Mei 192015
 
IFV Kaplan-20

IFV Kaplan-20

Dalam ajang IDEF ’15 di Istanbul, pemerintah Turki dan Indonesia menandatangani perjanjian kerasama untuk memproduksi Kaplan, tank kelas medium yang dibangun oleh perusahaan FNSS Turki.

Berdasarkan kesepakatan itu, kedua negara akan bekerja untuk merancang, mengembangkan dan memproduksi dua prototipe tank. Kesepakatan itu juga melibatkan integrasi, sertifikasi dan memproduksi badan tank untuk tes ranjau.

Pada tahun 2010, FNSS memenangkan kontrak senilai $ 500 juta dari pemerintah Malaysia untuk pembangunan 250 kendaraan angkut lapis baja (APC). Hal Itu adalah kesepakatan ekspor terbesar yang pernah dimenangkan oleh perusahaan pertahanan Turki.

Kaplan-20

Kaplan-20

image

FNSS adalah perusahaan patungan antara Nurol Holding Turki dengan BAE Systems Land and Armament berbasis di AS, dengan saham mayoritas milik perusahaan Turki.

Kini, kendaraan lapis baja Pars 8×8 dalam rencana produksi bersama di Malaysia. FNSS awalnya mengembangkan APC Pars untuk militer Turki.

Sementara, Turki dan Indonesia mengambil langkah pertama untuk kerjasama memproduksi Kaplan, saat kendaraan diluncurkan Mei 2013.

image

image

image

Mereka telah menandatangani perjanjian awal, untuk bermitra antara FNSS dengan PT Pindad Indonesia. FNSS memiliki teknologi kendaraan lapis baja sistem penggerak rantai, sementara PT Pindad memiliki teknologi sistem penggerak roda.

Seorang pejabat FNSS mengatakan perusahaannya berharap untuk mulai memproduksi Kaplan dalam waktu dua tahun ini.

“Semua aspek program telah cukup matang,” katanya. “Kesepakatan baru ini akan meningkatkan posisi FNSS ‘di pasar kendaraan lapis baja, di Asia. (17/05/2015).

Defensenews.com

  96 Responses to “FNSS dan Pindad Sepakat Produksi Kaplan”

  1.  

    first

    •  

      hasil join produksi apakah akan tetap bernama Kaplan?

    •  

      Saya Dukung Pakdhe, Tapi Front Tracked nya di design lagi dunk Pak,
      Kurang armor nya dikit,
      Saya Tembak pake RPG vampire juga bisa putus rantai nya.
      Saya kan ahi perang, ( di PC ) 😛

    •  

      Ooiiii warjager sudah pernah ke militerhankam.com belum? List A1 nya lebih keren

      •  

        Ane sukanye artikel rencana pembuatan kapal induk “nusantara” gile bener..yg terbesar didunia bung dg penggabungan double carrier.2 kapal induk jadi satu..muat ampe ratusan pesawat tempur,8000 tentara, dg tenaga nuklir..semoga ekonomi moncer biar ada dananye..tapi yg pasti kapal induk pengangkut heli bakal dibuat star 50..muat 8 helikopter..semoga terealisasi..salut pt.pal…!!!

    •  

      Kalau mau bikin sendiri. Jgn ajak yg lain. KFX IFX saja GATOT !!!!

      Nih buktinya !!!

      http://nasional.harianterbit.com/nasional/2015/05/13/28420/25/25/Kerjasama-Dengan-Korsel-Batal-Sepihak-Indonesia-Rugi-Ratusan-Miliar

      Kerjasama Dengan Korsel Batal Sepihak, Indonesia Rugi Ratusan Miliar
      Batalnya kerjasama Proyek pembuatan Jet KFX dengan Korsel, rugi ratusam miliar. (ist)

      Jakarta, HanTer-Wakil Ketua Komisi I DPR, Tubagus Hasanuddin sesalkan kerjasama dibidang alat utama sistem pertahanan (alutsista) dengan Korea Selatan (Korsel) dibatalkan sepihak.

      Lewat Kementrian Pertahanan, RI menjalin kerjasama pembuatan 50 pesawat tempur, melanjutkan program pembangunan bersama proyek pesawat Jet tempur modern KFX/IFX, dalam Defense Acquisition Program Administration (DAPA).

      Kemampuan pesawat jet tempur teknologi generasi 4,5 ini diklaim lebih baik dibanding F-16 dan Sukhoi yang sudah dimiliki Indonesia.

      “Itu yang kita sesalkan. Kita sudah kerjasama dan kirim tim kesana, tapi saat ganti PM (perdana menteri) dihentikan,” ujar Hasanuddin kepada Harian Terbit, saat ditemui di gedung parlemen, Rabu (13/5/2015).

      Purnawirawan Jenderal itu menyayangkan sikap Pemerintah Korsel karena Indonesia sudah mengucurkan anggaran lebih dari Rp 600 miliar untuk kebutuhan riset.

      Tak hanya itu, pasca dihentikan sepihak kerjasama tersebut, pekerja profesional PT Dirgantara Indonesia (DI) akhirnya banyak yang menganggur.

      “Kita sudah mengeluarkan duit sekitar Rp 600 miliar lebih. Sekarang dihentikan dan PT DI ngangur, padahal pekerjanya itu banyak para perwira (TNI AU),” ungkapnya.

      Hasanuddin yang merupakan politikus senior PDI Perjuangan mengatakan, kerjasama pembuatan pesawat tempur jenis KFX/IFX itu perlu ditinjau kembali.

      Karena menurutnya tidak signifikan dan kelihatan meragukan, terlebih pihak Indonesia dalam hal ini yang paling dirugikan. Kendati demikian pihak Korsel hingga kini tidak memiliki etikad baik terhadap Indonesia.

      “Boro-boro ngasih ganti rugi. Kita malah memperbaiki kapal selam (di Korsel) karena torpedonya tidak bisa ditembakkan. kita rugi ratusan miliar dan tidak ada ganti rugi,” kesal Hasanuddin.

      Diketahui sebelumnya pesawat yang digadang-gadang setara dengan pesawat F-22 atau Raptor dari Amerika Serikat itu, telah memasuki dalam tahap pertama proyek.

      Yaitu technology development, dan telah selesai dilakukan pada Desember 2012. Tahap berikutnya, engineering and manufacturing development, kini dimulai.

      Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro diera Pemerintahan SBY, menargetkan proyek ini rampung pada 2023. Direncanakan dari enam prototype, satu prototype akan dibuat di Indonesia.

      Sedangkan Wakil Menteri Pertahanan Sjafrie Sjamsuddin kala itu menyatakan, proyek pembuatan pesawat tempur ini menelan anggaran sebesar USD 8,5 miliar atau sekitar Rp 8,5 triliun.

      Indonesia dan Korsel menyepakati, jika development cost share 20 persen dari Indonesia. Sedangkan 80 persen dari Korsel yaitu sekitar Rp 16 triliun.

      Menurut Purnomo, Korea Selatan dipilih sebagai mitra kerja sama karena memiliki pengalaman yang baik dengan Indonesia. Sebab, tak semua negara bersedia melakukan transfer teknologi tersebut.

      Indonesia bersama Korsel juga membangun empat landing platform dock. Dua di antaranya dibuat di Indonesia, meski diharapkan Korsel memiliki keinginan tulus mentransfer teknologi di industri pertahanan.

  2.  

    2. cakep

    •  

      Absen.. good night all.. #kebangun dari tidur krn F16 latihan terbang malam.. @ lanud Iswahjudi

    •  

      Tapi tank dan infanteri di butuhkan utk mengusai teritori musuh, drone bisa kena manpads atau ZU 23-2,apalagi ZU kita sudah ada yg dintegrasikan dgn radar. Kalau utk drone UCAV Indonesia usahakan sinergikan peran lembaga seperti BPPT, PT DI,PT PINDAD,LAPAN, dan PT LEN agar tdk membuang uang utk prototipe kualitas rendah.

  3.  

    gud lak pindaaaaad….

  4.  

    Mantab….

  5.  

    muju trus

  6.  

    Very nice

  7.  

    Sy masih gagal paham dengan ini berita. Bukankah design tank medium kerjasama dengan turki sudah ada? Kok jadinya produksi kaplan ya?

  8.  

    perdelapan

  9.  

    yg tang ya tank 😀
    yg kaplan ya kaplan 😀
    beda turret 🙂
    2 model dua benda 🙂
    kan lumayan kerend

  10.  

    kalau yang ini sih ngga ambles lah, design nya ganteng pula

  11.  

    Jadi masih harus penyempurnaan desain lagi? namanya tetap Kaplan?

    •  

      Belum tentu. Saya ada usulan (entah akan didengar atau tidak) utk nama tanknya adalah Mastodon, Mastodon adalah gajah purba yg hidup di Asia sampai ke Indonesia (kerangkanya ada di museum geologi Bandung, di gali dari bbrp tmpt di Jawa).

      •  

        Ralat : Untuk Mastodon yg ada di Indonesia namanya Sinomastodon bumiayuensis, ada lagi gajah purba Stegodon trigonochepalus yang lebih besar.
        Kan bisa tuh namain tanknya dari nama ilmiah binatang (Contoh: Mastodon atau Stegodon), well just my opinion.

      •  

        Kalau saya usul namanya BRAKU alias brama kumbara, itu adalah asli karya indonesia dan cd bajakannya tersimpan rapi dalam lemari

        •  

          bikin nama aj pd ngga sanggup…. ni aku kasih nama yg bener2 nama ini cerminan bangsa dari dulu sampe sekarang… tolong pertimbangkan nama yg hebat ini…
          ak usulin namanya MenaSI… singkatan dari MenporaPSSI… bener2 nama yg Indonesia buangggggeeettt

  12.  

    IFV atau Tank..?? Kaplan atau Prototype baru hasil design baru..? soalnya Kondisi Alamnya kedua negara kan beda..yg satu daerah Timur tengah/Eropa yg satu Asia Tenggara yg bnyk hutannya..msh bingung..

  13.  

    Mantap…

  14.  

    Keren…lanjutkan Pindad.
    kalo dah jd pasti laris manis nih di asean.

  15.  

    Semua jenis alutsista kerjasama Turki-Indonesia akan di produksi massal PT PINDAD sesuai dengan model Indonesia.

  16.  

    Bagus pindad ,jadi semakin sangar TNI dan Indonesia di ASEAN karena bukan peralatan nya yg hebat tp juga sudah bisa membuat alutsista sendiri ..good job

  17.  

    Judul nya kan FNSS & Pindad sepakat produksi Kaplan, tp kenapa jadi bahas kerjasama dgn maleyshit, kagak penting maley mah, koq keluar dr topik ………. ???

    •  

      Lha siapa pula yang mau lumatin malaysiaJING, negara kami Indonesia sangat luas dan kaya lagian minang, Sumatera & kalimantan itu tidak kami lumat, secara real adalah wilayah NKRI ( sebenarnya termasuk sabah & serawak ) …….. !!!
      @Poetra Atjeh ni maunya ngajak ribut mulu, pantasnya kamu di Aceh cuma GPK !!!

      •  

        Sabar bung…belum tentu juga nih orang beneran Aceh. Karena apa?. Yang saya tahu Aceh adalah salah satu daerah yang berjuang bahu-membahu untuk kemerdekaan RI. Hasilnya sumbangan para putra Aceh dibelikan Seulawah yang kontribusinya luar biasa bagi perjuangan. Tenang saja..masih lebih banyak putra Aceh yang lebih merah putih dibanding yang satu ini

    •  

      Knp Keluar dr topik tong, …. sirik loe sama kemajuan Pindad ???

  18.  

    ga bisa bung kuta.
    bloom ada mesin’a…
    smile ach…

  19.  

    Terbaik ..

  20.  

    Joss

  21.  

    Jujur aja, disain pindad & FNSS yg pertama jauh lebih keren. Apa lg dengan turret CMI 105mm jauh lebih mematikan. Apa lg bentuk hull ny yg lebih slope sehingga memberikan proteksi yg lebih baik, klo ga salah all round body tahan impak peluru 14,5mm. Itu jg blm d tambah plat armour.

  22.  

    🙂 hehe

  23.  

    Lampunya sporty. Malam2 dari jauh kelihatan seperti beberapa mobil sport sedang balapan tapi begitu dekat …. ci luk … baaaaa…. lha kok tank … tapi sudah terlambat untuk melarikan diri … BOOOOOMMM !!!! Hancurlah si tetangga usil…

  24.  

    Klo kaplan ini mau d jadiin IFV ROLE si ok lah,. Tp klo bwt medium tank kok sy ragu yahh. Ukuran hull ny spertinya g pas bwt meletakkan CMI 105mm turret. Kekecilan. Track nya yg full karet jg d ragukan kemampuannya bwt melahap medan, dan blm umum d gunakan. Tentunya menyulitkan dlm dlm suku cadang. Lebih baik klo medium tank itu pke metal track yg mungkin dilengkapi dgn tapak karet, comot dr CV90MK3 misalny, ato pke metal track BMP 3 biar lebih mudah pengadaan suku cadangnya

  25.  

    kusumo nur bakti = t-50 pakfa

    hakim bawazier = su-35 super flanker

    kang ridwan = f-18g super hornet

    kang aar = f-16e viper

    kang ujang = kt1 wongbee

  26.  

    mf bung Diego klo dobel comentnya,,,
    oot lg dr kutipan blog yg sama,,,Waspada, ada kaukus di Malaysia yang mulai menyatakan
    bahwa Sumatera adalah bagian negara Malaysia.
    Lantas kalau Indonesia lemah apakah nasib
    Sumatera bisa akan seperti Sipadan dan
    Linggitan? Mari kita bangkit dan mikir

  27.  

    Masih agak rancu ma beritanya maksdnya gmna pindad mo bikin kaplan di Bandung ato akan membuat tank medium berbasis Kaplan…lha bukan nya pindad sudah punya Desain sendiri(memang belum sempurna)utk tank mediumnya malah turretnya sudah ada kerja sama dengan belgia, apa turki menolak trus mengajukan kaplan sebagai sasis dasarnya?
    tapi apapun itu semoga saja lancar program dan bisa segera memperkuat armada kavaleri TNI khususnya TNI-AD siap2 nama setelah badak dan anoa

  28.  

    turki membantu pindad membuat medium tank rancangan pindad dengan imbalan indonesia menjadi pembeli pertama kaplan sehingga memudahkan turki mencari pembeli kedua dst

    win win solution sama seperti korea yang berhasil menjual t50 golden eagle ke philippina dan irak setelah indonesia menjadi pembeli pertamanya

  29.  

    Apakah blueprint Marder akan dipakai bersama desain Kaplan-20 ini untuk membuat desain medium battle tank yang baru ya?

  30.  

    yang bisa bikin mbt itu otokar bung (altay series) bukan fnss.

  31.  

    beritanya burung…..hhhaa

    beberapa pekan ke depan…beda lagi model tanknya……

    gk tau model apa sebenarnya tanknya…

    yg penting bisa mendampingi Leopard sebagai medium tank

  32.  

    Saya suka yang kemaren lebih sangar,

  33.  

    Alamaaaak…..gimana rasanya kebab dicampur ama gado-gado….entu tank kagak bakal moncer dah. Mending cepetan berbalik ke Merkava dah dijamin moncer selangit….

  34.  

    test