Feb 132017
 

MANILA – Filipina telah mengajukan daftar alutsista yang dapat disediakan Beijing melalui hibah senilai 14 juta dollar (Rp. 186 milyar), kata Menteri Pertahanan Filipina Delfin Lorenzana pada hari Selasa, 7 Februari. (Army Recognition)

Menteri Pertahanan Filipina juga menyebut tambahan permintaan lain untuk pengadaan alutsista senilai 500 juta dollar (Rp. 6,6 trilyun) dari China, termasuk amunisi presisi berpemandu, kapal laut dan UAV (Unmanned Aerial Vehicle).

Lorenzana mengatakan ia telah menyerahkan daftar tersebut kepada duta besar China, Zhao Jianhua “tiga pekan silam”. Jika pihak China menyetujui pendanaan, maka perwakilan dari pemerintah Filipina akan pergi ke China, menurut laporan tersebut.

“Kami belum pergi ke sana (untuk mengirim perwakilan) karena kami baru memberikan daftarnya, jadi jika mereka bersedia menyediakan peralatan, saat itulah kita akan pergi”, kata Lorenzana.

Ditanya mengenai apakah daftar permintaan tersebut mencakup amunisi presisi dipandu, Lorenzana mengatakan, “Ya”. Dia menambahkan, “Kami meminta banyak hal, termasuk kapal, drone…” kata laporan itu.

Selanjutnya Lorenzana mengatakan bahwa amunisi presisi dipandu berada dalam daftar peralatan yang tercakup dalam pinjaman lunak senilai 500 juta dollar, bukan melalui hibah 14 juta dollar tersebut.

Menurut laporan itu, ia secara khusus menyebutkan bahwa Filipina telah meminta amunisi presisi dipandu, bukan rudal yang lebih “canggih”. Amunisi presisi dipandu adalah amunisi dipandu satelit yang dirancang untuk mencapai target tertentu.

Lorenzana juga mengatakan bahwa PGM akan “mengurangi” jatuhnya korban, dibandingkan dengan penggunaan bom terarah, menurut laporan tersebut.

JakartaGreater

  11 Responses to “Filipina Tertarik Beli Alutsista dari China, Termasuk UAV”

  1. Indonesia siap produksi kasel rasa Nusantara…

  2. peningkatan yg sangat signifikan…

  3. “Amunisi presisi dipandu”…kok kayak turis2 yang diprawirotaman aja ya bung Bhisma

  4. Barter dng kepulauan spratly.

  5. Pesen barang KW 1 yg dikirim KW3 seperti C705. Filipine mesti hati-hati beli alustita china :D

  6. Jd bagaimana keputusan Abritase DenHag mengenai sengketa LCS kok malah negara yg bertikai merapat ke China dan borong barang China, apa sudah ciut semua nyalinya? Hanya Vietnam yg kukuh dgn prinsipnya.

  7. Beli senjatanya nyicil… trus buat perang di LCS ya? wah pinter Filipina :D hehehe senjata mkn tuan buat China ntar… šŸ˜›

  8. Beli alutsista bom presisi dan UCAV untuk menyerang pangkalan abu sayyaf dan mungkin sarang2 narkoba.

  9. @Bung Andre : Vietnam nyalinya lebih besar dari Philipina terbukti bisa memenangkan perang Vietnam, disamping itu didukung alutsista yang mumpuni dibanding Pihilipina.

 Leave a Reply