Sep 012014
 
Pasukan pengawas gencatan senjata di Dataran Tinggi Golan (UNDOF) berkumpul dekat pintu perbatasan Quneitra yang memisahkan sisi Israel dan Suriah (AHMAD GHARABLI / AFP)

Pasukan pengawas gencatan senjata di Dataran Tinggi Golan (UNDOF) berkumpul dekat pintu perbatasan Quneitra yang memisahkan sisi Israel dan Suriah (AHMAD GHARABLI / AFP)

Manila – Angkatan Bersenjata Filipina, Senin (1/9/2014), meminta agar komandan pasukan PBB di Dataran Tinggi Golan (UNDOF) diperiksa karena meminta pasukan Filipina menyerah kepada pemberontak Suriah yang mengepung dan menyerang kamp mereka.

Jenderal Gregorio Pio Catapang mengatakan, dia meminta agar ke-40 pasukan penjaga perdamaian asal Filipina tidak meletakkan senjata dan menolak perintah komandan UNDOF.

“Saya katakan kepada mereka untuk tidak mengikuti perintah karena itu (perintah menyerah) melanggar peraturan bahwa kami tidak akan pernah meletakkan senjata. Selain itu tak ada jaminan mereka akan aman setelah menyerah,” ujar Jenderal Catapang.

“Posisi kami adalah, tidak akan membiarkan prajurit kami menjadi pion korban untuk menyelamatkan tentara Fiji. Mereka harus mencari jalan lain untuk menyelamatkan prajurit Fiji,” tambah Catapang.

Pasukan Filipina itu bahkan melakukan aksi penyelamatan yang berani dari kepungan pemberontak Suriah pada akhir pekan lalu, sekaligus mengakhiri ketegangan selama beberapa hari.

Lebih jauh, Catapang menambahkan, investigasi akan memberi kesempatan bagi komandan UNDOF untuk menjelaskan perintahnya untuk menyerah. Sementara militer Filipina juga akan menjelaskan mengapa meminta para prajuritnya untuk menentang perintah.

Catapang bahkan meminta para perwira Filipina yang menduduki posisi kunci dalam misi UNDOF untuk mengundurkan diri karena adanya perbedaan pandangan tentang cara menangani krisis di Golan.

Pemerintah Philippines sudah menegaskan tidak akan mengirim kontingen baru untuk bergabung dengan UNDOF di saat masa tugas pasukan Filipina saat ini habis pada Oktober mendatang.

Penentangan ini menjadi pukulan baru bagi pasukan UNDOF setelah kini sering terancam dengan meningkatkan kekerasan di zona penyangga yang memisahkan Israel dan Suriah. Beberapa negara bahkan sudah menarik pasukannya setelah serangan pemberontak Suriah terus meningkat.

Sementara itu, 45 anggota pasukan Fiji yang menyerah pada pemberontah Suriah kini masih ditahan kelompok bersenjata yang berafiliasi kepada Al-Qaeda. Komandan pasukan UNDOF, yang mengawasi gencatan senjata di Golah, kini tengah mencoba melakukan pembicaraan dengan pemberontak Suriah untuk membebaskan para prajurit Fiji itu. (Kompas.com).

  51 Responses to “Filipina: Komandan Pasukan di Golan Bermasalah”

  1. pinoy batle prupen

  2. salut buat tentara pinoy

  3. Test

  4. ??? Koq ada konflik di internal pasukan PBB ???

  5. pinoy out,, Garuda In…

  6. nunggu dari indonesia baru aman. tapi paling si zionist kagak bakalan mau

  7. Hanya di tangan Israelah dunia akan berada dalam kedamaian. Salam menorah.

  8. Ini berita rada aneh, pasukan filipina tidak sampai 100orang tetapi yg ikut tugas kelapangan sampai jabatan jendral?…..

    Kalau di TNI mungkin cukup di pimpin sekelas kolonel kali ya 😀

    • Walah reinkarnasi gurkha tokh……. dulu kalah sama bambu runcing di soerabaja

      • Biasanya orang india dgn sorban ikatan seperti itu kaum sikh bung NM. Kaum sikh ada pengikut ajaran campuran islam hindu. Kalau Gurkha wajahnya seperti wajah indochina, di pegunungan himalaya ada suku Gurkha yg pandai berperang dan suku Sherpa yang pandai mendaki Himalaya seperti tenzing norgay.

  9. jadi pingin tahu gimana sih SOPnya tentara penjaga perdamaian PBB..
    bung diego dan bung2 lainnya tolong diberi pencerahan buat saya.
    maaf kalau lancang..

  10. filipin brani!

  11. hebat

  12. Ada yg g beres ini pasukan perdamaian kok di serang..kasian tentara fiji

  13. bagi seorang ksatria lebih baik mati daripada meletakkan senjata
    salut buat tentara Filipin…

  14. Klo lihat sejarah perang (yg saya tahu) pinoy memang terbatas dalam perlengkapan, mungkin mereka juga tidak terlalu pintar, tapi yg pasti mereka pemberani. Salut buat pinoy.

  15. Dari pada ditawan ya sikat aja..hitung hitung buat nambah nyali menghadapi cina..

  16. Teringat Kata kata motivasi yang berkobar kobar oleh Jendral Ryamizad ryacudu sewaktu pembentukan Yonif RAIDER dalam konflik Acheh : “Jangan anda seperti tentara iraq yang pengecut melarikan diri dari serangan fihak sekutu,berjuanglah dengan membawa nama dan mati juga tetap membawa nama”

  17. Selalu mendukung perdamaian dunia…. tanpa kenal lelah dan pantang menyerah…. Bravo Philipina – Bravo Garuda…

  18. Saatnya garuda unjuk gigi.Sebuah bangsa yg dicintai,menenangkan&mengasihi semua makhluk diatas bumi.Tpi klo menghina akan kami habisi.

  19. Dasar Bahlul tuh komandan..Tentara Fiji juga dikadalin begini sprtinya…

  20. Tantara Pilipin ikutan kabur juga ya.
    Kabur naik taksi juga ya?

  21. Bung dqboy semakin bingung dengan penjelasan seperti ini apa sesungguhnya yg sedang terjadi dgn umat muslim di timur tengah. Semoga Allah melindungi dan memberi kemenangan umat islam tidak ada lg nyawa yg hilang

 Leave a Reply