Filipina Masih Evaluasi Tawaran Apache dan Viper AS

Manila, Jakartagreater.com – Departemen Pertahanan Nasional (DND) Filipina akan mengevaluasi tawaran Amerika Serikat untuk penjualan dua jenis helikopter serang terbaiknya kepada Angkatan Udara Filipina (PAF), lansir PNA.

Sekretaris DND Delfin Lorenzana mengatakan mereka juga akan menentukan apakah helikopter serang yang ditawarkan Amerika adalah peralatan baru atau lama.

“Kami akan mempelajari tawaran AS. Mungkin ini yang digunakan lagi (lawas),” katanya dalam sebuah pesan kepada Kantor Berita Filipina, Selasa malam.

30 April lalu, Departemen Luar Negeri AS mengeluarkan keputusan untuk menyetujui kemungkinan penjualan Foreign Military Sales (FMS) enam helikopter serang AH-1Z dan peralatan terkait dengan perkiraan biaya US$450 juta ke Filipina.

Di hari yang sama, AS mengeluarkan lagi satu persetujuan untuk kemungkinan penjualan enam helikopter AH-64E Apache dan peralatan terkait dengan perkiraan biaya US$ 1,5 miliar.

Namun, Lorenzana mengatakan PAF lebih tertarik mengakuisisi enam helikopter T-129 Turki Aerospace Industries dengan harga sekitar PHP12 – 13 miliar.

“Ya, PAF bermaksud (mengakuisisi) nya,” tambahnya.

PAF sedang mencari helikopter serang yang tangguh tetapi dengan harga terjangkau untuk memperkuat armada helikopter ringan seperti MG-520 dan AW-109E yang digunakan untuk misi kontra-terorisme dan dukungan serangan darat.

TERPOPULER

Tinggalkan komentar