Footage Bom Atom Nagasaki Jepang

Korban bom atom di Nagasaki Jepang (maaf photo agak ekstrim)
Korban bom atom di Nagasaki Jepang (maaf photo agak ekstrim)

Empat hari lagi Jepang akan memperingati salah satu peristiwa paling bersejarah bagi mereka, yakni dijatuhkannya bom atom di kota Nagasaki pada tanggal 9 Agustus 1945.

Serangan bom atom di Hiroshima dan Nagasaki adalah serangan nuklir selama Perang Dunia II, terhadap kekaisaran Jepang oleh Amerika Serikat atas perintah Presiden Amerika Serikat Harry S. Truman.

Setelah enam bulan pengeboman 67 kota di Jepang lainnya, senjata nuklir “Little Boy” akhirnya dijatuhkan di kota Hiroshima pada tanggal 6 Agustus 1945, diikuti dengan pada tanggal 9 Agustus 1945 dijatuhkan bom nuklir “Fat Man” di atas Nagasaki. Kedua tanggal tersebut adalah satu-satunya serangan nuklir yang pernah terjadi.

Bom atom ini membunuh sebanyak 140.000 orang di Hiroshima dan 80.000 di Nagasaki pada akhir tahun 1945. Sejak itu, ribuan orang tewas akibat luka atau sakit yang berhubungan dengan radiasi yang dikeluarkan oleh bom.

Enam hari setelah dijatuhkannya bom atom di Nagasaki, pada 15 Agustus, Jepang mengumumkan bahwa Jepang menyerah tanpa syarat kepada Sekutu. Indonesia pun memanfaatkan situasi ini dengan mendeklarasikan kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945.

Berikut ini proses pemboman Kota Nagasaki dengan Bom Atom “Fat Man” oleh AS:

Tinggalkan komentar