Apr 232013
 

freeport-mines

PT Freeport Indonesia setuju menaikkan royalti emas, tembaga, dan perak sesuai dengan peraturan yang berlaku.  Dengan demikian,  setoran Freeport kepada negara akan meningkat US$80-120 juta.

Presiden Direktur Freeport Indonesia, Rozik B Soetjipto di Jakarta, Selasa 23 April 2013, menjelaskan royalti Freeport Indonesia dalam kontrak karya tertulis sebesar empat persen tembaga, satu persen emas, dan satu persen perak.
“Dan kami setuju untuk menaikkan besaran royalti menjadi empat persen tembaga, 3,75 persen emas, dan 3,25 persen perak,” kata Rozik saat ditemui di kantornya.
Dengan asumsi harga emas US$1.500-1.600 per ounce, maka pendapatan pemerintah dari royalti akan meningkat sekitar US$80 juta jika produksi sedang turun dan US$120 juta ketika dalam produksi normal.
Pemerintah, katanya, telah mendapatkan peningkatan penerimaan negara dari naiknya royalti Freeport. Ia mengingatkan bahwa pajak korporasi yang dibayar Freeport 10 persen lebih besar dari perusahaan umum lainnya.
Selain itu, Freeport juga sudah bersedia untuk menurunkan luas wilayah pertambangan dari 2,6 juta hektare menjadi 158 ribu hektare. Namun, pemerintah masih mengkaji usulan penciutan luas wilayah, mengingat dalam UU Minerba yang baru diatur luas wilayah maksimal 25 ribu hektare.
Vice President Technical Affairs Freeport Indonesia, Rudy Seba, menjelaskan Freeport masih membutuhkan 158 ribu haktare yang terdiri dari 10 ribu hektare produksi dari kontrak karya pertama dan 148 ribu hektare dari kontrak karya perpanjangan pada 1991 lalu.
Dia menambahkan, 148 ribu hektare tersebut terdiri dari pelabuhan, fasilitas pabrik, akses jalan, dan area potensi eksplorasi untuk menyokong hulu dan hilir Freeport Indonesia. “Mereka lagi mengkaji permintaan Freeport,” kata Rudy. (viva.co.id)

  16 Responses to “Freeport Naikkan Royalti”

  1. Kalian Luaarrr biasaaaa…..itu besar amat lobangnya, makin lebar makin dalam makin banyak kandungan buminya.Mana ada yg sanggup perusahaan lokal mengurus pertambangan sebesar ini

  2. Bagaimana dengan kewajiban pembangunan smelter di Indonesia, apa Freeport juga bersedia?
    Kebanyakan perusahaan tambang mengangkut begitu saja hasil tambang untuk diolah di luar negeri (kebanyakan juga anak usaha atau afiliasinya) sehingga di neraca yang di dapat terlihat lebih sedikit karena bahan mentah nilainya lebih rendah dibanding setelah diolah. Akibatnya pajak yang dibayar pun juga lebih rendah. Padahal yang mereka lakukan adalah transfer pricing

  3. Sudah cukup itu!!!!. Lebih baik nasionalisasi saja. Jangan perpanjang lagi kontrak dengan PT. Freeport di tahun 2041 nanti.
    Orang-orang yang setuju dengan perpanjangan kontrak karya PT Freeport tahun 2041 nanti sudah jelas dan sudah pasti ingin memperkaya diri sendiri…

    Usir PT. Freeport dari Indonesia tahun 2041 nanti…….

  4. Sepakat bung desperado! Nasionalisasi saja tambang emas yg terus dijarah freeport itu. Sudah saatnya bangsa ini mengelola sendiri kekayaan alamnya, demi kesejahteraan bangsa ini sendiri, bukan bangsa lain! Sudah cukup negeri ini jadi sapi perahan negara (kapitalis) asing! Bangkitlah Bangsaku!

    • ho ho emang berani …. emang Presiden RI berani ? kalau gak di dor pasti akan di kudeta… butuh Pemimpin yang kuat baru bisa bang… Freeport itu mesin uang nya USA makanya amerika bikin pangkalan militer di darwin.

      • setuju om. memang benar, freeport adalah ‘dapurnya’ USA. Bila Indonesia benar-benar mengakhiri peran USA di Papua, sudah dipastikan, dalam hitungan bulan, USA akan collaps. Freeport di Papua adalah sumber keuangan utama USA. Coba bayangkan, beratus-ratus ton tanah mentah yang mengandung emas, uranium, timah, tembaga, di angkut dalam hitungan jam ke lepas pantai untuk dikapalkan ke amerika.

        Coba bayangkan, besar satu truk nya aja segede gaban bos….. tingginya setara dengan ruko tingkat 5..!!!!!

        • Sama seperti RI, dimana pendapatan tambang logam kalah jauh dari migas (PT Timah dan Aneka Tambang vs. Pertamina) di AS idem, 5 besar perusahaan AS dipegang 3 raksasa perminyakan. Freeport-McMoRan hanya peringkat 135, lengkapnya:

          http://money.cnn.com/magazines/fortune/fortune500/2012/full_list/

          Haul trucks kapasitas approx 250 ton mayoritas hanya mengangkut batuan penutup/overburden yang akan disingkirkan, batuan mengandung bijih tembaga/perak/emas diangkut dengan conveyor.

          Kebijakan ESDM pemerintah sekarang baru rada bener, ada kewajiban membangun smelter, sehingga ada tambahan lapangan kerja dan nilai tambah . Selama puluhan tahun pasir konsentrat diangkut langsung
          keluar, paling sedih ya kontrak Tangguh dengan RRC , pakai ditentukan harga maksimal segala, entah ilham dari mana…

  5. Freeport di timur….Caltex(Exxon) di Barat….adalah asuransi keamanan Indonesia..dari Amrik..boleh aja usir Freeport dari Papua..tapi beresiko investasi pertambangan di Indonesia yg padat modal dan teknologi pasti akan sulit berkembang(realistis saja), krn investor lain pasti mikir2…Produksi migas berkurang sangat drastis semenjak ladang2 minyak di Timur Tengah semi diobral…dgn keuntungan yg sangat menarik…shg arus investasi di Indonesia sangat turun…..Boleh nasionalis tapi realistis juga…he7x…Tambang selain bernilai rupiah/dollar juga bernilai bargaining politik juga…Kalo mau jujur Freeport sdh melepas cadangan tanah mereka, kalo memang Investasi di Papua itu gampang pasti sdh berebutan investor masuk..tapi kenyataannya tdk juga…krn infratruktur Papua sgt kurang..Membuka daerah tambang adalah bisnis jangka panjang, Freeport baru untung di Papua setelah lima belas tahun berinvestasi…

    • Tak masalah semua investor nekolim AS mau hengkang dari NKRI, silakan saja! Lebih bagus itu, kalau semua kapitalis nekolim AS minggat dari republik tercinta ini. Masak mau kalah sama negeri sekecil Bolivia. Evo Morales saja berani menasionalisasi aset2 migasnya dan mengusir kapitalis AS penjarah sumber alam dunia ketiga di negerinya, lha kok 240 juta rakyat negeri ini mau takut melawan imperialisme ekonomi gaya amerika nekolim itu! Wah… Sudah saatnya buang jauh2 mentalitas inlandeer mengabdi jadi budak sapi perah nekolim AS, saatnya bangsa besar ini bangkit! America, GO TO HELL WITH YOUR AID! (Pemimpin Besar Revolusi Ir. Soekarno).

      • Setuju bro.. Apalagi kemaren beredar isu yang mengatakan bahwa tanah galiannya itu mengandung uranium kadar tinggi, yang langsung dibantah LIPI.

        Apakah ini bener kita juga ga tau.

        Sudahlah, jangan diperpanjang lagi. KONTRAK-KONTRAK itu hanya untuk menjajah bumi nusantara – papua, sebagaimana VOC zaman Belanda dulu yang gemar dan hobby membuat kontrak-kontrak kepada Raja-raja Nusantara dulu, karena mereka tahu kita adalah bangsa yang selalu menepati janji. Dan mereka memanfaatkan sifat kita itu
        Kontrak itu sejatinya adalah penyandera keinginan Raja dan rakyat kala itu mengusir VOC. Sehingga siapapun yang melanggar perjanjian akan dianggap bersalah. Sudah ratusan Raja-raja nusantara yang jadi korban, yang tersandera oleh kontrak-kontrak VOC.

        Saran saya kepada Presiden dan DPR yang entah pada periode berapa nanti,
        apabila orang-orang Freeport menyodorkan kontrak-kontrak entah apapun namanya,
        SEGERA KOYAK-KOYAK, CABIK-CABIK HINGGA KE POTONGAN TERKECIL KONTRAK-KONTRAK YANG MEREKA SODORKAN ITU, lalu campakkan ke muka mereka.

        Merdeka….

  6. kenapa selalu menghujat si paman sam ..?bagi yg menghujat usa itu hanya mewakili perasaanya saja…? tolong dong hubungan yg sangat menguntungkan indonesia dari usa juga banyak kok..?bantuan keuangan, material dll masih banyak dilakukan usa daripada negara lainya jangan salahin paman sam dongg…?balancenya mana..?

    • Mmg sulit yah dgn USA ini, mmg dia baik namun sekaligus menyimpan niat tdk baik. Sejarah membuktikan dia mendukung RI, namun sejarah jg membuktikan dia membiayai berbagai pemberontakan, merencanakan invasi melalui kekuatan armada ke 7 nya.

    • Yupz… setuju bro… Lambung Tank scorpion dengan ketebalan baja “5-10” cm hanyalah sebuah kerupuk bagi amunisi A-10 Thunderbolt yang sudah dipasangi DU (depleted uranium) ini.

      Dan bagi prajurit2 operator amunisi2 DU ini, pasti terkena radiasi dan berpengaruh terhadap ksehatannya.. SUngguh suatu ironi.

    • Yah… itung-itung sekalian buang sampah radioaktif di negeri negeri yang diperanginya.

  7. Selain kebijakan petro dollar emas freeport merupakan penyangg us dollar. Karena emas papua ini Kennedy ditembak dan Sukarno dibuat sakit dan dikudeta.
    kalau ada yg berani nasionalisasi saya sih dukung aja dari belakang. hehehe

  8. Kalau nurutsaya lebih baik disintekrasi.pemerintah tidak adil,hanya pokus jakarta.padahal kalau daerah pisah,jakarta akan sangat miskin..seharusnya papua sudah makmur rakyatnya.sekarang tidak ada alasan lagi untuk tidak menerapkan sistim otonami daerah..

 Leave a Reply