Mei 142019
 

M113A2 Angkatan Darat Filipina dengan stasiun senjata jarak jauh 12,7mm rancangan Elbit Sistem (foto:Maxdefence)

Angkatan Darat Filipina (PA) menerima batch pertama dari panser lapis baja M113A2 dari Elbit Systems Land & C4I Israel, yang sekarang dilengkapi dengan Overhead Remote Controlled Weapon Station (ORCWS) Dragon rancangan Elbit dengan senapan mesin berat 12,7mm.

Halaman pertahanan Filipina MaxDefense Philippines mengkonfirmasi bahwa Elbit Systems mengirim lima unit pertama pada April 2019 lalu, dari 44 kendaraan yang akan ditingkatkan dengan pemasangan system Dragon ORCWS dan computer networked battlefield Combat NG. Ini adalah bagian dari kontrak yang ditandatangani antara Elbit dan Departemen Pertahanan Nasional Filipina (DND) senilai 1,05 miliar Peso (US$ 20,5 juta).

Proyek ini merupakan bagian dari Daftar ke-2 Horizon 2 phase – Program Modernisasi Revisi AFP.

Bagian dari kontrak juga melibatkan konversi lima M113A2 APC menjadi panser mortir lapis baja yang dilengkapi dengan sistem mortir rekoil 81mm Elbit’s Soltam Cardom.
PA sudah memiliki beberapa unit APC M113A2 yang dilengkapi dengan Dragon ORCWS, tetapi model yang baru dikirim tampaknya menggunakan varian yang diperbarui dari sistem RCWS, memiliki tubuh yang berbeda, dan dikatakan memiliki kamera yang lebih baik dan sistem penglihatan yang lebih baik.

Unit-unit yang dikirim segera dikerahkan ke Filipina selatan untuk memberikan keamanan pada pemilihan nasional jangka menengah mendatang.

Snafusolomon