Foto : KRI Bung Tomo Pimpin Latgab UNIFIL

Tentara Indonesia semakin dipercaya dan disegani di dunia. Dari tadinya hanya peserta psukan perdamaian di Libanon, kini TNI dipercaya sebagai pemimpin Latgab Maritim UNIFIL yang dimotori oleh KRI Bung Tomo.

Sejak Senin, hari sejumlah kapal dan helikopter perang militer Bangladesh, Brazil serta Jerman anggota pasukan perdamaian PBB bermanuver di laut Mediterania, Lebanon (31/5/2016). Mereka melakukan latihan bersama dipimpin Satgas MTF XXVIII-H/UNIFIL KRI Bung Tomo-357.

Latihan bersama melibatkan lima kapal perang dari Indonesia, Bangladesh, Brazil dan Jerman. KRI Bung Tomo mendapat kepercayaan untuk memimpin latihan gugus tugas maritim United Nations Interim Force In Lebanon.

“Kita bersyukur ditunjuk memimpin latihan, suatu kepercayaan yang besar terhadap profesionalitas kita. Ini salah satu keberhasilan dan kepercayaan diri sejajar dengan Angkatan Laut modern lainnya,” kata Komandan KRI Bung Tomo-357 Kolonel Laut (P) Yayan Sofiyan, S.T

Kapal perang peserta latihan adalah KRI Bung Tomo 357, BRS Independencia (Brazil), FGS Braunschweig (Jerman) serta BNS Ali Haider dan BNS Nirmul (Bangladesh).

Dansatgas Maritim TNI Konga XXVIII

Tinggalkan komentar