Filipina Tertarik Helikopter MD-500 dan UH-1H Bekas Korea Selatan

Manila, Jakartagreater.com – Department of National Defense (DND) Filipina pada hari Jumat telah menyatakan niatnya untuk memperoleh surplus helikopter Bell UH-1H dan McDonnell Douglas MD-500 dari Korea Selatan, lansir PNA.

Menteri Pertahanan Delfin Lorenzana menyampaikan maksud tersebut dalam surat ucapan selamat kepada Menteri Pertahanan Korea Selatan yang baru dilantik, Suh Wook.

Ia menambahkan, DND berencana melakukan Joint Venture Inspection pada kuartal keempat tahun ini.

Philippine Air Force (PAF) diketahui mengoperasikan sejumlah helikopter UH-1H dan MD-500 di armadanya. Korea Selatan telah menghentikan helikopter-helikopter ini dari dinas militer awal tahun ini.

PAF menggunakan helikopter UH-1H terutama untuk pengangkutan kargo dan personel serta misi bantuan bencana, sementara varian atau model MD-500 digunakan untuk serangan darat atau dukungan serangan udara jarak dekat.

“JVI (inspeksi bersama) akan dilakukan mengikuti protokol keamanan yang ketat di tengah pandemi Covid-19 yang sedang berlangsung, oleh tim yang terdiri dari perwakilan dari DND dan Angkatan Bersenjata Filipina,” kata juru bicara DND Arsenio Andolong dalam sebuah pesan.

Dia menambahkan bahwa proyek akuisisi helikopter UH-1H dan MD500 Korea Selatan masih dalam tahap eksplorasi, dengan detail yang belum diselesaikan termasuk jadwal dan jumlah helikopter yang akan diakuisisi.

Sharing

Tinggalkan komentar