Nov 262018
 

Kendaraan modular lapis baja AMV buatan Finlandia © Patria

JakartaGreater.com – Kementerian Luar Negeri Finlandia mengumumkan bahwa mereka tidak akan memberikan lisensi ekspor senjata baru untuk menjual material ke Arab Saudi atau Uni Emirat Arab, seperti dilansir dari Finnish Broadcasting Corp, YLE News.

Dalam sebuah rilis yang dikeluarkan hari Kamis sore, Kementerian Pertahanan Filandia mengatakan bahwa pemerintah telah membahas masalah itu serta telah memutuskan bahwa dalam keadaan saat ini, tidak ada alasan untuk pemberian izin ekspor baru.

Kementerian Pertahanan mengutip adanya krisis kemanusiaan yang mengkhawatirkan di Yaman, di mana koalisi pimpinan Arab Saudi terlibat konflik militer dengan kelompok pemberontak Houthi. Arab Saudi campur tangan dalam konflik sipil Yaman pada tahun 2015 dan telah meluncurkan serangan udara mematikan yang telah mengklaim banyak korban dari warga sipil.

Kelompok pengawas hak asasi manusia mengatakan bahwa perang saudara berdampak tidak proporsional terhadap anak-anak, banyak diantaranya yang kekurangan gizi. PBB memperkirakan terdapat sebanyak 14 juta orang Yaman terancam kelaparan.

Keputusan untuk membekukan penjualan senjata ke wilayah ini datang dari peningkatan ekspor perangkat keras militer Finlandia ke Timur Tengah.

Denmark Juga Bekukan Penjualan Senjata

Kementerian Pertahanan Denmark mengatakan bahwa keputusan untuk menangguhkan ekspor senjata diambil berdasarkan pertimbangan yang seksama atas kasus tersebut dan mematuhi kriteria ekspor senjata Uni Eropa, yang menekankan hak asasi manusia dan pelestarian perdamaian, keamanan serta stabilitas regional.

Jamal Khashoggi

Sebelumnya pada hari Kamis, 22 Nopember Denmark bergabung dengan Jerman untuk memblokir ekspor semua jenis senjata masa depan ke Arab Saudi.

Kementerian Luar Negeri Denmark mengatakan bahwa keputusan ini sebagai tanggapan terhadap peran negara Timur Tengah itu dalam pembunuhan kolumnis Washington Post Jamal Khashoggi serta peran mereka dalam konflik di Yaman.

Bagikan:

  6 Responses to “Finlandia Bekukan Izin Ekspor Senjata ke UEA, Arab Saudi”

  1.  

    top koment …..Bhahahahaaa

  2.  

    Meskipun di embargo eropa, arab gk khwtir krena AS tetap nafsu menjual senjata2 ke negara minyak

  3.  

    Beda sikap antara negara2 skandinavia yg tidak takut kehilangan potensi keuntungan dengan arab saudi di banding USA

 Leave a Reply