FNSS dan Pindad Sepakat Produksi Kaplan

96
571
IFV Kaplan-20
IFV Kaplan-20

Dalam ajang IDEF ’15 di Istanbul, pemerintah Turki dan Indonesia menandatangani perjanjian kerasama untuk memproduksi Kaplan, tank kelas medium yang dibangun oleh perusahaan FNSS Turki.

Berdasarkan kesepakatan itu, kedua negara akan bekerja untuk merancang, mengembangkan dan memproduksi dua prototipe tank. Kesepakatan itu juga melibatkan integrasi, sertifikasi dan memproduksi badan tank untuk tes ranjau.

Pada tahun 2010, FNSS memenangkan kontrak senilai $ 500 juta dari pemerintah Malaysia untuk pembangunan 250 kendaraan angkut lapis baja (APC). Hal Itu adalah kesepakatan ekspor terbesar yang pernah dimenangkan oleh perusahaan pertahanan Turki.

Kaplan-20
Kaplan-20

image

FNSS adalah perusahaan patungan antara Nurol Holding Turki dengan BAE Systems Land and Armament berbasis di AS, dengan saham mayoritas milik perusahaan Turki.

Kini, kendaraan lapis baja Pars 8×8 dalam rencana produksi bersama di Malaysia. FNSS awalnya mengembangkan APC Pars untuk militer Turki.

Sementara, Turki dan Indonesia mengambil langkah pertama untuk kerjasama memproduksi Kaplan, saat kendaraan diluncurkan Mei 2013.

image

image

image

Mereka telah menandatangani perjanjian awal, untuk bermitra antara FNSS dengan PT Pindad Indonesia. FNSS memiliki teknologi kendaraan lapis baja sistem penggerak rantai, sementara PT Pindad memiliki teknologi sistem penggerak roda.

Seorang pejabat FNSS mengatakan perusahaannya berharap untuk mulai memproduksi Kaplan dalam waktu dua tahun ini.

“Semua aspek program telah cukup matang,” katanya. “Kesepakatan baru ini akan meningkatkan posisi FNSS ‘di pasar kendaraan lapis baja, di Asia. (17/05/2015).

Defensenews.com

96 KOMENTAR

    • Lha siapa pula yang mau lumatin malaysiaJING, negara kami Indonesia sangat luas dan kaya lagian minang, Sumatera & kalimantan itu tidak kami lumat, secara real adalah wilayah NKRI ( sebenarnya termasuk sabah & serawak ) …….. !!!
      @Poetra Atjeh ni maunya ngajak ribut mulu, pantasnya kamu di Aceh cuma GPK !!!

      • Sabar bung…belum tentu juga nih orang beneran Aceh. Karena apa?. Yang saya tahu Aceh adalah salah satu daerah yang berjuang bahu-membahu untuk kemerdekaan RI. Hasilnya sumbangan para putra Aceh dibelikan Seulawah yang kontribusinya luar biasa bagi perjuangan. Tenang saja..masih lebih banyak putra Aceh yang lebih merah putih dibanding yang satu ini

  1. Jujur aja, disain pindad & FNSS yg pertama jauh lebih keren. Apa lg dengan turret CMI 105mm jauh lebih mematikan. Apa lg bentuk hull ny yg lebih slope sehingga memberikan proteksi yg lebih baik, klo ga salah all round body tahan impak peluru 14,5mm. Itu jg blm d tambah plat armour.

  2. Lampunya sporty. Malam2 dari jauh kelihatan seperti beberapa mobil sport sedang balapan tapi begitu dekat …. ci luk … baaaaa…. lha kok tank … tapi sudah terlambat untuk melarikan diri … BOOOOOMMM !!!! Hancurlah si tetangga usil…

  3. Klo kaplan ini mau d jadiin IFV ROLE si ok lah,. Tp klo bwt medium tank kok sy ragu yahh. Ukuran hull ny spertinya g pas bwt meletakkan CMI 105mm turret. Kekecilan. Track nya yg full karet jg d ragukan kemampuannya bwt melahap medan, dan blm umum d gunakan. Tentunya menyulitkan dlm dlm suku cadang. Lebih baik klo medium tank itu pke metal track yg mungkin dilengkapi dgn tapak karet, comot dr CV90MK3 misalny, ato pke metal track BMP 3 biar lebih mudah pengadaan suku cadangnya

  4. mf bung Diego klo dobel comentnya,,,
    oot lg dr kutipan blog yg sama,,,Waspada, ada kaukus di Malaysia yang mulai menyatakan
    bahwa Sumatera adalah bagian negara Malaysia.
    Lantas kalau Indonesia lemah apakah nasib
    Sumatera bisa akan seperti Sipadan dan
    Linggitan? Mari kita bangkit dan mikir

  5. Masih agak rancu ma beritanya maksdnya gmna pindad mo bikin kaplan di Bandung ato akan membuat tank medium berbasis Kaplan…lha bukan nya pindad sudah punya Desain sendiri(memang belum sempurna)utk tank mediumnya malah turretnya sudah ada kerja sama dengan belgia, apa turki menolak trus mengajukan kaplan sebagai sasis dasarnya?
    tapi apapun itu semoga saja lancar program dan bisa segera memperkuat armada kavaleri TNI khususnya TNI-AD siap2 nama setelah badak dan anoa

  6. turki membantu pindad membuat medium tank rancangan pindad dengan imbalan indonesia menjadi pembeli pertama kaplan sehingga memudahkan turki mencari pembeli kedua dst

    win win solution sama seperti korea yang berhasil menjual t50 golden eagle ke philippina dan irak setelah indonesia menjadi pembeli pertamanya