Filipina Pilih Frigat HHI Buatan Korea Selatan

ROK Navy’s FFX Batch-III Anti-Air Warfare frigate program

Pembuat kapal dari Korea Selatan, Hyundai Heavy Industries (HHI), mengumumkan telah menandatangani kontrak 24/10/2016 untuk membangun dua kapal perang frigat berbobot 2.600 ton untuk pesanan Departemen Pertahanan Nasional, Republik Filipina.
 
Upacara penandatanganan diadakan di Manila, Filipina, dihadiri Wakil Presiden Eksekutif Corporate Planning Office HHI, Chung Ki-sun, Menteri Pertahanan Filipina Delfin Lorenzana dan Duta Besar Korea untuk Filipina, Kim Jai shin,serta tamu lainnya.

Fregat akan dirancang menjadi smaller light combatant dan menjadi penerus fregat Incheon class yang sekarang dalam pelayanan aktif di ROKN (Angkatan Laut Korea Selatan) yang disesuaikan dengan kebutuhan Angkatan Laut Filipina, dengan optimalisasi di semua sektor sesuai standar angkatan laut dari Lloyd Register.

ROK Navy’s FFX Batch-III Anti-Air Warfare frigate program (TheMess Forums)

Fregat 107 meter ini nantinya menggunakan sistem propulasi CODAD (Combined Diesel and Diesel) sebagai pendorong yang mampu mencapai kecepatan maksimum 25 knots dan dapat menjelajahi 4.500 mil laut dengan kecepatan sekitar 15 knot. Kapal ini akan mendapatkan peningkatan survivability, seakeeping dan kemampuan manuver, serta mampu beroperasi hingga Sea State 5.

Fregat akan dipersenjatai dengan : rudal dan torpedo. Senjata dan sistem sensor dikendalikan oleh sistem manajemen tempur terbaru yang mampu melakukan Anti-Air Warfare, Anti-Surface Warfare, Anti-Submarine Warfare dan Electronic Warfare. Fregat ini dijadwalkan diserahkan tahun 2020.

Sejak pengiriman fregat Ulsan untuk ROK Navy, yang dibangun pada tahun 1980, HHI telah memainkan peran penting dalam modernisasi ROK Navy serta merancang kapal perang besar. Sekarang telah memperluas layanan kepada angkatan laut di seluruh dunia dengan kecanggihan, harga kapal perang yang terjangkau.

Sumber : English.hhi.co.kr