Dec 192014
 

image

“Kita perlu kekuatan kapal selam untuk efek deterent,” kata Laksamana Caesar C.Taccad, wakil komandan Angkatan Laut, Rabu lalu saat memberikan uraian tentang modernisasi di Angkatan Bersenjata Filipina. Namun Taccad menjelaskan mengembangkan kemampuan kapal selam memerlukan periode waktu yang lama untuk membangun fasilitas pendukung,tenaga profesional dan kemampuan teknologi untuk mengoperasikannya.

“Sudah menjadi aturan baku bahwa dibutuhkan waktu 10 tahun untuk mengembangkan kekuatan seperti itu,” ungkap Taccad. Dia juga menambahkan bahwa Angkatan Laut Filipina sudah mulai studi untuk penggunaan kapal selam sekitar dua tiga tahun yang lalu. “Sebenarnya, kami juga terpaksa berkantor di tempat pembangunan fasilitas kapal selam, “wakil komandan Angkatan laut Taccad juga mengatakan bahwa Filipina mampu untuk memperoleh dan mengoperasikan kapal selam diesel elektriknya sendiri.

“Jika kita mampu membeli dua kapal frigat yang bernilai sekitar Php18 miliar maka kitapun bisa mendapatkan kapal selam,” katanya menutup dialog. Penelitian pihak militer mengungkapkan bahwa Filipina membutuhkan antara 3 sampai 6 kapal selam diesel untuk sepenuhnya mengamankan wilayah laut.

Sumber : Asiandefencenews

Pengirim : Pecinta Wanita JKGR Biro Jepara

Bagikan Artikel :

  44 Responses to “Filipina Inginkan Kapal Selam Modern untuk Amankan Laut”

  1. pertamaaaaaxxx

  2. perlombaan senjata makin panas.mantab.

    • Perlombaan senjata mungkin nomer sekian…saat ini pinoy lagi bener2 desperated soal spratly. Sentimen anti tiongkok lagi parah2nya…gak cuma itu, sama taiwan juga masih panas terkait penenggelaman kapal nelayan taiwan yg nyolong diwilayah filipin. Saat itu filipin diPAKSA taiwan untuk minta maaf……dan disetujui oleh pemerintahnya, yg kemudian minta maaf ke taiwan. Rakyat filipin marah….marah banget, hehe…
      Kefrustasian rakyat filipin soal alutsistanya jelas sekali tampak dalam berbagai forum mliter…turut prihatin. Mereka berharap RRC segera mengklaim NATUNA sebagai wilayahnya…tujuannya supaya RI terlibat perang pasifik dan beraliansi dengan filipin.

  3. Lomba siapa yg paling kuat dskitar asean pada 2020 kdepan. Ayo klian jgoin siapa?

    • di level asean tidak ada yang bisa menangkal indonesia,soal angkatan bersenjata vietnam boleh diperhitungkan tapi secara geopolitik nilainya dibawah indonesia.sesama asean bukanlah level indonesia,level indonesia adalah mereka yang menjadi big bro kawasan seperti india,cina,iran,turki.
      dan tentu saja australia “sibiru dari selatan”.untuk angota asean,mereka adalah saudara muda-awasi dan pukul bila melangar aturan.

  4. Daerah asia pasifik mulai berlomba-lomba memodernisasi senjata.

    Semoga indonesia sudah siap dan bukan hanya membeli tapi bida memproduksi alutsista yang canggih

    • Indonesia siaplah…cuma g jumawa aja….

      • Fregat sudah sigma . Kcr sudah 40 dan 60 sudah fast patrol boat sudah kri todak dll. Tinggal kasel taun depan di bangun di pt pal surabaya. Tanks sbs sudah tank retroit amx sudah. Panser anoa dan berbagai jenis panser lainya seperti komodo dll pt pindad. Pespur ifx tinggal menunggu realisasi. Cn 235 mpa patrol maritime iptn.

        Hanya 1 yang belum peluru kendari. Semoga indonesia bisa buat peluru kendali yg jangkauwan nya 300 kilo meter seperti brahmoos . Amin. Naikan anggara riset R-han agar bisa membuat peluru kendali yg canggih seperti brahmos dan p 800 oniks

  5. iyaluh kawasan semakin rame nih dgn armada bawah laut…

  6. pinoy aja sadar kalo harus punya sampe 6 kasel…….

  7. indonesia ga cuma pengguna ks tp juga produsen yg akan menjadi negara pengexspor buat negara di asia pasifik, tp tunggu 10-15 thn lagi ..

  8. Istilah perlombaan senjata hrus segera di hapus dri cra berfikir pemerintah kita…
    Hampir smua negara menambah alutsistany tujuan utamany u/ menjga kedaulatan negara mreka.
    Indonesia pun jg hrus gt.. Tmbh lg belanja alutsista buat TNI, .

  9. Wah peluang nih buat PT PAL, kira2 5 tahun lagi dah bisa buat KS sendiri kah ? Kali kita masih sibuk untuk membuat unt pemenuhan kebutuhan kita sendiri ya? Semoga proyek unt KS dalam negeri lancar2 bae

  10. Insya Allah, kalau Filipina menginginkan KS diantara 5-10 tahun ke depan, kita sudah bisa ajukan tender juga ke Filipina untuk KS Changbogo Class produksi kita. Amin….

  11. untuk mengimbangi kekuatan kapal selam disekeliling RI, keluarkan kapal selam ghoib kita, biar jiran2 kita tidak besar kepala dan tidak melecehkan kita !!!

  12. Paus RI kuat bnget nyelem x..gak muncul” kpermukaan ,.yg sering muncul cuman para hiu …..

  13. BELI AJA DARI SAUDARA TUA INDONESIA..SETELAH LPD MAKASSAR CLASS NANTI KALAU ADA KONFLIK LCS AKAN DIBANTU..:)

  14. aha, ada celah pasar buat PAL, tender lg lawan korea, mudah2an menang lagi, bukan nganggap remeh budget pilipin, tapi kalo dilihat dari harga, buatan PAL yg paling pas dikantong dibanding buatan asu, papa bear, ama jerman, dll

  15. mbah setuju ….

  16. Lengkap sudah tunggu bisul pecah niihkawasan

  17. Nih negara militernya lemah amat sih…. Fighter gak punya, kasel nggak punya, battleship minimalis, SAM sekelas MANPADS, etc.
    Akibat terlalu bergantung ma negara lain ya gini….. Waktu pasukannya ditarik, bingung gak punya sista. Apalagi ikut kena masalah LCS.

    • battleship ??? battleship ?? sebutan utk kapal tempur di era perang dunia 2, contoh: USS IOWA, USS MISSOURI, USS OHIO ( AS)

      • Keren kan, simbol dari kedikdayaan angkatan laut…. Walaupun udah punya rudal, tapi meriamnya itu yang ngeri, coz lebih sulit dihadang CIWS. Liat aja rudal, kecepatannya kebanyakan subsonic. Ditangkis pake CIWS gatling 6 laras juga bisa. Tuh di film Battleship kapal kayak gini aja bisa ngalahin bos alien…..
        USS Missouri aja persenjataanya 32 tomahawk, 16 harpoon, 4 ciws phalank. Kalo warship sih kita punya banyak.

    • Pemerintah pinoy mmg lbh mengutamakan matra darat dari bagian infanteri dan artileri, yg lbh mengandalkan strategi kontra gerilya di hutan dan kota. mgkn krn stabilitas dalam negeri mrk yg srg terjadi pergolakan politik lokal dan pusat dan jg separatisme yg berlarut2 akhirnya lambat laun mengerogoti keuangan negara utk membeli alutsista yg lbh gahar khususnya utk angkatan laut dan udara yg sebenarnya menjadi penjaga kedaulatan mrk terhadap negara2 lain. pemerintah pinoy lbh terfokus ke matra darat khususnya infanteri utk meredam konflik dalam negeri. sdg utk masalah luar negeri mrk beranggapan tdk perlu bersusah payah memperkuat matra laut dan udara krn mrk menggunakan aji mumpung dgn keberadaan pangkalan militer US di subic philipina. giliran amerika sdh mengosongkan pangkalan mrk disana, baru mrk tersadar, bahwa kemandirian dalam memperkuat militer mrk terhadap gesekan dgn negara2 yg msh bersengketa tapal batas dgn negara2 kawasan khususnya dgn klaim china di sparatly baru menyadarkan mrk bhw bergantung dgn kekuatan negara lain adlh tdk mgkn selamanya. utk memacu kekuatan agar sejajar dgn negara2 kawasan pinoy terseok2 krn penghasil devisa mrk sprt tambang2 dan pajak2 dari masyarakat sangat minim bgt jg dgn SDA mrk ditammbah lg dgn pemberontakan dan faktor bencana alam sprt badai topan yg srg melanda wilayah mrk. Intinya knp militer dan alutsista mrk lemah dibanding negara sekitar, krn pinoy selama ini terlena akan adanya pangkalan militer US di teluk subic dan kajian sejarah sewaktu WW2 yg mn pinoy dijadikan pangkalan pertahanan sekutu melawan jepang di pasifik.
      Salam..

  18. disaat mereka ingin beli ini itu kita suda siap buat ini itu………1langkah lebij maju

  19. Keren kan, simbol dari kedikdayaan angkatan laut…. Walaupun udah punya rudal, tapi meriamnya itu yang ngeri, coz lebih sulit dihadang CIWS. Liat aja rudal, kecepatannya kebanyakan subsonic. Ditangkis pake CIWS gatling 6 laras juga bisa. Tuh di film Battleship kapal kayak gini aja bisa ngalahin bos alien…..
    USS Missouri aja persenjataanya 32 tomahawk, 16 harpoon, 4 ciws phalank. Kalo warship sih kita punya banyak.

  20. Lihat berita di tv, kpk mau buka cabang di daerah..
    Semoga pt pal pun begitu…

 Leave a Reply