tp lain cerita bila kedaulatan Indonesia terusik.

  12.  

    solusinya indonesia harus waspada, kita tdk tahu mungkin setelah cina membereskan negara2 yg konflik dng cina di laut cina selatan dan di laut cina timur, gantian indonesia yg akan diberesin, dan ada kemungkinan lain krn indonesia netral dan tdk mau melibatkan diri dng negara2 yg konflik dng cina di laut cina selatan, krn adanya pertarungan amerika yg armadanya terletak di pulau cocos dan pulau christmas, dan australia di benuanya utk mendukung negara2 yg terikat dng persekutuan dng amerika dan australia baik itu filipina, vietnam, brunei darussalam, malaysia, atau singapura yg awalnya netral tapi kena dampak krn berbatas langsung dng malaysia, shg jika amerika dan australia kalah, cina merangsek masuk ke wilayah indonesia, nah skenario terburuk itu yg hrs ada pencegahnnya atau penanganan jika hal tsb terjadi, jadi kalau indonesia punya alutsista bekas terus ya habis, atau punyabalutsista baru dng jumlah terbatas ya habis, oleh sebab itu indonesia membutuhkan armada pesawat tempur, pesawat angkut, heli serang dan heli serbu, heli angkut, heli angkut multiguna, drone yg dipersenjatai, satelit mata2, radar anti jammer, radar pasive dan radar aktiv, kapal destroyer, kapal fregat, kapal pemburu ranjau, kapalnpayroli, kapal cepat rudal, kapal torpedo, midget, kapal selam dng pola peluncuran rudal balistik secara vertikal, kapal patroli sungai dan rawa, pesawat amphibi SAR yg dipersenjatai rudal, flare, pesawat amphibi yg dipersenjatai rudal, j roket dan torpedo, flare, kapal dann midget robot, yg diperlengkapi radar, yg seluruhnya diadakan dlm jumlah besar.

    •  

      indonesia juga perlu mengadakan armada dlm jumlah besar utk MBT, tank medium, panser amphibi, tank amphibi, panser canon, panser yg dilengkapi senjata anti tank dan anti pesawat tempur, helikopter, drone, kendaraan lapis baja, dilengkapi infra merah, anti jammer dan dilengkapi jammer, alat penglihatan malam serta radar, robot pelacak ranjau, kendaraan yg dilengkapi alat utk mengetahui lokasi musuh yg melancarkan serangan ke daerah dng menggunakan arteleri.

      •  

        Saya rasa saat konflik itu dimulai indonesia dngn bumn pertahanannya sudah siap meladeni kekuatan cina…..konflik gg akan pecah 5-10 tahun lg….5-10 tahun lagi bumn pertahanan kita sudah menyelesaikan semua pendidikannya tentang alutsista n rudal…..pindad dengan tank medium.rudal darat k udara.panser.tank ssb.dll
        Pal dengan frigat.kcr.kapal selam dll
        Di dengan pesawat tempur n helli tempur nya…….semua sudah siap n siap utk mempertahankan nkri

  13.  

    krn apabila skenarion pertama dan kedua terjadi, indonesia akan menjadi medan pertempuran yg mau tdk mau, indonesia akan memihak kpd salah satu pihak.

  14.  

    nah, kalau udah terjadi skenario pertama dan kedua di atas, mikirin pemulihan ekonomi akan menjadi sangat sulit termasuk mencapai pertumbuhan ekonomi menjadi 7 persen. solusi dr semuanya ada benar2 revolusi mental dr yg korup menjadi tdk korup, dr yg tdk jujur menjadi jujur, tapi yg selama terjadi sekarang masih setengah hati, rapat aja masih tertutup, kalau emang transparan ya harus berani terbuka, bukan hanya saat kampanye aja berani terbuka, tapi setelah terpilih, kembali tertutup, gmana mau timbul atau muncul kepercayaan sepenuhnya dari masyarakat kalau motivasi utk revolusi mental hanya sekedar perlu perlu pencitraan jika dr dasarnya pribadi kita baik, jujur, ikhlas dlm melakukan sgl sesuatu pekerjaaan yg halal, pertanyaannya adalah apa mau dan berani tdk utk melangkah dlm memutuskan yg terbaik bagindiri sendiri yaitu melakukan revolusi mental secara total.

  15.  

    Seharusnya filipina sadar diri, kepentingan usa-filipina tdklah sepenting hub usa-japan maupun sekutu lainya seperti south korea & singapore.

  16.  

    Huahahahaha..

  17.  

    buka mata dooong…dunia ini tdk bs lepas dari tangan amerika,termasuk china…china sangat bergantung dgn investasi asing dan pasar potensial china itu amerika dan eropa…apa yg terjadi jk semua digoyang ngbor sm amerika,mo dikasi makan apa milyaran penduduk china

    •  

      Buka jg mata loe frans….yg punya banyak utang ke cina tuh asu bukan sebaliknya …baca berita donk frans.
      Geblek kok dipiara frans..frans.
      Di jaman globalisasi tidak satupun negara yg tdk bergantung dng negara lain.

  18.  

    Ngkong gak pernah nonton JAV..?? Samurai biru mrk kecil kong..sampai sampai hrs diblur dan hrs pake alat bantu..

    Kalo TNI jelas hebat kong..

  19.  

    Besar apaan..?? Cuma seukuran dan sekuat pisau dapur kok dibilang samurai..Haduuh..

    Kong??

    Kalo gitu biarin Aja mrk perang sendiri..saling serang..
    Indonesia nonton aja..

  20.  

    Ngko bowo org cina knpa ngkongnya malah org jepang ? Nyampah di sini ?

    Nyampah di forum negara masih2 sana woyyy ..

    Kita bangsa pejuang bung ! Kita punya alloh swt ! Gak takut sma jpng ,cina,asu dll

  21.  

    Ambisi china perlu diwaspadai. Lihat secara realita kerjasama produksi rudal c-705 terkatung2 krn china minta dana yg besar untuk itu. Alasan china masuk akal krn byk negara yg mau membeli rudal itu ke china.

    Kita ambil alutsista dari china dan rusia dulu krn indonesia ngambek sm amrik dan barat masalah embargo.

  22.  

    amerika membiarkan sepak terjang cina kalau ga ada dukungan banyak negara.

  23.  

    bahkan amerika takut terhadap jepang sehingga membonsai militer jepang tapi jepang yg terlalu kuat juga mengerikan

  24.  

    Yah itulah pentingnya keseimbangan. Sejak amerika terpaksa menarik Pangkalan AL di Subic bay karena desakan rakyat Philipina sendiri .China makin leluasa merangsek ke selatan . Tentu saja keputusan yang pasti di sesali rakyatnya. Dulu di jaman Menlu kita Ali Alatas China sudah mengklaim Natuna.Konon kabarnya Menlu segera mengadakan perundingan dengan China dan di sepakati China tak akan mengganggu Natuna asal Indonesia tidak bersuara menentang China yang juga bertikai dengan negara Asean lainnya di LCS yaitu kepulauan Nansha atau Spratly.Sekarang masalahnya untuk Indonesia tidak cepat memanfaatkan kesepakatan itu dengan segera mendaftarkan pulau pulau kecil di utara kepulauan natuna ke PBB.

  25.  

    frans memang betul dilapangan pasukan amerika yg banyak beraksi tapi tetap tanpa dukungan sekutunya amerika ga akan berani memulai invasi terlebih jika negara target dibeking cina rusia contoh apa yg dilakukan amerika terhadap korut yg jelas jelas menguji coba bom nuklir? Begitu juga terhadap suriah dan iran? Lalu bagaimana dgn georgia dan ukraina? Sekarang coba lihat irak, libya, afganistan apa militer mereka kuat?

  26.  

    frans ribuan tahun sebelum ada amerika bangsa cina bisa tuh pada makan, begitu juga bangsa lainnya. Buka mata juga frans, amerika juga bergantung pada negara lain ,meski penghasil minyak tapi amerika tetap butuh minyak arab, lalu siapa yg membeli produk produk amerika sehingga menjadi pundi pundi uang amerika ? Artinya amerika butuh negara lain sbg pasar mereka begitu juga SDA negara lain, ingat emas emas amerika berasal darimana saja?