May 172016
 

Angkatan Laut Filipina menyambut kedatangan strategic sealift vessel Tarlac (LD- 601) di dermaga Pier 13, 16/5/2016 di Manila. Kapal Tarlac (LD- 601) ini dapat mengangkut pasukan lebih dari satu batalion pasukan, dua perahu karet (rigid-hill inflatable boats), landing craft units dan tiga helikopter.

“Dengan meningkatnya kebutuhan keamanan maritim dan tantangan lingkungan, apa yang telah menjadi rencana dan konsep dalam kertas, kini telah menjadi kenyataan,” ujar Laksamana Ronald Joseph Mercado, komandan Armada Angkatan Laut Filipina.

SSV Tarlac adalah salah satu dari dua kapal yang diakuisisi oleh Filipina dari PT PAL di Indonesia seharga P3.8 miliar. Setelah ditugaskan ke layanan, akan disebut BRP (Barkong Republika ng Pilipinas) Tarlac. Saudara dari kapal SSV Tarlac akan disampaikan Mei 2017.

Kru dari 121 prajurit Angkatan Laut Filipina dan personil tiba dengan kapal ini, ketika beberapa dari keluarga mereka menunggu.

“Kedatangan SSV Tarlac memberikan pelaut dan marinir Angkatan Laut kami dorongan untuk melayani negara kita lebih dengan pengetahuan yang kita tahu dan kemampuan tambahan untuk melayani bangsa maritim kita,” kata Mercado.

SSV Tarlac memiliki tonase 7.300 ton, panjang keseluruhan 120 meter, lebar 21 meter, draft lima meter dan membawa muatan 2.800 ton. Ia memiliki kecepatan jelajah 13 knot dan kecepatan maksimum 16 knot, dan operasi minimal 7.500 mil laut.

Sumber : Inquirer.net

Bagikan :

  41 Responses to “Filipina Resmikan Operasi Kapal BRP Tarlac”

  1.  

    Bisa beli lagi ya..
    Bisa ngebut tanpa goyang dilaut

  2.  

    mantap…

  3.  

    Dpt mainan baru pinoy…

  4.  

    Good JOB PT. PAL…! Kami bangga akan pencapaian yang sudah di raih..

  5.  

    Datang dan langsung menjadi kapal terbesar dari armada AL Filipina

  6.  

    Jiran Malaysia kok malu-malu kucing beli kapal ini ya :p

  7.  

    Selamat kepada AL Philipina….jangan ragukan kapal ini…..kapal sejenis milik kami sd biasa mondar mandir lintas samudra …i.e. lintas pacific pada saat ikut rimpac di hawaii, lintas laut menuju jepang…shuttle di kawasan laut seluruh oerairan indonesia..dlll….ps: beli lagi ya dari kami…..

  8.  

    sbg orang INDONESIA, kita semua pastin bangga atas pencapaian PT. PAL
    karya anak bangsa menjadikan kita semakin percaya diri, bahwa kita ADALAH BANGSA YG BESAR..

  9.  

    filipina sebentar lagi akan jd negara komunis krn akan di pimpin presiden terpilih Rodrigo
    Duterte

    •  

      Trus?

    •  

      @tukang tembak,maksudmu apakah karena ini maka dia di cap komunis??kenapa anda tdk terpikir bahwa ia memberi umpan??yah entahlah semua itu masih abu abu. memberi umpan atau memberi kesempatan bisa dikatan spt itu..
      Presiden terpilih Filipina, Rodrigo Duterte, mengatakan akan menawarkan beberapa jabatan kabinet ke kubu pemberontak komunis, yang sudah sejak lama melancarkan pemberontakan.
      Dia menambahkan pos yang disiapkan untuk mereka adalah menteri lingkungan, reformasi pertanian, dan perburuhan.
      Selain itu, Presiden Duterte juga akan mengizinkan mantan pemimpin komunis yang saat ini mengasingkan diri, Jose Maria Sison, untuk kembali ke Filipina dalam upaya mengakhiri pemberontakan.

  10.  

    PT.PAL pasti bisaaaa…..

    Semoga cepat naik kelas…

    Aamiiiiinnnn….

  11.  

    Philippine,. jangan lupa beli juga KCR buatan PT PAL Indonesia
    ….
    atau sejenis KRI Banda Aceh buatan PT PAL Indonesia juga
    KRI Banda Aceh ini salah satu Kapal Perang Indonesia yang memiliki kemampuan handal. KRI Banda Aceh mampu menampung lima helikopter, tiga helikopter di dek, dan dua helikopter di dalam hanggar.
    Kapal ini juga dirancang untuk mengangkut 22 tank, 560 pasukan, 126 awak. Kapal ini juga dapat mengangkut kombinasi 20 truk dan 13 tank. Selain berfungsi untuk memobilisasi pasukan, kapal sepanjang 125 meter x 22 meter ini juga dapat digunakan untuk fungsi operasi militer selain perang (OMSP), seperti membawa logistik ke daerah bencana alam.
    KRI Banda Aceh dibuat oleh PT PAL Indonesia dan secara resmi diserahkan kepada TNI AL pada Maret 2011 lalu

  12.  

    Nampaknya kedatangan brp tarlac 601 sedikit banyak telah menaikkan pamor AL philipina yg redup krn terintimidasi cina. Datang tepat disaat terjadi kekosongan alutsista. Bukan hanya “brandnew” tapi juga merupakan sebuah kapal terbesar yg dimiliki. Krn bukan hibah, pinjaman, sewa, tentu saja ada kebanggaan tersendiri bagi angkatan bersenjata philipina khususnya AL.

    Tahniah!

  13.  

    Anda suka, kami senang.
    Anda pesan kami antar.
    Uang anda tidak cukup.? Jangan anda bingung, kami akan buatkan sebagus dan sehandal keinginan anda dng harga sesuai kantong anda. Karena motto kami ” Bagus, handal, berkualitas tinggi dan Istimewa namun murah tapi bukan murahan.
    Kami tetap yg terbaik, disaat yg lain baru bisa sok jaguh merakit, kami sudah bisa membuat bahkan menjual.
    Mari tuan-tuan….jng malu-malu datang ke negeri kami, beli yg anda suka, ada pesawat angkut militer, ada senjata serbu langganan kejuaraan AASAM, ada Senjata Sinper terbaik dunia, ada kapal LPD, ada panser Anoa dan juga Badak.
    Tapi maaf tuan kami tidak menjual senjata SS2 V7 SubSonic yg anda lirik, itu khusus kami buat utk pasukan elite kami biar tetap menang terus di AASAM….xixixixi
    Dan yg penting kami jamin anti Embargo
    Salam damai tuan-tuan dan meneer-meneer…!

  14.  

    boeing pun pakai mesin roll royce dari inggris…..PT PAL sdh Hebat jangan bandingin sama negara yg sdh ratusan tahun merdeka, spt anak SD dibandingin Sarjana….kita harus bangga pencapaian PT PAL, PT PINDAD, PT DI, PT DAHANA dan PT Swasta lainya

  15.  

    Happy bgt nih philipin ma nih kapal..

  16.  

    Oi, hargai donk upaya PT. PAL ini bung. Makanya sekolahkan anakmu tinggi-tinggi biar kelak bisa bikin mesin. Masukin ke STM/SMK jangan ke SMU mulu dan jd SH! Hahaha. Terkait mesin itu bisnis bung, hak cipta perusahaan! Pantas kita hargai kejeniusan yg punya hak cipta. Lagian, yg namanya alutsista itu selalu multi sumber pengadaannya, bahkan AS dan Russia sendiri. Russia tidak jadi bikin destroyer krn mesinnya berasal dr Ukraina. Walau AS bikin alutsista, selalu beli juga dr perusahaan di dalam negerinya,bukan gratisan! Jd apa bedanya? Terkait mesin adalah bisnis bung!
    Doa dan harapan saya, pasti suatu saat akan ada anak jenius dr antara 250 jt penduduk kita. Bisa bikin mesin sendiri, tp ujung2nya jd bisnis juga
    Bukan

  17.  

    saya lg cari si Brook
    kemana ya
    kita mw berlayar nh

  18.  

    mantap dan lanjukan

  19.  

    Lu lebih bangga kalo negara ini dijual ya…..,dasar galon..

    Mendingan Pt.PAL ada jualan yg diakui negara lain…,nah lu..? Dijual aja kaga laku….,paling buat air isi ulang aja…

  20.  

    aku terharu…aku gembira..dan aku bangga dengan PT.PAL….

  21.  

    Contoh beberapa mobil toyota honda dll…semua jeroan mesin baik eksterior maupun interior dari luar..misal klakson merk hella..ban goodyear..lampu hella..kampas rem dll semua 100 % campuran merk..jadi intinya tidak semuanya bikinan honda toyota gitu..pasti ada pihak lain…ya hebatlah pt pal udah bisa bikin kapal

  22.  

    Apakah tmn2 tau.. jajaran PT. PAL sangat terharu dgn keberhasilan ini.. karena tdk mudah menjual barang militer dibandingkan barang sipil..

  23.  

    waduh…banyak sales nih…,dipilih dipilih….
    asean,…dari pada beli 1 unit,su 35.gripen,f 15,f 16v,rafale,typhon,…..
    mendingan beli SSV….DARI INDONESIA…sangat murah,..kwalitas setara dengan mistral,..
    bonus boleh beli 12 gratis 1….di pilih…di pilih
    persenjataan terserah pembeli…

    ha ha ha

  24.  

    ok..ok.yg tak bangga..kelaut aze…….

  25.  

    @Mega; pernah dengar “Kopi Sianida” kan…ya, saya hanya mau bilang jangan ada judul Cendol Sianida nantinya.

  26.  

    Pilipinos mulai menggeliat sebentar lagi bangun lah kita….?!

  27.  

    Kok gk ada meriam 76 mm nya ? :v

  28.  

    Bangga jadi orang Indonesia., selamat buat negara sahabat kita Philipin. Moga berkah dan sukses.

  29.  

    Smua pastinya butuh proses.. ni mrupakan pencapaian yg hebat menurut sy pribadi.. Pelan tp pasti pt.pal pasti jg bs mmbuat mesin kapal.. Saatnya pmerintah mmbri dukungan n dana untuk R & D agar pt. PAL bs mmbuat kapal setingkat destroyer dan kapal induk.. maju terus PT.Pal

  30.  

    Cangkemu banyak bacot

  31.  

    Selamat bertugas Tarlac dan terima kasih kepada AL filipina.. selamat menikmati mainan baru semoga berkah..

  32.  

    @mbak mega dan para komenternya,
    hore semua pada kena pancing…
    sangat pintar ID ini menamakan mbak mega..
    satu komentar banyak yg menyambutnya..

  33.  

    malaysia ayo beli ssv, itupun kalau ada wang jangan barter lagi ya sama sawit kek beli anoa

    hmm..

 Leave a Reply