May 112017
 

Pulau Thitu, bagian dari kelompok pulau Spratly yang disengketakan di Laut Cina Selatan. (© AFP)


Seorang pejabat militer Filipina menyampaikan bahwa pihaknya telah mulai memindahkan pasukan dan peralatan ke sebuah pulau yang disengketakan di Laut Cina Selatan yang diklaim oleh Manila dan Beijing. Tindakan ini dilakukan menjelang konstruksi, termasuk memperpanjang landasan terbang di pulau ini.

Kepala Komando Barat Komando Militer Filipina, Letnan Jenderal Raul del Rosario, seperti dikutip AP, mengatakan bahwa pasukan dan pasokan awal tiba di Pulau Pag-asa pada pekan lalu.

Sekitar 1,6 miliar peso (32 juta dolar AS) telah disisihkan untuk pembangunan di pulau itu, yang akan mencakup penguatan dan pemanjangan landasan terbang serta bangunan dermaga.

Tenaga surya, pabrik desalinasi dan peremajaan perumahan militer, serta lokasi penelitian kelautan dan wisatawan, direncanakan dibangun di pulau ini.

Awal bulan ini, Duta Besar Tiongkok Zhao Jianhua memperingatkan bahwa pembangunan di pulau tersebut, yang dikenal secara internasional sebagai Thitu, akan menjadi ilegal.

“Kami melihat pendudukan oleh pihak Filipina dari pulau-pulau tersebut sebagai ilegal. Jadi bangunan di atasnya juga ilegal,” katanya, seperti dikutip Manila Times.

Zhao menambahkan bahwa Tiongkok akan memberikan “peringatan” pada pesawat terbang yang mengganggu di wilayah udara pulau itu, serta pesawat tak diizinkan terbang di wilayah udara Kelompok Kepulauan Kalayaan.

Departemen Luar Negeri Filipina mengabaikan pernyataan Zhao, juru bicara Robespierre Bolivar menyatakan bahwa pulau itu dan Pulau Kalayaan adalah “sebuah kotamadya Palawan,” sebuah provinsi di Filipina.

Tiongkok memprotes kunjungan pemimpin pertahanan dan militer Filipina ke pulau itu pada bulan lalu, beberapa minggu setelah Presiden Filipina Rodrigo Duterte berjanji untuk menduduki dan memperkuat pulau-pulau di Laut Cina Selatan guna membuat “titik kuat” di tengah perselisihan teritorialnya dengan Beijing.

Pag-asa merupakan pulau terbesar kedua di kepulauan Spratly, yang juga diklaim oleh Taiwan dan Vietnam.

Kepulauan Spratly telah lama menjadi pertanda antara Filipina dan Tiongkok, karena Beijing mengklaim hampir semua Laut Cina Selatan. Tiongkok mencoba mempertaruhkan klaimnya dengan mengubah tujuh terumbu karang menjadi pos terdepan, beberapa di antaranya memiliki landasan pacu, radar dan sistem senjata.

Sumber: RT

  26 Responses to “Filipina Kirim Pasukan ke Laut Cina Selatan”

  1.  

    Ayo Malaysia juga kirim dong supaya rame

    •  

      Hihihi… Malay Mana Berani Om?. Sama Satu Anggota TNI AL Aja Udah Kabur Apalagi Ini…

      •  

        Bentar lagi ada yang bilang sotoy
        Hahahahaaaa…

      •  

        Tanah filiphina di bilang ilegal padahal secara geogrfis jauh sekali dari china,china juga lebih byk membangun kekuatan di kepulauan tsb.serakah memang jika sudah bertaji
        Propagandanya mirip dimana gitu,.????
        seakan china yg jadi korban pendudukan oleh philipina…
        Padahal tanah yg d duduki y tanah filiphina sendiri

        •  

          Tanah Philipina memang illegal bung, pemilik asli Kesultanan Brunei Darussalam…

          Karena akal2an Amirikiya dan si culas Brutus, tanah Philipina jadi dimiliki sama Amirikiya dan Sabah Sarawak jadi milik Brutus.

          Si empunya tanah malah cuma kebagian tanah secuil di Borneo Utara…… menyedihkan…. hik.. hikk…hik…

    •  

      Mau berangkat sudah pada eject di hangar dan mengapungkan kapal selam

  2.  

    Gurih gurih gurih

  3.  

    China paranoid semua diklaim punya dia!kedepan bila militernya jauh lebih kuat bisa2 negara sekitar diklaimnya juga dulu milik Dinasti2 China karena ada warga2 keturunannya dsn! Bukan sara tp kenyataan!

  4.  

    galak bener om Duterte

    gertak sana gertak sini

  5.  

    Wah… semakin ramai aja… ada LCS.. ada semenanjung korea… mana yg d dahulukan…???

  6.  

    Wahh.. Pemerintahan Duterte dengan Militernya sepertinya miss komunikasi ini..

  7.  

    mantan

  8.  

    kesian pinoy berjuang ditengah keterbatasan, tetap semangat membela nusa dan bangsa

    •  

      Kita punya sejarah hubungan panjang sebenarnya dgn pilipina dibandingkan negara asean lainnya,
      jd jgn heran kalau indonesia pasti berpihak ke pilipina ketimbang china walaupun indonesia gk punya permasalahan di lcs

      •  

        Dan jgn lupa catatan sejarah membuktikan wilayah philipina sd pulau luzon plg utara adalah wilayah majapahit sebelum runtuh dan spanyol masuk : id.m.wikipedia.org/wiki/Wilayah_taklukan_Majapahit

  9.  

    Tiongkok Siap siap aja di rudal sama neng cintia..

  10.  

    Hidup INDONESIA

  11.  

    Duterte pasti di sokong sm trump nh.
    T. Dut lu tumpuk to militer di pulau sengketa
    D. Ah gw takut di hajar sm jing ping bro.. Lagian Dana gw juga cekak, pinjemin sini
    T. Ah muke gile lu, gw aja lg meres korsel ni. Kalo si ping urusan gw tar gw suruh kacung gw si upil sm sonotan kalo lu ribut sm ping yg maju,gw Turun blkangan
    D. Boleh juga tu bro ide lu, Lah trus dana nya mana gw juga lg cekak.
    T. Masa gw ajarin juga si? Lu pinjem sm jokowi sono doi lg surplus tuh, lu rayu lah dut si owi
    D. Owh begitu bro, encer juga otak lu. Okeh gw coba deh langsung gw bel in si owi
    Kring….. kring….kring…
    J. Ya hallow ono opo dut tumben sampean tlp aku
    D. Wi wi urgent wi
    J. Ono opo le, ngomong yg bener ngono loh
    D. Okeh jd begini wi,gw mau tumpuk milier gw di pulau sengketa tp Dana gw cekak. Lu bisa kasbonin gw kan wi
    J. dengkul mu mlocot dut, lah trus untung e aku opo kasi kasbon sampean dut,lah wong aku jg lg mbangun kok
    D. Untung nya gw bisa jd bumper kalo lu ada masalah sm jinping di Natuna
    J. Opo meneh ?
    D. Gw beli kaprang lu stiap tahun 2unit ga pake nawar, gw beli beceng, semua nya Dari negara lu dah..
    J. MOOSSOO..!!!
    D. Srius wi kaga boong gw, ni mau bln puasa masa kaga percaya jg lu.
    J. Okeh okeh mana no rek sampean biar ta tlp mba sri biar langsung di transfer.
    D. Okeh wi suwon yo
    J. Okeh dut. Owh ya hampir lupa aku, sampean Bangun pulau sengketa Kuli,mandor,semen,pasir ambil Dari tempat ku yo
    D. ####€£¥{^*~€€£

  12.  

    mantap philippina …

    ———

    Ayo sebutkan 3 program GARUDA EMAS :

 Leave a Reply